skip to Main Content
Tips Cara Membasmi Rayap

Banyak Rayap? Berikuti ini Tips Cara Membasmi Rayap

 

Cara Membasmi Rayap – Salah satu masalah terbesar dan yang paling sering menjadi masalah dalam rumah atau perabotan yang terbuat dari kayu adalah rayap. Memang mempunyai bangunan di Indonesia kadang lebih membuat stres apalagi jika banyak menggunakan bahan yang terbuat dari kayu. Rayap bisa membuat sebuah bangunan dan juga beberapa perabotan menjadi tidak bisa bertahan lama atau cepat keropos dan rusak.

Bayangkan kalau Anda membuat furniture dari kayu atau kitchen set yang harganya sampai ratusan juta dan tidak berapa lama kitchen ratusan juta Anda di makan sama rayap?

Saya yakin hal itu pasti akan membuat Anda merasa kesal, jengkel dan mungkin stres juga. Untuk membasmi rayap sebenarnya sangat bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk Anda dan saya. Anda cukup membuka internet dan mengetikkan kata kunci “Cara Membasmi Rayap”, maka akan muncul ribuan artikel yang bisa Anda baca untuk membasmi rayap mulai dari cara yang alami sampai cara yang tidak alami.

Jika Anda mempunyai uang lebih, Anda bisa menggunakan jasa pembasmi rayap yang ada di kota Anda.

Jika rayap menyerang, maka serangan rayap ini harus segera ditangani dengan baik, kalau tidak semua barang yang ada di rumah bisa habis di makan rayap. Rayap sebenarnya juga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, tapi kalau rayap menyerang rumah, ini yang membuat pusing kepala.

Rayap yang menyerang biasanya datang secara bergerombol lengkap dengan ratu rayap. Jadi saat Anda membasmi rayap pastikan tuntas sampai ke akar-akarnya. Wes ewes ewes tuntas rayape.

TERNYATA bukan hanya kayu saja yang bisa di serang oleh rayap, rayap juga menyerang buku-buku, dokumen bahkan uang kertas juga bisa di makan oleh rayap.

Cara Mencegah Rayap Datang

Sebelum rayap datang kita bisa berupaya untuk melakukan pencegahan agar rayap tidak datang dan bersarang di rumah kita. Saya akan tunjukkan beberapa cara alami yang bisa mencegah rayap datang

1. Perbanyak Ventilasi Udara

Anda perlu tahu kalau rayap sangat menyukai rumah yang lembab jadi untuk menghindari rumah menjadi lembab adalah dengan membuat dan memperbanyak ventilasi udara agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Ini adalah cara alami pertama yang bisa Anda lakukan agar furniture tidak di serang oleh rayap.

Meskipun cara ini sudah Anda lakukan, kemungkinan tidak akan benar-benar bisa menjamin rayap tidak akan datang dan menyerang perabotan yang ada di rumah.

2. Segera Bersihkan Genangan Air

Biasanya pada saat musim hujan rayap akan mudah berkembang biak dan menyerang rumah. Jadi pada saat musim hujan, pastikan untuk segera membersihkan genangan air yang ada di halaman rumah, atap dan juga pojokan-pojokan rumah.

Memang agak memakan waktu dan tenaga untuk bisa membersihkan genangan pada saat musim hujan, tapi percayalah lebih baik capek daripada rumah di serang rayap.

3. Plester dan Tutup Retakan yang ada di Rumah

Rumah-rumah yang ada di Indonesia kebanyakan dibangun dan di jual dengan keadaan yang kurang bagus (maksud saya keadaan rumahnya bukan dalam keadaan yang jelek, tapi menggunakan bahan-bahan yang kemungkinan sudah banyak dikurangi), nah masalah ini juga yang bisa membuat rayap mudah menyerang ke dalam rumah.

Coba perhatikan apakah ada retakan-retakan yang terjadi di sudut – sudut rumah, jika ada cobalah untuk menutup setiap retakan agar tidak menjadi sarang rayap. Anda bisa menutup retakan dengan menggunakan semen putih.

4. Hindari Pondasi dan dinding Kayu langsung ke tanah

Kalau dulu banyak bangunan yang tembok dan pondasinya banyak menggunakan kayu. Jika rumah kamu saat ini banyak menggunakan kayu, usahakan untuk tidak meletakkan dinding dan pondasi rumah yang terbuat dari kayu langsung mengenai tanah.

Jadi pastikan untuk memberikan jarak antara kayu dengan tanah agar rayap tidak mudah memakannya. Bedanya kayu yang digunakan untuk rumah jaman dulu dengan rumah jaman sekarang adalah cara pengolahannya sebelum benar-benar digunakan untuk rumah.

Kebanyakan rumah jaman sekarang kayunya tidak di olah terlebih dahulu agar bisa tahan terhadap hama atau rayap. Jika tidak di olah dengan baik, kayu bisa mengumpulkan uap air dan mengundang rayap untuk datang.

5. Sering Menjemur Perabotan Rumah yang Terbuat dari Kayu

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menghindari rayap datang adalah dengan sering menjemur perabotan rumah, jika memungkinkan karena ada beberapa perabotan rumah yang tidak bisa dikeluar masukkan rumah untuk di jemur. Contohnya seperti lemari pakaian, tentu tidak mungkin akan kita jemur di luar. Jadi carilah beberapa perabotan dari kayu yang mungkin bisa di kelurkan untuk di jemur.

Anda juga bisa memberikan jarak antara dinding dan perabotan yang terbuat dari kayu agar rayap tidak mudah datang.

6. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus mempunyai bau yang sangat kuat sekali. Nah, Anda bisa memanfaatkan kapur barus untuk mencegah rayap datang ke dalam rumah atau ke dalam perabotan rumah yang terbuat dari kayu. Selain bisa digunakan untuk mengusir kecoa, kapur barus terbukti ampuh untuk membuat rayap malas datang ke tempat yang ada bau kapur barusnya.

Cobalah untuk membeli beberapa kapur barus, kemudian sebarkan ke beberapa sudut ruangan rumah yang ada perabotan rumah dari kayu. Lemparkan juga kapur barus ke atas pelafon rumah ini akan membantu rayap dan hama lain untuk tidak datang ke atas.

7. Manfaatkan Daun Kemangi dan Daun Salam

Saya yakin banyak diantara kita yang tahu bahan ini, karena sering digunakan untuk masak dan teman makan pecel lele. Selain digunakan untuk bumbu dapur dan lalapan makan, Daun kemangi dan daun salam bisa Anda manfaatkan untuk mencegah rayap datang ke tempat itu.

Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali, Anda hanya perlu meletakkan daun kemangi dan daun salam ini di tempat-tempat yang menurut Anda cocok dan kemungkinan rayap akan datang ke sana. Tidak hanya itu saja, daun ini juga sangat aman jika ingin Anda letakkan di dalam lemari pakaian kayu Anda. Meskipun terdengar sangat meragukan tidak ada salahnya juga untuk mencoba tips yang satu ini.

 

8. Bersihkan Bagian Luar Rumah

Rupanya menjaga kebersihan luar rumah juga bisa membantu menjaga agar rayap tidak mau datang ke rumah dan memakan semua perabotan yang terbuat dari kayu. Ada banyak orang yang sebenarnya punya banyak waktu tapi tidak mau menggunakan waktunya dengan baik, misalnya saja waktu untuk menjaga kebersihan rumah di bagian luar rumah.

Jika Anda mempunyai halaman yang cukup luas apalagi halaman itu adalah sebuah taman, maka sangat perlu dan penting sekali bagi Anda untuk membersihkan halaman itu dari ranting-ranting, kayu-kayu kering yang berjatuhan di atas permukaan tanah.

Daun dan juga kayu-kayu kering yang dibiarkan dan berada dipermukaan tanah yang lembab akan mengundang rayap datang. Jadi jangan malas, pastikan untuk membersihkan dan membuang ranting-ranting dan juga kayu yang berjatuhan.

Pastikan juga untuk memperhatikan rumput dan tanah di halaman rumah Anda. Jika ada tanah yang keluar atau aneh, segera siram bagian tanah yang keluar itu dengan air sabun, minyak tanah atau baygon, ini akan membantu membunuh rayap di dalam tanah.

Cara Membasmi Rayap

Kita sudah tahu caranya mencegah agar rayap tidak datang ke dalam rumah dan memakan barang-barang yang terbuat dari kayu, sekarang saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara Membasmi Rayap kalau rayap sudah datang ke rumah?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membasmi rayap dan saya yakin setiap daerah mempunyai caranya sendiri-sendiri. Melalui artikel ini saya mencoba untuk memberikan beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk membasmi rayap yang sudah terlanjur datang ke rumah.

1. Menggunakan Cairan Pembunuh Serangga (Hit & Baygon Cair)

Baygon dan Hit Cair adalah cairan yang menjadi Andalan saya untuk membasmi rayap dan semut yang membandel. Memang ini adalah cairan yang mungkin bagi beberapa orang sedikit berbahaya tapi jika kita gunakan dengan baik cairan ini memang sangat bermanfaat untuk membunuh rayap sampai ke ratunya. Tidak memerlukan waktu lama begitu cairan ini di semprotkan ke rayap, rayap dan semut akan langsung mati dalam hitungan detik.

Jujur, saya paling sering dan rajin menyemprotkan sekeliling halaman rumah dengan menggunakan dua cairan ini. Anda tinggal pilih saja, mau pakai Baygon atau Hit. Karena saya lebih mudah mendapatkan Hit maka saya paling sering membeli dan menggunakan Hit untuk rumah.

2. Menggunakan Air Sabun untuk Membasmi Rayap

Air sabun ini kalau kena mata kita cukup perih ya, bahkan beberapa orang ada yang tangannya sampai mengelupas hanya gara-gara sering mencuci dengan menggunakan sabun. Anda bisa memanfaatkan dan menggunakan air sabun ini untuk membasmi rayap. Caranya juga sangat mudah sekali, cukup masukkan air sabun ke dalam semprotan untuk memandikan burung (botol spray) dan semprotkan air sabun ke dalam lubang rayap atau semut.

Memang tidak seperti Hit dan Baygon yang bisa mematikan rayap dan semut dalam hitungan detik, tapi rayap dan semut yang terkena cairan sabun akan mati juga meskipun matinya secara perlahan-lahan. Semprotkan juga sekeliling rumah dan bagian furniture Anda secara rutin untuk mencegah rayap datang dan bersarang.

3. Siram dengan Air Garam

Air Garam rupanya juga bisa di manfaatkan untuk membasmi rayap dan semut yang berada di rumah. Jujur, saya secara pribadi belum pernah mencoba dan menggunakan air garam karena saya lebih sering menggunakan Hit dan Baygon agar bisa cepat menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan yang lainnya. Mungkin dalam waktu beberapa hari ini saya akan mencoba menggunakan air garam untuk di Villa.

Cara menggunakan air garam ini cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan garam dengan menggunakan air. Jika sudah larut kita bisa masukkan air garam tersebut ke dalam botol spray dan mulai menyemprotkan rayap dan lubang rayap dengan menggunakan cairan air garam ini. Sama seperti air sabun, rayap dan semut tidak akan langsung mati, katanya sih akan mati secara perlahan-lahan.

Itu adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membasmi rayap yang sudah terlanjur datang dan menyerang rumah Anda. saya sendiri lebih senang menggunakan Hit dan Baygon untuk membunuh rayap dan semut.

Selain menggunakan cara-cara di atas Anda juga bisa menggunakan beberapa cairan kimia yang di jual di pasaran untuk membunuh rayap. Semua cairan ini memang dibuat secara khusus untuk membasmi rayap. Cairan apa saja itu, silahkan lihat daftar di bawah ini:

  • Hogasan
  • Conant
  • Termikon
  • Dust Termite
  • Bayer Cislin
  • Bayer Agenda
  • Latrex 400 EC
  • Bash Stealth
  • Bayer Premise
  • Bantrek

Semoga apa yang saya bagikan pada hari ini bisa memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang Cara Membasmi Rayap sekaligus mencegah rayap datang.

Jika kalian suka dengan artikel Cara Membasmi Rayap ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis TEAKBLOCK.COM.

Artikel Menarik lainnya: