skip to Main Content
Penyebab Korsleting Listrik

Mengetahui Penyebab korsleting listrik bisa cegah kebakaran

 

Listrik adalah salah satu kebutuhan manusai yang tidak bisa dihilangkan saat ini. Coba, siapa diantara kita yang tidak butuh listrik saat ini? Tidak usah lama, cukup mati 4 jam saja, apakah ada yang sudah tidak sabar dan ingin listrik langsung menyala secepatnya? Saya yakin pasti ada ya, karena saya sendiri, begitu listrik mati total, saya akan langsung telpon PLN kasih tahu kalau listrik di daerah saya mati. Memang sampai hari ini masih ada daerah-daerah yang belum terjangkau listrik, tapi hampir semua kota sudah mempunyai listrik.

Meskipun berguna dan memberikan manfaat, jika pemasangan dan penggunaan listrik salah bisa membahayakan si pengguna listrik dan seluruh isi rumah, yaitu terjadi korsleting listrik.

Apa itu korsleting listrik?

Sebelum saya benar-benar membahas tentang Penyebabkorsleting listrik ada baiknya kita cari tahu dulu apa itu korsleting listrik dan pengetahuan tentang penyebab korsleting listrik. Korsleting listrik atau arus pendek adalah suatu keadaan dimana terjadi aliran listrik yang mungkin tidak sesuai dengan nilai hambatan (yang sangat kecil), sehingga terjadi sebuah lonjakan arus listrik dan kemudian terjadi percikan listrik atau mungkin ledakan yang agak besar.

Penyebab Korsleting Listrik

Untuk penyebab korsleting listrik sendiri memang sangat beragam, kita tidak bisa langsung menebak pasti ini penyebabnya, tidak seperti itu. Kita harus mencari secara perlahan-lahan apa yang membuat listrik bisa korsleting, dan biasanya tidak bisa langsung ditemukan dengan cepat. Tapi, dari banyak kejadian korsleting listrik, kebanyakan diantaranya di sebabkan seperti yang akan saya sebutkan di bawah ini.

1. Korsleting terjadi karena hubungan singkat

Hubungan singkat yang saya maksud di sini bukan hubungan singkat percintaan antara pria dan wanita yang sedang jatuh cinta ya, kalau itu biarin aja mereka merasakan sakitnya hubungan singkat karena cinta. Hubungan singkat atau pendek ini terjadi karena kabel di gigit tikus, biawak atau kemasukan serangga lainnya,

Beberapa kasus yang paling banyak ditemukan adalah kabel instalasi sudah keropos atau mengelupas akibat gigitan hewan atau sejenisnya. Pastikan Anda mengecek dan menemukan penyebabnya, jika tidak terlalu parah bisa diganti solasinya, tapi kalau sudah sangat parah lebih baik kabelnya yang kita ganti.

2. Instalasi Listrik Tidak Baik

Menurut saya, masalah ini yang paling sering terjadi meskipun tidak selalu di sebabkan karena hal ini. Ya, bisa jadi instalasi listriknya tidak baik, cepat atau lambat masalahnya bisa datang. Saran saya coba gunakan jasa layanan untuk instalasi yang benar-benar kompeten di bidang ini, bukan orang yang sekedar bisa atau orang yang ingin cepar dapat duitnya saja sehingga pas mengerjakannya buru-buru dan tidak perduli dengan si pemilik rumah di kemudian hari.

Coba cari orang yang benar-benar mempunyai sertifikat untuk operasi (SLO). Memang sih, dari sepengetahuan saya kebanyakan orang yang memasang instalasi listrik jarang yang mau menunjukkan sertifikat mereka kalau tidak di minta dan banyak banget yang tidak punya sertifikat.

Tapi bukan berarti beberapa orang yang bisa karena belajar dari temannya tidak kompeten, bisa saja mereka jago dalam soal instalasi karena sering memasang dan diajarkan oleh temannya sehingga tidak punya sertifikat. Anda bisa menggunakan orang-orang seperti ini kalau memang sudah banyak yang menggunakan dia dan tidak bermasalah di kemudian hari.

3. Colokan Listrik Terlalu Banyak Menumpuk

Sering sekali dari antara kita yang senang menggunakan colokan T untuk keperluan yang berlebihan. Cara ini bisa menyebabkan suhu panas yang menumpuk pada colokan listrik yang di buat T tadi, dan kemudian menyebabkan yang namanya korsleting listrik.

Tidak salah memang menggunakan colokan T karena memang bisa sangat membantu kita. Yang salah adalah menggunakan dari satu sumber untuk digunakan banyak colokan ke sumber penyerap listrik yang lain dalam jumlah yang berlebihan.

4. Alat Listrik Terkena Air

Biasanya masalah korsleting banyak terjadi pada saat hujan sering turun, apalagi kalau punya colokan di luar rumah yang mudah terkena cipratan air hujan, sudah pasti bakalan sering terjadi korsleting. Saya pernah belakangan ini di bingungkan dengan rumah yang listriknya bisa mati dalam hitungan jam. Perasaan semua sudah baik-baik saja kok bisa mati?

Tahu apa yang terjadi? Ternyata colokan untuk pompa air kemasukan air setengahnya. Gimana listrik tidak sering mati?  Jadi pastikan untuk mengecek stop kontak atau alat listrik, apakah ada yang tergenang air atau tidak, jika ada segera bongkar dan ganti yang baru.

Dalam kasus saya ini 100 persen yang salah adalah tukang listrinya karena dia masang stop kontak di bawah dan kabel untuk sambungan ada di atas dan keluar kena air hujan. Jadi meskipun stop kontak ada di bawah genteng, tapi karena kabelnya menjulur keluar otomatis kalau ada hujan air akan turun dari kabel yang terkena hujan dan masuk ke colokan yang ada di bawahnya. Jika memang mau masang seperrti itu tukang listriknya harus menekuk kabelnya supaya air yang turun dari hujan tidak masuk ke stop kontak tapi jatuh ke bawah ke tanah.

5. Kapasitas Kabel yang digunakan tidak sesuai

Jangan kira menggunakan kebel apa saja bisa ya, kabel kecil tentu untuk ukuran daya yang lebih kecil. Jadi kalau Anda menggunakan kabel kecil untuk nyambung ke daya yang lebih besar sudah di pastikan cepat atau lambat akan terjadi korsleting.

Jadi usahakan ukuran kabel yang akan digunakan sebaiknya sesuai dengan besar kecilnya arus listrik yang akan di lewati, jika arusnya besar maka kabel yang digunakan juga harus besar ya.

6. Sambungan Kabel Tidak Bagus

Ini yang juga paling sering banyak menjadi penyebab korsleting terjadi, sambungan antara kabel yang satu dengan kabel yang lain tidak bagus atau kurang rapih. Banyak alasan kenapa tukang listrik kurang begitu rapih memasang sambungan kabel di rumah kita.

  1. Rumah itu bukan rumah mereka, jadi mereka tidak perduli soal apa yang akan terjadi di kemudian hari setelah mereka memasang sambungan kabel
  2. Mereka Cuma perduli dengan rupiah yang akan mereka dapatkan
  3. Tukang listrik itu belum ahli dalam soal kelistrikan

Jadi saat akan menggunakan tukang, sebaiknya ingatkan mereka atau meminta tolong mereka untuk melakukanya dengan baik dan rapi pada saaat membuat sambungan, menyolder atau memberikan isolasi.

Memang sih saya secara pribadi paling malas untuk ngomong apalagi menyuruh-nyuruh untuk dibuat serapi mungkin, karena bisa jadi membuat mereka tersinggung. Tapi kalau mau sambungannya bagus, ya mau tidak mau kita harus beritahu dan ingatkan mereka.

 

7. Colokan Listrik Sudah Kendur

Saya kadang sering ke proyek-proyek meskipun tidak setiap hari tapi pernah beberapa kali melihat di proyek dan juga beberapa rumah teman yang punya colokan listriknya sudah kendur tapi masih tetap digunakan. Menurut saya hal seperti ini bisa juga menjadi penyebab terjadinya korseting listrik. Jadi jika ada colokan yang sudah pada kendur jangan gunakan lagi, tapi ganti dengan yang baru.

korsleting listrik Bisa menyebabkan

Sering dengar berita di tv tentang ada kebakaran di pasar, ada kebakaran di toko, ada kebakaran di rumah atau di gedung tertentu bukan? Nah, kebanyakan kebakaran yang terjadi entah itu di sebuah gedung, pasar atau pemukiman tertentu biasanya di sebabkan karena terjadinya korsleting listrik.  Di Jakarta dan beberapa kota lain kasus kebakaran yang sering terjadi penyebabnya karena korsleting listrik.

Tahu sendiri orang-orang, apalagi orang Indonesia yang di pasar dan yang ada di beberapa pemukiman padat, banyak dari antara mereka yang masa bodo soal penyebab korsleting yang sudah Anda baca di bagian atas. Kebakaran bisa terjadi kapan saja, bisa musim panas atau pada saat musim hujan jika di sebabkan karena korsleting listrik.

Jadi ingat, korsleting listrik bisa menyebabkan kebakaran.

Apa yang harus dilakukan Jika Terjadi Korsleting Listrik

Salah satu penyebab kebakaran yang paling tinggi di Indonesia di sebabkan karena korsleting listrik. Hal ini bisa terjadi kalau menurut saya dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang caranya mengambil tindakan cepat apa yang harus Anda lakukan ketika korleting listrik terjadi di sebuah rumah atau hunian.

Mengingat musim hujan di Indonesia terbilang cukup tinggi dan mungkin kegiatan pengawasan juga di kurangi di sebuah perusahaan karena adanya wabah penyakit yang mendunia covid-19, juga bisa menjadi tingginya tingkat kebakaran.

Untuk menghindari terjadinya kebakaran ada baiknya kita mengetahui panduan untuk mencegah kejadian yang lebih berbahaya seperti kebakaran jika terjadi korsleting listrik.

  1.  Segera matikan aliran listrik entah itu dari meteran KWH atau dari MCB
  2.  Jika mempunyai tanda bunyi bahaya, segera nyalakan tanda bunyi bahaya agar orang-orang keluar ruangan atau mungkin membantu mengatasi bahaya
  3.  Jika MCB tidak berfungsi segera matikan listrik dari meteran KWH
  4.  Jika mempunyai alat pemadam di rumah segera padamkan api dengan menggunakan dry chemical atau CO2
  5. INGAT, jangan sekali-kali menyiram sumber kebakaran dengan menggunakan air jika masih ada aliran listriknya, ini akan sangat berbahaya untuk orang yang ada di dekatnya dan yang menginjang genangan air
  6. Jika kebakaran tidak bisa di cegah atau di hentikan segera keluar rumah, jangan ambil barang bawaan Anda, utamakan kehidupan Anda, setelah itu segera…
  7. Hubungi pemadam kebaran di nomor 112 dan PLN di nomor 123

Mencegah korsleting listrik

Kita tidak pernah tahu kapan kebakaran bisa terjadi, termasuk di tempat tinggal kita. Agar bisa mencegah kebakaran akibat korsleting listrik. Ada beberapa alat dan juga hal yang perlu Anda siapkan dan lakukan agar bisa membantu Anda untuk mengatasi kebakaran akibat korsleting listrik.

Alat yang bisa membantu Anda adalah alarm asap, alat-alat pemadam kebakaran, pentingnya membuat rencana pelarian jika terjadi kebakaran di sini dan di sana, jika memungkinkan belilah brankas yang bisa tahan api untuk melindungi barang-barang yang berharga dan juga surat-surat berharga.

Selain menyiapkan beberapa hal yang ada di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa hal ini untuk mencegah terjadinya kebakaran yang lebih parah pada saat rumah kosong atau sedang tidur.

1. Cabutlah alat elektronik jika sudah tidak digunakan.

Tahukah Anda kalau alat-alat elektronik yang kita gunakan jika sudah tidak kita gunakan tapi masih mencolok ke ke sumber listrik, mereka masih memebrikan sumber listrik. Saran saya cabutlah alat-alat elektronik di rumah pada saat sudah tidak digunakan lagi untuk mencegah terjadinya kebakaran.

2. Cek Kondisi Kabel

Selalu cek semua kondisi kabel listrik, panel listrik, sambungan listrik dan lain-lain yang berhubungan dengan listrik di rumah (Kalau bisa silahkan perbaharui setiap lima tahun sekali)

3. Jangan Menumpuk steker

Jangan Menumpuk steker pada satu terminal listrik, meskipun ini bisa dilakukan hindari untuk digunakan ke beban yang lebih besar. Pastikan untuk mencabutnya pada saat pergi atau tidur

4. Standar Nasional Indonesia

Pada saat membeli dan menggunakan peralatan listrik, pastikan membelinya yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Jika alat-alat listrik yang di beli terlihat ringkih atau meragukan, jangan di beli, gunakan merek lain atau yang lebih mahal.

Ya, itulah beberapa informasi penting yang mungkin bisa menambah pengetahuan Anda tentang korsleting listrik. Dengan adanya pengetahuan seperti ini bisa membantu Anda untuk mengambil tindakan yang benar baik itu pencegahan sampai jika terjadi kejadian korsleting listrik.

Jika kalian suka dengan artikel Mengetahui Penyebab korsleting listrik bisa cegah kebakaran ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.

Artikel Yang Mungkin Menarik