skip to Main Content
Ruang Makan Dan Pantry Harus Menjadi Perhatian Khusus Arsitek

Ruang Makan dan Pantry Harus Menjadi Perhatian Khusus Arsitek

 

Ruang makan dan Pantry di sebuah rumah adalah ruangan yang seringkali menjadi pusat kegiatan dimana penghuni rumah beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu Ruang Makan dan Pantry Harus Menjadi Perhatian Khusus Arsitek.

Pemilik rumah yang memiliki pekerjaan yang cukup baik biasanya memiliki rumah dengan bangunan yang cukup luas, biasanya mereka memiliki ruangan makan yang bersifat formal dan ruangan makan yang bersifat informal, biasanya ini ditempatkan dalam satu ruangan yaitu di daerah pantry.

Ruangan makan yang bersifat formal pada umumnya hanya sebagai pemanis saja, atau jarang digunakan untuk kegiatan makan sehari-hari, ruangan ini biasanya hanya digunakan sesekali saja. Sedangkan untuk kegiatan makan setiap hari pemilik rumah biasanya menggunakan meja makan informal atau “Breakfast Room” pada umumnya ruangan ini menjadi satu dengan Pantry.

Memiliki Pencahayaan Yang Natural

Karena ruangan itu sering menjadi tempat untuk beraktifitas dan tempat berkumpul keluarga sebaiknya ruangan itu harus menjadi perhatian khusus dan di beri sentuhan para perancang desain atau arsitek. Hampir setiap pagi, siang dan malam ruangan itu akan selalu digunakan untuk makan.

 

Ruangan ini sebaiknya juga harus memiliki pencahayaan yang baik dan natural, selain itu Ruang Makan dan Pantry juga harus sedikit lebih luas agar kita bisa bergerak lebih leluasa. Kalau saya ingin ruangan Ruang Makan dan Pantry memiliki pemandangan keluar sehingga suasana makan juga lebih enak, meskipun pemandangan kita bukan ke laut atau sungai kita tetap bisa membuatnya, contohnya seperi pemandangan teras belakang dan patio. Jika memang memungkinkan sebaiknya ruangan ini memiliki akses ke teras belakang.

Mudah Untuk Maintenance

Hal yang juga perlu menjadi perhatian adalah kemudahan untuk maintenance atau merawat pantry, khususnya meja Pantry. Karena gaya sekarang minimalis sebaiknya Pantry juga dirancang modern dan minimalis, bersih dan jangan terlalu ramai (sederhana). kalau ruangan Anda tidak terlalu luas dan besar sebaiknya hindari penggunaan warna yang telalu banyak dan akan lebih bagus jika Anda menggunakan warna yang agak muda, agar kesan lebar dan luas terlihat.

Ruangan Pantry pada umumnya mempunyai akses ke dapur kotor atau yang disebut juga dengan dapur basah. Untuk rumah yang tidak terlalu luas, Pantry selalu berhubungan langsung dengan tempat makan (ruang makan). Oleh karena itu Ruangan Pantry harus dirancang dan ditangani secara khusus dan semaksimal mungkin, karena akan terlihat dari ruang makan dan dari ruang duduk (ruang keluarga). Desain Pantry juga sebaiknya dibuat mengikuti bentuk dan interiior rumah sehingga biar terlihat menjadi satu kesatuan dengan rumah.

Yang tidak boleh dilupakan juga adalah mengenai tata letak dari lemari es, sink, microwave dan kompor. Jika tata letaknya tepat maka hal ini akan membuat pemilik rumah lebih mudah untuk menggunakannya.