skip to Main Content
Kanopi Kain

Menggunakan Kanopi Kain Bisa Menguatkan Tema Desain

 

Kanopi kain adalah salah satu kanopi yang belakangan banyak digunakan karena bisa membantu menambah kecantikan rumah Anda. Ya, untuk bisa menambah keindahan jendela rumah atau tampilan rumah ada banyak cara. Salah satu cara mudah yang banyak dilakukan orang adalah dengan memilih kusen jendela yang unik dan menarik, penambahan tirai jendela dan sampai penambahan kanopi yang terbuat dari kain.

Memang kalau saya lihat dan lakukan riset penggunaan kanopi kain di Indonesia sendiri tidak banyak dan kurang begitu diminati. Padahal di luar negeri kanopi kain sangat populr dan merupakan salah satu kanopi yang paling banyak ingin digunakan orang.

Beberapa dari kita mungkin banyak melihat penggunaan kanopi kain melalui film-film yang di tonton. Meskipun banyak digunakan di restoran, kanopi kain ini juga sangat cocok dan bagus jika dipasang di tempat lainnya misalnya seperti di rumah. Kanopi yang menggunakan bahan dari kain bisa membantu menguatkan tema desain yang kita gunakan jadi tidak hanya digunakan sebagai alat pelindung saja.

Mungkin sulit ya untuk membayangkan seperti apa, bagus apa tidak kalau di pasang di rumah kita. Nah, untuk membantu menjawab semua pertanyaan itu saya akan menunjukkan beberapa contoh desain dan gambar pemasangan kanopi kain dibeberapa bangunan di bawah ini.

Contoh Desain dan Pemasangan Kanopi Kain

Kanopi Kain Model Garis Hitam & Putih Standar

Kanopi kain yang satu ini mempunyai bentuk yang cukup unik di mana dibagian ujung bawah kanopi berbentuk bulatan-bulatan (melengkung) yang menambah kesan indah dan unik. Sebenarnya pilihan warnanya cukup beragam tidak hanya hitam dan putih saja. Anda bisa memilih warna kesukaan Anda, seperti hijau, merah atau warna-warna lainnya.

Model atap kain bergaris seperti ini biasanya menggunakan rankga besi custom dengan lengkungan di ujung-ujungnya. Hal ini dipilih bukan dengan tanpa alasan loh ya. Desain lengkungan ini di sesuaikan dengan bentuk kain kanopinya. Apakah bisa tanpa lengkungan? Bisa, ini bergantung dari permintaan orang yang memesannya.

Meskipun terlihat sangat simpel dan mungkin terkesan sederhana. Atap kanopi kain ini cukup kuat, bisa tahan lama dan mampu menahan silau sinar matahari saat menerangi jendela rumah Anda. kalau kita lihat dari gambar di sini, atap kanopi yang terbuat dari kain ini cukup menarik sekali bukan?

kanopi kain model garis hitam putih
gambar dari pinterest.com

Kanopi kain Hitam, Merah atau Hijau Polos Seperti Kafe

Kanopi berbahan kain yang satu ini saya menyebutnya seperti kafe karena kebanyakan kafe menggunakan warna-warna seperti ini. Meskipun tidak selalu seperti itu kanopi model ini bisa untuk semua model bangunan.

kanopi model kafe
image dari iStock.com

Memang terlihat satu warna dan polos begitu saja, tapi menurut saya ini bagus dan cocok untuk menemani ide desain rumah Anda. jika terlihat terlalu sepi Anda bis menambahkan satu warna lagi untuk menambah kesan cantiknya, misalnya dengan memberi warna garis putih.

Kanopi Kain Standar

Kanopi standar yang kami maksud di sini bukan standar kualitasnya ya, tapi model dari kanopi itu sendiri. Jadi kanopi dengan bentuk seperti ini adalah kanopi pilihan standar yang diberikan. Untuk warna kanopi standar itu sendiri tidak hanya satu warna coklat atau merah saja ya, tapi mempunyai banyak pilihan warna dan motif kain.

Rangka untuk kanopi itu sendiri biasanya berwarna hitam dan bisa juga minta sesuai dengan kebutuhan Anda. warna hitam bisa cocok dengan warna-warna yang lainnya.

kanopi standar

Kanopi Kain Tirai Outdoor

Model kanopi yang satu ini menurut saya sangat bagus dan secara pribadi saya sangat suka model yang satu ini. Di jaman yang serba cepat dan modern seperti ini menjadikan banyak orang untuk lebih kreatif. Kanopi ini bisa mempunyai dua fungsi. Fungsi pertama pada siang hari untuk menutup sinar matahari yang terlalu panas dan silau sedangkan pada malam hari Anda bisa menaikkan kain kanopi ini sehingga menjadi tirai outdoor yang cantik dan imut.

 
Kanopi tirai outdoor
foto dari glenraven.com

Kain kanopi ini bisa di naik dan turunkan sesuai dengan keinginan Anda. ini sangat unik sekali dan menurut saya juga bisa menjaga privasi Anda.

Kanopi atap kain Quarter Round

Kanopi model Quarter Round ini katanya sangat kuat untuk menahan terpaan angin dari berbagai arah. Menurut pendapat pribadi saya, kanopi model ini cukup banyak memakan tempat mengingat modelnya seperti yang Anda lihat dalam gambar.

Kanopi ini sangat cocok untuk rumah yang mempunyai lahan atau ruangan yang cukup luas mengingat rangka untuk kanopinya yang sangat memakan tempat.

kanopi model Quarter Round
image dari iStock.com

Model ini cukup mahal karena membutuhkan kain yang hampir menutupi semua sisi (sisi depan, kanan dan kiri).

Kanopi Kain Segitiga

Nah model kanopi kain yang sedang saya bahas ini mempunyai bentuk dan kerangka yang hampir mirip dengan dome dan quarter round, hanya saja pada bagian sisi – sisinya berbentuk segitiga. Model atap atau kanopi segita seperti ini yang paling banyak digunakan dan diminati orang.

Kanopi segitiga
image dari iStock

Untuk harganya sendiri cukup mahal ya, karena hampir semua sisi di tutup dengan kain dan menggunakan rangka hollow.

Keuntungan Menggunakan Kanopi Kain

Daripada menggunakan kanopi rumah dari beton saya secara pribadi lebih suka menggunakan kanopi kain. Alasannya cukup masuk akal bagi saya secara pribadi.

Jika kita menggunakan kanopi dari beton, biasanya sering banget timbul masalah rembes dan bocor. Tidak mungkin tidak. Kenapa saya bisa seyakin ini?

Karena sampai hari ini saya belum menemukan ada kanopi beton yang baik – baik saja kondisinya setelah di buat. Kebanyakan membuat pusing pemilik rumahnya, mulai dari rembes, muncul jamur, mengelupas dan retak-retak.

Sedangkan kanopi dari kain ini hanya kanopi tambahan yang tidak bergantung dengan tembok rumah. Kanopi kain rangkanya hanya menumpang di tembok sehingga tidak menimbulkan masalah untuk bangunan rumah itu sendiri. Lebih ringan, mudah di ganti-ganti dan tidak menimbulkan masalah seperti yang saya sebutkan di atas.

Kanopi kain menggunakan bahan yang cukup baik, polyester. Material ini cukup tebal, tahan air dan panas dan warnanya tidak mudah pudar dalam jangka waktu pendek. Tidak ada barang yang tidak pudar jika terkena sinar matahari secara terus menerus dalam jangka waktu lama. Semua pasti akan pudar pada waktunya.

Jika kalian suka dengan artikel Menggunakan Kanopi Kain Bisa Menguatkan Tema Desain ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari rumah dan suka menulis, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis TEAKBLOCK.COM.

Artikel menarik lainnya: