skip to Main Content
Cara Merawat Hewan Peliharaan

12 Cara Merawat Hewan Peliharaan yang baik di rumah

 

Dari hasil survey yang kami baca di Internet, “Satu dari empat orang yang mempunyai hewan peliharaan di Australia mengatakan seperti ini, hewan peliharaan adalah bagian dari anggota keluarga mereka yang sangat berharga, dan mungkin jauh lebih penting dari pasangan hidup atau mungkin orang tua mereka”, – Situs Web The Sydney Morning Herald. Dari empat responden survey, satu orang mengatakan kalau dia lebih banyak “menghabiskan uang dan waktunya dengan hewan yang mereka pelihara daripada untuk memenuhi kebutuhan medis hidup mereka sendiri”.

Cara Merawat Hewan Peliharaan yang mereka berikan untuk kesehatan hewan peliharaannya tidak tanggung-tanggung mereka benar-benar memberikan yang paling baik misalnya saja untuk kemoterapi, operasi keyhole, transplantasi organ, penyambungan tulang, pencitraan resonasi magnetis, mengganti tulang pinggul sampai operasi pembedahan otak.

Jujur, saya sebagai orang Indonesia yang tinggal di Bali belum pernah menemukan rumah sakit hewan yang bisa melakukan semua hal itu. Mohon maaf sebelumnya kalau saya salah tapi setahu saya mungkin di Indonesia belum ada rumah sakit hewan yang bisa melakukan tindakan – tindakan pertolongan hewan seperti di luar negeri.

Cara Merawat Hewan Peliharaan Untuk Menjadi Anggota Keluarga

Seperti cerita di atas banyak orang senang mempunyai hewan untuk dipelihara. Selain bisa membuat bahagia hewan juga bisa membantu mengusir rasa sepi pemiliknya. Merawat hewan kesayangan yang menjadi anggota keluarga bisa memberi kepuasan batin.

Meski bisa membantu untuk menghilangkan stres dan penat pemiliknya setelah seharian sibuk bekerja, kalian juga perlu tahu kalau mempunyai hewan peliharaan tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Jangan sampai hewan peliharaanmu tidak terawat karena rasa bosan atau terlalu sibuk bekerja dan akhirnya menelantarkannya. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Merawat Hewan Peliharaan yang baik sekaligus membantu kamu mempunyai pandangan yang benar tentang hewan yang mau dipelihara.

1. Menyediakan Kandang Untuk Hewan Peliharaan

Banyak sekali pemilik hewan yang memikirkan hal ini belakangan atau malah tidak terpikir sama sekali. Ada banyak orang yang mengatakan tempat yang paling baik untuk kandang binatang peliharaan di rumah adalah diletakkan di tempat yang jauh dari suara bising. Sekarang yang menjadi pertanyaan pribadi saya adalah di mana tempat yang tidak bising untuk saat ini?

Jadi, soal tempat yang tidak bising bisa kita lewati saja. Ketika kita mulai berniat ingin mempunyai hewan peliharaan untuk menjadi anggota keluarga, sebaiknya hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah menyiapkan rumah atau kandang untuk binatang peliharaan kita.

Menyiapkan kandang hewan
Ilustrasi kandang hewan. (dok. shutterstock)

Kandang untuk setiap hewan tidak bisa kita samakan karena setiap hewan mempunyai karaketeristik yang berbeda-beda. Contoh hewan yang harus di siapkan kandangnya adalah anjing, kucing, kuda, burung dan kelinci. Kandang yang kita siapkan juga sebisa mungkin di beri alas agar hewan peliharaan kita merasa nyaman saat akan beristirahat.

2. Memberikan Vaksinasi

Hewan secara alami tanpa campur tangan manusia tidak perlu di beri vaksin, bisa hidup dan bisa makan. Dengan adanya pengetahuan dan perkembangan zaman, semua hewan yang dipelihara sebaiknya diberi suntikan vaksin untuk menjaga kesehatan. Selain itu pemberian vaksin pada hewan peliharaan juga bisa membantu terhindar dari virus dan penyakit rabies yang mematikan.

3. Menyediakan Tempat Bermain di Luar Kandang

Selain menyediakan kandang yang nyaman jika kalian ingin merawat hewan peliharaan kalian juga harus memikirkan tempat bermain di luar kandangnya. Binatang peliharaan membutuhkan untuk melepaskan energi tubuhnya atau memerlukan gerak badan setiap harinya.

Jika hewan seperti anjing terkurung terus maka dia bisa menjadi egresif. Jadi, kalian bisa menyediakan tempat khusus di luar rumah, atau di luar kandangnya untuk bermain dan berlari-lari. Jika kalian tidak mempunyai halaman yang cukup di rumah maka pikirkan kembali untuk memiliki binatang peliharaan.

Menyediakan Tempat Bermain hewan peliharaan di Luar Kandang
Ilustrasi Menyediakan Tempat Bermain di Luar Kandang. (dok. Unsplash/Angel Luciano)

Memang kita masih bisa mempunyai binatang peliharaan jika tidak mempunyai halaman yang cukup luas misalnya dengan mengajaknya bermain lapangan bermain umum. Tapi yang menjadi pertanyaan saya ke kalian adalah apakah kalian sanggup mengajaknya keluar setia hari? Karena berdasarkan penelitian mengatakan, kasih manusia terhadap hewan peliharaan tidak langgeng dan banyak orang yang kelelahan setelah bekerja seharian sehingga mengabaikan tugas-tugas mereka untuk merawat hewan peliharaannya.

Selain bisa digunakan untuk tempat beristirahat di luar, hewan juga bisa menyalurkan energi mereka dengan berlari – lari dan melakukan peregangan otot. Hal Ini juga akan membantu Anda dan hewan peliharaan agar hewan tidak sampai merusak dan membuat masalah di rumah.

Jadi di bagian ini kalian harus memastikan binatang piaran kalian dikeluarkan dari kandang dengan rutin agar mereka bisa bermain-main dan menggerakkan badan mereka.

4. Menyiapkan Pagar Khusus Untuk Hewan

Jika Anda mempunyai rumah yang cukup luas dan ingin menempatkan hewan peliharaan di dalam rumah, jauh lebih baik untuk memiliki pagar khusus untuk hewan. Pagar ini akan membantu hewan Anda mengetahui batas-batas mana saja dia hanya boleh bermain.

Pagar khusus untuk hewan ini biasanya banyak di jual di toko – toko hewan yang besar. Harganya sangat beragam jadi kalian bisa pilih sendiri.

5. Menyediakan Makanan Dan Minuman Hewan

Perawatan hewan yang baik memang tidak mudah karena kita harus banyak memperhatikan Kewajiban kita terhadap hewan peliharaan salah satunya adalah memberikan makanan dan juga minuman yang sehat.

Pastikan juga kalian mengganti air minum hewan kesayangan kalian setiap hari agar air minum yang mereka minum tidak terkena debu dan selalu bersih setiap harinya.

Meski mereka hanya hewan bukan berarti kita tidak memberikan yang terbaik untuk binatang peliharaan kita. Menyediakan air minum yang matang dan segar, makanan yang baik dan sehat untuk setiap harinya juga bagian dari cara merawat hewan peliharaan yang baik.

Menyediakan Makanan Dan Minuman Hewan Peliharaan
Ilustrasi memberi makanan hewan peliharaan. (dok. Unsplash/Ayla Verschueren)

Tidak semua makanan hewan cocok dan di sukai oleh hewan. Jadi penting sekali untuk memperhatikan hewan Anda pada saat mereka makan. Apakah mereka lahap dan terlihat menyukai makanan itu atau tidak. Jika, mereka terlihat lahap dengan makanan yang satunya, maka belikan dan gunakan makanan yang di sukai oleh hewan peliharaan Anda.

6. Memberikan Waktu Untuk Mengajak Jalan dan Bermain

Seperti manusia, hewan piaraan juga memerlukan gerakan badan dan menyalurkan energi mereka agar tidak stres dan membuat kekacauan. Anjing yang kurang gerak biasanya akan lebih agresif dan punya banyak masalah perilaku.

Maka kalau kalian ingin mempunyai piaraan maka cara merawat hewan pada poin ini harus Anda pikirkan. Jika kalian tidak bisa memenuhi poin ini saran saya jangan dulu mengambil dan memelihara hewan di rumah.

 
Memberikan Waktu Untuk Mengajak Jalan dan Bermain
Ilustrasi Memberikan Waktu Untuk Mengajak Jalan dan Bermain. (dok. Unsplash/Angel Luciano)

Pengalaman saya mempunyai hewan piaraan anjing membantu saya bisa mengetahui kenapa banyak orang pada akhirnya tidak lagi bisa memenuhi kewajiban yang harus mereka berikan kepada binatang peliharaan mereka adalah karena banyak orang menjadi kelelahan setelah selesai melakukan tugas-tugas di kantor.

Biasanya pagi hari sebelum berangkat kerja saya harus mengajak jalan anjing saya keliling perumahan agar dia bisa buang kencing dan buang air besar. Sorenya setelah saya pulang kerja saya melakukan hal yang sama. Hal ini harus rutin kita lakukan supaya hewan piaraan kita terlatih untuk tidak buang air besar dan kencing di rumah.

Apakah kalian punya waktu dan sanggup melakukan kegiatan rutin yang membosankan ini seumur hidup binatang kesayangan Anda? Jika jawabannya tidak atau Anda masih mikir-mikir, maka Anda tidak boleh memiliki hewan piaraan di rumah.

7. Rutin Membersihkan Kandang Yang Kotor

Kandang yang digunakan untuk hewan piaraan kita juga harus dibersihkan secara rutin. Bagian ini adalah bagian yang penting dari cara merawat hewan piaraan yang baik. Saya beberapa kali pernah melihat pemilik hewan yang mengabaikan kebersihan kandang piaraan mereka.

Meski tidak selalu berisi kotoran hewan kandang juga perlu di bersihkan secara rutin dari bakteri dan juga kotoran yang tidak kelihatan seperti debu.

Kandang hewan yang selalu dibersihkan akan membuat nyaman bagi hewan dan selain itu kandang hewan juga tidak berbau.

8. Rutin Mandikan Hewan Untuk Menjaga Kebersihan Hewan

Anjing dan kucing yang hidup liar di alam tidak pernah mandi. Sebenarnya untuk merawat hewan peliharaan kita juga bisa tidak memandikan mereka, tetapi kalau kita mandikan kucing atau Anjing secara rutin akan membantu menjaga mereka tetap bersih, harum dan tidak mudah terkena penyakit.

Memang perawatan untuk beberapa hewan tidak bisa kita mandikan seperti kita memandikan anjing contohnya burung, kita bisa memandikan burung dengan cara di semprot.

Rutin Mandikan Hewan Untuk Menjaga Kebersihan Hewan
Ilustrasi Memandikan hewan. (dok. Unsplash/Hayffield)

Hewan yang selalu di jaga kebersihannya membuat kita tidak khawatir saat bermain – main dengan mereka. Pemilik anjing dan kucing biasanya suka mengelus-elus, memeeluk dan menggendong-gendong hewan kesayangan mereka. Bayangkan kalau hewan peliharaan tidak pernah di mandikan? Kita pasti merasa khawatir saat anak-anak bermain dengan mereka atau saat kita bermain dan bercanda dengan mereka.

9. Jauhkan Dan Singkirkan Benda-benda yang Membahayakan Hewan

Di Indonesia jarang hewan di masukkan ke dalam rumah seperti hewan peliharaan di luar negeri. Saya tidak mengatakan tidak ada ya, ada tapi sangat jarang. Biasanya hewan selalu berada di luar rumah atau di halaman rumah.

Jika hewan Anda berada di dalam rumah Anda bisa menyingkirkan benda-benda berbahaya yang bisa membuatnya celaka seperti kabel televisi, kabel charger laptop atau ponsel Anda, obat-obatan dan juga tanaman yang berbahaya baginya.

Jika hewan peliharaan Anda berada di luar rumah cobalah untuk memastikan tidak ada benda-benda yang tajam seperti alat perkebunan, pisau, parang dan alin sebagainya. Cairan pembersih pakaian dan cairan untuk serangga sebaiknya di simpan dengan baik.

Binatang peliharaan seperti anjing dan kucing biasanya senang menggigit-gigit sesuatu jadi pastikan semua benda-benda berbahaya tersimpan dengan baik. Marahi dan ajari hewan peliharaan Anda jika mereka menggigit sendal atau peralatan-peralatan ini.

10. Memberikan Pelatihan Pada Hewan

Beberapa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa kita latih agar mereka bisa lebih patuh dan setia pada kita. Kucing bisa kita latih untuk buang air besar dan kecil di WC. Sahabat saya yang rumahnya tidak jauh dari tempat tinggal saya melatih kucingnya untuk selalu buang air besar dan kecil di WC. 

Memberikan Pelatihan Pada Hewan
Ilustrasi Memberikan Pelatihan Pada Hewan. (dok. Unsplash/Murilo Vivian)

Anjing juga bisa kita latih untuk buang kencing dan buang air besar di luar rumah di jam-jam yang kita tentukan misalnya pada pagi hari atau menjelang sore hari. Anjing juga bisa kita ajarkan untuk melakukan tindakan – tindakan perlindungan pada majikannya, mencari korban bencana alam dan menemukan benda-benda yang di larang seperti narkoba.

Anjing yang tinggal di dalam rumah juga bisa kita latih untuk tidak merusak perabotan – perabotan yang ada di rumah kita misalnya saja kursi, meja atau kitchen set.

11. Memeriksakan Kesehatan Hewan Secara Rutin Ke Dokter Hewan

Hewan tidak kebal terhadap penyakit meski sebagai pemilik yang baik kita sudah merawat hewan peliharaan kita dengan baik. Anjing dan kucing adalah binatang luar. Saat mereka di pelihara dan tidak boleh keluar rumah biasanya mereka akan cari cara untuk keluar dan bermain-main di luar dengan teman-teman mereka. Pastikan untuk memeriksakan hewan kesayangan Anda secara rutin ke Dokter Hewan.

Memeriksakan kesehatan hewan
Ilustrasi Memeriksakan kesehatan Hewan. (dok. Shutterstock)

Kita tidak harus selalu membawa mereka setiap beberapa bulan sekali. Kita hanya perlu membawa mereka ke Dokter hewan jika kita melihat gejala-gejala yang kurang sehat pada hewan peliharaan kita. Tindakan ini perlu kita lakukan secepatnya jika melihat gejala kurang sehat pada hewan. Ini adalah Cara Merawat Hewan Peliharaan ke 11 versi Teakblock.

12. Membersihkan Rumah Tinggal Anda

Kebersihan rumah kita juga perlu diperhatikan khususnya jika hewan peliharaan tinggal di dalam rumah. Rumah kita bisa mengeluarkan aroma tidak sedap jika binatang peliharaan tinggal di dalam rumah. Maka pastikan untuk selalu membersihkan rumah dengan menggunakan pengharum ruangan dan cairan pembersih rumah seperti Wipol dan lain sebagainya.

Untuk di luar ruangan atau di halaman rumah kita bisa membersihkan dengan menggunakan air dan sabun kemudian menyikatnya. Kencing anjing bisa sangat bau jika tidak dibersihkan. Untuk menghilangkan bau kencing, Anda bisa menggunakan cairan bayclin. Ambil cairan sebanyak satu tutup bayclin lalu masukkan ke dalam ember atau penyiram tanaman kemudian campur dengan air sampai penuh. Siramkan pada area yang selalu di kencingi anjing. Bau kencing akan hilang saat itu juga.

Ya, itu adalah pengalaman yang bisa saya bagikan kepada kalian tentang cara merawat hewan peliharaan dengan baik. Sebelum kalian memutuskan untuk memelihara binatang pastikan kalian siap dan sanggup untuk memenuhi semua Kewajiban kita terhadap hewan peliharaan. Jika tidak sanggup maka jangan memelihara hewan. Sesimpel itu saja.

Jika kalian suka dengan artikel Cara Merawat Hewan Peliharaan ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.