skip to Main Content
We stand with our friends and colleagues in Ukraine during this heinous assault on their freedom, their independence and their lives
Jenis Jenis Kucing

Jenis jenis Kucing dan Harga Kucing Berkualitas

 

Kucing adalah binatang malam. Kucing termasuk jenis hewan mamalia karnivora dan jenis jenis kucing cukup banyak sekali. Setiap mendengar kata “kucing” ini biasanya memaksudkan kepada “Kucing” yang dipelihara atau kucing yang sudah dijinakkan tetapi juga bisa ditujukan untuk memaksudkan “kucing besar” seperti harimau dan singa.

Sejak zaman mesir kucing sudah menjadi salah satu hewan peliharaan yang cukup populer. Jadi, kucing sudah cukup lama berbaur dan tinggal dengan manusia. Sejak zaman mesir kuno, orang-orang sudah menggunakan kucing untuk mengusir, menangkap tikus dan hewan pengerat lainnya untuk menjaga lumbung-lumbung makanan mereka.

Sampai kita hidup sekarang ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan populer setelah anjing. Jumlah Kucing ras sangat sedikit mungkin hanya mencapai 1% saja dari semua jenis kucing yang ada di dunia ini. Beberapa kucing ras yang paling terkenal dan populer adalah kucing persia, sphinx, manx dan siam. Dan semua harga kucing ini cukup tinggi loh.

Karakteristik Kucing

Kucing memang sudah menjadi hewan peliharaan rumah yang bisa di manfaatkan untuk mengusir beberapa hewan berbahaya seperti ular dan tikus. Kucing terkenal sebagai hewan predator yang hebat di dunia karena mereka bisa membunuh dan memakan ribuan spesies.

Kucing besar seperti harimau dan singa biasanya bisa membunuh lebih dari 100 spesies. Mengingat kucing peliharaan mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil, kucing peliharaan tidak begitu berbahaya bagi manusia. Salah satu bahaya dari kucing peliharaan atau kucing liar adalah kemungkinan tercakar atau tergigit oleh kucing yang bisa menimbulkan infeksi rabies.

Dalam beberapa kasus kucing juga terkenal menjadi salah satu hewan yang bisa menimbulkan kepunahan bagi hewan-hewan lainnya – Menjadi hama.

Kucing juga terkenal sebagai hewan yang suka menyendiri, tetapi juga bisa menjadi hewan yang bisa membentuk koloni liar. Meski mereka membentuk koloni liar, kucing kecil tidak menyerang dalam kelompok seperti harimau dan singa.

Semua kucing senang mengubur kotorannya di tempat yang berpasir kering. Kucing juga bisa menjadi patung atau diam dalam waktu yang cukup lama ketika mereka sedang dalam mode mengintai dan siap menerkam calon mangsanya.

Jika kalian mempunyai kucing yang dipelihara pastikan menyiapkan kotak berisi pasir untuk tempat dia membuang kotoran. Selain itu, penting untuk menutup (melindungi) area-area tertentu seperti sofa, kaki meja, kitchen set atau lainnya supaya kucing tidak langsung mencakar benda-benda kesayangan Anda.

Beberapa pemilik kucing yang sudah berpengalaman biasanya akan membelikan alat khusus untuk mencakar di toko hewan peliharaan. Anda perlu mengetahui hal ini karena kucing punya kebiasaan mencakar untuk menajamkan dan menjaga kesehatan kukukunya.

Kucing adalah hewan yang sangat bersih. Mereka biasanya merawat diri mereka dengan cara menjilati beberapa bagian tubuh yang bisa dijangkau oleh lidah mereka. Sayangnya, air liur kucing ini bisa menimbulkan alergi pada beberapa manusia.

Kucing adalah hewan yang suka tidur ketimbang hewan-hewan lainnya. Mereka tidur untuk mengumuplkan energi, makannya kita lebih sering melihat kucing tidur daripada kucing yang bermain. Rata-rata tidur kucing sangat bervariasi mulai dari 12- 20 jam sehari.

Bukan tanpa alasan mengapa kucing sering tidur karena di alam liar jika kucing tidak dipelihara dan diberi makan, kucing-kucing ini harus berburu untuk mendapatkan makanan, mereka harus mengintai dalam waktu yang bervariasa. Kemudian setelah mengintai mereka akan mengejar mangsanya dan kemudian membunuh dan memakan hasil buruan. Semua proses ini sangat membutuhkan banyak energi yang keluar.

Nah, sekarang kalian jadi lebih tahu kan mengapa kucing-kucing senang tidur lebih lama daripada bermain. Dengan tidur, kucing bisa mengumpulkan tenaga sekaligus menghemat energinya.

Perilaku Jenis jenis Kucing

Bulu kucing sering membuat banyak orang gemas untuk memegang dan memeliharanya. Untuk kalian yang baru ingin memelihara kucing, kalain perlu mengetahui beberapa kebiasaan kucing kesayangan kalian.

Kucing Mengeong

Semua kucing memang akan mengeluarkan suara mengeong, kalau kucing tidak mengeluarkan suara mengeong maka bukan kucing.

Mengeong halus – Kucing yang mengeong dengan halus ini menandakan dia bersahabat dan sedang menyapa Anda. Suara mengeong tidak hanya mengartikan itu saja, bisa jadi mengartikan hal yang lain.

Mengeong Menggeram – Suara geraman kucing akan terdengar berbeda dengan mengeong halus. Jika kucing mengeluarkan suara geraman ini bisa mengartikan adanya sebuah ancaman, tanda agresi dan juga tanda untuk pertahanan.

Supaya lebih jelas coba kalian perhatikan saat kucing menggeram, apakah dia menggeram sambil menunjukkan gigi tajamnya dan sesekali terdengar suara desisan? Jika ya, maka itu menandakan kucing memberitahu sedang ada ancaman.

Suara ini juga bisa memberitahu kepada manusia atau hewan lain sebagai peringatan karena mereka takut, marah atau teritori mereka terganggu.

Kucing marah menggeram menunjukkan gigi taringnya
Ilustrasi kucing marah. (dok. shutterstock)

Mengeong Meraung Terus Menerus – Kucing yang mengeong secara terus menerus sambil mengeluarkan suara yang keras atau suara yang agak berbeda ini menandakan ada masalah dengan kesehatannya. Saya bingung untuk menyebut suara apa itu yang pasti suara mengeongnya agak tinggi. Suara seperti ini menandakan dia sedang sakit atau ada masalah dengan tubuhnya.

Jika suara mengeong kucing seperti ini maka segeralah bawa kucing Anda ke dokter untuk memeriksakannya. Kucing bisa saja terkena penyakit tiroid atau ginjal. Kedua penyakit ini katanya bisa menyebabkan suara mengeong yang berbeda dan berlebihan.

Kucing yang Terus Mengeong juga bisa menandakan kalau dia sedang lapar dan minta makan. Jika kucing mendatangi Anda saat Anda sedang makan atau berada di dapur segera beri mereka makan setelah mereka berhenti mengeong.

Menandakan Kucing Sedang Stres – Kucing yang terus mengeong bisa mengartikan mereka sedang stres. Jika Anda sudah lama memelihara kucing Anda akan mengenali apa arti suara mengeong kucing Anda.

Kucing Ingin Kawin – Kucing yang tidak dikebiri akan terus mengeong pada saat musim kawin datang. Kucing betina dan kucing jantan juga akan terus mengeong pada saat musim kawin datang.

Kucing Mendengkur

Bukan hanya manusia saja yang tidurnya suka mendengkur, rupanya kucing juga suka mendengkur sejak masih kecil. Biasanya ini dipelajari dari Ibu mereka, saat mereka masih menyusu dengan Ibunya. Ketika mereka menjadi kucing dewasa mereka juga akan mengeluarkan suara dengkuran. Suara dengkuran ini mengartikan mereka sedang bahagia dan puas.

Suara dengkuran kucing juga bisa menandakan hal lain. Selain bahagia arti dengkuran yang kedua adalah mereka sedang kesakitan dan kadang hal ini juga mengartikan mereka sebentar lagi akan mati.

Suara dengkuran kucing juga akan terdengar ketika kucing akan melahirkan anak-anaknya. Dan anak kucing akan mendengkur ketika mereka sedang menyusu.

Kucing Suka Memijat

Kegiatan lain yang sering dilakukan oleh kucing adalah melakukan pemijatan. Mungkin beberapa dari kita ada yang mengatakan masa kucing memijat? Seperti manusia aja suka pijet kalau pegal-pegal. Kucing akan melakukan pemijatan pada tubuhnya sendiri dengan cara menekan-nekan anggota tubuhnya secara bergantian dengan menggunakan cakarnya atau kedua kakinya.

Jika Anda jarang melihat kucing melakukan pemijatan coba Anda perhatikan kucing yang sedang menyusui anaknya. Anak kucing akan melakukan pemijatan pada susu induknya supaya air susu lancar keluarnya melalui puting susu induknya.

Kucing kadang juga melakukan pemijatan pada majikannya, hal ini dilakukan kucing untuk memberitahu kalau dia merasa aman dan nyaman dengan Anda. hal ini juga memberitahu kalau Anda adalah pemiliknya.

Apa Saja Jenis-jenis kucing di Indonesia

Sebelum kita membahas jenis-jenis kucing secara umum ada baiknya kita bahas dulu apa saja sih jenis-jenis kucing asli di Indonesia? Apakah memang ada kucing asli Indonesia? Saya rasa bukan cuma saya saja yang penasaran, banyak orang yang sedang membaca artikel ini juga pasti pernah punya pertanyaan seperti ini.

Meski banyak yang tidak terlalu suka dengan kucing asli Indonesia karena lebih suka kucing-kucing luar, saya yakin pengetahuan tentang jenis kucing asli Indonesia ini akan membantu menambah pengetahuan kalian.

Indonesia sebenarnya mempunyai beberapa jenis kucing asli Indonesia dan menurut saya kucing-kucing ini cukup bagus dan eksotis. Apa saja sih kucing-kucing asli Indonesia ini:

1. Kucing Congkok – Kucing Blacan

Jenis Kucing asli Indonesia pertama adalah kucing congkok atau yang dikenal juga dengan Asian Leopard Cat.  Bentuknya memang seperti leopard. Kucing ini masuk dalam salah satu hewan yang di lindungi. Nama kucing ini sangat banyak. Ada orang yang menyebut kucing ini dengan nama Kucing Congok, Kucing Blacan, Kucing Kuwuk dan sebutan lainnya.

Asian Leopard mungkin kucing congkok
Ilustrasi kucing Congkok, blacan, Asian Leopard. (dok. shutterstock)

Siapa sekarang yang suka dengan kucing ini setelah melihat gambar kucing ini dan ingin memeliharanya? Itulah mengapa, kucing Congkok menjadi incaran para pemburu untuk di jual.

Coba kalian bayangin kalau kalian sedang berada di hutan sendirian tiba-tiba melihat kucing ini. Saya yakin banyak yang pada takut karena akan di pikir ada anak macam.

Kucing ini terbiasa hidup di hutan jadi, mereka pintar berenang dan karena mempunyai ukuran badan yang sama dengan kucing rumahan mereka pintar sekali memanjat pohon.

Ada tiga jenis kucing blacan asli Indonesia yang bisa kita temukan, yaitu javanensis yang tersebar di pulau Jawa dan Pulau Bali. Jenis yang kedua adalah sumatranus yang sampai hari ini habitatnya masih kita temukan di Sumatera dan yang ketiga adalah jenis kucing blacan borneoensis yang hidup di daerah kalimantan.

Makanan kucing asli Indonesia ini adalah serangga, burung, kelinci, tikus sampai ke jenis amphibi dan makanan kecil lainnya yang bisa mereka tangkap dan makan.

2. Kucing Bakau – Fishing Cat (Prionailurus viverrinus)

Jenis Kucing asli Indonesia kedua adalah kucing bakau. Kebanyakan dari kita tahu kalau kucing biasanya takut dengan air. Rupanya, kucing yang satu ini bisa berenang untuk menangkap ikan di sungai atau di rawa-rawa. Bukan hanya sekedar bisa berenang tetapi mereka terkenal sebagai kucing perenang yang sangat handal.

Karena berani terjun ke dalam air untuk menangkap calon mangsanya makannya kucing ini di kenal dengan sebutan fishing cat dalam bahasa Indonesia kucing pemancing. Dia bisa menangkap ikan karena kucing jenis ini kebanyakan hidupnya di sepanjang sungai dan rawa-rawa hutan bakau.

Fishing cat atau kucing bakau
Ilustrasi Fishing cat atau kucing bakau. (dok. shutterstock)

Warna asli kucing Indonesia yang satu ini berwarna keabu-abuan gelap bercampur dengan bintik-bintik gelap dengan goresan garis horizontal di seluruh tubuhnya. Untuk bagian badan bawah, kucing asli Indonesia ini biasanya berwarna putih dan untuk bagian belakang kuping berwarna hitam bercampur bintik-bintik putih.

Apakah bisa kucing ini untuk di pelihara? Menurut saya bisa saja kalau mau coba dijinakkan untuk di pelihara. Sayangnya dari informasi yang saya baca kucing bakau yang hidupnya di rawa-rawa ini sudah menjadi salah satu hewan yang dilindungi karena terancam punah.

Mengapa bisa punah? Karena perkembangan zaman di mana yang dulunya banyak hutan bakau kini hutan bakau sudah semakin sulit di temukan, banyak yang rusak dan beberapa mulai beralih fungsi. Jadi kalau kalian bertanya kenapa jenis kucing asli Indonesia mulai banyak yang terancam punah karena ulah kita sendiri!

Seberapa besar kucing asli Indonesia yang satu ini? Kucing bakau yang sudah dewasa biasanya berukuran dua kali lebih besar dari kucing-kucing rumahan atau kucing domestik. Mereka mempunyai tubuh yang kekar, kaki-kaki pendek yang berotot dan mempunyai ekor yang pendek.

3. Kucing Raas Madura

Saya yakin banyak yang belum tahu kucing asli Indonesia yang berasal dari madura ini. Kucing raas memang sangat sulit ditemukan di luar pulau raas madura. Bukan susah karena alasan tidak ada, tetapi karena memang kucing ini tidak boleh keluar dari pulau ini oleh warga setempat. Kalaupun ada kucing raas yang keluar dari pulau ini biasanya kucing itu sudah di kebiri supaya kemurniaan raas tetap terjaga.

Kucing Busok atau Kucing Raas
Ilustrasi Kucing Busok atau Kucing Raas. (dok. Asiiklim)

Sayang sekali ya kalau harus seperti itu. Menurut saya, jika kucing ini bisa dikembang biakkan di kota-kota lain pasti akan membantu kucing raas ini tidak punah, padahal kucing raas ini sangat langka. Berdasarkan informasi di wikipedia per tahun 2016 saja kucing ini hanya tersisa kurang dari 100 ekor kucing.

Alasan kucing ini tidak boleh dikembang biakkan di luar pulau raas adalah:

  1. Penduduk setempat ingin menjaga kemurnian kucing raas.
  2. Alasan tradisi dan mitos: Jika kucing raas di bawa keluar, orang yang membawa kucing ini akan mendapat nasib sial dan kemungkinan akan mati misalnya kucing ini di bawa menggunakan perahu oleh orang yang belum menikah perahunya bisa tenggelam.

Kita bisa mengenali kucing raas dengan melihat matanya yang berwarna hijau bulat atau biru dan bentuk tubuh yang cenderung besar. Ciri-ciri fisik lain dari kucing raas adalah wajahnya terlihat persegi, dagu dan telinganya membentuk segitiga.

Warna bulu kucing raas hampir sama seperti kucing-kucing Indonesia pada umumnya beberapa ada yang berwarna hitam gelap dengan kilauan berwarna biru.

4. Kucing Dahan Kalimantan

Kucing yang satu ini menurut saya cukup liar dan berbahaya bagi manusia, ini menurut saya ya. Sesuai dengan namanya, kucing ini hanya bisa ditemukan di Pulau kalimantan dan bisa ditemukan juga di Pulau Sumatera.

Entah kenapa kucing yang satu ini masuk dalam kategori kucing. Jika melihat dari bentuk dan besarnya menurut saya kucing ini masuk dalam kategori kucing besar seperti singa, macam dan leopard. Selain itu kucing dahan kalimantan juga terkenal cukup ganas dan cenderung menyerang manusia.

Kucing Dahan Kalimantan
Ilustrasi Kucing Dahan Kalimantan. (dok. shutterstock)

Tapi kita ikuti saja apa kata para ahli. Kucing dahan Kalimantan adalah salah satu kucing asli Indonesia yang masuk daftar kucing yang hampir punah. Mereka suka menyendiri dan mereka lebih banyak berada di atas pohon, mungkin untuk beristirahat dan tempat bersembunyi dari bahaya.

Kucing kalimantan ini mempunyai bentuk yang hampir mirip seperti macan tutul, malah menurut saya sangat-sangat mirip, yang membedakan hanya besarnya badan dan kakinya yang lebih pendek dengan warna bulu di seluruh badan abu-abu kecokelatan.

Salah satu yang menjadi keunikan kucing dahan kalimantan terletak pada ekornya yang sangat panjang. Panjang ekor kucing dahan ini bisa sama panjangnya dengan ukuran tubuh kucing dahan.

Jika kucing ini menggeram kalian bisa melihat kalau taring kucing dahan kalimantan ini besar seperti taring macam tutul. Serem pokoknya.

Berniat ingin memelihara kucing dahan kalimantan yang hampir punah ini? Saran saya pikir-pikir lagi, karena yang ada malah kalian yang dipelihara oleh kucing dahan ini.

5. Kucing Merah Kalimantan

Jenis kucing asli Indonesia selanjutnya adalah kucing merah kalimantan atau yang di kenal juga dengan sebutan bornean bay cat, kucing ini hanya bisa di temukan di Kalimantan. Kucing ini termasuk salah satu jenis satwa liar yang di lindungi oleh negara.

Warna bulu kucing ini berwarna kemerahan, sesuai dengan namanya. Ukuran kucing yang sudah dewasa bisa mencapai 50 sampai dengan 60 sentimeter dan ekornya bisa mencapai 30 sampai dengan 40 cm.

Kucing merah kalimantan
Ilustrasi Kucing merah kalimantan. (dok. wikipedia)

Kucing merah kalimantan ini memang sudah terancam punah mengingat tempat tinggalnya sudah banyak berubah menjadi lahan untuk kelapa sawit. Kucing merah kalimantan juga di kenal dengan nama lain kucing baru kalimantan.

Sayang sekali ya, kucing-kucing ini kebanyakan sudah hampir punah karena ulah kita sendiri.

Kalau kita lihat dari gambar ini, kepala kucing merah kalimantan agak kecil dan lebih pendek dari pada badannya, kalau dalam dunia seni rupa saya menyebutnya “tidak proposional” dengan bentuk tubuh hewan pada umumnya. Jujur, kalau buat saya kucing ini terlihat agak menyeramkan untuk dijinakkan dan di pelihara.

6. Kucing Batu (Pardofelis Marmorata)

Jenis kucing Indonesia selanjutnya adalah kucing batu atau yang dikenal juga dengan pardofelis marmorata. Ini adalah kucing yang tinggalnya di hutan asia selatan dan tenggara. Dia lebih aktif pada malam hari. Hewan buruannya seperti tupai, tikus, burung dan beberapa kelompok reptil.

Kucing Batu Pardofelis Marmorata
Ilustrasi Kucing Batu Pardofelis Marmorata. (dok. nationalgeographic)

Kalau di lihat dari segi fisik, kucing batu tidak jauh berbeda dengan kucing-kucing domestik yang ada di sekitar kita. Kucing batu sangat sulit ditemukan karena mereka suka bersembunyi dari manusia dan juga hewan lain yang dianggapnya sebagai ancaman. Saking sulit di temukan para peneliti kesulitan ketika ingin mengetahui seperti apa perilaku kucing ini kesehariannya. Para peneliti juga tidak pernah tahu berapa banyak jumlah populasi mereka.

Awalnya kucing batu ini dianggap masih kerabat dekat dengan kucing dahan karena mempunyai banyak sekali kesamaan mofologi. Tetapi setelah dilakukan analisa genetik lebih lanjut menunjukkan kalau kucing batu asli Indonesia ini lebih dekat dengan kucing emas asia (Catopuma temminckii) dan mempunyai kesamaan juga dengan kucing kalimantan (Catopuma badia).

Kucing batu bisa kita temukan di beberapa wilayah Asia, seperti Nepal, Timur laut India, Bhutan, Malaysia, Sumatera dan juga Kalimantan. Cukup banyak ya negara-negara yang mempunyai kucing batu. Mungkin, bisa saya katakan kucing batu bukan benar-benar asli kucing Indonesia (Ini pendapat pribadi saya ya). Menurut kalian bagaimana?

7. Kucing Emas Asia

Jenis kucing Asli Indonesia selanjutnya adalah Kucing Emas asia yang mempunyai nama latin pardofelis temmkinckii, kucing emas ini hidup di hutan-hutan Pulau Sumatra. Keberadaan kucing emas asia ini terbilang langka jadi bisa saya katakan kalian akan kesulitan untuk bisa melihat dan menemukan kucing asli Indonesia yang satu ini.

Kucing emas asia
Ilustrasi Kucing emas asia. (dok. Pinterest)

Sesuai dengan namanya kucing ini berwarna cokelat keemasan. Panjang badan kucing emas ini sekitar 66 sampai 106 cm dan ekornya 40 sampai 57 cm.

Kucing ini termasuk hewan yang sangat dilindungi karena selalu di buru oleh orang yang menyebabkan populasinya semakin berkurang dan hampir punah.

Nah, itu adalah beberapa jenis-jenis kucing asli yang ada di Indonesia. Beberapa ada yang bisa kita pelihara (jika tidak punah) beberapa ada yang berbahaya untuk di pelihara karena bisa menyerang manusia.

Sayang sekali ya kucing-kucing asli Indonesia ini terancam punah. Jika kita mau lebih bijak mungkin kita bisa melindungi rumah mereka dan tidak memburu mereka untuk di bunuh. Tapi itu mustahil selama kita masih hidup di dunia yang jahat dan tamak seperti ini.

Jenis-jenis Kucing Peliharaan dan Harga Kucing

Sekarang kita masuk ke pembahasan tentang jenis-jenis kucing peliharaan dan yang paling populer baik yang ada di Indonesia maupun yang di luar. Kucing memang hewan yang sangat menggemaskan, penyayang sekaligus hewan yang agresif.

Jumlah ras kucing atau jenis-jenis kucing di seluruh dunia sangat banyak sekali. Setiap jenis atau ras kucing mempunyai ciri-ciri tersendiri.

Menurut pendapat pribadi saya, kucing ada yang bisa dijinakkan ada juga yang tidak. Jika kucing itu bisa dijinakkan biasanya tidak langgeng. Kedekatan kucing dengan manusia tidak panjang atau lebih pendek jika kita bandingkan dengan hewan domestikasi yang lainnya.

Buat kamu yang mau kenalan dan mengetahui jenis-jenis kucing apa saja yang bisa dipelihara dan yang populer bisa simak daftarnya di bawah ini.

1 Kucing Ashera

Jensi kucing pertama yang mempunyai nilai jual sangat wow bagi saya adalah “kucing Ashera.” Tahukah kalian kalau kucing ashera adalah jenis kucing paling mahal di dunia. Kalau saya di suruh beli kucing ini saya akan pilih beli rumah atau tanah saja.

Kucing Ashera adalah jenis kucing yang sudah langka. Kucing ini ada bukan karena memang sudah ada dari dulu awal penciptaan, tapi karena hasil dari kawin campuran antara kucing serval (besar) dengan kucing lokal asia (Leopard) – Tepatnya, Ashera campuran antara kucing liar afrika dan Asian leopard dengan sedikit campuran kucing domestik.

Jenis Kucing Ashera
Ilustrasi Kucing Ashera. (dok. staticflickr.com)

Meski corak bulu di tubuh kucing ini terlihat mirip seperti leopard salju, tetapi tidak usah khawatir karena kucing ini tidak ganas mungkin lebih mirip seperti kucing Savannah.

Tidak banyak orang yang bisa memiliki kucing Ashera ini. Selain harganya yang sangat mahal dan hanya orang berduit lebih dan yang benar-benar cinta kucing yang bisa memiliki kucing ini.

Selain itu kucing ini hanya bisa memiliki lima anak kucing saja untuk setiap tahunnya. Kalau kalian benar-benar ingin memiliki kucing ini kalian harus menabung sampai punya uang sekitar Rp.1.8 miliar.

Duh, seandainya saya nemu kucing ini di jalan akan saya jual 1 miliar saja ke orang yang mau beli – ngakak.

2 Kucing Savannah

Jenis kucing peliharaan populer selanjutnya adalah kucing savannah. Kalau kalian bandingkan dengan kucing Ashera jauh lebih ganteng kucing ini bukan? (Ini pendapat pribadi saya loh). Kucing ini adalah kucing hasil perkawinan silang antara kucing domestik dari persia dan kucing besar dari Afrika.

Jenis Kucing Savannah
Ilustrasi Kucing Savannah. (dok. squarespace-cdn)

Meski terlihat besar dan ganteng kucing ini tidak ganas kok kalau di latih dengan benar. Sifatnya loyal, senang bermain dan cepat belajar jika di latih.

Cuma, kalau kucing ini tidak kamu latih dengan baik dia akan menjadi agresif ketika ada tamu atau orang yang tidak di kenal.

Gimana, tertarik untuk memiliki kucing ganteng ini? Siapin uang sekitar Rp.700 juta sekian ya untuk beli satu kucing ini. Sekali lagi, kalau saya mending beli sepetak tanah atau beli satu rumah kalau harga kucingnya semahal itu.

3 Kucing Bengal

Jenis kucing populer yang biasanya jadi hewan piaraan adalah kucing bengal. Namanya lucu ya kayak anak bengal. Kucing ini kecil dan terlihat anggun bagi banyak orang. Buat saya yang bukan pecinta kucing ya biasa saja, tidak ada yang istimewa meski corak bulu kucing ini terlihat seperti kucing hutan.

Jenis kucing bengal
Ilustrasi Kucing Bengal. (dok. shutterstock)

Kucing ini hasil dari kawin silang antara kucing lokal dengan kucing leopard asia. Kucing dengan tampilan seperti ini terlihat biasa buat saya karena sering lihat kucing yang punya corak yang mirip-mirip seperti ini walau tidak sama persis.

 

Kucing bengal ini bisa dijadikan peliharaan di rumah karena mereka juga mudah untuk dijinakkan, penyayang, aktif dan senang bermain.

Harga satu kucing bengal di bandrol sebesar Rp. 365 juta. Busyet, harga kucingnya bisa buat beli mobil satu malih. Seandainya saya pegang uang sebanyak itu sekarang, saya mau pakai buat buka usaha dan nyekolahin anak saya.

4 Kucing Persia

Jenis Kucing paling populer selanjutnya adalah kucing persia. Saya yakin banyak yang tidak asing mendengar kucing yang satu ini karena kucing ini memang populer dengan bentuknya yang lucu dan menggemaskan – ughh pengen nyubit kamu yang lagi baca artikel saya ini.

Jenis Kucing Persia
Ilustrasi Kucing Persia. (dok. shutterstock)

Ciri khusus dari kucing persia ini adalah bulunya yang sangat panjang, wajahnya kecil dan hidunya pesek kayak kamu. Kucing persia adalah kucing yang berasal dari Iran. Kucing persia terkenal sebagai kucing yang penyayang, manis dan suka mencari perhatian kayak kamu ke aku.

Jika kamu mau memiliki kucing yang cantik ini kamu harus merelakan uang sebesar Rp.80 jutaan. Ada sih yang murah tapi biasanya kucing persia yang murah hasil kawin campuran, dan harganya di bandrol sekitar Rp.500.000 an.

Selain harga kucing, Perawatan kucing persia cukup menguras isi dompet loh. Bulu-bulunya membutuhkan perhatian dan harus di sisir setiap hari, kucing persia juga membutuhkan beberapa vitamin untuk perawatan bulu-bulunya. Kucing ini mempunyai lebih dari 80 warna beberapa warna yang kami tahu adalah biru, hitam, krem dan warna abu-abu.

5 Kucing Peterbald

Jenis kucing populer hasil ciptaan atau kawin silang adalah Peterbald yang mirip dengan kucing Sphynx. Meski kedua kucinng ini sangat mirip kita masih bisa melihat perbedaan yang cukup jelas dari keduanya. Kucing Peterbald mempunyai wajah yang agak kecil dan mungkin terlihat agak lebih panjang, telinganya tegak mirip telinga kelelawar dan kakinya mempunyai selaput.

Jenis Kucing Peterbald
Ilustrasi Kucing Peterbald. (dok. iSotck)

Sebenarnya, kucing-kucing hasil ciptaan manusia yang di kawin silangkan seperti ini cacat atau bagus sih? Ini pertanyaan pribadi saya ya. Soalnya kasihan sekali kucing ini tidak mempunyai bulu. Jujur, kalau saya agak geli untuk memegang kucing yang tidak mempunyai bulu – Jadi inget anak tikus yang baru lahir.

Kucing peterbald masih mempunyai bulu tapi hanya sedikit sekali, bulu-bulu ini nantinya akan rontok dengan sendirinya karena di sebabkan oleh gen bulu rontok.

Meski terlihat agresif sebenarnya kucing Peterbald tidak seperti tampilannya yang seram dan agresif. Dia adalah tipe kucing yang sangat setia, senang bermain dan sangat pinter jika di latih dengan baik.

Meski mempunyai tampang yang jelek menurut saya, kucing Peterbald masuk dalam kategori kucing termahal di dunia. Jika kalian ingin memiliki kucing ini kalian harus rela mengeluarkan uang sebesar Rp.70 juta rupiah. Busyet mahal amat harga kucing Peterbald ya.

6 Kucing Sphynx

Jenis kucing yang banyak di pelihara selanjutnya adalah Sphynx. Meski mempunyai tampilan yang jelek Sphynx adalah jenis kucing mahal loh. Bagi saya secara pribadi, kucing ini terlihat menyeramkan dan geli untuk di pegang karena tidak mempunyai bulu.

Jenis kucing Sphynx
Ilustrasi Kucing Sphynx . (dok. Gettyimages)

Meski begitu, ternyata daya tarik kucing ini terletak di situ bahkan orang yang suka dengan jenis kucing ini cukup banyak. Ciri yang jelas untuk membedakan kucing ini dengan kucing Peterbald ada pada telinganya yang lebar dan besar, perut kucing ini bundar, kemudian tangan dan kaki dari kucing ini juga lebar. Bentuk tubuhnya? Bentuk tubuhnya berlipat-lipat dan berotot.

Siapa diantara kalian yang gemes melihat kucing yang satu ini? Kalau saya tidak suka, geli ah melihatnya. Harga kucing ini sekitar Rp.42 juta.

7 Kucing Russian Blue

Jenis kucing ini cukup populer juga meski sebenarnya kucing Russian blue adalah kucing yang biasa ada di rumah atau kucing rumahan. Mereka di sukai banyak orang karena penampilan kucing ini memang terlihat elegan.

Banyak orang mengatakan kucing jenis Russian blue adalah kucing yang senang menyendiri. Bisa jadi kata-kata itu benar, tapi setiap kucing tidak bisa langsung dekat dengan seseorang. Mereka perlu mengamati dan menyelidiki orang yang ingin memelihara mereka.

Jenis Kucing Russian Blue
Ilustrasi Kucing Russian Blue.

Jadi, kucing ini selalu akan mengamati terlebih dahulu sebelum mereka benar-benar mau melakukan sesuatu seperti yang kita harapkan. Setelah mereka merasa nyaman, kucing ini akan selalu menyayangi Anda dan ingin berdekatan dengan Anda.

Seperti kucing pada umumnya, kucing Russian blue senang bermain dan di manja. Kucing ini mempunyai sifat introvert, jadi kucing Russian blue akan lebih banyak diam jika ada tamu atau orang yang datang ke rumah. Tapi kalau mereka sudah kenal mereka tidak akan malu-malu dengan orang itu.

Berapa harga kucing Russian Blue? Jika kamu ingin memiliki kucing Russian blue ini, maka kamu harus rela merogoh kocek sebesar Rp.24 juta rupiah.

8 Kucing Scottish Fold

Jenis kucing yang satu ini banyak yang mencari dan ingin memeliharanya. Kucing Scottish Fold berasal dari Skotlandia. Kucing ini mempunyai wajah yang gemesin, bulet dan telinganya turun ke bawah terlipat menjadi daya tarik tersendiri kucing yang satu ini. Mata kucing ini cukup besar dan sekilas kalau kita lihat wajah kucing ini mirip dengan burung hantu.

Jenis Kucing Kucing Scottish Fold
Ilustrasi Kucing Scottish Fold. (dok. Gettyimages)

Jika di lihat, kucing Scottish fold seperti kucing buatan atau perkawinan silang, tetapi mutasi kucing ini benar-benar asli alami bukan karena perkawinan silang. Asal mula kucing ini dari sumber yang saya dapat berasal dari seekor kucing putih yang telinganya memang mempunyai bentuk yang unik yaitu terlipat ke depan atau kebawan seperti pada gambar ini.

Konon katanya kucing putih ini bernama Susie. Kucing ini pertama kali di temukan di sebuah pertanian Perthshire, Skotlandia oleh seorang petani. Jelas yang nemuin seorang petani, kalau seorang desainer grafis ngapain dia ada di pertanian. Karena melihat kucing ini sedang hamil maka di bawa pulang oleh sanga petani untuk di rawat.

Jika kalian ingin memiliki kucing scottish fold,kucing ini dibandrol dengan harga sekitar Rp.21 juta. Mungkin, saat ini harga kucing ini bisa lebih dari harga itu.

9 Kucing American Curl

Mungkin tidak banyak yang tahu tentang jenis kucing yang satu ini. Kucing American curl adalah jenis kucing yang cukup populer di kalangan pecinta hewan khususnya kucing. Kucing ini mempunyai ciri-ciri yang unik, tubuh kucing American curl kotak, matanya bulat ekspresif, bulu di seluruh tubuhnya halus dan yang paling mencolok dari semuanya adalah kupingnya yang melengkung membuatnya terlihat unik.

Jenis Kucing American Curl
Ilustrasi Kucing American Curl. (dok. shutterstock)

Katanya sih sewaktu kucing ini dilahirkan telinganya sama seperti kucing-kucing pada umumnya, tetapi setelah 48 jam, telinga mereka akan menggulung dengan sendirinya.

Kucing American curl mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan ramah. Kucing ini senang bermain dan juga ramah dengan hewan lain.

Berapa sih harga kucing American curl? Harga 1 ekor kucing American curl di bandrol sebesar Rp.17 juta rupiah.

10 Kucing British Shorthair

Dari namanya kami yakin banyak dari kalian yang sudah tahu dari mana asal kucing ini. Kucing British Shorthair berasal dari eropa tepatnya di negara Inggris. Kita bisa dengan mudah mengenali kucing British Shorthair dari bentuknya. Mukanya yang lebar, bulunya yang tebal dan lebat tapi pendek. Mata kucing ini terlihat mencolok berwarna dan ekornya dengan panjang yang sedang membuat semua tampak sempurna.

Jenis Kucing British Shorthair
Ilustrasi Kucing British Shorthair. (dok. shutterstock)

Kucing British ada jua jenis, British shorthair dan British longhair. Kucing ini sangat lembut dan santai. Kekurangan dari kucing British shorthair adalah mereka mudah sekali terkena penyakit obesitas dan penyakit ginjal polikistik. Sebenarnya kucing British shorthair tidak senang jika digendong-gendong. Meski begitu bukan berarti kalian tidak bisa menggendong kucing yang menggemaskan ini ya.

Berapa sih harga kucing British shorthair ini? Kucing ini di bandorl dengan harga Rp.14 juta rupiah bahkan bisa lebih untuk satu ekornya.

11 Kucing Siam

Jenis kucing terkenal lainnya adalah kucing siam. Kucing ini berasal dari Thailand. Kucing siam mempunyai sifat yang baik, pintar dan juga penyayang. Ciri-ciri yang jelas dari kucing siam ini adalah pada bagian muka, kaki dan ekornya berwarna gelap. Bulu badannya biasanya berwarna cokelat krem.

Jenis Kucing Siam
Ilustrasi Kucing Siam. (dok. shutterstock)

Dari website Daily Paws, bulu kucing siam ini tidak mudah rontok seperti kucing-kucing lainnya karena dia mempunyai bulu pendek. Tapi bukan berarti tidak ada bulu yang rontok ya.

Berapa sih kira-kira harga kucing siam ini? Kucing siam di hargai sekitar Rp. 8 – 21 juta bergantung cara pengembang biakan kucing siamnya.

12 Kucing Maine Coon

Jenis kucing yang populer untuk dipelihara adalah Kucing Maine Coon, kucing asli dari Negara Bagian Maine. Kucing ini sampai dijadikan maskot Maine State Cat. Untuk bisa mengenali kucing ini cukup mudah. Maine mempunyai bentuk tubuh yang besar, tinggi kucing maine sekitar 1 meter, panjang kucing maine mencapai 121 cm.

Jenis Kucing Maine Coon
Ilustrasi Kucing Maine Coon. (dok. Gettyimages)

Bentuk wajah Kucing Maine Coon cukup khas, mereka memiliki bulu yang cukup lebat di sekitar kepala dan wajah mereka. Kalau saya perhatikan wajahnya mirip seperti singa, ya singa mungil yang menggemaskan kali ya.

Kalau kalian mau tahu harga 1 ekor kucing Maine Coon kalian harus rela mengeluarkan uang sebesar Rp. 10 sampai dengan Rp.20 juta.

13 Kucing Munchkin

Jenis kucing populer di Indonesia selanjutnya adalah Kucing Munchkin. Kucing ini terbilang jenis kucing baru dari hasil kawin silang. Kucing ini diakui oleh TICA sejak tahun 1995. Kucing ini mempunyai tubuh yang mungil meskipun mereka sudah dewasa.

Jenis Kucing Munchkin
Ilustrasi Kucing Munchkin. (dok. shutterstock)

Bentuk kakinya juga berbeda dengan kucing-kucing pada umumnya. Kucing ini mempunyai kaki yang pendek akibat dari mutasi genetik. Saya sih bilangnya cacat ya, tetapi para pecinta kucing tidak bilang seperti itu. Kaki depan pendek dan kaki belakangnya panjang. Jadi kalau bergerak kucing ini seperti gerakan seekor musang.

Meski bentuknya aneh kucing ini mempunyai banyak penggemarnya dan sudah diakui juga. Jika kalian ingin memiliki kucing ini harga untuk satu ekor kucing Munchkin sekitar Rp.6 juta untuk yang asli Munchkin dan yang campuran harga kucing Munchkin mungkin bisa mencapai Rp.900 ribuan.

14 Kucing Ragdoll

Jenis kucing yang menjadi pilihan banyak orang untuk dipelihara adalah Kucing Ragdoll. Pasti banyak yang belum pernah mendengar jenis kucing yang satu ini bukan? Sama, saya juga baru tahu sekarang ini pada saat melakukan riset untuk penulisan artikel ini.

Jenis Kucing Ragdoll
Ilustrasi Kucing Ragdoll. (dok. shutterstock)

Kucing ini memang mempunyai penampilan yang bisa membuat kamu jadi gemes pengen meluk dan menggendongnya.

Mereka terkenal memiliki bulu yang berwarna putih panjang, dan mereka juga terkenal mempunyai mata yang berwarna biru. Tetapi kucing Ragdoll yang hasil kawin campuran akan mempunyai mata berwarna biru tua, hijau dan keemasan yang biasanya bisa berubah selama mereka hidup.

Berapa sih harga kucing ragdoll? Jika kalian ingin memiliki kucing ragdoll harga untuk satu ekor kucing ini sangat variatif. Untuk kucing ragdoll yang hanya untuk dipelihara biasanya harganya berkisar Rp.6.000.000. Jika kalian ingin membeli kucing ragdoll untuk kontes atau cat show maka kalian harus membeli kucing yang berkualitas asal usulnya. Harga untuk satu ekor kucing ragdoll yang akan digunakan untuk kontes sekitar Rp.16 – 30 juta.

15 Kucing Korat

Jenis kucing yang terkenal di dunia selanjutnya adalah kucing korat. Kucing korat adalah salah satu jenis kucing tertua yang ada di dunia. Korat adalah kucing asli asal negara Thailand. Kucing ini dianggap sebagai kucing suci dan pengawas untuk nasib baik. Yah, namanya kepercayaan ya jadi kadang bagi beberapa orang hal seperti ini mungkin kurang begitu di terima akal pikiraan.

Kucing korat sendiri masuk ke Amerika sekitar tahun 1959 dan baru diakui CFA secara resmi sekitar tahun 1967.

Korat juga terkenal sebagai kucing yang mudah di dekati, cerdas dan cenderung setia kepada orang yang merawatnya. Cukup diberi perhatian mereka akan setia kepada Anda.

Jenis Kucing Korat.
Ilustrasi Kucing Korat.

Jika dilatih, kucing ini bisa bersahabat dengan anjing atau peliharaan lain yang ada di rumah kalian. Meski bisa bersahabat dengan anjing namanya kucing pasti akan memilih teman sesama kucing jika di rumah itu ada dua kucing lain.

Warana kucing korat berwarna biru kelabu dan mempunyai bulu pendek yang berkilau seperti warna keperakan. Kucing korat mempunyai mata yang berwarna hijau terang dan badannya mempunyai otot-otot yang bagus.

Ingin membeli kucing korat ini? Harga satu ekor kucing korat berkisar Rp.9 sampai Rp.15 juta. Harga ini bergantung silsilah, umur dan bagaimana cara mereka dibesarkan.

16 Kucing Anggora

Ini adalah salah satu kucing yang paling-paling populer di telinga orang-orang Indonesia, “Kucing Anggora”. Kucing Anggora adalah kucing asli Ankara Turki. Kucing Anggora sekilas mungkin mirip dengan kucing Persia, tapi mereka adalah kucing yang berbeda.

Jenis Kucing anggora
Ilustrasi Kucing anggora. (dok. shutterstock)

Kucing Anggora bisa di lihat dari bentuk badannya yang lebih panjang tapi kurus kecil, kaki yang kecil atau langsing, mempunyai ekor yang panjang dan berbulu lebat, kuping ke atas dan besar, serta mempunyai mata yang lebih besar.

Kucing yang mempunyai bulu lebat seperti ini memang membutuhkan perawatan rambut yang cukup rajin. Sebagai pemilik kucing kalian harus rajin-rajin merawat kucing Anggora dengan rajin menyisir. Harga kucing Anggora terbilang murah menurut saya. Satu ekor kucing Anggora harganya sekitar Rp.1 sampai dengan 2 juta.

17 Kucing Himalaya

Ras Kucing yang mempunyai bulu panjang seperti kucing Persia dan Anggora adalah kucing Himalaya. Nama kucing ini cakep ya “Himalaya”. Dari informasi yang saya baca di icatcare.org, beberapa kucing himalaya adalah hasil dari perkawinan silang antara kucing Siam dengan Persia yang mempunyai mata berwarna biru.

Jenis Kucing himalaya
Ilustrasi Kucing himalaya.

Meski namanya Himalaya kucing ini bukan berasal dari Himalaya asli. Nama ini katanya diambil dari jenis kelinci yang mempunyai penampilan fisik mirip dengan warna bulu kucing Himalaya. Kucing ini mempunyai hidung pesek, dan senang berada di tempat yang dingin.

Ini nyata!

Kucing Himalaya tidak bisa melompat. Kita semua tahu kalau kucing itu senang dan jago dalam hal melompat. Tetapi kucing ini tidak mempunyai kemampuan itu dalam dirinya. Ini sebenarnya kucing apa anak biawak yang bentuknya kucing ya.

Kenapa mereka tidak bisa melompat? Hal ini di sebabkan karena kucing Himalaya mempunyai badan yang kecil dan kaki yang pendek.

18 Kucing American Shorthair

Kucing ras populer yang menjadi peliharaan orang selanjutnya adalah American Shorthair. Kucing ini banyak di sukai orang karena mereka mempunya bulu pendek yang berwarna perak dan mempunyai corak yang sangat khas seperti marmer. Meski itu yang menjadi warna bulunya, sebenarnya terdapat lebih dari 60 jenis warna bulu dari kucing American Shorthair.

Jenis Kucing American Shorthair
Ilustrasi Kucing American Shorthair. (dok. shutterstock)

Kucing ini berasal dari benua eropa yang kemudian di kembangkan di Amerika dan belakangan di kenal dengan jenis populernya “American Shorthair”.

Tampang dan juga tampilan kucing yang satu ini memang tidak terlihat berkelas seperti kucing-kucing mahal lainnya misalnya British shorthair. Alasannya cukup sederhana karena kucing ini di awal sejarahnya dikembang biakkan untuk menekan jumlah tikus.

Meski begitu kucing American Shorthair ini mempunyai penggemar yang cukup banyak. Berapa sih harga kucing American Shorthair ini? Jika kalian ingin memelihara dan membeli kucing ini, harga satu ekor kucing American Shorthair sekitar Rp.1.3 sampai dengan Rp.22 juta. Ini bergantung dari silsilah, cara pengembang biakan, siapa bredernya dan di datangkan dari negara mana.

Harga pasaran umum untuk kucing yang dipelihara saja sekitar Rp.1,3 sampai Rp.2 juta rupiah.

19 Kucing Singapura

Jenis Kucing populer lainnya yang menjadi incaran banyak orang untuk di pelihara adalah kucing singapura. Kucing ini awalnya berada di jalanan Singapura yang derajatnya di naikkan menjadi level one – Ngakak bercanda.

Kucing Singapura mempunyai corak bulu berwarna bintik-bintik seperti lukisan pointilis. Bintik-bintik inilah yang membuat kucing ini menarik dan terlihat manis. Kucing ini adalah kucing yang bentuknya tidak besar, alias kucing mini yang imut.

Jenis Kucing Singapur
Ilustrasi Kucing Singapur. (dok. shutterstock)

Meski kalau kita lihat secara langsung dan kita bandingkan dengan kucing-kucing peliharaan yang lain. Kucing Singapura ini terlihat sama seperti kucing kampung di Indonesia, tidak ada yang istimewa.

Sejarah pengakuan tentang kucing Singapura ini penuh dilema panjang sampai hari ini. Meski begitu pemerintah Singapura tetap mengakui kucing ini sebagai kucing asal Singapuran dan dijadikan maskot pariwisata sampai hari ini.

Berapa Biaya Mengadopsi Kucing Asli Singapura? Untuk bisa mengadopsi kucing Singapura, kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp.18 juta sampai Rp.47 juta rupiah untuk satu ekornya. Harga kucing ini bergantung dari kualitas kucing yang mau di adopsi ya. Semakin berkualitas silsilah kucing yang di jual maka semakin mahal harga kucingnya.

20 Kucing Manx

Jenis Kucing yang juga populer dan banyak dipelihara adalah Jenis Kucing Manx. Kucing ini dapat dikenali dari buntutnya. Kucing ini tidak berekor dan memang secara fisik tampilannya sedikit berbeda kucing-kucing yang sering kita liat di sekitar rumah kita. Kaki belakang mereka agak panjang kalau kita bandingkan dengan kucing-kucing pada umumnya.

Jenis Kucing Manx
Ilustrasi Kucing Manx. (dok. shutterstock)

Kucing Manx berasal dari Isle of Man. Meski perjalanan kisah kucing ini penuh dengan pertanyaan, kucing Manx tetap menjadi salah satu kucing populer yang dipelihara banyak orang.

Ingin memelihara kucing Manx? Harga satu ekor kucing Manx sangat variatif harganya sekitar Rp.10 sampai dengan Rp.40 juta.

Sebenarnya cukup banyak jenis-jenis kucing yang ada di dunia ini. Beberapa ada yang masuk dalam daftar, beberapa lagi tidak masuk dalam daftar. Jika kalian mempunyai komentar atau tambahan tentang jenis kucing yang belum kami masukkan dalam daftar ini, silahkan beritahu kami.

Jika kalian suka dengan artikel Jenis jenis Kucing dan Harga Kucing Berkualitas ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.