skip to Main Content
Cara Menjinakkan Kucing Liar

7 Cara Menjinakkan Kucing Liar Agar Bisa Dipelihara

 

Teakblock.com – Kucing bisa menarik perhatian kita untuk memilikinya. Kita mungkin pernah melihat kucing liar di jalan kemudian ingin membawa pulang dan memeliharanya. Sayangnya, menjinakkan kucing liar bukan perkara yang mudah. Kalau kita tidak mempunyai pengetahuan cara menjinakkan kucing liar, salah-salah kita sendiri bisa celaka digigit atau tercakar oleh kucing.

Kucing liar biasanya galak dan sangat susah untuk kita dekati. Kebanyakan kucing liar sama sekali tidak pernah berdekatan dengan manusia dan kebanyakan kucing liar mempunyai trauma.

Kita semua tahu, kucing liar adalah jenis kucing yang sudah terbiasa hidup sendiri tanpa bantuan manusia. Mereka hidup di jalanan tanpa adanya aturan dan perhatian dari manusia. Karena terbiasa dengan hal-hal bebas, mereka sulit untuk dijinakkan dan kemungkinan membutuhkan waktu agar bisa dekat dengan Anda dan hidup di dalam rumah.

Kategori Kucing Liar

Mengenali Kucing Liar yang benar benar liar
Ilustrasi Mengenali Kucing benar benar liar. (dok. pexels/Aleksandr Nadyojin)

Tidak semua kucing liar benar-benar liar. Kucing liar bisa kita kelompokkan ke dalam tiga kategori yaitu kucing liar yang bersosialisasi, kucing liar yang semi-liar, dan kucing liar benar-benar liar.

Kucing liar yang masuk dalam kategori bersosialisasi setahu saya biasanya jauh lebih mudah untuk di dekati dan cepat akrab dengan manusia. Sedangkan untuk kucing liar yang yang benar-benar liar sama sekali tidak pernah kontak dengan manusia. Saya sendiri pernah coba memanggil dan mendekati kucing liar, kucing ini langsung menggeram dan menaikkan bulu badannya – mode siap menyerang.

Untuk kucing yang masuk dalam kategori semi-liar yang masuk diantara kedua kategori ini. Kucing ini akan menghindari sentuhan tetapi satu sisi berani mendekat sambil menjaga jarak. Kucing semi-liar juga akan bersuara jika berada di dekat manusia atau ketika ingin meminta makanan (Jika kita sedang makan di dekat mereka).

Cara Mendekati Kucing Liar

Sebelum masuk ke tahap menjinakkan kucing liar pasti ada tahap awal yang harus kita lakukan terlebih dahulu yaitu pendekatan dengan kucing liar.

Kucing tidak bisa langsung jinak tanpa adanya pendekatan terlebih dahulu bukan? Sama seperti kita ingin berpacaran dengan seseorang tentu ada proses pendekatan terlebih dahulu di awal baru setelah itu kita bisa berpacaran.

Nah, kucing juga sama seperti itu. Mereka perlu rasa aman dan percaya diri saat dekat dengan kita. Jadi, kucing-kucing liar ini perlu diyakinkan terlebih dahulu sebelum mereka benar-benar mau dipegang dan di elus-elus dengan manusia.

Cara mendekati kucing liar terbilang susah-susah gampang, hanya dibutuhkan ketekunan dan kesabaran saja dari kita.

  • Memberi Makan Kucing Secara Rutin – Ini adalah cara menjinakkan kucing liar yang paling ampuh dan terbukti bisa membantu kucing liar mengenal siapa Anda dan apa tujuan Anda mendekati dia setiap hari.
  • Memberi Minum Kucing – Selain memberikan makanan yang di sukai oleh kucing, Anda juga bisa memberi mereka minum. Untuk bagian dua ini hanya optional saja. Biasanya cukup memberi makan secara rutin saja.

Untuk proses pendekatan kucing Anda hanya perlu melakukan dua hal itu saja. Yang paling penting dilakukan adalah memberi mereka makan sesering mungkin agar mereka mengenal Anda, tahu tujuan Anda dan menaruh rasa percaya diri kalau Anda bukan ancaman baginya.

Mengapa Anak Kucing Liar Takut Manusia

Anak kucing yang dari kecil dipelihara oleh manusia biasanya dia akan terbiasa dengan manusia. Kucing dengan Anjing memang sangat berbeda jauh. Menurut saya, kucing jauh lebih berbahaya daripada anjing meskipun mereka masih kecil – Ini pendapat pribadi dan pengalaman saya.

Tempat Tinggal Kucing Liar
Ilustrasi Tempat Tinggal Kucing Liar. (dok. pexels/Aleksandr Nadyojin)

Saya pernah beberapa kali memperhatikan anak kucing dan anak anjing liar yang sama-sama masih kecil. Anjing masih bisa kita pegang dan ajak bermain, tapi anak kucing biasanya akan menjaga jarak dengan manusia dan cenderung takut dengan manusia.

Kucing jauh menunjukkan sikap liarnya daripada anak anjing jika akan dipegang atau akan dipelihara oleh calon majikannya. Memang anak kucing mungkin tidak akan menyerang Anda, tapi dalam beberapa kasus ada yang mencakar dan melukai orang yang ingin memegangnya.

Ini di sebabkan karena kucing sebenarnya hewan yang liar dan kesetiaannya tidak langgeng seperti seekor anjing.

Cara Menjinakkan Kucing Liar Dewasa

Untuk bisa menjinakkan kucing memang membutuhkan pengetahuan cara menjinakkan kucing dengan baik. Salah satu cara menjinakkan kucing liar yang harus Anda lakukan adalah melatih kesabaran diri karena kucing bisa jinak membutuhkan waktu yang mungkin tidak sebentar. Berbeda dengan anjing yang hanya perlu membutuhkan waktu 1 minggu sampai 1 bulan saja.

Berikut ini cara menjinakkan kucing liar yang biasanya banyak dilakukan pecinta kucing.

1. Menyiapkan Tempat khusus Untuk Kucing Liar

Sebelum membawa pulang kucing ke rumah. Anda harus menyiapkan satu tempat khusus untuk memelihara kucing liar yang baru di bawa pulang ke rumah. Dengan menyiapkan tempat khusus akan membantu kucing tidak kabur dan kembali ke alam liar.

Tempat yang Anda siapkan tidak harus luas sekali. Anda cukup menyiapkan satu tempat yang kecil saja, di mana tempat itu nyaman dan tidak membuatnya cepat stress. Usahakan tempatnya jauh dari orang lain dulu. Pastikan di tempat kucing ini Anda siapkan tempat makan, minum, kotak pasir untuk dia buang air besar.

2. Selalu Menemui Dan Menemani Kucing Tanpa Harus Menyentuh

Cara Menjinakkan Kucing Liar yang banyak dianjurkan dan dilakukan pecinta kucing adalah dengan tetap tentu menemui dan menemani kucing liar. Cara Ini akan membantu kucing mengenali Anda dan tempat baru jika kucing liar sudah di bawa ke rumah.

 

Cukup temani dia dengan mengajaknya berbicara layaknya kita berbicara dengan manusia. Meski terlihat seperti orang gila, mengajak bicara kucing bisa menimbulkan kedekatan dan kepercayaan kucing. Pastikan pada tahap ini Anda tidak tergoda untuk terburu-buru menyentuh kucing. Cukup ajak bicara dan temanai agar dia tidak menjadi gelisah dan agresif saat dipegang.

Tindakan ini harus dilakukan secara rutin dan terus menerus agar kucing terbiasa dan merasa nyaman dengan Anda.

3. Ajak Kucing Liar Bermain

Cara membuat kucing lebih dekat dengan Anda adalah dengan cara mengajaknya bermain. Ingat ya, jangan menggunakan tangan secara langsung. Gunakan mainan khusus untuk kucing seperti tali pancing tanpa harus menyentuhnya.

Mainan kucing banyak sekali di jual di petshop dekat rumah kita. Kalau Anda ingin membuat mainan sendiri sara saya buat mainan tali pancing atau menggunakan bola kecil. Jika kucing terlihat takut saat bermain dengan bola, coba ganti permainan dengan menggunakan tali pancing. Ini adalah salah satu cara menjinakkan kucing yang paling sering digunakan setelah memberi makan.

4. Pancing Kucing Liar Mendekat Dengan Memberi Makanan

Cara menjinakkan kucing yang sering digunakan oleh pecinta hewan adalah memancing kucing mau menghampiri kita dengan memberikan makanan. Selain menggunakan makanan kita juga bisa mencoba menggunakan mainan seperti yang sudah saya ulas di poin ke tiga dengan mengajak bermain.

Biasanya setelah sering memberi mereka makan, kucing akan mau mendekat meskipun belum mau di sentuh. Jika ini terjadi, ini sudah kemajuan yang cukup baik. Lakukan secara rutin sampai kucing benar-benar mendekat sesuai dengan jarak yang Anda inginkan.

5. Perhatikan Perubahan Bahasa Tubuh Kucing Liar

Setelah kucing dijinakkan melalui beberapa tahapan sederhana di atas, biasanya kucing sudah bisa mengenali siapa Anda dan mengapa Anda datang pada hari itu – kini mereka sudah terbiasa dengan kehadiran Anda di sana.

Pada tahap ini, Anda juga sudah bisa melihat dan mengenali perubahan bahasa tubuh kucing. Mungkin, dari yang awalnya dia menggeram menunjukkan gigi, dan menaikkan bulu-bulu badannya. Sekarang kucing ini sudah tidak lagi menunjukkan hal-hal seperti itu lagi.

Jika Anda melihat perubahan seperti itu maka ini kabar baik bagi Anda dan Anda siap masuk ke tahap selanjutnya. Cobalah untuk mengelus-elus kepala kucing secara perlahan dan lembut, jika kucing ini masih waspada maka segera hentikan mengelus kucing.

6. Mulai Biasakan Menyentuh Kucing Liar

Cara Menjinakkan Kucing Liar dengan menyentuhnya
Ilustrasi menyentuh kucing liar. (dok. pexels/sergio souza)

Di tahap sebelumnya sudah terjalin kedekatan antara Anda dan kucing yang sedang dijinakkan. Anda juga sudah melihat reaksi-reaksi yang terjadi saat kucing di elus pertama kali, ke dua dan seterusnya.

Kita anggap kucing menanggapi respon dan kemajuan kedekatan yang baik. Maka, tahap selanjutnya yang akan kita lakukan adalah menjinakkan kucing dengan membiasakan dirinya di sentuh oleh manusia.

Cara ini bisa kita lakukan sesuai dengan cara yang kita inginkan tapi tetap dengan batas-batas keamanan. Anda bisa memberikan tangan Anda mendekat ke kucing, bisa sambil sesekali memberikan makanan.

Jika kucing menghampiri dan kemudian menempelkan tangannya ke tangan atau anggota tubuh Anda yang lain, maka kita bisa menyimpulkan kalau kucing sudah sepenuhnya merasa aman, nyaman dan Anda dianggap bukan sebagai ancaman lagi bagi dirinya.

Lakukan kebiasaan ini secara terus menerus sampai kucing benar-benar terbiasa dan merasa aman dan nyaman dan Anda bisa menyentuhnya dengan leluasa dan mengangkat atau memangku kucing. Proses pada tahap ini membutuhkan waktu dan kesabaran.

Wajib Baca → Hewan Peliharaan Diciptakan Demi Kebaikan Manusia.

7. Jangan Marahi Kucing Liar Jika Masih Dijinakkan

Satu tips saat masih dalam proses menjinakkan kucing liar, kita usahakan untuk menghindari memarahi kucing dengan suara keras, pukulan atau membuat suara pukulan ke lantai dengan menggunakan sandal atau alat pukul lainnya.

Hal ini bisa membuat kucing menjadi takut, gugup, bingung dan stress. Malah hal terburuk yang bisa terjadi adalah mereka sama sekali tidak mau mendekat dan kemungkinan kabur sangat tinggi.

Anda bisa mengkoreksi kucing jika mereka sudah benar-benar jinak dan dekat dengan Anda. dekat yang kami maksud di sini adalah Anda bisa dengan leluasa memegang, mengangkat, mengelus dan memangku mereka.

Jika kedekatannya sudah seperti itu maka, Anda bisa mengkoreksi dia dengan sedikit lebih keras. Tujuannya supaya mereka patuh dan mau melakukan hal-hal yang menjadi peraturan di rumah kita. Tahap ini bisa kita namakan dengan melatih kucing menjadi taat.

Perlu Anda Tahu

  • Kucing yang tidak pernah mengalami trauma seperti disiram, ditendang, dipukul oleh manusia biasanya kucing mudah dan lebih cepat untuk dijinakkan. Tetapi kalau kucing punya pengalaman buruk seperti itu dengan manusia, kucing biasanya akan lebih agresif dan sulit sekali untuk dijinakkan.
  • Proses menjinakkan dan merawat kucing hampir sama seperti kita merawat manusia. Malah biasanya merawat hewan peliharaan jauh lebih mahal daripada kita merawat manusia. Coba Anda pikirkan dan hitung-hitung biaya untuk mengadopsi kucing mulai dari memberikan makanan, minuman, vitamin dan kesehatannya. Anda juga perlu meluangkan waktu untuk mengajaknya bermain setiap hari. Jika Anda tidak siap dengan hal-hal ini, maka saran saya jangan mengadopsi kucing.

Jika kalian suka dengan artikel Cara Menjinakkan Kucing Liar ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.

Referensi Cara Menjinakkan Kucing Liar:
Halo doc. Diakses pada 2021. Cara Melatih Kucing Liar Menjadi Penurut.
Pet Helpful. Diakses pada 2020. How to Win the Trust of a Stray Cat.