skip to Main Content
Ukuran Kolam Renang Standar Untuk Rumah Dan Villa

Ukuran Kolam Renang Standar untuk Rumah dan Villa

 

Ukuran Kolam Renang Standar – Siapa sih yang tidak ingin di rumahnya ada kolam renangnya? Saya rasa kebanyakan orang termasuk saya sendiri ingin di rumahnya ada kolam renangnya. Mempunyai kolam renang di rumah tidak hanya bisa memperindah rumah atau menyalurkan hobi berenang, kolam renang juga bisa meningkatkan nilai jual sebuah rumah. Nah, Jika saat ini Anda sedang mempunyai rencana untuk membangun kolam renang di rumah yang baru Anda beli, pastikan untuk mengetahui secara detail tentang kolam renang, mulai dari pembuatan, perawatan, biayanya dan juga kontraktor yang benar-benar bisa membuat kolam renang.

Untuk kontraktor kolam renang ini wajib sekali memilih dan menggunakan orang yang bertanggung jawab dan sudah terbukti berpengalaman karena nanti Anda akan tahu sendiri mengapa ini penting.

Ukuran kolam renang untuk rumah atau villa tentu mempunyai ukuran yang berbeda – beda dengan kolam renang yang akan digunakan untuk umum (public space). Ukuran kolam renang rumah dan juga villa sebenarnya juga mempunyai ukuran yang berbagai macam, biasanya sih di sesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya juga.

Sebagai tambahan informasi buat Anda yang saat ini punya rencana untuk membuat kolam renang, kami mencoba memberikan informasi beberapa jenis ukuran kolam renang yang biasanya banyak digunakan. Tapi ukuran ini juga tidak bisa di terapkan untuk setiap kondisi rumah atau villa, ini bergantung dari masing-masing luas lahan yang di miliki.

Tapi sebelum saya menjelaskan berapa saja ukuran kolam renang tandar yang biasanya digunakan, kita melihat dulu apa saja manfaatnya kalau Anda mempunyai kolam renang, mengapa penting mengetahui ukuran kolam renang apa saja kelebihan dan kekurangan jika kita memiliki kolam renang.

Kelebihan Mempunyai Kolam Renang Sendiri

1. Anda Bebas Berenang

Satu kelebihan kalau Anda mempunyai kolam renang sendiri Anda bisa bebas berenang kapan saja Anda mau, tidak perduli siang, malam atau pagi sekalipun. Anda tidak usah pergi jauh-jauh ke kolam renang umum hanya untuk berenang. Selain itu, Anda juga bebas mau berenang menggunakan pakian apapaun yang ingin Anda kenakan saat berenang. Anda tidak perlu malu untuk menggunakan pakaian dalam saja atau menggunakan baju sehari-hari.

2. Kolam Renang Pribadi Lebih Terjaga Kebersihannya

Selain sebagai sarana untuk olahraga, kolam renang di rumah juga bisa di manfaatkan sebagai tempat untuk berekreasi, tempat untuk berkumpul dengan teman dan keluarga.

Kolam renang Pribadi biasanya hanya di pakai oleh Anda dan keluarga Anda saja. Mungkin kadang juga digunakan oleh teman-teman, tapi itupun sangat jarang karena lebih sering kita sendiri yang menggunakan kolam renangnya. Nah, karena hanya digunakan oleh pemakaian pribadi maka kebersihan kolam renang lebih terjaga daripada kolam renang yang digunakan untuk umum atau oleh banyak orang.

Biasanya kalau kebersihan kolam renang selalu kita jaga secara teratur kebersihannya karena akan di maintenance secara ruitn, biasanya seminggu dua kali di berikan obat dan dibersihkan.

3. Menambah Nilai Jual Sebuah Rumah

Rumah yang memiliki kolam renang biasanya mempunyai harga jual yang lebih tinggi dibandingkan rumah yang tidak ada kolam renangnya. Jadi bukan hanya indah tapi orang yang nantinya akan membeli rumah Anda akan langsung tertarik untuk membeli karena melihat ada kolam renang.

Kolam renang bisa membantu menambah ketenangan, kesejukan dan orang lebih rileks saat berada di rumah.

4. Bisa Meningkatkan Kebersamaan Anggota Keluarga

Percaya atau tidak keberadaan kolam renang bisa membantu anggota keluarga lebih betah di rumah untuk menikmati quality time bersama dengan anggota keluarga yang lainnya. Selain itu, Anda juga bisa dengan lebih leluasa dan maksimal untuk mengajarkan anak-anak berenang jika masih mempunyai anak kecil.

Kekurangan Jika Mempunyai Kolam Renang Sendiri

Selain mempunyai banyak keuntungan, mempunyai kolam renang pribadi di rumah ternyata juga mempunyai beberapa kerugian atau kekurangan. Pasti kalian penasaran kan, kenapa punya kolam renang pribadi di rumah ada kerugian atau kekurangannya juga? Daripada penasaran, sebaiknya langsung saya kasih tahu aja di bawah ini.

1. Harus Mempunyai Lahan Yang Luas

Jika Anda ingin membuat kolam renang di rumah, maka Anda memerlukan lahan yang cukup luas. Memang bisa juga dengan lahan yang sempit kita membuat kolam renang, tapi menurut pendapat pribadi saya, itu terlalu memaksakan sekali. Ini menurut pendapat pribadi saya ya.

Kenapa saya bilang seperti itu?

Di Bali banyak sekali rumah-rumah kecil yang di paksa ada kolam renangnya. Buat saya itu lucu dan terlalu memaksa. Jujur, buat saya, daripada punya kolam seukuran berendam doang lebih baik saya keluarkan uang untuk berenang di kolam renang umum atau lebih bagus berendam di pantai.

Paling tidak lahan yang Anda miliki bisa digunakan untuk membuat kolam renang yang standar. Kalau Anda sudah mempunyai lahan yang cukup luas, maka tidak masalah untuk membuat kolam renang pribadi di rumah.

2. Harus Mempunyai Biaya yang Lebih

Untuk membuat kolam renang biayanya tidak sedikit. Paling murah 100 juta, malah bisa lebih dari itu. Anda harus membuat konstruski untuk kolam renangnya, pompa dan filter, hiasan kolam dan beberapa peralatan lain yang dibutuhkan untuk merawat kolam setelah kolam renang Anda jadi.

Dan tidak hanya berhenti sampai di pembuatan kolam renang saja. setelah kolam renang Anda jadi. Kolam renang harus selalu di rawat secara rutin. Biaya maintenance kolam sekitar Rp.400.000 – Rp.500.000 untuk setiap bulannya. Harga itu belum termasuk obat-obatan untuk perawatan kolam renang.

maintenance kolam bali

Biaya listrik untuk pompa dan filter kolam, kemudian biaya air untuk menambah air kolam jika mengalami penurunan. Jika Anda menggunakan air PDAM biasanya biayanya jauh lebih mahal daripada menggunakan air dari pompa bor di rumah.

Kenapa air PDAM lebih mahal? Karena kalau di Bali, rumah yang ada kolamnya atau bangunan yang lebih dari 1 are biasanya suka di hitung masuk dalam kategori rumah bisnis. Ini bisa terlihat sewaktu kami hendak membayar air untuk rumah kami yang luasnya 1 are dan rumah yang luasnya 4 are. Dalam sebulan rumah yang luas tanahnya 1 are paling mahal bayar air hanya Rp.100.000. sedangkan rumah kami yang luasnya 4 are Cuma untuk nyiram tanaman dan mandi bisa bayar Rp.400.000. kalau saya menambah air kolam dalam hitungan dikit saja bisa lebih dari Rp.1000.000.

Jadi hal ini bisa menjadi salah satu hal yang wajib Anda pikirkan sebelum Anda benar-benar membuat kolam renang.

3. Rumah Akan Bau Bahan-bahan Chemical Kolam Renang

Karena air kolam biasanya selalu di beri obat-obatan khusus untuk kolam, biasanya rumah atau gudang penyimpanan obat kolam akan sedikit bau chemical kolam renang. Tapi menurut saya, baunya sih tidak terlalu keras seperti bau baygon semprot ya. Bahkan bau klorin yang sudah kita tuang ke dalam kolam menurut saya tidak terlalu terlalu keras baunya. Tapi tetap ada bau klorin ya. Jadi untuk Anda yang tidak suka dengan bau klorin hal ini bisa menjadi satu masalah.

 

Berbagai Macam Ukuran Kolam Renang Standar

Kolam renang yang akan dibuat memang mempunyai ukuran yang sangar beragam. Meskipun pembuatan kolam renang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan luas lahan, kita bisa menggunakan beberapa aturan dasar saat akan membuat kolam renang.

1. Ukuran Kolam Renang Rumah

Meskipun kolam renang rumah adalah kolam renang pribadi, tapi ini dapat termasuk sebagai ruang untuk publik, di mana nantinya di kolam renang ini akan terjadi sebuah interaksi dengan banyak keluarga dan mungkin sewaktu-waktu dengan orang lain yang di undang ke rumah.

Jadi karena ini tempat berkumpul banyak orang maka ukuran kolam renang sangat penting untuk menjadi perhatian yang harus dipikirkan dengan cermat.

Meskipun kolam renang pribadi hanya kita saja yang akan menggunakannya bukan berarti kolam renang pribadi ini tidak mempunyai ukuran standar. Ukuran standar kolam renang rumah biasanya

  • 3×7 meter
  • 4×10 meter
  • 5×10 meter atau bisa juga sesuai kebutuhan dan permintaan pemilik rumah

Untuk kedalaman kolam renang biasanya mulai dari sekitar 60 cm untuk bagian dangkal dan untuk bagian yang dalam bisa sedalam 2,5 meter

Lalau bagaimana kalau lahan rumah kita sangat terbatas?

Anda bisa membuat kolam renang berbentuk L, persegi, lingkaran dan bisa juga berbentuk setengah lingkaran. Saran saya kalau memang lahannya tidak memungkinkan untuk membuat kolam renang sebaiknya tidak usah memaksakan diri untuk membuat kolam renang.

2. Kolam Renang Untuk Anak

Kolam renang untuk Anak-anak bisa di buat permanen seperti kolam renang untuk rumah pribadi atau bisa juga membeli kolam renang yang terbuat dari karet yang di pompa dan kemudian di isi dengan air (inflatable pool).

Ukuran kolam renang standar untuk anak

Daripada membuat kolam renang permanen untuk Anak lebih baik membeli kolam renang karet untuk anak yang bisa di pompa dan di simpan kapan saja.

Ukuran kolam renang untuk anak-anak biasanya:

  • 80x120cm
  • 1,5×2 meter

Untuk kedalaman kolam renangnya juga sangat beragam, tapi standar yang digunakan biasanya 60 cm, 80 cm dan 30 cm.

3. Ukuran Kolam Renang Jacuzzi

Kalau halaman rumahmu luas maka kamu bisa juga membuat kolam untuk berendam, kolam renang Jacuzzi yang mempunyai ukuran sangat kecil karena hanya akan digunakan untuk berendam saja. biasanya kolam Jacuzzi mempunyai ukuran sekitar 1,8 meter x 2 meter, bisa juga kolamnya berbentuk lingkaran dengan ukuran diameter sekitar 2 meter.

Ukuran Kolam Renang Standar Jacuzzi

Ukuran kolam renang sauna biasanya digunakan untuk 2 sampai 6 orang saja dan dilengkapi dengan  water jet untuk menembakkan air dengan tekanan atau gelembung yang cukup tinggi agar otot-otot tubuh yang terkena tekanan ini bisa jauh lebih rileks.

4. Ukuran Kolam Renang Untuk Publik

Kolam renang untuk publik adalah kolam renang yang bisanya terletak di area perumahan dan lain-lain. Karena kolam renang ini memang akan digunakan untuk semua orang, maka kolam yang dibuat harus mengikuti standar umum atau setidaknya mempunyai ebar 5 meter dan panjang kolamnya sekitar 25 meter. Untuk kedalaman kolamnya sendiri mulai dari 1 sampai 4 meter atau bisa di sesuaikan.

5. Ukuran Kolam Renang Untuk Standar Nasional (Indonesia)

Saya rasa banyak orang yang mengunjungi artikel yang ada di website teakblock ini tidak akan mempunyai rencana untuk membuat kolam renang untuk umum atau yang di pakai publik atau yang digunakan untuk turnamen. Kebanyakan dari Anda hanya mencari informasi untuk kolam renang pribadi.

Meskipun kebanyakan yang mengunjungi halaman ini hanya untuk mengetahui ukuran standar kolam renang pribadi, beberapa mungkin ada yang baru pertama kali terjun dalam bisnis pembuatan kolam atau perorangan yang hanya sekedar ingin tahu, berapa sih ukuran standar kolam renang nasional Indonesia?

Berdasarkan informasi yang saya dapat di dalam Permenpora No. 0636 tahun 2014. Ukuran kolam renang untuk tipe B yang biasanya sering digunakan untuk ajang kejuaran nasional mempunyai panjang 50 meter, lebar kolam 21 meter dan mempunyai kedalamam kolam 1,35 meter sampai dengan 3 meter. Mempunyai 8 lintasan dan suhu air sekitar 25° C – 28° C.

6. Ukuran Kolam Renang Untuk Standar Internasional

Pernah pengen tahu gak ukuran kolam renang yang di pakai untuk kejuaraan internasional seperti Olimpiade atau Asian Games dan lainnya? Permenpora juga membuat aturan standar kolam yang akan digunakan untuk pertandingan internasional atau masuk dalam tipe A. Panjang kolam 50 meter, lebar kolam 26 meter dan kedalaman kolam mencapai 3 meter yang di lengkapi dengan 10 lintasan perenang. Suhu airnya 25° C – 28° C. Sedangkan Federation Internationale de Natation atau yang di singkat dengan FINA juge mempunyai ukuran kolam standar sendiri, yakni panjang 50 meter dan lebar kolam 25 meter.

Ya, jadi itu adalah ukuran kolam rendan standar yang biasanya banyak digunakan untuk rumah, villa dan ajang kejuaran nasional dan internasional. Jika Anda ingin membuat kolam renang pribadi, maka hal-hal yang sudah saya sebutkan di atas harus benar-benar Anda pikirkan.

Tapi saya yakin kebanyakan orang yang akan membuat kolam renang, biasanya uangnya di atas rata-rata orang yang tidak punya kolam. Jadi untuk masalah lain-lainnya saya rasa tidak menjadi masalah yang besar.

Jika kalian suka dengan artikel Ukuran Kolam Renang Standar untuk Rumah dan Villa ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.

Artikel Lain Yang Mungkin Menarik