skip to Main Content
Keuntungan Membeli Rumah Saat Pandemi COVID-19 – Untung

Keuntungan Membeli Rumah Saat Pandemi COVID-19 – Untung

 

Keuntungan Membeli Rumah Saat Pandemi COVID-19 – Dari waktu ke waktu harga properti terus meningkat tajam, jarang sekali kita melihat harga properti turun sangat jauh malah yang selalu kita dengar adalah harga properti terus meningkat. Selain bisa Anda gunakan sendiri, properti yang Anda beli bisa dijadikan sebagai investasi untuk bisa menghasilkan uang yang lebih besar di kemudian hari. Beberapa orang ada yang membeli properti untuk di sewakan atau di jual kembali dengan harga yang lebih tinggi di atas harga saat mereka membeli.

Sejak adanya wabah penyakit Corona atau yang dikenal juga dengan Pandemi COVID-19, harga properti menjadi turun drastis alias terjun bebas. Daya beli masyarakat menjadi menurun tajam karena banyak yang tidak tahu sampai kapan pandemi ini akan berlangsung. Jika lebih lama, maka situasi keuangan juga akan semakin buruk.

Menurunnya daya beli masyarakat di sebabkan banyaknya para karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja – PHK. Selain terkena PHK beberapa orang banyak yang mengatakan penghasilan mereka menurun jauh. Teman saya yang berjualan susu mengatakan, sejak adanya corona penjualannya menurun sampai 50 persen.

Mereka yang kerja menjadi ojek online mengatakan, sebelum ada corona untuk mendapatkan uang Rp.100 ribu sehari mudah dan terbilang sangat cepat. Sekarang, sejak ada corona untuk mendapatkan uang Rp.78.000 saja susah sekali, butuh waktu seharian.

Karena mengalami penurunan pendapatan dan belum jelasnya sampai kapan pandemi ini akan berakhir banyak orang akhirnya memutuskan untuk menahan diri untuk berbelanja dan membeli properti untuk sementara waktu.

Tidak ada satupun dari kita semua yang menginginkan penyakit yang mematikan ini datang dan menimpa umat manusia! Ini situasi yang sulit dan sangat tidak menyenangkan. Meski situasinya sangat buruk, banyak pakar yang mengatakan kalau saat inilah waktu yang tepat untuk membeli rumah.

Ini Keuntungan Membeli Rumah Baru Saat Pandemi

Hampir semua daerah yang ada di Indonesia mengalami penurunan untuk penjualan rumah. Banyak yang mengeluh sepi. Dengan mengalami penurunan penjualan dan daya beli orang maka banyak para pengembang yang mulai mencari-cari cara untuk bisa menjual rumah mulai dari sisi pembayaran sampai memberikan diskon-diskon yang kadang sangat menguntungkan kita sebagai pembeli.

Dalam budaya orang China ada istilah yang sering digunakan pada saat mengalami krisis dengan sebutan “Weiji”. Kata “Wei” mempunyai arti bahaya, sedangkan “ji” mempunyai arti sebuah peluang. Kata ini bisa diartikan seperti ini, setiap ada bahaya yang mengancam, akan selalu ada sebuah peluang yang bisa kita peroleh jika kita jeli dan mau melakukannya. Hal ini juga berlaku untuk segala bisnis termasuk bisnis properti.

Nah, di tahun seperti sekarang ini, di mana keadaan dunia dalam bahaya karena wabah virus Corona, keadaan bisnis dunia termasuk bisnis properti pada tahun 2020 mengalami fase yang di sebut dengan “dull market” atau yang di artikan dengan yang tumpul. Di satu sisi kita bisa melihat daya beli menurun tetapi di sisi lain persediaan baik itu properti dan produk lainnya terus ada. Hal ini pasti akan membuat dampak, harga barang dan harga properti baru mengalami penurunan karena jumlah orang yang ingin membeli rumah mengalami penurunan.

1. Ini adalah waktu yang Tepat untuk Membeli Rumah?

Bagi beberapa orang yang mempunyai penghasilan yang stabil pasti akan mendapatkan keuntungan berlipat, karena inilah waktu yang tepat untuk mendapatkan properti baru dengan harga yang jauh lebih murah dari sebelumnya.

Ya, menurut saya momen yang menyedihkan seperti ini mungkin jarang bisa terulang kembali. Anda sebagai pembeli sedang berada di posisi yang menguasai penjual atau yang di sebut juga dengan buyer’s market, Anda bisa menekan penjual dengan meminta harga yang lebih murah lagi.

Melihat situasi seperti ini, maka harus benar-benar Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Banyak pengembang yang was-was karena penjualan menurun dan bank saat ini menurunkan suku bunga, malah beberapa bank memberikan banyak sekali kemudahan untuk mengambil kredit pada saat pandemi seperti ini.

2. Belilah Rumah Pada Saat Harga Turun

Mulai dari sekarang, jika Anda mempunyai rencana untuk membeli rumah, belilah rumah pada saat harga turun seperti sekarang ini. Jangan jadikan pandemi sebagai suatu ketakutan untuk membeli rumah khususnya bagi Anda yang mempunyai keuangan yang cukup stabil.

Selain harga rumah yang cukup murah, suku bunga untuk kredit rumah juga ikut menjadi turun pada saat pandemi seperti ini, jadi menurut saya ini waktu yang cocok untuk membeli rumah.

3. Banyak Promo yang Menarik Hati

Kita bisa melihat sendiri, saat ini banyak pengembang yang mencoba untuk memberikan harga yang sangat spesial (berupa cashback dan diskon-diskon). Ini adalah kesempatan yang harus segera Anda ambil saat para pengembang menawarkan promosi dan juga gimmick yang menarik dan menguntungkan Anda sebagai pembeli. Promo yang sering saya lihat adalah berupa uang tunai dan juga subsidi untuk uang muka (DP) dan masih banyak lainnya.

 

Selain itu juga ada kemudahan untuk mem-booking rumah baru yang Anda ingin beli, kemudian Anda bisa membayar rumah baru itu beberapa bulan kemudian, biasanya ini bergantung dari promo atau perjanjian bersama antara pengembang dan pembeli.

4. Mempunyai Banyak Pilihan

Meskipun pada saat tumpul seperti ini adalah sebuah kesempatan untuk membeli rumah baru dengan harga yang sangat murah, saran saya sebaiknya jangan terburu-buru membeli rumah sebelum Anda membandingkannya dengan rumah yang lain.

Anda mempunyai banyak pilihan rumah dan harga yang lebih bagus. Cobalah untuk membandingkan rumah yang satu dengan rumah yang ada di proyek lain ataupun juga unit-unit yang ada di proyek tersebut. Contohnya, biasanya di sebuah proyek baru, khususnya untuk residensial, banyak orang yang akan memilih unit-unit tertentu dengan alasan atau mitor seperti, rumah yang menghadap ke barat, memilih rumah dengan urutan nomor tertentu dan mereka biasanya menghindari nomor-nomor rumah yang bisa membawa kesialan atau ada juga yang menghindari rumah model tusuk sate.

Dengan sedikitnya pembeli, Anda bisa memanfaatkan momen seperti ini untuk memilih unit rumah yang bagus dan mungkin cocok dengan keinginan Anda.

5. Harga Jual Rumah di Kemudian Hari lebih Tinggi

Saat Anda membeli sebuah properti baru dalam keadaan sulit seperti ini, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan harga yang sangat murah dan di kemudian hari Anda akan mendapatkan harga jual yang lebih tinggi saat pasar properti sudah kembali normal.

Belilah Rumah yang Bagus dan Layak untuk di Beli

Meski harga rumah saat ini relatif murah, pastikan untuk tidak sembarangan membeli rumah. Ada banyak pengembang baru dan tukang baru yang kerjanya asal-asalan dengan struktur bangunan yang bisa saya katakan kurang baik.

Kami dulu membeli rumah dari seorang pengembang baru dan tukangnya juga masih baru-baru plus songong pula. Kalau di kasih tahu udah seperti yang paling pinter dan kerjanya asal-asalan. Lantai keramik banyak yang kosong, tembok mudah retak-retak dan sudut-sudut tembok pengunciannya juga kurang bagus dan mudah merembes air pada saat hujan. Jadi pastikan untuk membeli rumah dari pengembang yang terpercaya yang mempunyai tukang-tukang yang kerjanya bagus dan menghargai keselamatan kehidupan pemilik rumahnya. Jangan sampai menyesal seperti kamu.

Apalagi kalau Anda ingin membeli rumah di Bali, wah, harus super hati-hati karena banyak bangunan yang kurang bagus. Ini berdasarkan pengalaman kami karena kebetulan kami tinggal di Bali.

Pastikan untuk tidak salah memilih agar Anda bisa mendapatkan keuntungan bukan kerugian seperti kami. Coba pertimbangkan beberapa hal ini saat Anda akan membeli rumah:

A. Lokasi Rumah

Pastikan juga lokasi rumah yang Anda beli juga strategis dan mempunyai akses yang cukup baik. Saya biasanya kalau bisa belu rumah akan mempertimbangkan tentang hal ini:

  • Lokasi dengan kantor
  • Lokasi dengan Fasilitas kesehatan
  • Lokasi dengan fasilitas pendidikan
  • Lokasi dengan pasar

B. Kualitas Bangunan yang akan di Beli

Seperti yang saya bilang di atas, ada banyak pengembang dan juga tukang yang bekerjanya asal-asalan, tujuan mereka hanya ingin menghasilkan uang saja bukan kualitas. Jangan pernah percaya dengan apa yang mereka katakan dan spesifikasi yang mereka buat di brosur. Gambar bisa menipu, tulisan dibuat seringkali hanya untuk menarik perhatian orang saja.

C. Tanyakan Tentang Semua Perizinan

Ini adalah hal yang paling penting selain struktur bangunan itu sendiri. Tanyakan tentang semua perizinannya, apakah benar dan pastikan juga untuk meminta salinan semua surat-surat rumah yang akan Anda beli, ingat meskipun rumah itu murah ini menyangkut uang yang banyak bukan uang 1 sampai 5 juta gaji sebulan.

D. Reputasi Pengembang

Pengembang yang baru biasanya belum begitu banyak punya pengalaman, pastikan untuk melihat reputasi track record setiap pengembang. Percayalah di Indonesia masalah yang paling besar dan selalu terjadi ada dua hal: pertama di pengembang dan yang kedua di tukang.

Jika kalian suka dengan artikel Keuntungan Membeli Rumah Saat Pandemi COVID-19 ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.