skip to Main Content
Mengenal Apa Itu Desain Interior Dan Apa Yang Di Kerjakannya

Mengenal Apa itu Desain Interior dan Apa yang di kerjakannya

 

Apa itu Desain Interior? Menurut saya desain interior itu adalah tentang bagaimana seseorang bisa merasakan sebuah ruang dan mengatur tata letak sebuah ruangan. Itu adalah bagian penting dan yang paling kuat dari kehidupan sehari-hari kita yang sangat mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, bermain dan sekaligus menyembunyikan. Ruangan rumah yang nyaman, tempat kerja yang indah dan fungsional, ruang publik yang begitu indah – itu adalah hasil kerja desain interior.

Desainer Interior yang Handal Membuat Semuanya Menjadi Mudah

Seorang desainer interior menerapkan seni dan juga ilmu pengetahuan untuk bisa memahami kebiasaan manusia ketika berada di dalam ruangan untuk membuat ruangan yang nyaman sekaligus fungsional. Desain interior sekarang telah berubah secara dramatis menjadi sebuah profesi pada awal abad 20.

Seorang desainer interior diharuskan untuk bisa memiliki pengetahuan tentang:

  • Tekstil, bahan, warna, perencanaan ruang dan masih banyak lainnya.
  • Menguasai software 2D, 3D & CAD, pemodelan informasi bangunan (BIM)
  • Structural requirent, kesehatan dan juga keselamatan dan kode kesehatan

Pada zaman sekarang ini seorang interior designer akan bekerjasama dengan kontraktor, arsitek, insinyur, pengrajin (craftsmen), pedagang furniture (furniture dealers), dan para pemilik bisnis dan home owner. Untuk bisa menjadi seorang interior designer yang handal dan sukses, Anda harus belajar banyak tentang segala hal dan keterampilan untuk bekerja dalam banyak ilmu (arsitektur, desain grafis, seni dekoratif, dan tekstil, furniture dan juga desain pencahayaan yang baik).

 

Pendidikan adalah salah satu cara yang paling baik untuk mendapatkan keterampilan yang Anda butuhkan untuk bisa berhasil dan sukses. Nah buat teman-teman yang suka dengan mengatur ruangan dan rumah bisa menempuh pendidikan Jurusan Desain Interior.

Apa saja sih Pekerjaan Seorang Desainer Interior itu?

Dari yang saya ketahui, seorang desainer interior bisanya akan bekerjasama dengan klien untuk mengatur budget dalam sebuah proyek yang akan dikerjakan. Nanti seteah itu dia akan melakukan project research untuk mencari dan memenuhi kebutuhannya seperti bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengisi sebuah ruangan atau gedung.

Seorang desainer interior akan menggambar dan membuat mood board, kemudian dia akan mempresentasikan hasil kerjanya ke klien. Menurut saya ini bukan sebuah pekerjaan yang gampang. Apa yang Anda pelajari di sekolah selama ini akan di uji.

Sekolah desain interior ini masuk dalam kategori sekolah seni rupa dan desain, tetapi dalam beberapa universitas yang ada di Indonesia jurusan ini masuk dalam Fakultas Teknik. Gelar yang akan Anda dapatkan jika mengambil jurusan ini adalah S. Ars.

Pekerjaan Setelah Lulus

Lulusan desain interior ini sangat diperlukan oleh semua orang. Selain bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang sudah ada seperti perusahaan konstruksi interior, perancang desain interior, penyedia produk interior dan masih banyak yang lainnya. Selain itu Anda juga bisa membuka usaha sendiri.