skip to Main Content
Mengenal Jenis Kopi Paling Populer Di Dunia Copy

Mengenal Jenis Kopi Paling Populer di Dunia

 

Kita semua suka sekali minum kopi. Jenis Kopi pertama kali di mulai di sebuah dataran tinggi Etopia, di sini tempat bertumbuhnya pohon kopi liar. Turunan kopi ini dinamai, coffea arabica, yang menghasilkan dua pertiga dari produski kopi di dunia. Tapi, kapan persisnya biji kopi bisa dikonsumsi kita tidak tahu persis. Akan tetapi Jenis Kopi Arabica sudah lama dibudidayakan di semenanjung Arab sekitar abad ke-15M.

Meski pada waktu itu ada larangan keras untuk mengekspor benih kopi, orang belanda pada waktu berhasil mendapatkan benih dan juga pohonnya, sekitar tahun 1616. Setelah mendapatkan benih dan pohon itu mereka kemudian segera menanam dan membuka perkebunan kopi di Ceylon, sekarang di sebut dengan Sri Lanka, dan juga di negara kita Indonesia tepatnya di Jawa.

Itulah mengapa sampai sekarang Indonesia menjadi salah satu produsen kopi yang terbesar di Dunia. Jadi kita berhutang budi pada pemerintahan belanda yang menjajah Indonesia pada waktu itu. Dari data Kementrian perdagangan RI, saat ini Indonesia sudah mencapai posisi ke 4 setelah negara Brazil, Vietnam dan juga kolombia.

Karena saking banyaknya produksi kopi di Indonesia, makannya tidak heran kalau Indonesia saat ini sudah mampu menjadi supplier untuk orang-orang yang suka minum kopi dari berbagai belahan dunia ini seperti Amerika Serikat, Jerman, Malaysia dan juga Italia.

Tetapi mengapa banyak orang suka sekali dengan kopi Indonesia? Ini di sebabkan karena cita rasa kopi dari Indonesia mempunyai ciri yang khas dan konon katanya sulit di temukan di negara lain. Kalau menurut pendapat saya secara pribadi, selain mempunyai cita rasa yang khas, banyak orang juga ikut-ikutan saja. Jika ada yang mengatakan kopi Indonesia enak maka yang lain ikut bilang enak – jadi efek latah seperti ini juga sangat mempengaruhi, ya gak.

Mengenal Jenis Kopi

Ada banyak sekali kopi di dunia ini. Dari informasi yang saya dapat ada sekitar 25 jenis kopi, tapi dari semua itu hanya 4 jenis kopi yang paling terkenal dan di cari orang. Empat jenis kopi yang paling terkenal itu adalah:

  1. Arabica
  2. Robusta
  3. Liberika dan
  4. Ekselsa

Kopi Arabica

Mau master kopi atau orang yang hanya ikut-ikutan sok tahu kopi-kopian pasti tahu jenis kopi yang satu ini. Seperti yang sudah saya tulis di atas awalnya kopi ini ditemukan pertama kali di dataran tinggi etopia, belakangan orang arab mulai menyebarkannya ke segala penjuru dunia, makannya namanya di beri nama coffea arabica.

Salah satu ciri dari kopi jenis ini adalah tingkat keasamannya yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan kandungan kafeinnya. Saat kopi ini di seduh kopinya tidak terlalu kental dan mengeluarkan aroma kopi yang sangat wangi. Minum kopi apa mau pakai pengharum?

Jenis kopi ini berasal dari dua varietas, yaitu Bourbon dan Typica. Kopi arabica memang mempunyai nilai jual yang lebih tinggi daripada jenis kopi lainnya.

Di Indonesia, kita bisa menemukan jenis kopi ini hampir di seluruh Indonesia, tapi yang paling banyak mulai dari aceh sampai ke Papua.

Kopi Robusta

Siapa yang tidak kenal kopi robusta? Saya yakin baik pecinta berat kopi maupun mereka yang ikut-ikutan sok cinta kopi berkelas tahu jenis kopi yang satu ini. Kopi Robusta terkenal banyak ditemukan di Indonesia. Rasa pahit pada jenis kopi ini menjadi ciri tersendiri dan rasa pahitnya ini melebihi rasa pahit kopi Arabica.

Kopi Robusta juga terkenal mempunyai tekstur kopi yang sangat kasar dan aromanya jauh lebih kuat. Biasanya kopi ini banyak di campur dengan susu.

Kopi Robusta asal Indonesia yang paling terkenal adalah Kopi Robusta Lampung. Ini karena di lampung mempunyai suhu 24-30° celcius dan datarannya juga strategis, sehingga kopi ini bisa tumbuh sangat subur di sini.

 

Kopi Liberika

Mungkin banyak dari antara kita yang saat ini sedang mengunjungi website ini hanya mengenal dua jenis kopi saja, Arabica dan Robusta. Tapi tahukah Anda kalau masih ada jenis kopi lain yang juga banyak di konsumsi, Liberika dan Ekselsa.

Saya sendiri kurang begitu tahu pasti asal kopi ini. Tapi dari sumber yang saya baca seperti CNN dan Caffeinesolution, di sana di sebutkan kalau kopi ini berasal dari daratan Afrika dari Liberia, Angola dan Uganda yang kemudian tersebar ke Asia Tenggara dan akhirnya sampai ke negara kita Indonesia.

Kopi ini memang mempunyai kualitas yang jauh lebih rendah dari kopi populer lainnya. Keunggulan dari kopi jenis Liberika adalah pohonnya bisa berbuah sepanjang tahun dan bisa tumbuh di dataran yang rendah.

Kopi Liberika ini lebih mirip dengan kopi Robusta daripada kopi Arabica. Yang membedakan Anatara kopi Liberika dan Robusta adalah saat Anda menyeduh kopi ini, nanti akan tercium aroma buah dan bunga. Selain itu rasanya juga agak “woody”, beberapa orang lain ada yang mengatakan kalau rasa kopi jenis ini lebih mirip seperti tembakau, ada juga yang mengatakan seperti buah nangka. Wah jadi penasaran, sebenarnya rasa aslinya yang mana ini ya.

Nah, apakah kalian sudah pernah mencoba rasa kopi jenis ini di kafe-kafe kopi kesayangan kalian? Kalau belum, kini saatnya mulai mencoba Kopi Liberika.

Eh iya, ada yang hampir kelupaan. Kopi yang langka ini rupanya juga tumbuh subur di Indonesia khususnya di daerah Riau, tepatnya di wilayah Rangsang, Kepulauan Meranti.

Kopi Ekselsa

Belakangan ini kopi ekselsa (coffea excelsa) sudah diklasifikasikan ulang menjadi begian anggota keluarga kopi jenis Liberika. Meski masih dalam satu keluarga tapi rasa dari masing-masing kopi ini berbeda. Makannya banyak pakar sekaligus penikmat kopi yang mengatakan ini adalah spesies yang berbeda.

Harga dan kualitas dari kopi ini memang terbilang rendah di bawah Arabica dan Robusta. Keunggulan dari jenis kopi ini adalah tidak mudah di serang hama atau penyakit makannya banyak petani yang menanam kopi ini. Kopi Ekselsa paling banyak di temukan di negara Vietnam.

Banyak penikmat kopi yang mengatakan cita rasa dari kopi ini begitu kuat dan lebih mirip seperti sebuah kayu yang terbakar dan tingkat keasaman dan juga minyak yang sangat rendah. Makannya tidak heran, banyak penikmat kopi yang menyarankan untuk mencampurnya dengan susu, krimer atau karamel. Kadar kafeinnya juga jauh lebih sedikit dari kopi robusta.

Nah, jadi itu adalah beberapa jenis kopi yang paling terkenal di dunia. Di Indonesia dan beberapa negara lain juga memiliki beragam kopi khas sendiri-sendiri. Karena kurang populer makannya hanya ke empat jenis kopi itu saja yang paling banyak di kenal orang.

Jika kalian suka dengan artikel Mengenal Jenis Kopi Paling Populer di Dunia ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.

Artikel Yang Mungkin Menarik