skip to Main Content
Kelebihan Dan Kekurangan Lemari Kayu Copy

Kelebihan dan Kekurangan Lemari Kayu. Kamu Perlu Tahu

 

Kelebihan dan Kekurangan Lemari Kayu – Setiap rumah perlu memiliki lemari, entah itu lemari pakaian atau lemari untuk menyimpan barang-barang lain. Rumah tanpa lemari bisa jadi akan terlihat berantakan, karena tidak bisa menyimpan baju atau barang-barang lain di tempat khusus untuk menaruh barang. Memilih lemari sebenarnya susah-susah gampang kalau salah memilih lemari bisa jadi lemari yang kita beli bisa cepat rusak atau tidak cocok dengan rumah kita. Pemilihan lemari yang tepat bisa memperindah rumah Anda.

Jika saat ini kamu sedang mencari lemari untuk rumahmu, saran kami carilah lemari yang yang bentuk dan warnanya cocok dengan interior rumah kamu.

Saya menyarankan kamu untuk menyesuaikan dengan tempat tinggal atau yang menjadi kesukaan kamu. Salah satu lemari yang paling banyak digunakan oleh orang adalah lemari dari kayu. Selain punya banyak keunggulan, perawatan lemari kayu jauh lebih mudah daripada lemari yang terbuat dari Playwood – ini menurut pendapat pribadi saya, bukan pendapat umum.

Kelebihan Lemari Kayu

Selain punya banyak keunggulan, lemari kayu rupanya juga mempunyai kelemahan. Pasti pada penasaran kan, apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari membeli lemari kayu. Yuk kita simak saja langsung pembahasannya di bawah ini.

1. Terlihat Lebih Elegan

Lemari kayu yang akan kamu beli bisa di pesan sesuai dengan ukuran dan bentuk yang kamu inginkan agar lebih cocok dan terlihat elegan. Mau di buat seperti model tua atau modern bisa. Lemari kayu juga bisa di fungsikan untuk tempat penyimpanan barang-barang lainnya. Sebagai contoh Anda bisa membuat lemari untuk menaruh piring, lemari tempat menaruh wine, tempat menaruh sepatu atau bisa juga untuk menaruh jam tangan dan tas-tasa kesayangan.

2. Lebih Kuat dan Tahan Lama

Saya memilih menggunakan lemari kayu karena lemari kayu lebih kuat dan juga tahan lama. Sebagai contoh, katakanlah Anda menggunakan lemari yang terbuat dari playwood, jika lapisan playwood tidak bagus atau ada luka. Jika bagian itu terkena air akan membuat lemari Anda lama kelamaan akan lapuk dan rusak. Sedangkan kalau Anda membuat lemari dari kayu utuh, seperti Jati dan sebagainya. Jika kaki lemari terkena air, lemari itu masih jauh lebih tahan dibandingkan dengan lemari yang terbuat dari playwood.

Kayu Jati terkenal bisa tahan sampai puluhan tahun. Meskipun kuat dan terbukti tahan lama, Anda masih harus tetap merawat lemari Anda dengan baik.

3. Bisa Menampung Banyak Barang

Lemari kayu, biasanya bisa memuat lebih banyak barang karena kekuatannya. Jika Anda membuat lemari kayu untuk pakian, Anda juga bisa memasukkan barang-barang yang lain ke dalam lemari itu tanpa harus khawatir akan rubuh atau rusak.

Bahkan dengan ukuran yang sama dengan lemari yang menggunakan bahan berbeda. Lemari kayu jauh lebih kuat dan mampu menyimpan banyak barang Anda.

 

4. Bisa Di Jual Kembali

Lemari kayu yang Anda beli bisa Anda jual kembali jika Anda sudah bosan atau ingin mengganti tampilan interior rumah Anda. Ini di sebabkan lemari kayu mempunyai harga yang stabil. Khususnya kalau lemari kayu Anda terbuat dari kayu jati.

Kekurangan Lemari Kayu

Meskipun lemari kayu mempunyai banyak kelebihan yang tidak bisa di miliki oleh lemari pakian lainnya, lemari kayu juga mempunyai kekuarangan yang harus Anda pikirkan, apa saja kelemahannya?

1. Mempunyai Harga yang Lebih Mahal

Dibandingkan dengan lemari lain pada umumnya, lemari kayu mempunyai harga yang lebih mahal. Menurut saya wajar karena selain kayunya juga mahal, biaya untuk pembuatan kayu jauh lebih mahal daripada pembuatan lemari lain. Jenis kayu yang Anda pilih juga akan menentukan harga lemari kayunya.

2. Lemari Kayu Lebih Berat daripada Lemari lain

Satu kelemahan jika Anda mempunyai lemari yang terbuat dari kayu, Anda tidak bisa memindahkan lemari itu seorang diri. Ini di sebabkan karena lemari kayu mempunyai bobot yang lebih berat dari lemari plastik atau lemari lainnya.

3. Rayap dan Jamur Bisa Menyerang

Meskipun kuat Kayu juga bisa di serang oleh rayap dan jamur jika lemari tidak di rawat dengan baik. Apalagi kalau sebelum di buat lemari kayu tidak di beri lapisan anti rayap. Untuk mengurangi atau mencegah rayap datang kita bisa meletakkan kapur barus di sekeliling atau dalam lemari kayu.

Untuk masalah jamur, kayu bisa di lap dengan menggunakan cairan baygon atau cairan lainnya. Jamur bisa muncul kalau rumah dalam keadaan lembab. Tapi kalau ada penghuninya dan rumah selalu di jaga dengan baik maka jamur dan rayap tidak begitu menjadi masalah. Silahkan baca Tips cara mengatasi rayap di sini.

Ya, itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang Kelebihan dan Kekurangan Lemari Kayu. Apapun lemari yang akan Anda gunakan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika di tanya saya suka lemari kayu atau lainnya, saya lebih suka menggunakan lemari kayu, Bagaimana dengan Anda?

Jika kalian suka dengan artikel Kelebihan dan Kekurangan Lemari Kayu ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.