skip to Main Content
Ruangan, Inspirasi Desain Dan Dekorasi Ruangan Rumah

Ruangan, Inspirasi Desain dan Dekorasi Ruangan Rumah

 

Ruangan – Setiap rumah biasanya mempunyai ruangan yang terpisah-terpisah, mulai dari ruang tidur, ruang kerja, ruang makan, ruang bermain, ruang tamu atau ruangan lainnya. Memang tidak semua orang bisa seberuntung yang lainnya, bisa memiliki ruangan yang terpisah-terpisah seperti itu. Rumah dan lahan yang kecil pasti akan sangat membatasi seseorang untuk bisa memiliki ruangan yang terpisah-terpisah seperti tiu.

Tetapi apakah lantas, Anda tidak bisa memiliki ruangan yang nyaman? Ada solusinya, yaitu dengan membuat ruangan multifungsi.

Sesuai dengan namanya, ruangan multifungsi bisa digunakan untuk segala macam kegiatan atau aktivitas. Sebagai contoh, misalnya sebuah ruang dapur bisa saja merangkap menjadi ruangan makan sekaligus ruang tamu, ruang kerja, ruang keluarga atau ruang lainnya.

Definisi Ruangan

Ruangan sendiri mempunyai definisi Tempat, atau bilik yang ada di dalam sebuah rumah, atau berada di sela-sela anatara dua tiang atau rongga atau oleh bidang.

Dalam dunia Arsitektur, ruangan adalah sebuah bagian rumah. Ruangan rumah biasanya terdiri dari ruangan pribadi dan ruangan umum atau saya biasa menyebutnya sebagai ruangan yang bisanya digunakan untuk berkumpul bersama-sama dengan keluarga atau teman. Sedangkan ruangan pribadi itu adala kamar tidur, kamar mandi atau mungkin ruang untuk bekerja. Ruangan umum biasanya terdiri dari ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur dan garasi juga bisa masuk dalam ruangan umum.

Menurut sejarah, ruangan sudah ada sejak peradaban minoa sekitar 2200 SM. Ruangan-ruangan yang ada di rumah modern sekarang seperti, ruang kamar, ruang tidur, ruang tamu dan ruang dapur sudah di temukan dalam reruntuhan peradaban Minoa.

Apa artinya penemuan ini? ini mengartikan kalau manusia sudah mempunyai keinginan untuk membuat hidup mereka menjadi lebih nyaman dan sekaligus keinginan untuk menciptakan ruangan-ruangan yang indah untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka seperti, makan, tidur membersihkan badan dan juga untuk bersosialisasi.

Sekarang, seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia terus bertambah dan menjadi lebih kompleks, dari sini manusia kemudian menciptakan ruangan – ruangan lain untuk kebutuhan hidup mereka.

Setiap ruangan yang dibangun juga berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan juga luas lahan yang di miliki oleh masing-masing orang. Rumah rumah kami lahannya sangat sempit sekali, jadi agak sulit untuk membuat ruangan lain. Tetapi bukan berarti kami dan juga Anda tidak bisa memiliki ruangan yang indah dan nyaman. Memang untuk membuat setiap rumah menjadi nyaman dan indah dibutuhkan uang. Jika uang tidak ada, maka kita tidak bisa leluasa membuat ruangan yang nyaman dan indah. Sebagai gambaran Anda untuk mengetahui, berapa sih biaya untuk membangun sebuah rumah atau ruangan membutuhkan tukang yang bagus (terampil) dan juga asisten untuk membantu dia bekerja. Hati-hati saat menggunakan dan memilih tukang untuk membuat bangunan atau ruangan Anda, karena banyak tukang nakal yang membangun dengan hasil yang kurang baik, khususnya dalam penggunaan bahan-bahan. Berikut ini adalah perkiraan harga upah harian tukang yang perlu Anda tahu:

Biaya perkiraan upah

Punya Lahan yang Sempit?

Kira-kira dengan lahan yang minim, mampukah kita Hidup dengan Nyaman di sebuah rumah yang tidak terlalu luas? Jawabannya tentu saja bisa, caranya dengan menggunakan Interior Open plan (open space). Memang untuk bisa mewujudkannya masih diperlukan uang.

Apa itu Open Plan?

Jika Anda tinggal di kota-kota impian, kota besar maksud saya, pasti sangat sulit untuk menemukan lahan yang masih luas untuk membangun rumah sesuai dengan impian Anda, kecuali jika Anda ingin tinggal di daerah yang masih sepi dan kotanya juga bukan kota favorit. Mengingat hal itu maka banyak orang yang akhirnya harus membeli lahan yang sempit yang lainnya karena keterbatasan uang, meraka dengan terpaksa membeli lahan yang mungil dan sempit. Meskipun sempit dan mungil banyak orang membangun rumah dengan konsep ruang terbuka atau yang di sebut juga dengan istilah open plan.

Konsep open plan ini membuat rumah yang kecil menjadi terlihat luas, indah dan nyaman, karena biasanya di buat dengan menggunakan minim batas ruangan. Untuk mengganti batas ruang bisa menggunakan banyak cara, misalnya saja:

Mengatur arah furniture

Foto: archify.com | ©Amarta Studio

Cara yang paling banyak digunakan dan menurut saya paling mudah adalah dengan mengatur arah furniture. Karena kebiasaaan lama, banyak orang menganggap meletakkan sofa menghadap tembok akan membuat rungan terlihat rapih. Sebenarnya, jika kita berani merubah posisi furniture atau sofa panjang yang ada di rumah kita ini bisa menjadi pemisah antar ruangan yang satu dengan ruangan yang lain. Untuk membantu Anda menggambarkan tentang hal ini, coba perhatikan gambar yang ada di bawah. Di dalam foto itu ada sofa berwarna putih yang sengaja di letakkan di tengah-tengah ruangan, posisinya terlihat membelakangi meja makan yang terbuat dari kayu. Dengan meletakkan dan merubah posisi hal ini membuat seolah-olah ruangan yang satu dengan ruangan yang lainnya terpisah secara visual – Sederhana dan menghemat biaya juga bukan?

Memanfaatkan sebuah Rak

Memanfatkan sebuah rak
Foto: ©Lumos Interior

Setiap rumah mempunyai rak. Nah, rak yang ada di dalam rumah kita bisa kita manfaatkan untuk pembatas ruangan. Saya suka sekali dengan model rak zaman sekarang. Model raknya biasanya minimalis dan terbuka. Selain sebagai tempat untuk menaruh pajangan dan memperindah ruangan.

Membatas Ruangan dengan Kisi Kayu

Membuat kisi dari kayu
Foto: ©Hendra Santoso

Satu cara yang paling saya suka lainnya adalah dengan membuat kisi kayu seperti yang Anda lihat di dalam gambar yang ada di bawah ini. Membuat partisi kayu seperti itu akan membuat ruangan seolah-olah terpisah dan benar-benar menghalangi pandangan mata kita untuk melihat ruangan yang satu atau yang ada di sebelahnya. Selain membantu membatasi ruang cara ini juga terlihat lebih minimalis dan indah.

 

Membedakan Ketinggian Lantai

membuat ketinggian lantai
Foto: ©Platform Architects

Cara lain yang juga banyak dilakukan oleh orang-orang adalah dengan membuat ketinggian lantai yang berbeda-beda. Membedakan ketinggian lantai yang satu dengan lantai yang bisa membantu seolah-olah ruangan itu terpisah tetapi secara visual. Untuk membuat ketinggian lantai Anda bisa menggunakan bermacam-macam material misalnya keramik atau kayu. Saya lebih suka menggunakan lantai kayu, tetapi ini kembali lagi bergantung dari masing-masing orang, mereka suka menggunakan kayu atau keramik.

Dengan Membuat Partisi dari kaca

Agar ruangan terlihat lebih luas cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan membuat partisi dari kaca. Kaca yang kami maksud di sini bukan kaca cermin, tapi kaca yang tembus pandang. Penggunaan kaca bisa mengaburkan batas ruangan yang satu dengan ruangan yang di sebelahnya. Selain itu penggunaan kaca juga membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas.

Interior open plan ini diperkenalkan pertama kali oleh dua bersaudara Charles dan Henry Greene sekitar tahun 1880-an dengan model desain dapur terbuka, berubah fungsi dari dapur yang dulunya mungkin di sembunyikan menjadi dapur yang di tempatkan di ruangan terbuka (sosial). Malah sekarang ini,  banyak orang yang menempatkan dapur di depan atau di pamerkan. Selain itu tujuan lainnya agar ibu-ibu bisa beraktivitas sambil menjadi tuan rumah yang ramah atau bisa berinteraksi dengan para tamu mereka. Model interior open plan ini juga memudahkan kita bisa bergerak dari satu ruangan yang satu ke ruangan yang lainnya.

Membuat partisi dari kaca
Foto: ©Helloembryo

Open Plan Menguntungkan Sekaligus Punya Kelemahan

Menurut saya konsep seperti ini sangat bagus sekali, dari yang dulunya di tempatkan di belakang rumah sekarang di tempatkan di ruangan depan atau yang mudah di lihat orang. Dengan adanya konsep ini, Peran dapur masa kini sudah berubah fungsi. Selain itu konsep open plan ini telah menggabungkan ruangan keluarga, ruang makan dan dapur di satu ruangan umum atau sosial. Sedangkan untuk ruangan yang lainnya, masih tetap menjadi ruangan pribadi.

Konsep ini membuat rumah yang kecil menjadi terlihat lebih luas dan terkesan luas atau lega. Dan sirkulasi udara di dalam rumah juga menjadi jauh lebih bagus dan lancar. Sinar matahri sangat penting bagi tubuh manusia. Dengan menggunakan konsep open plan ini, rumah menjadi lebih terkena sinar matahari bahkan ruangan – ruangan yang sulit di jangkau oleh sinar matahari.

Meskipun mempunyai banyak keuntungan, konsep open plan ini juga mempunyai kelemahan. Salah satu kelemahan yang mungkin terasa adalah hubungan antara penghuni rumah dan dengan tamu yang datang ke rumah. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa trik agar privasi Anda sebagai pemilik rumah masih di jaga.

Unsur-unsur yang harus ada di dalam sebuah rumah.

Dalam sebuh rumah pasti ada beberapa elemen penting yang harus ada. Apa saja beberapa elemen penting yang harus ada dalam sebuh rumah, saya akan menjelaskannya di bawah ini:

  1. Kamar Tidur. Dari namanya ruang tidur, maka ruangan ini digunakan untuk beristirahat. Untuk desain kamar tidur sendiri sebaiknya tidak terlalu mencolok atau berlebihan, mengingat fungsinya sebagai tempat untuk beristirahat. Warna-warna yang digunakan sebaiknya juga tidak terlalu mencolok, kami menyarankan untuk menggunakan warna abu-abu, biru muda atau warna putih, bisa juga menggunakan warna-warna netral yang lain.
  2. Kamar Mandi. Ada orang yang suka berlama-lama di kamar mandi. desain kamar mandi yang dibuat dengan cermat dan di perhatikan bisa membantu kita terbebas dari masalah-masalah yang timbul. Saat membuat kamar mandi pastikan untuk memikirkan ke mana saja saluran pembuangan yang dari kamar mandi akan bermuara, ini sangat penting karena kalau sampai terjadi kebcoran saluran pembuangan, air bisa mengikis tanah dan juga pondasi rumah kita. kemudian jarak tangki pembuangan (septic tank) sebaiknya berjarak 1,5 meter dari rumah kita dan pastikan juga berjarak 10 meter dari resapan air hujan. Tetapi di Indonesia, menurut saya sangat sedikit yang menerapkan hal ini, mengingat jarak rumah yang sangat berdekatan, tidak seperti rumah-rumah di luar.
  3. Ruang Tamu atau Keluarga. Di ruang tamu sekaligus ruang keluarga ini biasanya pintu dan jendela selalu wajib ada. Posisi meja, kursi sebaiknya di letakkan di tempat yang mudah untuk di jangkau dari pintu masuk. Kalau bisa jangan meletakkan kursi yang menghadap langsung ke arah matahari atau jendela agar mata tidak silau saat sinar matahri masuk ke dalam rumah.
  4. Ruang Makan. Tidak semua rumah bisa mempunyai meja dan ruang makan, contohnya seperti rumah kami, kami makan di lantai atau duduk di ruang tamu. Jika memungkinkan untuk menempatkan meja makan, sebaiknya memilih dan menggunakan meja dan kursi lipat saja. Jika ruang makan dijadikan satu dengan ruang keluarga, saran kami sebaiknya di atas meja makan di tempatkan lampu khusus untuk penerangan meja makan. Lampu ini akan membuat visual kalau ruangan ini seolah-olah terpisah dengan ruangan yang lainnya.
  5. Dapur. Dapur yang baik sebaiknya di tempatkan dengan jendela yang tidak jauh dari letak kompor. Tujuannya tentu untuk keamanan saat masak jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Pada saat gas bocor kita bisa membuka jendela agar gas cepat terbuang keluar ruangan. Semua material yang digunakan di dapaur sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang tahan panas sekaligus yang mudah untuk dibersihkan.

Jika kalian suka dengan artikel Ruangan, Inspirasi Desain dan Dekorasi Ruangan Rumah ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.