skip to Main Content
Tips Sederhana Cara Merapikan Barang Di Rumah Dengan Efektif

Tips Sederhana Cara Merapikan Barang di Rumah dengan Efektif

 

Semua dari antara kita mengalami problem yang sama, barang menumpuk dan terlihat berantakan. Beberapa orang ada yang suka membeli banyak barang, sampai akhirnya barang yang ada di rumah sudah menumpuk. Mungkin bagi beberapa orang yang rumahnya besar, masih terlihat agak rapi meskipun barangnya berantakan. Tetapi bagi orang-orang yang mempunyai rumah yang tidak terlalu besar, ini akan membuat rumah menjadi terlihat berantakan sekali. Kalau sudah seperti itu, maka kita akan menjadi tidak nyaman. Melalui Artikel singkat ini, saya akan memberikan Tips Sederhana Cara Merapikan Barang di Rumah dengan menggunakan beberapa tempat penyimpanan barang.

Hal lain yang menyebabkan barang-barang di rumah berantakan adalah kebiasaan. Contohnya teman saya. Dia punya rumah yang sangat bagus sekali, bisa saya katakan dia adalah orang kaya. Sayangnya setiap dia menggunakan barang, dia tidak punya kebiasaan meletakkan kembali barang yang sudah dia gunakan atau di tempat yang semestinya. Alasannya biar cepat, nanti saja dibersihkan setelah kita pulang. Nah, kebiasaan mengulur waktu seperti ini menjadi penyakit banyak orang, salah satunya mungkin saya dan juga Anda, sudah pasti ini menjadi kebiasaan yang kurang baik dan selain itu, ini akan membuat debu menumpuk dan barang-barang menjadi berantakan dan membuat rumah menjadi sumpek.

Jujur saya orangnya gak betak kalau lihat barang berantakan. Yah, meskipun punya rumah yang kecil dan sulit untuk menyimpan barang dengan lebih rapi, saya tetap berusaha untuk merapikan dan menyimpan barang secepat mungkin di tempatnya.

Yang Anda butuhkan adalah

  1. kedisiplinan dan membiasakan diri untuk menaruh barang pada tempatnya kembali
  2. Rajin untuk membersihkan ruangan dan barang-barang yang sudah di pakai. Jangan menunggu orang lain meskipun Anda mempunyai asisten rumah tangga. Menurut saya, kebersihan dan kedisiplinan harus di mulai dari diri sendiri
  3. Membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi

Buat yang tinggal di kost juga pasti akan sangat repot dan sumpek, dengan terbatasnya ruangan yang ada membuat barang-barang yang kita taruh semakin terlihat berantakan jika tidak segera di letakkan di tempatnya. Bayangkan kalau ada teman yang datang dan kamar kita terlihat berantakan? Tapi ada juga loh orang yang masa bodo dengan kamarnya, kebanyakan sih cowok-cowok meskipun cewek juga ada.

Jika Anda ingin merapikan barang-barang yang ada di rumah Anda, mulailah dengan memisahkan barang, mengatur ulang ruangan dan juga memelihara kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda agar Anda berah dan nyaman tinggal di rumah.

Tips Merapikan Barang di Rumah

1. Membuat Rencana untuk Merapikan.

Sangat bagus kalau sebelum Anda merapikan barang, Anda harus mencari dan menjadwalkan hari dan jamnya. Memang ada waktu untuk merapikan barang-barang yang ada di rumah secara total dan ada waktu untuk merapikan harian. Anda bisa memilih waktu akhir pekan atau hari lainnya. Untuk merapikan dan membersihkan ruangan Anda bisa melakukannya setiap hari secara bertahap bisa satu sampai dua jam untuk ruangan tertentu atau barang tertentu, besoknya dilanjutkan dengan merapikan ruangan dan barang yang lainnya. Tidak peduli seberapa banyak dan sedikitnya waktu yang Anda gunakan untuk merapikan barang-barang di rumah, jika Anda lakukan dengan disiplin yang baik, ini akan membantu Anda merapikan barang-barang dengan waktu yang cocok.

  • Jika HANYA punya waktu dua jam setiap minggu. Tidak masalah Anda hanya punya waktu dua jam setiap minggunya, Anda bisa mengerjakan satu ruangan untuk setiap minggunya. Saya biasanya memulai dengan satu ruangan untuk mengatur seluruh barang yang ada di ruangan itu. Lemari baju, barang-barang yang berantakan dan tidak terpakai yang ada di ruangan yang sedang saya bersihkan. Jika waktunya tidak cukup, maka saya akan melanjutkannya di minggu selanjutnya untuk mengatur lemari atau barang-barang yang belum saya rapikan di ruangan itu. Cara ini memang terbilang lama, tetapi ini adalah cara yang terbaik untuk bisa membersihkan seluruh ruangan dengan waktu yang Anda miliki.
  • Jika hanya bisa merapikan seluruh ruangan dalam beberapa hari secara berturut-turut atau berurutan. Katakanlah Anda hanya bisa menggunakan waktu Anda untuk merapikan baju dan ruangan hanya dua hari saja, sabtu dan minggu. Pastikan untuk melakukannya secara maksimal selama dua hari itu. Memang ini mungkin tugas yang sanga berat dan melelahkan, tapi Anda harus melakukannya agar Anda bisa menyelesaikannya selama dua hari itu.
  • Anda juga bisa merapikan ruangan Anda hanya sepuluh menit setiap harinya.

2. Menyimpan Barang Dengan Memanfaatkan Ruang

Garasi memang biasanya untuk memarkir kendaraan kita, sebenarnya di tempat ini kita juga bisa meletakkab beberapa barang untuk peralatan berkebun, sepeda, tangga dan peralatan untuk kendaraan. Kita bisa memanfaatkan ruangan ini untuk menaruh barang-barang kita supaya tidak berantakan. Ada tips untuk membuat barang tidak berantakan dan memanfaatkan Garasi kita

Memanfaatkan Ruangan untuk menata barang
Foto by: ©relifedesign.tumblr.com
  • Membuat rak bersusun dan rak ambalan. Ini pasti akan sangat bermanfaat dan berguna untuk Anda bisa meletakkan barang-barang. Meskipun beberapa orang mempunyai garasi yang tertutup banyak yang tidak. Jadi, supaya rapi pastikan untuk menyusunnya dengan rapi di atas rak yang Anda buat.
  • Memasang Paku pengait untuk menggantung beberapa barang yang bisa digantung agar terlihat lebih rapi dan mudah di cari saat Anda akan menggunakannya.
  • Membuat rak atau meletakkan rak dan meja untuk merapikan barang-barang yang tidak sebelumnya berantakan.
  • Untuk menaruh benda-benda tajam bisa menggunakan toples atau kotak yang sesuai dengan ukurannya, agar benda-benda itu rapi dan tidak tercecer.

3. Membeli Kontainer Plastik

Meskipun harus mengeluarkan uang untuk membeli kotak kontainer yang terbuat dari plastik. Menurut saya wadah ini sangat efektif dan berguna sekali, apalagi untuk Anda yang mempunyai anak kecil. Selain bisa menghemat ruang penggunaan kontainer plastik bisa membuat rumah kita menjadi lebih rapi dan saat ada tamu kita bisa cepat langsung memasukkan barang-barang yang tercecer ke dalam kontainer ini. kontainer plastik ini mempunyai beragam ukuran, mulai dari yang kecil sampai yang besar, menurut saya sesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

 
membeli kontainer plastik untuk merapikan barang
Foto by: ©ikeda-designroom.com

Setelah Anda membeli kontainer Anda bisa menata atau menyusun kontainer Anda sedemikian rupa, supaya terlihat lebih rapi dan enak di pandang mata. Anda juga bisa melihat contoh cara menyusun kontainer seperti gambar yang ada di bawah ini. Anda juga bisa mengaturnya sesuai dengan selera dan kreasi masing-masing. Pokoknya penggunaan kontainer ini sangat memudahkan kita.

4. Menata dan Merapikan Ruang Keluarga

Ruang keluarga adalah tempat yang paling sering digunakan untuk berkumpul keluarga setiap hari, namanya ruang keluarga pasti harus selalu di rapikan. Untuk menata ulang dan merapikan ruang keluarga ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

  • Tempat Yang Mungil. Jika Anda mempunyai rumah atau ruang yang kecil dan mungil, cobalah untuk menyesuaikan barang-barang yang Anda beli untuk di ruang keluarga. Anda bisa memesan lemari atau membuat lemari yang ukurannya lebih kecil atau ramping. Mengapa kita harus membuat? Karena kalau kita membeli barang yang sudah jadi, biasanya ukuran yang digunakan adalah ukuran standar.
  • Beli furniture yang bisa digunakan untuk hal lain (multifungsi)

5. Mengelompokkan Barang Sesuai dengan Fungsinya

Selain membersihkan ruangan rumah berdasarkan ruangan, kita juga bisa membersihkan barang yang ada di rumah kita berdasarkan fungsi dari barang itu sendiri. Tips ini di berikan oleh seorang penulis Jepang bernama Marie Kondo. Memang agak sedikit aneh, tetapi Anda bisa mencoba cara yang dia berikan. Mulai kumpulkan barang-barang berdasarkan fungsi dan jenis barang. Anda bisa mencobanya dengan mulai dari tumpukan buku-buku yang ada di rak buku, pakaian, barang seperti foto lama, aksesoris kamera dan lain sebagainya

Rapikan berdasarkan jenis barang
Foto by: ©instagram.com/mariekondo

6. Lipat Barang yang bisa di lipat, usahakan untuk tidak menggantungnya

Tip ini adalah tips yang diberikan oleh Marie Kondo. Anda bisa melipat pakaian Anda. menurutnya, lebih baik melipat baju daripada Anda membiarkannya menumpuk secara asal-asalan di dalam lemari ataupun menggantung semua pakaian milik Anda.

melipat baju biar rapi
Foto by: ©onekingslane.com

7. Menyimpan Barang yang Kamu Senangi dan Membuang yang tidak perlu

Masih tentang cara Kondo. Salah satu slogan khas Kondo adalah “does it sparks joy?”

Saat Anda akan merapikan barang-barang, coba Anda rasakan barang-barang mana saja yang menurut kamu bisa membuat kamu bahagia saat menggunakannya. Jadi metode Konmari ini mengajak kita untuk ‘merasakan’ barang yang mau kita rapikan. Memang lucu juga ya, kita kok di suruh merasakan barang, emang makanan kali di rasa.

Tapi, metode ini menurut saya memang ada benarnya. Coba Anda pikir-pikir sekali lagi. Kira-kira dari sekian barang yang kamu punya, mana saja yang sering kamu pakai dan mana saja yang tidak pernah kamu pakai? Saya yakin pasti ada bukan?

Membuang barang yang tidak perlu agar rapi
Foto by: ©shutterstock

Nah, barang-barang yang tidak kita sukai dan jarang kita pakai inilah yang akan kita singkirkan, dan kita hanya akan menyimpan barang-barang yang sering kita gunakan dan sukai saat mengenakannya.

8. Memanfaatkan Barang yang tidak Terpakai

Barang-barang yang ada di rumah pasti tidak semuanya masih terpakai. Kita bisa memanfaatkan kota bekas sepatu untuk menyimpan barang-barang kecil yang bisa masuk ke dalam kotak. Coba lihat gambar yang ada di bawah ini, cantik bukan jika kita memanfaatkan barang-barang bekas seperti kotak sepatu ini? coba cari barang bekas lainnya yang menurut kamu bisa digunakan kembali untuk merapikan barang-barang kita yang berantakan.

menggunakan barang bekas untuk merapikan barang
Foto by: ©ikea.com

Nah, jadi itu adalah beberapa tips sederhana yang bisa saya share kepada Ada tentang Tips Sederhana Cara Merapikan Barang di Rumah dengan Efektif. Sekarang giliran Anda untuk mencoba beberapa tips yang sudah saya bagikan dalam artikel ini.

Jika kalian suka dengan artikel Tips Sederhana Cara Merapikan Barang di Rumah dengan Efektif ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.