skip to Main Content
Jenis-jenis Ikan

Jenis-jenis Ikan: Ikan Air Tawar, Ikan Air Asin dan Payau

 

Ikan dan juga binatang air lainnya tidak muncul dengan sendirinya. Ikan adalah salah satu ciptaan Tuhan yang di ciptakakan pada hari kelima penciptaan. Manusia baru diizinkan untuk memakan binatang termasuk ikan setelah terjadinya air Bah pada zaman Nuh.

Ikan termasuk anggota vertebrata poikilotermik hewan yang berdarah dingin. Ikan hidup di air tawar, payau dan air asin. Mereka bernafas menggunakan insang. Berbicara mengenai ikan akan sangat panjang sekali karena ikan adalah hewan yang beraneka ragam dan mempunyai jumlah spesies lebih dari 27,000 yang tersebar di seluruh dunia.

Ikan juga mempunyai beragam ukuran mulai dari yang sangat kecil stout infantfish yang ukurannya sekitar 7 mm (kira-kira ¼ inchi) sampai yang paling besar besar paus hiu yang mempunyai ukuran sekitar 14 meter (45 ft).

Jenis-jenis Ikan Secara Umum

Ikan hidup di air mengandalkan sirip dan ekornya untuk bisa begerak ke kiri, kanan, bawah dan atas saat berada di dalam air. Ekor ikanlah yang bisa membuat ikan bergerak maju dengan cepat. Seperti yang saya katakan di atas, ikan dapat hidup di air tawar, payau dan air asin.

Ikan yang hidupnya di dalam laut jauh lebih beragam dari segi ukuran dan juga jenisnya. Sedangkan ikan yang hidup di air tawar jauh lebih sedikit. Dari ketiga jenis jenis ikan itu masih dibagi lagi ke dalam beberapa spesies ikan. Dari semua ikan yang ada ini tidak semua ikan bisa di makan ada yang hanya di jadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Di artikel ini saya hanya mencoba untuk mengelompokkan secara garis besar saja beberapa ikan yang hidup di air tawar, Ikan air laut (ikan air asin) dan juga ikan air payau.

Jenis Ikan Air Tawar

Ikan Bawal Air Tawar (Bisa untuk dikonsumsi)

Ikan bawal ada dua ya, bawal air tawar dan bawal air laut jadi jangan salah. Ikan bawal air tawar biasanya paling banyak di konsumsi oleh orang Indonesia. Ikan ini katanya sih berasal dari negara Brazil dan Hawai. Tapi sebagian lagi ada yang mengatakan kalau ikan ini asli ikan Indonesia – Jujur saya tidak tahu mana yang benar.

Jenis Ikan Bawal
Ilustrasi ikan bawal. (dok. shutterstock/sunsetman)

Ikan bawal adalah ikan yang mudah beradaptasi dan dibudidayakan. Ikan Bawal mempunyai potensi bisnis yang cukup tinggi karena selain di konsumsi di dalam negeri, ikan ini juga di konsumsi orang-orang dari negara lain.

Beberapa negara yang menjadi konsumen ikan bawal adalah Jepang, Hongkong, China, Taiwan dan Kanada. Saya sama istri sangat suka dengan ikan bawal, di bakar enak di goreng juga enak apalagi pakai sambal matah Bali – Mantul.

Ikan bawal mempunyai badan yang cukup besar tapi gepeng, mungkin mirip seperti ikan piranha. Daging ikan bawal ini padat, gurih dan yang paling penting adalah durinya tidak banyak hanya ada dibagian tengah saja.

Ikan Arwana (Ikan Hias)

Ikan arwana tidak untuk di konsumsi karena ikan ini adalah ikan hias atau ikan peliharaan. Arwana paling banyak di cari oleh orang khususnya para pecinta ikan hias. Rasanya tidak perlu saya kasih tahu banyak dari antara teman-teman yang sedang membaca atikel saya tahu betul berapa kisaran harga ikan yang satu ini.

Jenis ikan arwana ikan air tawar
Ilustrasi ikan arwana. (dok. shutterstock/LILLIAN GZ)

Ikan Arwana adalah ikan yang hidupnya berada di alam bebas seperti di sungai. Ikan ini hidup di air yang deras. Seiring dengan waktu rupanya ikan ini kemudian dimasukkan ke dalam ikan hias yang mempunyai harga yang sangat wow. Sekarang ini Ikan arwana banyak di budidayakan oleh orang untuk di jual. Tetapi, meskipun sudah bisa di budidayakan rupanya hasilnya tidak sebagus ikan-ikan yang ada di alam.

Ikan Gurame (Bisa Untuk Dikonsumi)

Ikan Gurame termasuk ikan air tawar yang banyak di jual di rumah makan ala sunda dan rumah makan lainnya. Ikan gurame biasanya di goreng atau di bumbui dengan tepung, bergantung selera masing-masing. Ikan ini mempunyai duri hanya dibagian tengah jadi saat memakannya kita tidak perlu sampai bertempur dengan duri ikan.

Ikan gurame ikan air tawar
Ilustrasi ikan gurame. (dok. shutterstock/GOLFX)

Bentuk ikan gurame hampir sama seperti ikan bawal, gepeng dan pipih. Cuma, ikan bawal mempunyai daging yang lebih banyak dan tebal daripada ikan gurame. Keduanya sama – sama enak dan gurih sekali. Warna dan bentuk ikan gurame juga sangat mudah untuk di kenali.

Biasanya badan ikan berwarna agak kekuning-kuningan dan beberapa ikan lainnya ada yang berwarna keperak-perakan. Sedangkan bentuknya pipih dan gepeng. Ikan Gurame di kenal juga dengan nama Osphronemus goramy.

Ikan Mas (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Meski namanya seperti ikan hias sebenarnya ikan mas masuk dalam kategori ikan yang bisa untuk di konsumsi. Ikan Mas adalah jenis ikan air tawar. Ikan mas yang dibudidayakan di Indonesia juga di ekspor ke luar negeri dan mempunyai harga yang cukup tinggi.

Ikan Mas Jenis Ikan Air Tawar
Ilustrasi ikan mas. (dok. shutterstock/Lay yathang)

Di Indonesia banyak yang makan ikan ini untuk di jadikan menu makan. Saking banyaknya yang mencari harga ikan mas untuk satu kilonya sekitar Rp.60.000. Ikan mas biasanya di masak dengan cara di goreng, di bakar atau di pepes.

Saya dan istri tidak begitu suka ikan mas. Alasannya cukup sederhana, makan ikan mas itu repot banget banyak durinya.

Ikan Mujair (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Saya masih ingat waktu masih kecil suka nyemplung ke sawah untuk mencari ikan mujair. Ikan Mujair adalah salah satu ikan air tawar yang paling populer. Di Indonesia ikan mujair banyak di jadikan lauk untuk makan. Rasanya terbilang enak dan gurih tetapi katanya ikan ini tidak bisa kita makan setiap hari mengingat kandungan lemak buruk di dalam ikan mujair.

Ikan Mujair Ikan Air Tawar
Ilustrasi ikan mujair. (dok. shutterstock/TonKhnthai)

Ikan Mujair katanya berasal dari perairan Afrika. Di Indonesia sendiri ikan mujair ini pertama kali di temukan sekitar tahun 1939 oleh seorang bapak yang bernama Pak Mujair di Blitar Jawa Timur, tepatnya di sungai Serang. Jadi, ikan ini namanya berasal dari nama orang.

Ikan Lele (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Ingat lele ingat apa? Pecel lele pinggir jalan khaan (ngakak). Siapa yang tidak tahu sama ikan yang satu ini? Cita rasa ikan lele kalau sudah ada di piring dengan sambal udah mantab sekali dah. Dagingnya memang tidak banyak tapi gurihnya itu yang bikin orang mau makan lagi dan lagi.

Ikan Lele Ikan Air Tawar
Ilustrasi ikan lele. (dok. shutterstock/sukarman)

Ikan lele hidup biasanya di jual perkilo sekitar RP.40.000 an (harga bisa berubah kapan saja). Makannya tidak heran, ikan air tawar yang satu ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Sekali-kali coba kalian amati mulai dari Ujung Indonesia sampai ujung Indonesia lagi, pasti sepanjang jalan kalian akan menemukan yang namanya pedagang yang menyediakan menu makanan ikan lele.

Jika kalian berniat membudidayakan ikan lele pastikan jangan menggunakan air dari PDAM karena ikan akan mati dalam beberapa hari. Gunakan air isi ulang atau air dari pompa tanah saja atau dari sumur. Jika memang ingin nekat menggunakan air PDAM sebaiknya air di beri garam untuk ikan dulu agar ikan tidak mudah mati.

Ikan Patin (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Bagi saya, Ikan Patin mempunyai bentuk seperti ikan Hiu walau tidak semirip Hiu sekali. Tubuhnya berwarna putih keperak-perakan dan pada bagian punggungnya berwarna agak kebiruan. Di lihat dari bentuk, saya suka sekali melihat ikan yang satu ini. Kalau tidak salah ingat, waktu saya kecil pernah di ajak sama kakak saya untuk menangkap ikan ini di kota Jepara.

Ikan Patin ikan air tawar
Ilustrasi ikan patin. (dok. shutterstock/Lotus Images)

Ikan patin adalah jenis ikan air tawar yang bisa dikonsumsi dan mempunyai harga jual yang cukup lumayan. Meski tidak sepopuler ikan lele ikan patin mempunyai prospek yang cukup baik. Dari saya kecil sampai sekarang saya punya anak satu belum pernah makan ikan patin.

Ikan Nila (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Ikan Nila juga salah satu ikan air tawar yang biasa di konsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Ikan Nila sebenarnya bukan ikan asli Indonesia. Ikan ini berasal dari Afrika bagian timur, sejak tahun 1969 ikan nila kemudian menjadi ikan peliharaan yang sangat populer di Indonesia hingga sekarang.

Ikan nila ikan air tawar
Ilustrasi ikan nila. (dok. shutterstock/Tuttoo)

Meski banyak di konsumsi dan di pelihara orang keberadaan ikan nila di sungai dianggap sebagai hama karena ikan nila akan memakan habis segala macam tanaman air dan juga ikan – ikan kecil yang ada di sungai. Sekarang ini, ikan nila yang masih kecil sudah bisa di makan, dan di manfaatkan untuk digoreng di jadikan kripik ikan. Ini adalah upaya untuk menanggulangi hama dari ikan nila ini.

Ikan nila sangat mudah untuk dipelihara dan di jual. Meski bisa di jual tetapi ikan nila mempunyai nilai jual yang rendah dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya mengingat kandungan lemak omega 6 di dalam ikan nila yang cukup tinggi dan asam omega 3nya sangat rendah. Buat yang kamu penderita darah rendah sebisa mungkin jangan makan jenis ikan yang satu ini.

Kebanyakan orang mmbudidayakan ikan nila dengan menggunakan kolam, ember dan tangki sebagai alat pembesaran ikan.

Ikan Tawes (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Jenis ikan air tawar yang satu ini mungkin jarang sekali di dengar oleh kita, tapi sebenarnya ini adalah ikan yang cukup banyak di konsumsi oleh orang. Ikan tawes bisa di temukan hampir di seluruh Indonesia. Memang untuk mendapatkan ikan ini tidak semudah seperti kita mendapatkan ikan-ikan lainnya.

Ikan tawes ikan air tawar
Ilustrasi ikan tawes. (dok. shutterstock/poring studio)

Di luar negeri ikan ini dikenal dengan nama java barb atau silver barb ada juga yang menyebutnya Barbonymus gonionotus. Di sebut seperti itu karena warna dan bentuk dari ikan tawes. Kalau di daerah sunda ikan ini di kenal dengan nama turub hawu dan di jawa ikan ini di kenal dengan nama ikan badir.

Ikan Wader (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Ikan Wader pasti sudah tidak asing di telinga kita masing-masing karena ikan ini memang ikan yang cukup populer dan mudah di temukan di Indonesia. Ikan Wader banyak di temukan di sumatera, kalimantan, Lombok, Jawa, Bali, Indocina dan Filipina.

Ikan Wader banyak di jual sebagai cemilan atau snack yang bisa di makan langsung atau di jadikan lauk makan.

Ikan wader ikan air tawar
Ilustrasi ikan wader. (dok. google/hobimancing kubagi info)

Buat kalian yang bingung ikan ini ikan apa saya akan kasih tahu khususnya anak-anak Jakarta. Waktu saya masih kecil, saya sering main ke sawah untuk mencari ikan ini. Di Jakarta ikan ini di sebut dengan nama ikan cere. Udah inget? Ayo ngakak sama saya yang inget masa kecil nyari ikan ini.

Ikan ini memang hidupnya tuh di got atau di parit-parit yang airnya mengalir dan jernih. Beberapa ada yang hidup di perairan irigasi, di sawah dan empang.

Haduh ternyata ikan yang sering saya tangkep dan pelihara bisa di makan dan enak banget. – Sumpah saya jadi ngakak sendiri waktu menulis artikel di bagian Ikan Wader atau Ikan Cere, ah cere luh.

Ikan Belida (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Siapa yang suka makan pempek palembang? Nah, pempek palembang menggunakan ikan ini. Tapi karena sekarang ini masuk dalam ikan yang di lindungi makannya pempek palembang sekarang banyak menggunakan ikan tenggiri.

Ikan belida ikan air tawar
Ilustrasi ikan belida. (dok. shutterstock/Ibenk)

Ikan belida termasuk spesies ikan air tawar yang ada hampir di semua perairan di Indonesia. Ikan belida juga banyak di pelihara oleh penggemar ikan sebagai ikan hias meskipun ikan ini bisa di makan.

Ikan Gabus (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Saya yakin pasti banyak yang sudah tahu ikan gabus. Ikan ini banyak di jumpai di sawah dan di selokan-selokan. Waktu saya kecil saya sering mencari ikan gabus di sawah-sawah. Ikan gabus memang terlihat tidak menarik, dan biasanya di anggap sebagai hama jika ikan ini di masukkan jadi satu ke dalam kolam karena ikan gabus akan memakan ikan-ikan kecil lainnya.

Ikan gabus ikan air tawar
Ilustrasi ikan gabus. (dok. shutterstock/pran)

Dari kecil sampai sekarang, saya belum pernah makan ikan gabus mengingat bentuknya yang tidak menarik bagi saya. Meski begitu banyak orang yang suka ikan ini. Ikan ini banyak mengandung protein. Bahkan kandungan protein dalam ikan air tawar yang satu ini jauh lebih tinggi daripada ikan-ikan lainnya seperti ikan kakap, ikan mas dan ikan sarden.

Ikan Sepat

Ikan sepat adalah ikan yang biasa kita temukan di sawah atau di empang-empang. Ikan sepat sendiri mempunyai beberapa jenis ada ikan sepat biru, Ikan sepat padi yang paling sering kita lihat, ikan sepat mutiara, ikan sepat madu dan ikan sepat siam.

Meski bentuknya agak sedikit aneh untuk di makan ikan sepat bisa untuk di makan dan mempunyai kandungan gizi yang katanya cukup baik. Ikan sepat bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi terkena penyakit stroke dan katanya juga bisa mengurangi terkena kanker.

Ikan sepat ikan iar tawar
Ilustrasi ikan sepat. (dok. shutterstock/bobannz)

Menurut saya, tidak ada makanan apapun yang bisa membantu kita tetap sehat selama kita masih hidup dengan dosa dan mewarisi dosa warisan dari orang tua pertama kita adam dan hawa.

Ikan Betok (Betik)

Ikan Betok mungkin jarang di konsumsi oleh orang. Beberapa orang banyak yang belum tahu dengan ikan yang satu ini dan memang jarang juga orang jual lauk ikan betok. Paling banyak adalah lauk ikan layut, ikan tongkol, bandeng dan ikan lainnya. Tapi betok? Pak Jokowi aja bingung dengan ikan yang satu ini.

Sewaktu masih kecil saya paling suka mencari ikan di sawah. Salah satu ikan yang sering saya temukan dan tangkap adalah ikan betok. Kalau dapat ikan ini rasanya sangat bahagia. Cuma saya takut megang ikan ini karena mempunya sisik duri pada bagian atas punggungnya yang bisa melukai kita jika tidak hati-hati memegangnya.

Ikan betok jenis ikan air tawar
Ilustrasi ikan betok. (dok. shutterstock/udomsook)

Ikan betok bisa kalian temukan di sungai, empeng-empang (rawa-rawa) dan juga di selokan. Untuk mendapatkan ikan betok biasanya di pancing. Tapi, sekarang sudah banyak yang membudidayakan ikan ini. Jadi, kita bisa dengan mudah membelinya dibeberapa pasar tradisional yang menjual ikan ini.

Jujur sampai saat saya menulis artikel ini, saya belum pernah makan ikan betok. Apakah diantara kalian ada yang sudah pernah makan ikan ini?

Ikan Bilis – ada yang menyebut ikan Bilih (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Ikan bilis jenis ikan air tawar
Ilustrasi ikan bilis. (dok. shutterstock/rdtradihan)

Ikan bilih atau ikan bilis adalah jenis ikan air tawar yang banyak di temukan di pulau Sumatera. Ikan ini banyak di jual di dareah ini. Setelah di tangkap ikan ini akan di keringkan atau di asinkan. Jika kita teliti kita akan sangat sulit sekali menemukan pedagang yang menjual ikan bilis yang masih segar, rata-rata sudah di olah atau di keringkan.

Untuk kalian yang baru mendengar atau belum pernah melihat ikan bilis. Ikan ini bentuknya sangat kecil bisa saya katakan mungkin sebesar ikan teri. Untuk mengolah ikan bilis hampir sama seperti kita mengolah ikan teri. Saya suka di goreng tepung sampai garing atau di bumbu balado. Kalau sudah matang lawan pakai nasi hangat yang masih ngepul – mantul dah.

Belut (Bisa Untuk Dikonsumsi)

Belut jenis ikan air tawar
Ilustrasi ikan belut. (dok. shutterstock/3777190317)

Bentuknya mirip seperti ular tapi bukan jenis ular. Belut termasuk dalam golongan ikan air tawar. Meski badannya mirip seperti ular tapi belut bukan ular ya. Badannya sangat licin dan berlendir. Nangkep belut memang agak susah dan deg-deg ser juga. Salah-salah bisa nangkep ular.

Belut olahan banyak di jual di pasar-pasar. Paling suka makan belut yang di tepungin sampai garing. Gak bisa berhenti dah makan belut.

 

Ikan Betutu

ikan betutu jenis ikan air tawar
Ilustrasi ikan betutu. (dok. wikipedia)

Ikan betutu masuk dalam jenis ikan air tawar. Bentuknya memang agak seram seperti ikan predator dan tidak bisa di makan. Meski bentuknya seram katanya sih ikan ini bisa di makan loh. Kalau saya secara pribadi tidak mau makan ikan ini. Bentuknya serem.

Saya sangat yakin pasti masih banyak yang belum tahu tentang ikan ini apalagi sampai bisa di makan. Ikan ini katanya mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Ikan betutu mengandung vitamin B1, B2, B6, vitamin E dan juga mengandung vitamin F. Seperti yang saya katakan, saya belum pernah makan dan melihat ikan ini, katanya ikan ini di jual cukup mahal untuk perkilonya.

Ikan Sidat

ikan sidat jenis ikan air tawar
Ilustrasi ikan sidat. (dok. shutterstock/Picture Partners)

Ikan sidat sangat mirip dengan belut, tetapi keduanya bukan tipe ikan yang sama. Belut tidak mempunyai sirip sedangkan ikan sidat mempunyai sirip. Di Jepang ikan sidat di kenal dengan nama unagi dan sangat populer.

Ikan sidat bisa hidup di dua tempat yaitu di air asin dan air tawar, badannya yang ramping dan panjang membuat orang mengira dia adalah belut.

Jenis Ikan Laut

Ikan laut adalah bahan makanan yang mengandung yodium. Yodium adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk hormon tiroksin. Apa itu hormon tiroksin saya sendiri kurang paham karena pembahasan kita kali ini adalah apa saja yang termasuk dalam jenis ikan laut. Ikan laut yang saya ulas di sini adalah ikan laut yang populer dan bisa di konsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Ikan Barakuda

Ikan barakuda salah satu ikan air asin yang paling di cari oleh para pemancing profesional di seluruh dunia. Ikan barakuda bisa tumbuh dan mempunyai ukuran badan yang cukup besar. Penampilan ikan air asin yang satu ini memang terlihat ganas. Ikan barakuda sendiri mempunyai banyak jenis, tapi secara keseluruhan penampilan ikan ini secara fisik hampir mirip-mirip.

ikan barakuda jenis ikan air asin
Ilustrasi ikan barakuda. (dok. shutterstock/Ethan Daniels)

Ikan barakuda lebih aktif pada malam hari untuk mencari mangsa dan bersosialisasi dengan kawanannya. Ikan barakuda hidup mengelompok untuk melindungi dirinya dari serangan musuhnya.

Ikan barakuda bisa di makan tapi ikan barakuda yang besar bisa membawa racun. Informasi ini saya dapatkan dari beberapa website dalam dan luar negeri yang mengatakan jenis ikan ini bisa saja beracun. Saya sendiri belum pernah makan ikan ini dan tidak mau memakan ikan ini untuk menghindari resikonya.

Ikan Tenggiri

Jenis ikan air asin selanjutnya yang cukup populer adalah ikan tenggiri yang banyak digunakan sebagai bahan baku pempek, otak-otak dan siomay. Ikan tenggiri masuk dalam kategori ikan predator. Ikan ini senang berburu ikan-ikan kecil, cumi-cumi dan ikan lain yang bisa di buru dan di makan.

Ikan Tenggiri adalah jenis ikan air asin
Ilustrasi ikan tenggiri. (dok. shutterstock/Evlakhov Valerii)

Ikan tenggiri mempunyai kedekatan dengan ikan – ikan laut lainnya seperti tuna, makarel dan ikan lainnya yang masih sejenis. Tenggiri mempunyai badan panjang, badan ikan ini berwarna abu-abu mengkilat. Ikan ini tidak mempunyai sisik dan badannya cenderung besar. Saya sering mengolah ikan tenggiri dengan cara di goreng.

Berikut ini saya sertakan salah satu contoh dalam bentuk video ikan tenggiri yang diolah menjadi makanan.

Ikan Tuna

Ikan Tuna jenis ikan air asin

Ikan laut selanjutnya adalah Tuna. Ikan ini juga salah satu jenis ikan populer yang paling banyak di cari. Ikan tuna terkenal sebagai ikan perenang yang handal dan gesit. Ikan ini sangat buas, ikan predator, karnivora dan bisa sangat besar.

Ikan ini di jual dengan cara dibekukan, dan termasuk salah satu jenis ikan ekspor yang mempunyai harga sangat mahal. Meski termasuk ikan yang mahal saya secara pribadi kurang begitu suka dengan ikan ini.

Di Indonesia ikan ini banyak ditemukan di Laut Banda, Laut Sulawesi, Flores, Samudera Indonesia dan utara Irian Jaya.

Ikan Kerapu

Ikan kerapu jenis ikan air asin
Ilustrasi ikan kakap. (dok. shutterstock)

Ikan Kerapu adalah ikan air asin yang juga banyak di konsumsi di Indonesia. Ikan kerapu adalah ikan karang yang suka hidup menyendiri dan mengelompok dalam jumlah yang kecil. Ikan kerapu tidak bisa besar seperti ikan-ikan lainnya. Besar ikan kerapu hanya bisa mencapai 35 cm saja.

Cara menangkap ikan ini dengan cara di pancing, menggunakan bubu, jaring insang atau menggunakan jaring klotok. Kalau di pasar Kedongan saya sering menemukan ikan ini di jual di sana.

Ikan Kakap

Ikan kakap jenis ikan air asin
Ilustrasi ikan kakap. (dok. shutterstock)

Ikan Laut yang satu ini adalah ikan kakap. Ikan ini paling sering di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hidupnya biasanya berada di perairan pantai, kadang di temukan di muara-muara sungai. Ikan kakap masuk dalam ikan buas yang suka memakan ikan-ikan kecil.

Kalau kita makan di warung padang, biasanya di jual gulai kepala ikan kakap. Ngomongin gulai ikan kakap jadi pengen makan deh saya. Ikan memang terkenal mempunyai protein yang sangat tinggi. Ikan kakap mempunyai daging yang berwarna putih yang terkenal rendah lemak.

Manfaat ikan kakap adalah meningkatkan sel darah putih, stimulasi kognitif dan meningkatkan kesehatan pada sistem saraf otak kita.

Ikan Cakalang

Ikan cakalang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Ikan ini hidupnya senang bergerombol, mempunyai badan yang cukup besar dan termasuk ikan buas, karnivora dan predator. Panjang ikan ini bisa mencapai sekitar 100 cm tapi kebanyakan yang di tangkap mempunyai ukuran sekitar 40 – 60 cm saja.

ikan cakalang jenis ikan air asin
Ilustrasi ikan cakalang. (dok. shutterstock)

Ikan cakal banyak yang mengira ikan tongkol karena mempunyai bentuk yang hampir mirip. Saya secara pribadi juga sulit untuk membedakan mana ikan cakalang mana ikan tongkol. Untuk bisa membedakak kita harus lebih jeli sedikit. Ikan cakalang mempunyai garis-garis panjang di bawah perutnya dan badan ikan cakalang juga lebih besar.

Kalau sudah di potong dan di olah baru ketahuan dari rasanya karena ikan tongkol biasanya agak pahit jika pada bagian hitamnya tidak di buang. Ikan cakalang cukup populer dan bisa di olah dengan beragam cara mulai dari gulai, balado sampai yang paling terkenal adalah cakalang asap. Di Maluku dan Sulawesi ikan ini sangat populer.

Ikan Tongkol

Tongkol adalah jenis ikan air asin yang paling mudah di temukan di pasar-pasar maupun di warung sayur kecil. Ikan ini suka bergerombol dalam jumlah besar. Ikan tongkol suka makan ikan-ikan kecil dan juga cumi-cumi.

Ikan tongkol jenis ikan air asin
Ilustrasi ikan tongkol. (dok. wikipedia)

Ikan ini mampu berenang dengan cepat. Harganya memang tidak semahal ikan-ikan lain. Di Bali biasanya ikan ini banyak di asap dan di jual dengan harga Rp.10.000 – Rp20.000 (harga bisa berubah kapan saja). Mungkin kalau di daerah-daerah yang jauh dari laut harga ikan ini bisa jauh lebih mahal.

Oh iya, bentuk ikan tongkol ini hamir mirip dengan ikan cakalang. Saya sendiri kadang bingung mana ikan tongkol mana ikan cakalang karena memang bentuknya hampir mirip.

Ikan Teri

Ikan teri juga salah satu ikan yang paling banyak di konsumsi oleh orang Indonesia. Ikan teri adalah sekelompok ikan yang hidupnya mengelompok. Jenis-jenis Ikan teri sendiri mempunyai banyak macamnya, mungkin ada sekitar 140 spesies lebih ikan teri di seluruh dunia. Ikan yang di beri nama ikan teri biasanya adalah jenis-jenis ikan yang panjangnya sekitar 5 cm saja.

jenis jenis ikan teri sangat beragam
Ilustrasi ikan teri. (dok. shutterstock)

Kalau kalian pergi ke warteg atau warung makan yang ada di pinggir jalan, hampir semua warung menyediakan ikan teri. Meski di asinkan dan di keringkan ikan teri masih bermanfaat buat kita. Info ini saya baca dari website alodokter.

  • Menjaga kesehatan tulang
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan mata
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Dan lain sebagainya

Ikan Sarden

Ikan Sarden jenis ikan yang hidupnya bergerombol

Ikan sarden adalah ikan yang berukuran kecil dan berminyak. Sebutan sarden diambil dari nama pulau di Mediterania tepatnya pulau sardina di mana ikan ini pernah ada di sana dalam jumlah yang sangat banyak. Ikan sarden biasanya di jual dalam bentuk kalengan.

Ikan sarden yang baru di tangkap akan langsung di cuci di dalam pabrik kemudian kepalanya di buang kemudian ikan ini akan di masak di pabrik. Sarden di masak dengan menggunakan minyak panas. Ikan kemudian ikan di rendam dengan menggunakan minyak yang sudah di campur dengan bumbu. Ikan sarden yang bagus biasanya tidak memiliki kepala dan juga insang. Di beberapa negara isi perut ikan juga di buang sebelum di kemas dalam kaleng-kaleng yang bisa kita lihat di toko-toko.

Ikan Kembung

Ikan kembung bisa kita temukan di pasar tradisional dan warung sayur kecil. Ikan kembung adalah jenis ikan air asin dan masih sekeluarga dengan ikan tenggiri, tongkol dan ikan tuna. Ikan kembung mempunyai rasa yang cukup enak.

Ikan kembung ikan air asin
Ilustrasi ikan kembung. (dok. shutterstock)

Ikan kembung mempunyai harga yang tidak terlalu mahal dan bisa di beli oleh semua keluarga. Ikan ini bisa di jual segar atau yang sudah dipindang atau di asinkan.

Meski mempunyai tubuh yang kecil dan rasanya yang enak, ikan kembung juga mempunyai kandungan gizi yang cukup baik pada kesehatan tubuh. Ikan kembung mengandung

  • Protein
  • Mencegah peradangan
  • Menurunkan berat badan
  • Menyehatkan tulang
  • Membantu menjaga jesehatan otot dan juga saraf

Ikan Belanak

Nama ikan ini bisa jadi jarang terdengar oleh beberapa orang salah satunya mungkin kalian yang sedang membaca artikel ini. Ikan belanak bentuknya mirip seperti ikan bandeng. Ikan belanak ini bisa hidup di ari asin, payau dan air tawar. Bentuk ikan belanak agak langsing gepeng dan memanjang.

Ikan belanak jenis ikan air asin
Ilustrasi ikan belanak. (dok. shutterstock)

Ikan ini bisa di makan tapi tidak selalu ada di pasar-pasar seperti ikan lainnya. Warna ikan ini agak hijau keabu-abuan atau biru. Pada bagian perut bawah ikan biasanya berwarna agak perak dan biasanya ada garis-garis berwarna gelap.

Ikan layur

Ikan layur jenis ikan air asin
Ilustrasi ikan layur. (dok. shutterstock)

Ikan layur akan sangat mudah untuk di kenali karena bentuknya yang panjang, pipih dan ramping. Ikan layur adalah jenis ikan air asin yang panjangnya bisa mencapai 2 meteran. Ikan layur banyak di jual di tukang sayur dan di pasar-pasar tradisional.

Untuk pengolahan ikan layur juga sangat mudah, bisa di goreng, di bakar atau di gulai juga enak. Wah pokoknya manteb dah makan ikan ini. Ikan layur banyak di sukai karena dagingnya tidak terlalu bau amis, tidak berminyak dan dagingnya tidak banyak duri seperti kita makan ikan mas atau ikan bandeng.

Ikan Baronang

ikan baronang jenis ikan air asin
Ilustrasi ikan baronang. (dok. shutterstock)

Ikan Baronang adalah ikan air asin yang cukup terkenal dan bisa dengan mudah kita temukan di pasar-pasar ikan atau pasar sayur tradisional di dekat rumah kita. Meskin cukup terkenal saya yakin masih banyak juga orang yang belum pernah melihat dan mendengar tentang ikan yang satu ini. Saya secara pribadi belum pernah makan ikan ini karena saya tidak begitu suka makan ikan yang mempunyai warna-warna yang aneh.

Kata beberapa orang yang pernah makan ikan ini, ikan baronang mempunyai rasa yang cukup enak. Ikan baronang ada beberapa jenis. Ikan baronang susu, ikan baronang tompel, ikan baronang angin, ikan baronang lada dan ikan baronang batik.

Ikan Kuwe

Ikan Kuwee adalah salah satu jenis ikan air asin yang paling sering di cari untuk para pemancing profesional. Ikan kuwe biasanya mempunyai tubuh yang besar. Ikan kuwe terdiri dari 20 jenis ikan dari 2 marga. Ikan Kuwe GT dan ikan Kuwe Rambut. Keduanya sama-sama ikan kue tapi mempunyai perbedaan yang cukup terlihat.

Ikan Kuwe jenis ikan air asin
Ilustrasi ikan kuwe. (dok. shutterstock)

Ikan kuwe GT atau Giant trevally biasanya hidup di muara muara sungai. Ikan GT yang kecil banyak di temukan di muara-muara sungai sedangkan ikan kuwe GT besar biasanya di temukan di pantai.

Ikan kuwe rambut mempunyai tubuh yang berwarna perak keabu-abuan dan sisiknya mengkilap. Pada sirip dada dan sirip perut biasanya lebih panjang daripada ikan kuwe lainnya. Pokoknya ikan kuwe yang ini bisa dikenali dengan sirip panjangnya.

Ikan Salmon

Ikan air asin yang satu ini juga sangat populer dan paling banyak dikonsumsi. Salmon juga di sebut dengan ikan salem. Ikan salmon lahir di air tawar dan besar di laut. Salmon adalah jenis ikan yang suka bermigrasi hanya untuk berkembang biak.

Ikan salom jenis ikan air asin populer
Ilustrasi ikan salmon. (dok. shutterstock)

Ikan salmon katanya akan selalu kembali ke tempat dia di lahirkan. Jadi, memori ikan ini sangat kuat sekali. Ikan salmon yang masih muda biasanya akan tinggal di air tawar selama tiga tahun dan setelah itu ia akan kembali ke laut.

Meski banyak orang yang suka makan ikan salmon tapi saya pribadi kurang begitu suka dengan ikan ini. Bagi saya dagingnya tidak begitu enak, bau dagingnya bau-bau gimana gitu selain itu daging ikannya terlalu berair buat saya. Salmon terkenal enak dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

  • Membantu mengatasi masalah peradangan kulit
  • Mampu membantu melembabkan kulit
  • Membantu mengurangi efek radiasi sinar UV pada matahari
  • Membantu menyembuhkan luka

Ikan Menjadi Sumber Makanan

Siapa di sini yang tidak suka makan ikan? Mungkin ada, tapi kebanyakan dari kita suka makan ikan apalagi makan ikan bakar langsung dekat dengan pantai. Ikan, memang makanan yang bergizi, mudah di masak dan mudah di cerna. Sejak zaman mesir dan perbudakan ikan sudah menjadi menu makanan favorit.

Biasanya ikan di masak dengan cara dipanggang, diasinkan dan dikeringkan, dan dibeberapa negara ada yang di masak menggunakan roti.

Meski ikan bisa dijadikan sumber makanan tapi tidak semua ikan bisa di makan karena ada ikan yang beracun dan membahayakan kehiudpan kita.

Jika kalian suka dengan artikel Jenis-jenis Ikan | Ikan Air Tawar, Ikan Air Asin dan Payau ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.