skip to Main Content
Informasi Penting Untuk Para Peminum Kopi

Informasi Penting Untuk Para Peminum Kopi

 

Minum Kopi – Kami yakin, semua dari antara kita yang membaca artikel ini kebanyakan suka minum kopi. Apakah itu kopi di kafe atau kopi sachet seperti saya. Kopi yang kita minum ini rupanya tidak sekedar obat untuk menghilangkan rasa kantuk. Konon katanya, Kopi mempunyai manfaat lain bagi kesehatan tubuh manusia jika di konsumsi dengan cara yang baik. Sayangnya, selain dapat membantu menghilangkan kantuk dan mempunyai manfaat untuk kesehatan baru-baru ini ada informasi penting yang mengatakan minum kopi bisa membahayakan kesehatan terutama resiko terkena penyakit jantung.

Mau tahu, informasi lengkapnya seperti apa soal minum kopi? Yuk, simak penjelasannya di dalam artikel ini.

Kita semua tahu salah satu manfaat kalau orang minum kopi adalah bisa menghilangkan rasa kantuk. Dari informasi yang ada di internet baik itu dari website resmi Dokter dan beberapa website resmi milik organisasi kesehatan tertentu yang melakukan riset tentang kopi juga mengatakan, kopi yang pahit ini bisa punya khasiat lain untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Dalam Kopi

Kopi, selalu menjadi minuman yang wajib di minum oleh setiap orang yang bekerja saat pagi hari. Mereka punya pendapat, kopi bisa membantu membangkitkan semangat kerja saat akan memulai hari. Di dalam kopi yang kita minum mengandung karbihidrat, protein dan juga sedikit lemak, tidak hanya itu kopi yang Anda minum setiap pagi juga mengandung kafein, magnesium dan juga mengandung bahan kimia tumbuhan.

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan Manusia

Selain mempunyai alasan untuk kesehatan, penghilang rasa kantuk, banyak juga orang yang minum kopi karena untuk meningkatkan derajat mereka (serius ada yang kayak gini juga). Kopi memang minuman stimulan yang punya kandungan kafein. Nah, kandungan kafein inilah yang bisa merubah suasana hati, kewaspadaan, membantu meningkatkan energi dan fungsi otak.

Konon sih katanya begitu. Sekarang, mari kita lihat apa saja manfaat kopi jika di minum sesuai dengan kebutuhan yang banyak di tahu orang saat ini:

1. Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Kami membaca artikel di website Harvard School of Public Health, Jika seseorang minum kopi secara rutin, orang itu bisa terhindar dari serangan jantung dan juga penyakit stroke.

Kita semua pasti tahu, soal resiko yang di dapat jika seseorang minum kopi secara rutin ini. Minum 4 gelas kopi dalam sehari katanya bisa menurunkan sekitar 20% resiko terkena penyakit stroke.

2. Membantu Mempertahankan Berat Badan yang Ideal

Banyak orang suka minum kopi karena alasan kopi bisa menjaga berat badan mereka tetap ideal, malah beberapa ada yang percaya bisa membantu menurunkan berat badan mereka. Ini sudah dibuktikan dengan melakukan riset anatara orang yang minum kopi dan yang tidak minum kopi, orang yang minum kopi berkafein bisa mendukung program penurunan berat badan mereka.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas kandungan kafein ini bisa membantu memberikan efek positif pada otak manusia untuk meningkatkan kewaspadaan, merubah suasana hati dam juga membantu menjaga kosentrasi.

Dari informasi yang kami baca di Practical Neurology di sebutkan kalau Anda mengkonsumsi kopi, kopi bisa membantu mencegah penurunan fungsi kognitif pada otak, penyakit alzheimer dan Parkinson.

Dari sini kita bisa simpulkan kalau Anda mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein setiap hari katanya aman. Dan orang tua yang sudah lanjut usia juga aman untuk mengkonsumsi kopi.

4. Bisa Menjaga Kesehatan Organ Hati

Dari informasi yang saya baca di Journal of Clinical Gastroenterology, jika kita mengkonsumsi kopi, kopi bisa membantu mengurangi jumlah lemak pada hati.

Di jurnal itu juga di sebutkan tentang studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan hasil kalau kandungan kimia yang terdapat di dalam kopi bisa membantu terjadinya proses detoksifikasi sel kanker di dalam hati.

Meski begitu, kita semua tidak bisa benar-benar yakin apakah hasil itu benar-benar seperti itu atau masih dalam batas pengujian saja. Hasil itu mungkin perlu dilakukan pengujian yang lebih dalam dan serius lagi untuk mengetahui apakah bisa membantu mengobati pada orang yang mempunyai penyakit kronis hati.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Di dunia yang tidak sempurna seperti sekarang kita semua tidak bisa terhindari dari berbagai macam penyakit yang di sebabkan oleh ketidaksempurnaan dan manusia itu sendiri. Salah sat penyakit yang banyak di derita orang adalah kanker. Dengan meminum kopi, Anda bisa menurunkan resiko terjadinya kanker pada organ hati.

Dari website Harvard School of Public Health yang kami baca, di sana juga di sebutkan kalau kopi dapat membantu mempengaruhi atau menghambat perkembangan kanker mulai dari awal mula munculnya sel kanker sampai matinya sel kanker.

 

Rupanya kandungan kimia yang terdapat dalam kopi inilah yang bisa mengganggu sel kanker bertumbuh dan menyebar.

Untuk hasil yang lebih pastinya apakah itu benar-benar mampu membunuh sel kanker atau tidak dibutuhkan riset yang lebih dalam tentang hal ini.

6. Membantu Mengurangi risiko batu empedu

Manfaat lain kalau Anda minum kopi adalah membantu mencegah terjadinya pembentukan batu empedu. Macam-macam ya penyakit manusia sekarang, berat dan mengerikan.

Mengapa kopi bisa membantu mengurangi terjadinya batu empedu? Karena kandungan kimia yang di dalam kopi bisa mencegah terjadinya kolesterol yang mampu membuat pembentukan kristal atau batu kantung empedu.

Kandungan itulah yang bisa mencegah terjadinya kontraksi di dalam kantung dan membuat aliran empedu menjadi normal, sehingga kolesterol tidak terjadi atau sampai menumpuk di sana.

7. Membantu Mengurangi Resiko terjadinya Diabetes Tipe 2

Kopi juga bisa membantu Anda mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Pendapat ini bukan tanpa alasan, sudah ada uji coba yang dilakukan oleh beberapa organisasi kesehatan dunia. Mayo Clinic pernah mengatakan ada beberapa studi yang sudah membuktikan kalau kita mengkonsumsi kopi, entah apakah mengandung kafein atau tidak, katanya bisa menurunkan resiko terserang penyakit diabetes tipe 2.

Tetapi kalau Anda sudah terlanjut terkena penyakti ini maka sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan Dokter yang menangani Anda.

Dilema Untuk Anda yang Minum Kopi

Para ahli (saintis) telah melakukan beberapa penelitian dan sudah berulang-ulang kali memberitahu kalau mereka yang minum kopi, banyak sekali menghadapi masalah terserang penyakit jantung sampai penyakit diabetes dan penyakit lainnya seperti kanker.

Jika memang ini bisa membahayakan kehidupan manusia maka pertanyaannya adalah mengapa banyak sekali orang yang masih minum kopi dan tidak mau membuang sisa kopi di dalam cangkir mereka?

Meski para saintis ini sudah melakukan penelitian dan membuat laporan beberapa hal berbahaya kalau seseorang minum kopi, tapi hasil akhirnya masih dianggal meragukan atau belum bisa diyakinkan. Ini di sebabkan karena dalam secangkir kopi berisi senyawa yang sangat kompleks. Dalam satu cangkir kopi yang Anda minum setiap harinya bisa berisi lima ratus bahan kimia yang selama ini sudah di temukan.

Meski begitu sampai hari ini masih belum ada gerakan kesehatan dari masyarakat yang mengkampanyekan untuk menghindari minum kopi.

Tapi saya ingin membantu bagi mereka yang suka minum kopi untuk memperhatikan peringatan yang mungkin penting bagi mereka. The Times dari London baru-baru ini mengutip sebuah penemuan dari belanda ang mengatakan “kopi giling entah itu langsung diaduk dengan menggunakan air panas yang mendidih bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol sampai dengan 10 persen, jika dibandingkan dengan minum kopi yang tanpa di saring atau mungkin Anda tidak minum kopi sama sekali.

Kita semua tahu kalau kolesterol adalah salah satu yang menjadi penyebab bagi penyakit jantung. Jika setelah membaca dan mengetahui hal ini dan Anda setuju dengan apa yang diutarakan oleh para ahli itu menandakan kesahajaan. Jika Anda ingin minum kopi, biasanya Dokter-dokter menganjurkan untuk tidak minum lebih dari 4mpat gelas dalam sehari.

Jika kalian suka dengan artikel Informasi Penting Untuk Para Peminum Kopi – Dilema ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.

Artikel Yang Mungkin Menarik