skip to Main Content
Bukan Asal MURAH, Tips Memilih Rumah Agar Tidak Menyesal

Bukan Asal MURAH, Tips Memilih Rumah Agar tidak menyesal

 

Tips Memilih Rumah Agar tidak menyesal – Siapa yang tidak ingin memiliki sebuah rumah. Rumah bisa melindungi seseorang dari hujan dan panas bahkan dari binatang buas ataupun orang-orang yang berniat jahat. Sebuah rumah bisa membuat keluarga menjadi bahagia. Sayangnya membeli sebuah rumah tidaklah mudah, ada banyak hal yang harus di pertimbangkan, apalagi jika ini adalah rumah pertama yang akan Anda beli. Melalui artikel ini saya akan memberikan beberapa Tips Memilih Rumah Agar tidak menyesal di kemudian hari.

Membeli rumah tidak bisa kita samakan dengan kita membeli sepatu, baju atau celana yang bisa kita ganti ukuran dan desainnya jika kita tidak cocok.

Tidak perduli seberapa besar rumah yang akan Anda beli, rumah akan menjadi tempat Anda tinggal, bernaung, mengurus keluara dan juga tempat terjadinya hubungan sosial.

Membeli sebuah rumah seharusnya menjadi sebuah kebahagiaan, tetapi kadang-kadang membeli rumah juga bisa menjadi sebuah kesedihan.

Membeli rumah di zaman sekarang ini pasti sangat mahal, tidak seperti zaman dulu. Sudah rumahnya kecil, tempatnya jauh dari kota atau berada di pinggiran kota. Sudah harganya mahal eh ternyata rumahnya punya kualitas yang kurang bagus atau ada masalah lainnya. Pasti hal-hal seperti ini akan membuat Anda sedih dan stress.

Tips Memilih Rumah Agar tidak menyesal Setelah Membelinya!

Jadi, sebelum Anda mencari dan membeli rumah baru, bacalah beberapa tips sederhana ini, Tips Memilih Rumah Agar tidak menyesal.

1. Mencari Informasi sebanyak mungkin

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan memilih dan membeli rumah yaitu mencari informasi sebanyak mungkin tentang rumah yang akan di jual. Baik itu di perumahan atau bukan. caranya mencari informasi bisa Anda lakukan dengan beragam cara. Misalnya mencari dan mengumpulkan beberapa brosur atau memfoto banner yang di pasang di jalan-jalan tentang rumah yang sedang di jual.

Anda juga bisa browsing di internet tentang rumah atau perumahan yang sedang di pasarkan di beberapa lokasi yang sedang kamu inginkan. Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan akan semakin bagus untuk Anda membuat pilihan.

Percayalah, meskipun proses mengumpulkan informasi ini biasanya memakan waktu yang agak lama, ini akan membantu Anda untuk mengetahui standard setiap perumahan yang sedang di pasarkan, sehingga kalian bisa membuat pilihan yang terbaik.

2. Melakukan survey lokasi ke Perumahan

Setelah kamu berhasil mengumpulkan banyak informasi tentang rumah-rumah yang sedang di pasarkan, pasti ada beberapa lokasi yang paling menjadi favorit Anda atau banyak orang. Jangan membeli rumah tanpa survey ke lokasi. Karena biasanya foto rumah yang ada di brosur atau di internet sudah di edit sedemikian rupa supaya banyak orang jatuh cinta pada saat itu juga.

Percayalah hampir 85% rumah-rumah yang di bangun dan di jual mempunyai kualitas yang kurang baik, sering bocor atau merembes saat musim hujan. Hanya sedikit orang saja yang mau membangun dengan kualitas yang sangat baik.

Pastika kamu mengecek dan melihat rumahnya secara langsung (survey lokasi). Jangan buat janji dulu dengan orang marketing perumahan. Langsung datang saja ke sana dan lihat-lihat dulu. Karena biasanya kalau kita membuat janji, ada beberapa marketing yang sangat mengejar-ngejar pembeli. Malas banget kalau ketemu dengan marketing (calo) yang seperti ini.

Setelah Anda survey lokasi ke beberapa tempat dan membandingkan dengan perumahan lainnya. Barulah Anda membuat janji temu dengan pihak marketing untuk menanyakan dan melihat lebih detail tentang rumah itu.

3. Pikirkan Lokasi dan Jarak Perumahan

Melakukan survey lokasi ini sangat penting sekali. Anda bisa mengetahui dengan jelas tentang lokasi dan juga jarak rumah itu ke tempat – tempat lain seperti akses transportasi, fasilitas umum yang ada di sekitar perumahan, lingkungan di sekitar perumahan atau mungkin jarak dengan kantor di mana Anda bekerja.

Jika lokasi perumahan terlalu jauh atau mungkin tidak cocok dengan apa yang Anda inginkan, ini bisa membantu Anda untuk mempertimbangkan apa rumah itu layak untuk di beli atau tidak.

Jangan lupa untuk melihat apakah fasilitas lain seperti untuk tempat sekolah Anak-anak, Kampus, Pasar atau tempat belanja yang besar dan kecil mudah di jangkau dari rumah itu atau tidak.

4. Periksalah Kredibilitas Developer atau Pengembang

Murah atau mahal sebuah rumah (properti) termasuk barang yang mewah dan mahal. Karena termasuk dalam barang yang mahal, maka Anda perlu berhati-hati saat akan membeli sebuah rumah. Cari tahu tentang kredibilitas si developer.

Mungkin si developer tetap akan membangun rumah Anda. Tetapi, siapa tahu dia akan menggunakan bahan – bahan yang tidak sesuai dengan standar yang seharusnya. Bukan masalah murah, mau mahal atau murah, sebuah rumah mempunyai standar kekuatan bangunan yang sama. Bayangkan kalau secara diam-diam si developer menggunakan bahan-bahan yang di kurangi dan tidak standar, ini bisa membahayakan kehidupan orang yang tinggal di dalam bangunan itu.

5. Bandingkan dengan Perumahan Lain

Kadang, kita terlalu cinta dan menyukai rumah tertentu yang sudah kita lihat. Ingat jangan terburu nafsu untuk membeli rumah eskipun kita menyukainya. Bandingkan terlebih dahulu rumah yang satu dengan rumah yang lainnya.

Mulai dari lokasi, bahan bangunan yang digunakan karena ini menyangkut kualitas dan ketahanan rumah yang akan Anda beli. Fasilitas yang ada di sekitar rumah dan yang di berikan.

Percayalah, Anda akan menyesal kalau sampai salah membeli rumah, apalagi kalau uang Anda pas-pasan seperti saya. beda halnya kalau uang yang Anda miliki sudah tidak ada serinya lagi itu lain hal mau rumahnya jelek, tidak apa-apa, Anda bisa membongkar dan membangun ulang sendiri.

6. Pilih Konsep Rumah Sesuai dengan Selera

Setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda, ada yang suka model rumah minimalis, ada yang suka model rumah klasik dan ada juga yang suka model rumah modern. Cobalah untuk menanyakan kepada pengembang tentang konsep perumahan yang sedang di bangun ini.

Tinggal di rumah yang lingkungan perumahannya mempunyai konsep yang jelas dan kita sukai, bisa membawa kebahagiaan tersendiri. Biasanya kita menjadi lebih betah dan nyaman tinggal di rumah atau lingkungan seperti itu.

7. Memastikan Perumahan dan Lingkungan sekitar Bersih

Kesehatan berhubungan dengan kebersihan lingkungan tempat tinggal kita. Penting juga untuk memastikan lingkungan perumahan tertata dengan baik, ada selokan dan bersih. Lihat dan tanyakan di mana tempat pembuangan sampahnya.

Pasti tidak sangat enak kalau kita tinggal di lingkungan yang tidak rapi dan kotor bukan? memang kita tidak bisa sepenuhnya memastikan lingkungan itu benar-benar bersih dari sampah nantinya. Karena yang tinggal di perumahan ada berbagai macam orang dengan kebiasaan dan yang mempunyai standar kebersihan yang berbeda-beda pasti akan sulit untuk mengontol hal itu.

Saya punya pengalalman dengan tetangga yang ngontrak di sebelah rumah saya. Dia punya mobil dan terlihat selalu menggunakan baju yang bagus-bagus, bersih dan rapih sekali. Tapi tahu apa yang terjadi sejak dia tinggal selama beberapa bulan? Ada sampah menumpuk di tanah kosong dekat rumah kami. Biasanya tidak ada sampah dan memang warga yang lain tidak pernah membuang sampah sembarangan karena selalu ada truk sampah yang mengambil sampah ke rumah.

Sewaktu saya mencari tahu ternyata tetangga saya yang baru itu yang membuang sampah. Saya sebenarnya bukan orang yang suka menegur orang, tapi ini harus saya lakukan daripada sampahnya makin banyak dan menjadi bau.

Semoga perumahan yang kalian akan tinggali tidak ada orang-orang yang seperti tetangga saya itu. Sukurnya dia segera pindah, jadi masalah sampah tidak ada lagi.

8. Fasilitas yang diberikan

Jika rumah yang akan Anda beli ada di kawasan perumahan biasanya ada fasilitas umum yang bisa di dapatkan oleh semua orang yang tinggal di perumahan itu. Contohnya seperti, taman, tempat ibadah misalnya atau tempat bermain untuk anak-anak dan fasilitas umum lainnya.

 

9. Apakah ada Sistem keamanan

Sekarang ini, tindak kejahatan sangat tinggi, hampir di semua kota dan negara. Faktornya bisa di sebabkan karena banyak hal. Membeli rumah yang mempunyai fasilitas keamanan yang baik juga bisa menjadi sebuah pilihan.

Memang tidak semua perumahan mempunyai sistem keamanan seperti adanya CCTV, Satpam dan lain sebagainya. Biasanya perumahan yang tidak mempunyai sistem keamanan seperti ini mempunyai harga yang jauh lebih murah.

Sebenarnya setiap RT atau lingkungan desa mempunyai dana desa. Dana ini jika digunakan dan di manfaatkan dengan baik bisa memberikan manfaat buat semua masyarakat, misalnya untuk membeli dan memasang CCTV di lingkungannya. Sayangnya, orang-orang yang mempunyai kepedulian dan kejujuran sangat sedikit.

Memang, meskipun ada satpam dan CCTV, kita tidak bisa benar-benar mengamankan lingkungan perumahan dari tindak kejahatan atau hal-hal yang tidak kita inginkan. Meskipun begitu, perumahan yang di lengkapai dengan sistem keamanan jauh lebih baik dari pada yang tidak di lengkapi dengan sistem keamanan.

10. Memastikan Kualitas Bangunan Baik

Siapa yang tidan ingin mempunyai rumah yang kualitas bangunannya sangat bagus? Di zaman yang penuh dengan kejahatan dan tingkat ketamakan semakin tinggi seperti saat ini, kita semua sangat sulit untuk bisa mendapatkan rumah dengan kualitas bangunan yang baik.

Bahkan pengembang yang sudah terkenalpun sangat sulit bisa kita percaya untuk membangun rumah dengan kualitas dan bahan-bahan yang nomor satu. Meskipun bangunannya sudah jadi dan ada rumah contoh yang bisa kita lihat, kita tidak bisa benar-benar memastikan kalau bangunan itu baik.

Pastikan saat Anda membeli sebuah rumah jangan cuma melihat dari brosur atau dari pameran saja. Usahakan untuk langsung melihat ke lokasi, seperti apa bangunan yang sudah jadi itu.

11. Apakah ada Garansi Kerusakan Rumah

Ini satu hal lagi yang bisasanya akan Anda dapatkan jika membeli sebuah rumah dari pengembang yang besar dan terkenal, Garansi Kerusakan Rumah. Terdengar sangat menarik hati ya? Enak nih kalau ada garansi kerusakan, bisa dapat perbaikan gratis dan hemat biaya jika ada yang rusak selama jangka waktu yang di berikan.

Percaya atau tidak, kebanyakan garansi yang di janjikan sangat sulit untuk di dapatkan, jika itu bisa, biasanya hanya beberapa kali saja meskipun jangka waktu garansi masih panjang.

Meskipun seringkali ini sulit untuk kita dapatkan dengan cepat, cobalah untuk mencari perumahan yang memberikan garansi perbaikan. Karena masalah yang paling sering terjadi di sebuah rumah adalah dinding retak-retak, atap rumah bocor dan lantai keramik isiannya kosong.

12. Tanyakan Tentang Status Rumah

Status rumah yang saya maksud di sini bukanlah status tanah dan sertifikatnya tetapi lebih kepada status kapan rumah itu akan kita dapatkan? Status yang di tawarkan biasanya ada dua, yang pertama siap huni dan yang ke dua adalah inden.

Status rumah inden ini, pembangunannya agak lama karena rumahnya belum ada dan belum di bangun, tetapi tanahnya sudah ada. Jadi Anda hanya bisa memilih lokasi mana yang Anda mau dari site plan perumahan yang akan di bangun.

Jika Anda ingin membeli rumah dengan status inden, pastikan membeli dari pengembang yang sudah terpercaya kredibilitasnya.

13. Bagaimana Sistem Pembayarannya

Meskipun ini terlihat tidak terlalu penting, menurut saya cara pembayaran juga bisa menjadi masalah tersendiri kalau Anda tidak mau mencari tahu tentang hal ini. Apakah properti yang mau kita beli mempunyai banyak kerjasama dengan pihak Bank, ini akan menentukan tentang pilihan pengajuan KPR kita. jika si pengembang mempunyai banyak kerjasama dengan pihak Bank, ini akan membantu Anda untuk menentukan skema KPR yang akan Anda dapatkan.

Tidak hanya itu saja, kerjasama dengan pihak bank juga memberitahu Anda kalau properti yang akan Anda beli itu sangat aman dari segi legalitasnya. Menurut saya ini bagian yang paling penting, khususnya untuk kita-kita yang tidak bisa membeli rumah tanpa kredit.

Selain sistem KPR Anda juga bisa membeli dengan sistem pembayaran tunai (hard cash) dan juga pembayaran tunai secara bertahap. Anda bisa memilih mana yang paling dan cocok untuk Anda.

Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Anda Membeli Rumah?

Jadi kira-kira seperti itu secara umum Tips Memilih Rumah Agar tidak menyesal, mengingat kita hidup di mana orang-orang sudah tidak lagi terlalu peduli dengan kehidupan orang lain dan tamak. Memang masih ada beberapa tips lain yang bisa kita gunakan pada saat ingin membeli sebuah rumah, tetapi beberapa tips yang tidak saya masukkan ke dalam artikel ini tidaklah begit penting seperti misalnya rumah yang ramah lingkungan, rumah dengan posisi arah mata angin dan lain sebagainya.

Sekarang Anda masuk ke tahap selanjutnya. Setelah semua sudah Anda cek dan cocok dengan keinginan Anda dan aman, lalu pertanyaan selanjutnya adalah kapan Anda harus membeli rumah?

1. Saat Usia Anda Masih Muda

Ingat, meskipun harga rumah yang Anda beli itu termasuk yang paling murah dari harga penjual lainnya, ingatlah itu masih harga yang mahal dan menyangkut uang yang banyak. Jadi kapan sih waktu yang tepat bagi Anda untuk membeli rumah?

Saat Anda masih muda dan sudah mempunyai penghasilan sendiri dan penghasilan itu sudah lebih dari cukup, berupayalah untuk menggunakan sebagian uang Anda untuk membeli rumah. Apalagi kalau Anda ingin mengambil rumah dengan cara KPR. Biasanya pihak bank akan melihat umur seseorang yang ingin mengambil KPR.

Percayalah, membeli barang-barang yang baru dan mahal tidak ada gunanya jika Anda tidak mempunyai sebuah rumah. Jadi, ketimbang menghambur-hamburkan uang, membuang waktu dengan bermain dan tidak bekerja akan membuat Anda menyesal pada saat Anda mulai merasa tua tetapi belum mempunyai sebuah rumah.

2. Belilah Rumah Pada Saat Musim Hujan

Ingat apa yang sudah saya katakan di atas soal rumah yang di beli kebanyakan sering bocor? Menurut saya dan dari pengalaman pribadi saya, waktu terbaik untuk membeli rumah baru adalah pada saat musim hujan.

Kenapa harus musim hujan, lama banget dan keburu rumahnya di beli orang. pada saat hujan, kita bisa mengetahui apakah rumah yang akan kita beli itu bocor atau tidak. Saya pernah melihat sebuah rumah yang mau kami beli di dareah Taman Griya, Nusa Dua Bali, sewaktu kami masuk ternyata lantai rumahnya banjir karena merembes dan gentingnya juga ada yang bocor. Coba bayangkan kalau saya ke sana tidak pas selesai hujan? Saya sudah beli rumah yang temboknya tidak bagus dan atapnya yang banyak masalah.

3. Pada Saat Orang Butuh Uang dan Harga Rumah Turun

Waktu yang tepat saat akan membeli rumah adalah pada waktu ada seseorang yang sedang membutuhkan uang dengan cepat karena satu dan lain hal. Biasanya pada saat seperti itu kita bisa mendapatkan harga rumah yang jauh lebih murah.

Jika kalian suka dengan artikel Tips Memilih Rumah Agar tidak menyesal ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.

Baca juga: