skip to Main Content
Tips Saat Akan Beli Kopi

Tips Saat Akan Membeli Kopi – Jangan Sampai Salah

 

Sebelum Membaca keseluruhan artikel Tips Saat Akan beli Kopi, saya ingin memberitahu kalau artikel ini khusus untuk para pemula ya, karena kalau sudah master dan ahli pasti sudah ahu betul caranya memilih dan membeli kopi. Kebanyakan orang suka minum kopi termasuk saya dan istri saya. Tapi, tidak semua orang tahu caranya memilih dan membeli kopi yang enak dan nikmat sesuai dengan selera. Kopi telah menjadi gaya hidupdan sebagai simbol kemampuan seseorang. Kopi bukan lagi sebuah minuman yang bisa dinikmati dengan keluarga terkasih atau teman-teman kita.

Di artikel Kali ini kita tidak sedang membahas soal gaya hidup dan simbol kemampuan seseorang. Kali ini saya akan menulis Tips Membeli Kopi agar Anda tidak salah saat akan membeli kopi.

Bayangkan kalau Anda sampai salah membeli kopi pasti akan membuat kesal karena rasanya tidak cocok dengan apa yang Anda inginkan. Pasti kesal dan kecewa sekali bukan?

Memang banyak orang asal membeli kopi, mereka tidak benar-benar memperhatikan seperti apa bentuk kopinya, aromanya dan ciri-ciri kopi yang akan mereka beli. Kebanyakan dari mereka hanya mengandalkan kemasannya saja. Karena suka lihat kemasannya mereka beli, yang lainnya lagi ada yang ikut-ikutan orang karena banyak yang beli akhirnya membeli kopi yang sama.

Tips Saat Membeli Kopi

Biar tidak kesal dan kecewa saat membeli kopi, Teakblock.com akan berbagi tips yang kami tahu keapda para pembaca setia bagaimana Anda bisa membeli kopi dengan benar untuk di konsumsi di rumah.

Kita semua pasti pernah membeli kopi dan merasa kecewa dengan rasa kopinya setelah kita minum. Kita mungkin langsung bilang pahit, tidak enak atau mungkin tidak suka rasa kopi di sana.

Ingat ya, bukan si pembuat atau kedai kopinya yang salah. Bisa jadi Anda sendiri yang belum tahu kopi seperti apa yang cocok untuk Anda.

Saran saya, sebelum Anda benar-benar pergi ke warung kopi dan minum kopi. Alangkah lebih baiknya jika Anda mencari informasi di internet tentang macam-macam kopi dan rasanya. Setelah itu baru deh Anda bisa mencoba memesannya.

Suka Pahit atau Tidak Pahit

Tahu kan rasanya pahit secara umum itu seperti apa? Masing-masing dari antara kita mempunyai suka pahit yang kadarnya berbeda-beda. Nah, pahit kopi bisa di bagi menjadi menjadi beberapa bagian pahit seperti bitterness, full bodied, burn dan masih banyak macam-macam pahit lainnya. Kalau seandainya kalian tidak terlalu suka rasa pahit, coblah minta kopi dengan campuran susu atau menambahkan gula.

Beberapa orang ada yang sangat anti menggunakan tambahan gula katanya gula merusak cita rasa asli kopi. Cie-cie sampai sebegitunya ya para penikmat kopi ini (membuat aturan yang menyusahkan hidup aja). Selain bisa merusak rasa, gula katanya tidak baik untuk kesehatan manusia. Jadi, saat akan nongkrong di warung kopi Anda bisa mencoba memesan cappuccino, cafe latte, atau flat white.

Kalau memang benar-benar tidak suka dengan rasa pahitnya kopi jangan pernah memesan kopi hitam seperti espresso, americano, ristretto atau kopi hitam lainnya yang banyak di jual di warung kopi.

Kopi Dingin dan Manis

Selain kopi panas saya suka minum-minuman dingin. Beberapa orang ada yang mengatakan kopi dingin masih berasa pahitnya. Busyet tong, masih aja pahit hidup loe. Buat Anda yang merasa kopi dingin masih berasa pahit maka coba pesan kopi dengan tambahan rasa seperti Caramel Latte, mocha latte, atau Vanilla Latte, meski kopi ini terasa manis tapi rasa kopinya masih ada.

Dengan memesan kopi jenis ini akan menghilangkan prasangka Anda kepada pemilik warung kopi kalau kopi racikannya atau kopi mereka tidak enak atau terlalu pahit.

Kopi Yang Nampol Banget

Beberapa orang yang suka minum kopi biasanya suka dengan efek yang di dapat dari kopi selain rasa. Kalau Anda ngaku suka dengan kopi yang kuat coba pesan kopi espresso, double espresso, lungo, ristretto selain itu juga bisa pesan americano dengan double espresso. Kalau suka yang sedikit berbeda Anda pesan kopi yang di seduh secara manual dengan menggunakan biji kopi robusta yang sudah terbukti mempunyai kadar kafein yang sangat tinggi.

Kalau suka kopi yang dingin seperti saya bisa mencoba pesan cold brew yang mempunyai rasa segar tapi tidak terlalu pahit.

Kopi Hitam Yang Tidak Pahit

Emang ada kopi hitam yang tidak pahit? Sebenarnya sih tidak ada. Jadi, kita tetap minum kopi hitam tapi yang kadar rasa pahitnya sedikit berkurang atau masih ada. Kopi seperti ini biasanya terbuat dari biji kopi yang flavour notes-nya fruity, floral dan lain sebagainya.

Biasanya kopi seperti ini di sangrai dengan level light roast. Kemudian di seduh dengan cara manual. Meski sudah dilakukan dengan cara seperti itu tapi bukan berarti rasa pahit kopinya benar-benar hilang ya. Rasa pahit itu tetap ada seperti rasa pahitnya dalam kehidupan ini.

 

Tentukan Jenis Kopi Apa yang Mau Anda Beli?

Kebanyakan kopi yang di jual di pasaran ada 3 macam jenis kopi, yang paling banyak di beli orang yaitu Arabica, Robusta dan blend (blend adalah campuran arabica dan robusta). Kalau Anda ingin mengetahui masing-masing perbedaan dari ketiga jenis kopi ini silahkan Anda membaca artikel saya “mengenal jenis kopi yang paling populer di dunia”.

Seperti yang sudah sempat saya singgung di atas, kalau Anda lebih menyukai kopi yang tidak terlalu kuat tapi punya beragam rasa mungkin kamu sebaiknya membeli kopi arabika. Sekarang ini kita sudah bisa menyeduh kopi sendiri dengan menggunakan beragam cara baik yang sederhana yaitu manual maupun yang rumit menggunakan mesin.

Kalau Anda suka kopi yang punya rasa kuat maka cobalah untuk membeli kopi robusta yang bisa menambah tenaga saat akan beraktifitas.

Suka kopi yang kaya akan rasa dan tidak pekat tapi banyak mengandung kafein? Maka cobalah untuk membeli kopi blend.

Biji Kopi atau Kopi Bubuk

Pertanyaan ini sering terlihat di internet. Jawabannya sebenarnya sangat simpel sekali. Kalau Anda mempunyai gilingan kopi di rumah maka jauh lebih baik membeli biji kopi. Kenapa harus biji kopi? Karena Anda bisa mengetahui secara langsung apakah kopi yang Anda beli itu masih bagus apa sudah tidak baik. Melihat langsung jauh lebih baik daripda hanya sekedar mencium kopinya.

Semoga informasi ini bisa benar-benar membantu kita semua. Biji kopi yang tidak layak untuk di beli biasanya seperti ini:

  1. Bentuk biji kopi tidak bagus, banyak yang cacat atau berlubang pada bagian permukaan biji kopi. Lubang – lubang ini disebabkan karena di makan oleh hama.
  2. Biji kopi warnanya tidak sama, ada biji kopi yang warnanya sudah berbeda.

Untuk Anda yang di rumah tidak mempunyai penggilingan kopi, Anda bisa membeli kopi dalam bentuk bubuk yang sudah di giling. Tidak usah gengsi, rasanya masih sama kok rasa kopi bukan rasa teh atau jeruk.

Lalu bagaimana Anda bisa mengetahui kalau kopi bubuk yang Anda beli itu masih baik atau tidak? Caranya sangat mudah sekali, cukup Anda cium aroma kopi itu. Jika aroma kopinya masih berbau segar maka kopi itu masih bagus, kopi yang kurang bagus biasanya baunya sudah terkontaminasi plastik atau aroma apek.

Dari segi rasa, kopi yang salah biasanya adalah kopi yang mengandung rasa asam yang aneh dan tidak ada rasa kopinya sangat jauh sekali. Jika setelah Anda membeli kopi dan rasanya seperti ini maka kemungkinan besar roastingnya terlalu lama atau dark.

Lihat Tanggal Roasting Kopi

Langkah selanjutnya saat Anda akan membeli kopi adalah melihat tanggal kapan kopi di roasting atau di goreng. Mengetahui tanggal ini akan membantu Anda mengetahui seberapa segar kopi yang Anda beli.

Jika tanggal roasting sudah lama sebaiknya Anda memilih tanggal roasting yang lebih baru. Sama seperti makanan lainnya kopi juga mempunyai kapan digoreng dan kapan sebaiknya kopi di konsumsi. Dari informasi yang saya dapatkan setelah lewat 45 hari kopi sudah kurang segar lagi. Tapi ingat ya, ini bukan mengartikan setelah lewat 45 hari kopi tidak bisa di konsumsi lagi, tapi kualitas rasa dai kopi itu menjadi menurun.

Untuk melihat tanggal roasting kopi sangat mudah sekali, cukup lihat di kemasan kopi yang Anda beli biasanya di sana di tulis kapan kopi itu di goreng. Jika tanggal kopi di goreng tidak ada Anda bisa menanyakannya langsung kepada penjual kopi.

Nah, sekarang pasti sudah lebih tahu ya bagaimana memilih kopi yang baik saat akan membeli kopi di kedai kopi. Dengan adanya tips sederhana membeli kopi Anda bisa membantu Anda membeli kopi yang cocok dan baik untuk Anda.

Jika kalian suka dengan artikel Tips Saat Akan Membeli Kopi ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.

Artikel Yang Mungkin Menarik