skip to Main Content
Ukuran Kitchen Set Atau Ukuran Dapur Standar

Ukuran Kitchen Set atau Ukuran Dapur Standar

 

Ukuran Kitchen Set – Bicara mengenai Ukuran Standar Dapur Kita semua pasti akan setuju apapun bentuk dapur yang ada di rumah kita atau yang Anda pilih bergantung sekali dengan luas ruangan yang Anda miliki dan juga selera bentuk dan desain dapur dari masing-masing orang. Jawaban kita bisa jadi berda-beda karena selera tiap-tiap orang bisa jadi tidak selalu sama semua.

Meskipun selera desain kita berbeda-beda ada satu hal yang harus kita samakan dan jadikan pegangan, apa itu? Jawabannya adalah “UKURAN STANDAR DAPUR”. Ukuran standar dapur yang ideal ini akan kita gunakan untuk membuat dapur agar saat kita bekerja di dapur menjadi nyaman dan menyenangkan.

ukuran dapur kabinet

Dalam ilmu desain arsitektur dan interior ada yang menjadi dasar pedoman ukuran adalah kegiatan orang atau manusia di dalam ruangan itu, apapun ruangan itu (ruang kerja, dapur dll).

Berikut ini ada beberapa hal penting yang bisa dijadikan ukuran penting untuk diperhatikan saat kita hendak membuat kitchen set:

 
  1. Ketinggian meja dapur, tempat bak cuci, tempat untuk meletakkan kompor, meja kerja sebaiknya dan sangat disarankan setinggi pinggul, tidak terlalu pendek dan tidak terlalu tinggi juga. Tujuannya agar saat kita bekerja menjadi nyaman terutama posisi tangan dan badan, jadi kita tidak terlalu capek membungkuk atau memotong sayuran. Tinggi standar meja dapur biasanya 85 – 90 cm dari lantai. Perhatikan tubuh orang indonesia dan juga tubuh orang luar ya.
  2. Tempat penyimpanan atau kabinet dari meja dapur 50 – 60 cm. bayangkan ya jika Anda membuat jarak penyimpanan kabinet terlalu tinggi bisa jadi Anda akan kesulitan untuk meletakkan atau mengambil barang, Anda perlu mengangkat badan atau jinjit setinggi mungkin untuk mengambil barang-barang yang ada di atas. Mungkin Anda berpikir kalau begitu kita bua lebih rendah saja, jawaban ini juga kurang tepat mengapa demikian? Saat Anda bekerja kegiatan tangan Anda akan sangat terganggu bisa jadi Anda akan sering terbentur dengan dasar kabinet karena terlalu pendek diletakkan.
  3. Lebar Meja Dapur yang nyaman itu sekitar 60 cm (bisa disesuaikan dengan luas ruangan) karena dengan ukuran 60 cm ini tangan Anda bisa dengan leluasa bergerak. Dengan lebar 60 cm ini bisa membuat kompor dan juga bak untuk mencuci standar bisa dipasang rapat di meja dapur Anda.
  4. Tinggi Kabinet Dapur paling atas biasanya sekitar 2,4 m atau 2,5 m dari lantai rumah, hal ini dikarenakan langit langit rumah di Indonesia setinggi 3m meskipun ada yang beda juga (tiap negara berbeda tingginya) sedangkan sisa ruang yang ada diatas bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang yang tidak terpakai atau jarang digunakan. Sekarang ini banyak orang juga yang membuat kabinetnya mencapai langit-langit rumah untuk bisa menambah luas ruang penyimpanan barang-barang dapur, tujuannya lain adalah supaya tidak perlu membersihkan debu-debu yang menempel di atas kabinet mereka. Apakah Anda mau meniru ide?
  5. Luas daerah kerja dapur antara meja yang satu dengan meja yang lain (meja dapur yang letaknya saling berhadapan) setidaknya memiliki jarak 90 m. dari mana luas jarak itu didapat? Luas jarak itu didapat dari kebutuhan orang berdiri yang bekerja di dapur, baik itu memotong, membungkuk, berjongkok untuk mengambil barang atau meletakkan barang. (*bergantung situasi tempat, jika area itu tidak dilalui atau digunakan oleh orang untuk keluar masuk ruang dapur)