skip to Main Content
Manfaat Soda Api Untuk Mengatasi Mampet Dan Sumbat

Manfaat Soda Api untuk Mengatasi Mampet dan Sumbat

 

Soda Api (sodium hydroxide) mempunyai banyak manfaat untuk membantu mengatasi mampet dan tersumbat. Soda yang kita bicarakan ini benar-benar soda api bukan soda kue, karena kalau soda kue saya percaya banyak diantara kita yang sudah tahu tentang manfaatnya. Soda api yang kami bicarakan ini tidak bisa untuk di makan ya! Soda yang kita bicarakan ini adalah soda api yang terbuat dari campuran beberapa bahan kimia yang mempunyai sifat basa yang sangat kuat.

Manfaat Soda Api

Setahu kami, soda api ini banyak di jual di toko-toko alat dan perawatan kolam renang dan banyak digunakan oleh perusahaan di berbagai bidang, mulai dari yang bergerak di bidang kaca, kertas sampai diterjen. Selain bisa digunakan untuk sebuah industri, soda api bisa digunakan juga untuk di rumah kita.

Baca juga: Tips Memilih Rumah

1. Soda Api Menghilangkan Karat Di Besi

Besi yang ada di rumah atau di manapun seringkali suka berkarat. Memang dalam beberapa kasut karat pada besi tidak menimbulkan bahaya, tapi pada besi yang tipis karat bisa menghancurkan. Soda Api, bisa kita gunakan untuk membantu menghilangkan karat yang ada pada besi. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan, kaca mata pelindung mata dan juga mengenakan masker yang bagus, kalau bisa jangan mengenakan masker kesehatan yang tipis. Karena soda api sangat berbahaya untuk kulit, mata dan baunya yang sangat menyengat.

Jika Anda sudah mengenakan peralatan yang tadi saya sebutkan kini kita mlai bersiap-siap. Ambil soda api dan larutkan dengan menggunakan air dan kalau bisa gunakan wadah yang terbuat dari logam. Setelah larut silahkan oleskan karat dengan menggunakan kuas. Setelah lebih dari 10 menit silahkan bilas besi itu dengan menggunakan air dan sabun dan keringkan.

2. Membersihkan Kotoran Di Dinding Kamar Mandi

Kita semua pasti sangat setuju kalau kamar mandi adalah salah satu tempat yang paling cepat kotor dan berkerak. Jika Anda adalah orang yang malas untuk membersihkan kamar mandi secara rutin, lumut dan juga kerak-kerak berwarna kuning akan membuat kita merasa risih untuk masuk ke dalam kamar mandi.

Semakin lama dibiarkan, kerak dan kotoran dalam kamar mandi ini akan semakin seulit untuk kita bersihkan. Untungnya, dengan menggunakan soda api, bisa membantu Anda untuk membersihkan kotoran yang membandel di dinding kamar mandi.

Cara menggunakan dan membersihkan kamar mandi dengan menggunakan soda api juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Tapi saran saya, Anda harus berhati-hati saat membersihkan kamar mandi dengan menggunakan soda api. Pastikan Anda harus mengenakan peralatan ini:

  • Sandal atau sepatu
  • Sarung tangan
  • Masker dan
  • Kaca Mata pelindung

Cara membersihkan kamar mandi dengan soda api Anda harus membasahi lantai dan juga dinding kamar mandi dengan air. Setelah itu taburkan soda api yang sudah Anda hancurkan ke lantai. Untuk bagian dinding kamar mandi larutkan soda api dengan air seperti cara sebelumnya dan kuaskan ke dinding yang kotor. Diamkan selama beberapa jam atau beberapa menit, setelah itu silahkan Anda siram dan bilas dengan menggunakan air. Saya biasanya menyikat dengan menggunakan sikat kamar mandi.

4. Membantu Mengelupaskan Cat (Paint Remover)

Buat Anda yang ingin mengganti warna cat rumah dengan cat yang baru bisa menggunakan soda api untuk mempercepat mengelupaskan atau merontokkan cat dipermukaan tembok yang ingin di rontokkan. Soda api juga banyak digunakan untuk menghapus kendaraan ataupun furniture yang banyak terbuat dari besi atau logam. Karena mempunyai banyak manfaat, soda api juga di kenal sebagai paint remover. Untuk melakukan pengelupasan cat lama biasanya selalu di lakukan saat orang-orang akan mengganti warna catnya dengan warna yang baru, agar tampilannya sedikit berbeda dan bikin betah kembali.

Cara menggunakan soda api untuk menghilangkan warna cat lama sebenarnya sama dengan cara kita menghilangkan noda karat pada sebuah besi atau benda yang terbuat dari logam. Setelah soda api di larutkan, Anda hanya perlu menguasnya pada bagian yang mau di hapus, kemudian diamkan selama beberapa menit. Setelah itu baru Anda kerok warna cat lamanya.

 

Jika semua warna cat lama sudah di hapus, jangan langsung mengecatnya dengan warna yang baru. Sebaiknya Anda bersihkan dengan air atau diamkan selama satu haru atau lebih. Saya lebih suka membersihkannya dengan menggunakan air.

5. Membersihkan Kotoran Pada Perabotan

Alat-alat untuk memasak biasanya kalau sering kita gunakan sering meninggalkan kerak setelah lama digunakan, khusunya barang-barang yang terbuat dari logam atau stainless steel. Beberapa orang akan membuang dan menggantinya dengan barang yang baru. Daripada membuang dan menggantinya dengan barang yang baru, coba bersihkan dulu dengan menggunakan soda api.

Soda api bisa menghancurkan dan melepaskan sisa-sisa kerak yang menempel pada permukaan logam atau barang perabotan rumah tangga yang sudah lama digunakan.

Cara membersihkan kerak pada peralatan dapur yang sudah berkerak dengan menggunakan soda api masih sama seperti cara yang sebelumnya di no 1 sampai dengan no 4. Anda hanya perlu melarutkan soda api dengan menggunakan air, setelah larut baru kemudian mulai di oleskan dengan menggunakan kuas ke setiap perabotan yang berkarat dan mempunyai kerak. Jangan langsung di bersihkan, diamkan saja selama beberapa menit.

Jika masih ada sisa kerak dalam perabotan yang sudah dibersihkan dengan menggunakan soda api, Anda hanya perlu menguasnya kembali satu sampai dua kali agar kerak benar-benar hilang dan bersih. Setelah bersih jangan lupa untuk membersihkan dengan air atau di lap dengan menggunakan lap basah, setelah itu Anda bisa mengeringkannya.

6. Soda Api Membantu Melancarkan Saluran Air yang Tersumbat

Saluran air kamar mandi atau saluran air tempat pencuci piring biasanya sering tersumbat jika sudah lama digunakan. Untuk membersihkan saluran air yang tersumbat dan mampet Anda bisa menggunakan soda api bubuk untuk melancarkannya.

Untuk membeli dan mendapatkan soda api, banyak di jual di toko-toko bangunan atau toko peralatan dan perawatan kolam renang. Setelah Anda mendapatkan soda api Anda bisa melakukan cara yang saya tunjukkan di bawah ini untuk melancarkan saluran yang tersumbat.

  1. Ambil ember besar dan masukkan sekitar 3 gelas soda api ke dalam 3 liter air atau lebih
  2. Kemudian silahkan aduk-aduk dengan menggunakan kayu untuk melarutkan dan meratakan soda api
  3. Pada saat kita mencampur air dan soda api, nanti akan terdengar seperti suara desis minuman sprite atau soda
  4. Setelah tercampur rata, langsung tuangkan larutan tadi ke dalam saluran yang tersumbat dan diamkan selama sekitar 30 menit atau lebih
  5. Masak air sampai mendidih, kemudian silahkan siram kembali saluran tadi dengan menggunakan air panas

Ya, jadi begitu saja cara membersihkan dan menghilangkan mampet pada saluran di rumah. Jika saluran masih mampet, Anda bisa mengulanginya 2 sampai 3 kali.

Note: Saat Anda menggunakan dan menuangkan soda api, pastikan Anda menggunakan sarung tangan, masker dan kaca mata pelindung.

Baru tahu kan kalau soda api punya banyak manfaat untuk membersihkan dan merontokkan karat dan juga warna cat lama? Jadi, mulai sekarang Anda bisa memanfaatkan soda api untuk membersihkan perabotan yang ada di rumah Anda.

Jika kalian suka dengan artikel Manfaat Soda Api untuk Mengatasi Mampet dan Sumbat ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.