skip to Main Content
Manfaat Cincau Hijau Dan Cara Membuat Cincau

Manfaat Cincau Hijau dan Cara Membuat Cincau

 

Siapa yang pernah makan es cincau abang-abang yang jualnya keliling kampung? Waktu saya kecil, saya sering sekali makan cingcau yang di dorong gerobak sama abang-abang yang suka keliling kampung rumah kami. Saya lupa tahun berapa waktu itu, yang pasti waktu itu masiha ada bajaj dan bemo. Saya yakin pasti banyak yang suka makan cingcau, rasanya sangat enak dan sangat menyegarkan. Rupanya, selain mempunyai rasa yang enak dan menyegarkan, cincau juga mempunyai banyak manfaat, yang pasti manfaatnya ini untuk kesehatan tubuh manusia. Mau apa saja Manfaat Cincau Hijau dan Cara Membuat Cincau?

Tapi sebelum saya menjelaskan apa saja manfaat cincau, saya akan menjelaskan sedikit tentang minuman dingin yang menyegarkan satu ini.

Cincau adalah sebuah minuman dingin yang bentuknya seperti agar-agar. Cincau biasanya terbuat dari daun cincau atau sejenis tanaman rambat Cyclea Barbata. Tanaman ini banyak tumbuh di alam dan bisa Anda tanam di rumah atau di dalam kebun yang ada di rumah Anda.

Agar-agar cincau ini dihasilkan dari hasil perendaman daun cincau atau tumbuhan tertentu. Gel yang terbentuk dari daun itu bisa terjadi karena daun itu mengandung karbohidrat yang bisa mengikat setiap molekul molekul air.

Sebenarnya kata cincau ini berasal dari sebuah dialek bahasa Hokkian yaitu sienchau. Kalau dari bahasa aslinya sendiri cincau ini adalah sbuah nama tumbuhan yang menjadi bahan dasar pembuatan gel ini, kita menyebutnya cincau.

Baca juga: Manfaat Soda Api Untuk Mengatasi Masalah Mampet dan Tersumbat

Manfaat Cincau Hijau Untuk Kesehatan

Cincau memang menurut saya lebih enak di minum dan dinikmati pada saat cuaca sedang panas-panasnya. Saya lebih suka minum cincau di campur santan dan gula merah cair, ini akan membuat rasa cincau menjadi lebih segar saat kita minum.

Nah, sekarang kita lihat apa saja sih manfaat cincau bagi kesehatan tubuh manusia?

1. Membantu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Cincau Hijau rupanya banyak mengandung kalium dan juga serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedua kandunagn ini banyak dipercaya oleh orang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Karena cincau mengandung serat yang tinggi, kandungan serat ini rupanya bisa mengeluarkan garam dan juga lemak di dalam tubuh seseorang. Jadi sebelum ke dokter, kalau di dalam keluarga Anda ada yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengkonsumsi cincau yang berwarna hijau.

2. Mampu Meredakan Panas dan Demam

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau cincau bisa membantu untuk menurunkan suhu tuuh yang panas. Kenapa cincau bisa membantu menurunkan suhu tubuh? ini di karenakan cincau mempunyai kandungan alkaloid, saponin, fosfor, lemak, vitamin A dan juga B yang bisa membantu sebagai anti demam dan juga anti racun dalam tubuh.

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari cincau hijau ini, Anda hanya perlu melakukan cara ini saja:

  • Rebus daun cincau hijau dengan air
  • Setelah sudah matang, silahkan tunggu beberapa menis sampai terasa hangat
  • Minum secara rutin selama badan masih demam

3. Cincau Membantu Melancarkan Pencernaan

Beberapa orang mengalami susah buang air besar. Mereka yang mengalami susah buang air besar ada yang mencoba mengkonsumsi Yakult atau minuman lainnya. Rupanya Cincau hijau ini bisa membantu mengatasi masalah susah buang air besar.

Cincau banyak mengandung serat yang bisa membantu untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh. cincau juga banyak mengandung vitamin B dan C yang bisa mencegah dan juga mengurangi masalah diare.

 

4. Membantu Mencegah Osteoporosis

Cincau Hijau yang kita makan ini rupanya juga mempunyai manfaat untuk membantu menguatkan tulang – tulang dalam tubuh manusia. Mengapa bisa demikian? Di dalam cincau hijau banyak mengandung senyawa kalium dan juga fosfor yang baik untuk kesehatan dan memberikan nutrisi kepada tulang kita.

Buat yang kurang suka dengan cincau hijau, mungkin setelah membaca artikel ini mau tidak mau harus mencoba dan makan cincau, karena dengan rajin dan rutin minum cincau Anda bisa terhindari dari masalah osteoporosis.

5. Meredakan Masalah Pembengkakan

Selain manfaat yang sudah saya sebutkan di atas, daun cincau rupanya bisa membantu meredakan masalah pembengkakan yang mungkin di sebabkan karena satu dan lain. Daun cincau juga banyak mengandung klorofil yang sangat tinggi. Klorofil inilah yang akan membantu mengatasi masalah pembengkakan. Cincau juga di sebut sebagai anti flamasil.

Cara menggunakannya sedikit berbeda, Anda tidak akan minum atau memakan daun cincau ini, tapi Anda akan menumbuk daun cincau hijau, setelah Anda tumbuk kemudian silahkan tambahkan sedikit garam. Barulah setelah itu tinggal Anda oleskan pada bagian yang bengkak atau luka secara rutin. Jika digunakan secara rutin, biasanya bengkak pada tubuh perlahan-lahan akan menghilang.

Cara Membuat Cincau Hijau yang Segar

Saya sudah memberitahu kepada kalian apa saja manfaat daun cincau hijau untuk kesehatan. Sekarang mari kita sama – sama belajar bagaimana kita bisa membuat cincau hijau. Sebenarnya cara membuatnya sangat sederhana, mudah dan simpel sekali.

Saya bilang simpel dan mudah karena memang hanya membutuhkan dua bahan saja untuk membuat cincau gel ini.

1. Siapkan Daun Cincau

Untuk membuat cincau kita hanya membutuhkan daun cincau saja. Mengenai berapa jumlahnya, ini bisa di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing saja. Siapkan juga sekitar satu liter air untuk di campur ke daun cincau ini nantinya.

2. Remas-remas daun Cincau

Agar gel bisa terbentuk dengan baik, maka Anda harus meremas-remas daun cincau hijau dengan menggunakan tangan dengan di campur sedikit air. Anda bisa menggunakan wadah apapun. Saat daun cincau sudah hancur, Anda harus menambahkan air sekitar 500 cc air ke dalam wadah yang tadi Anda gunakan secara bertahap.

Agar daun cincau terpisah dengan air, Anda harus menyaringnya menggunakan saringan atau bisa juga menggunakan kain. Setelah itu, silahkan tambahkan sedikit air secukupnya ke dalam wadah yang sudah terpisah dari remahan-remahan daun sambil Anda peras perlahan-lahan sampai kandungan jeli yang ada dari remasan tadi terbentuk atau keluar.

3. Simpan di dalam Kulkas

Setelah melakukan langkah ke dua, silahkan simpan cincau ke dalam satu wadah penyimpanan yang bisa di tutup. Anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas selama satu malam untuk menunggu cincau mengental seperti sebuah jeli.

Setelah mengental cincau sudah bisa Anda makan. Pastikan mencampurnya dengan es batu, santan dan air gula agar lebih segar dan nikmat.

Jika kalian suka dengan artikel Manfaat Cincau Hijau dan Cara Membuat Cincau ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.