skip to Main Content
Salah Memilih Piring Bisa Menyebabkan Penyakit

Hati hati salah memilih piring bisa menyebabkan penyakit

 

Memilih Piring – Setiap rumah memerlukan piring untuk makan dan menempatkan makanan. Di tempat-tempat tertentu penggunaan piring biasanya juga harus di sesuaikan dengan jenis makanan apa yang mau disajikan. Piring memang salah satu alat makan yang paling dibutuhkan orang. Sayangnya sekarang banyak sekali pilihan piring yang tidak memenuhi standar kesehatan – membahayakan kesahatan manusia dalam jangka panjang.

Banyak orang termasuk orang tua saya dulunya suka membeli piring karena melihat bentuk piringnya atau motif lucu yang ada di dalam piring. Tapi setelah saya iseng melakukan riset di internet ke beberapa website yang menurut saya bisa dipercaya. Rupanya penggunaan piring juga bisa mempengaruhi kesehatan seseorang seperti asma, kanker dan bronkitis. Meskipun pengaruhnya tidak dalam jangka waktu yang sangat dekat, tapi hal ini bisa membahayakan kesehatan kita.

Tips Memilih Piring

Menggunakan piring yang sembarangan apalagi jaman sekarang, di mana orang lebih mementingkan uang daripada memperdulikan kesehatan orang lain banyak pembuat piring yang menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar.

Nah melalui artikel ini saya akan sedikit membahas tentang bahayanya penggunaan piring yang tidak tepat khususnya bahan pembuatan piring tersebut.

1. Piring Melamin

Piring melamin merupakan piring yang paling banyak digunakan oleh orang terutama para pedagang yang membuka warung pinggir jalan. Bukan hanya para pedagang, rumah tangga juga banyak sekali menggunakan piring jenis ini. Karena bahannya terbuat dari melamin membuat piring ini tidak mudah pecah.

Piring seperti ini cocok untuk makan anak-anak karena tidak mudah pecah. Tahu sendiri kan kalau anak kecil lagi makan apalagi makan sendiri. Piring melamin tidak cocok dan tidak boleh untuk digunakan di dalam microwave atau oven, tapi boleh digunakan untuk menempatkan makanan yang hangat dan dingin karena melamin bebas BPA.

Belakangan ini orang-orang Indonesia banyak yang latah kesehatan. Banyak yang mempertanyakan tentang keamanan dari sisi kesehatan untuk piring yang digunakan. Padahal dulu-dulu orang-orang kita tidak pernah perduli hal-hal seperti ini.

Apakah Penggunaan Piring Melamin Aman untuk Manusia?

Karena banyaknya isu seputar bahaya kesehatan dari penggunaan piring melamin, maka saya mencoba mencaritahu jawaban yang sebenarnya. Berdasarkan infromasi yang kami dapat dari FDA’s Safety and Risk Assesment of Melamine, mereka mengatakan piring-piring melamin ini (plastik) sangat aman untuk Anda gunakan. Hasil studi yang dilakukan menyimpulkan, bahan kimia yang ada di melamin tidak bisa bermigrasi atau pindah, ke makanan yang Anda makan selama piring dan makanan itu tidak dipanaskan dengan suhu yang mencapai 160 Fahrenheit atau lebih tinggi lagi.

2. Piring Plastik

Piring Plastik juga salah satu jenis piring yang penggunanya cukup banyak di kalangan para pedagang makanan dan rumah tangga. Karena piring plastik tidak mudah pecah kalau jatuh piring ini juga banyak digunakan untuk makan anak-anak kecil yang baru belajar makan, termasuk anak saya menggunakan piring plastik.

Berdasarkan isu yang beredar saat ini, piring plastik memang mengandung BPA (satu bahan kimia yang banyak digunakan untuk membuat plastik menjadi berwarna bening).

Bahaya Piring plastik
images by iStock

Banyak website dan juga para pakar yang mengatakan saat akan menggunakan dan membeli piring plastik kita harus memastikan kandungan yang ada di dalam piring plastik tersebut. Kalau boleh jujur di Indonesia jika kita mau beli piring itu mudah sekali dan kita tidak bisa dengan jelas untuk mendapatkan keterangan tentang bahan dan juga kandungan yang digunakan untuk membuat piring plastik tersebut. Benar tidak apa yang saya katakan? Jika salah mohon koreksi melalui kolom komentar ya.

Jika piring plastik yang Anda gunakan mengandung senyawa BPA yang bisa larut di dalam makanan atau minuman yang panas yang kita konsumsi? Ini bisa membahayakan kesehatan Anda, misalnya saja cacat janin ataupun sakit kanker. Makannya semakin modern jaman semakin aneh-aneh jugakan penyakit yang di derita oleh manusia?

Pasti akan jauh lebih sehat orang yang makan buah-buahan setiap harinya tanpa menggunakan piring apapun dibandingkan orang yang makan-makanan modern dan menggunakan peralatan makan modern.

3. Piring & Kotak Makanan Styrofoam

Saya tahu tentang bahaya menggunakan kotak styrofoam dari saudara saya yang jualan makanan babi di nusa dua, sekarang warungnya sudah tutup. Jadi waktu itu dia mengatakan bahaya loh menggunakan kotak makanan yang dari styrofoam.

Waktu saya mau makan dan menerima kotak makanan dari saudara saya yang satunya yang jualan makanan saat ada acara kebaktian saya langsung deg gimana gitu (gak enak sama saudara saya yang jual makanan dan saudara saya yang ngomong seperti itu yang warungnya sudah tutup itu.

Tapi di sini saya tidak bicara soal kedua saudara saya itu. Di sini saya bicara soal piring dan kotak makanan yang terbuat dari bahan styrofoam yang belakangan ini isunya sangat kencang sekali.

 
Bahaya menggunakan sterofoam
image by iStock

Sejak muncul kotak dan piring makanan dari styrofoam sebenarnya membantu kita semua menjadi lebih simpel dan praktis dalam membungkus makanan yang kita jual maupun yang kita beli.

Memang piring dan kotak makanan dari styrofoam jika kita gunakan untuk acara-acara tertentu sangat membantu sekali. Kita tidak perlu cuci piring dan melakukan kegiatan yang tidak perlu lainnya. Tapi dari balik semua kemudahan dan simpelnya piring jenis ini, rupanya bahan yang digunakan bisa membahayakan kesehatan kita.

Apalagi sejak adanya wabah pandemi COVID-19, saya dan banyak orang lainnya yang sangat perduli dengan kesehatan saya dan kesehatan orang lain akan sebisa mungkin membeli makanan yang bisa langsung di bawa pulang daripada harus makan di tempat yang bisa beresiko tertular penyakit yang bisa mematikan ini (corona).

Sejak adanya wabah ini semakin banyak warung makan dan pedagang yang menggunakan tempat makan dari styrofoam

…mmm, kira-kira benar tidak ya isu tentang bahaya menggunakan styrofoam?

Ya, isu tentang itu memang benar, bahkan beberapa kota yang ada di Amerika Serikat sudah melarang penggunaan styrofoam. Alasannya karena bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan dan juga lingkungan hidup kita.

4. Piring Aluminium

Saya yakin barang yang satu ini banyak ada di rumah Anda dan juga dapur yang ada di hotel-hotel, Piring Aluminium. Mungkin bukan hanya piring yang ada di rumah atau restoran, ada panci, baskom dan lain sebagainya. Barang-barang dari aluminium ini memang barang yang umum dan sudah biasa ada di dapur.

Ternyata dari informasi yang saya dapatkan, kandungan yang ada di dalam aluminium bisa terserap ke dalam tubuh manusia yang bisa menyebabkan masalah kesehatan dikemudian hari.

TAPI…

Itu untuk alat makan aluminium yang tidak di anodisasi (seperti dikeraskan melalui proses yang membuatnya tidak reaktif). Ini seperti dilapisi dengan menggunakan baja tahan karat atau dilapisi dengan lapisan antilengket yang tidak bisa larut atau mungkin bereaksi dengan makanan apapun yang di tempatkan di sana.

Jadi untuk peralatan makan dari aluminium yang sudah di anodisasi aman untuk digunakan, karena sekarang ini hampir lebih dari separuh peralatan masak yang ada di dunia ini yang di jual di pasaran banyak terbuat dari aluminium.

Kalau kita lihat saat ini, ternyata kita hidup di dunia yang benar-benar tidak aman untuk semua manusia. Tidak aman dari kejahatan, tidak aman dari makanan dan tidak aman juga dari barang-barang yang dibuat dan digunakan oleh manusia.

Saat ini kita semua saya dan juga Anda cuma bisa berharap kita semua tetap sehat dan menghindari makan dan menggunakan peralatam masak atau makan yang bisa membahayakan kesehatan. Meskipun hal itu sangat sulit untuk kita lakukan tidak ada salahnya juga untuk mencoba menghindari dari hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan.

Tips Menggunakan Tempat dan Alat Masak

Jika saat ini Anda sudah terlanjur mempunyai tempat makan atau peralatan masak yang terbuat dari bahan-bahan yang bisa membahayakan kesehatan seperti yang sudah saya jelaskan di atas, mungkin saran saya jangan terburu-buru untuk membuangnya karena Anda masih bisa menggunakan peralatan itu dengan beberapa cara yang benar ini, tapi jika ingin Anda buang silahkan saja mungkin itu jauh lebih baik.

Untuk alat makan dan masak yang terbuat dari plastik dan melamin, usahan untuk menghindari menggunakannya untuk makanan yang di hangatkan ke microwave dan juga langsung menuangkan makanan yang berkuah panas (suhu sekitar 90 derajat celcius).

Piiring dan alat masak yang Mungkin aman

Memang agak sulit kalau menurut saya secara pribadi untuk menemukan barang-barang yang benar-benar sehat dan aman untuk manusia di jaman yang semakin jahat ini. Dari beberapa alamat website yang di internet saya mendapati ada beberapa pilihan piring yang mungkin aman dan bisa Anda gunakan agar terhindar dari bahaya kesehatan.

Piring yang terbuat dari kayu, kaca dan keramik lebih aman untuk digunakan menaruh makanan yang panas dan berkuah panas ataupun makanan yang dingin. Piring-piring jenis ini aman jika ingin Anda masukkan ke dalam microwave untuk memanaskan makanan.

Jika kalian suka dengan artikel Hati hati salah memilih piring bisa menyebabkan penyakit ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari rumah dan suka menulis, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis TEAKBLOCK.COM.

Baca Artikel Lain: