skip to Main Content
Inspirasi Kamar Tidur Minimalis

Inspirasi Kamar Tidur Minimalis dan Mendesain Kamar Tidur

 

Siapa yang tidak suka punya kamar tidur rapi dan bersih! Tapi dengan semakin sulitnya kehidupan membuat banyak orang harus bekerja keras untuk bisa mendapatkan uang dan mencukupkan kebutuhan mereka. Beberapa ada yang harus bekerja sampai waktu yang lebih panjang. Saat pulang ke rumah dari bekerja, kita pasti ingin segera beristirahat di kamar yang bersih, rapi dan nyaman.

Untuk bisa memiliki kamar tidur yang rapih dan nyaman, Anda harus mendesain kamar tidur dengan sebaik mungkin. Kenapa perlu di desain? Karena kamar tidur adalah ruangan di dalam rumah yang masuk dalam golongan kamar privat.

Fungsi Kamar Tidur

Sesuai dengan namanya kamar ini adalah kamar yang akan Anda gunakan untuk tidur, tempat untuk beristirahat setelah melakukan aktifitas sehari penuh. Jadi penting banget kan kalau kamar tidur itu perlu di pikirkan dengan baik dan di desain dengan secermat mungkin.

Saya secara pribadi tidak mengatakan kamar yang lain tidak penting dan tidak perlu di desain dengan baik. Karena sifatnya yang pribadi, maka kamar tidur ini sebaiknya di desain menurut selera dan kepribadian masing-masing.

Lalu bagaimana sebaiknya kamar tidur di desain? Bagaimana Cara Menata kamar tidur agar membuat nyaman pemiliknya? Nah, dalam beberapa menit ke depan saya akan embantu Anda untuk memberikan inspirasi kamar tidur sekaligus mendesainnya sesuai dengan selera dan kepribadian masing-masing.

Ajukan Pertanyaan Saat akan mendesain Kamar Tidur

Menurut saya bagian awal ini sangat penting untuk dilakukan bagi para desainer dan juga siapapun sebelum mendesain dan membuat kamar tidur. Anda harus menggali lebih dalam tentang hal-hal dasar dan penting ini.

Siapa Pemilik Rumah

Saat akan mendesain kamar tidur Anda harus tahu siapa sih pemilik rumah ini, atau kamar ini nantinya di tujukan untuk siapa? Atau Anda bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan umum dasar seperti ini. Kamar ini ditujukan untuk siapa, apakah untuk pasangan suami istri? Apakah untuk Anak-anak? Untuk remaja atau untuk orang-orang yang akan menginap di rumah Anda?

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti ini, akan membantu Anda untuk bisa mendisain kamar sesuai dengan kebutuhan, selera dan juga karakter orang yang tinggal di sana.

Dari segi fungsi kamar tidur bisa kita bedakan menjadi tiga:

  1. Kamar tidur utama
  2. Kamar tidur anak
  3. Kamar tidur untuk tamu

Dari sini, Anda sudah bisa mulai memikirkan dan membayangkan kamar seperti apa yang akan Anda desain nantinya. Pasti setiap kamar ini mempunyai desain yang berbeda-beda antara satu kamar dengan kamar lainnya.

Baik saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang masing-masing kamar tidur ini.

Kamar tidur utama

Sesuai dengan namanya, kamar ini adalah kamar utama yang akan digunakan oleh si pemilik rumah. Jika lahannya cukup luas, kebanyakan kamar tidur utama biasanya dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Kamar utama bisanya mempunyai ruangan yang cukup luas dibandingkan dengan kamar yang lainnya, tapi tidak selalu demikian. Anda bisa membuat desain sesuai dengan keinginan Anda dan impian Anda.

Kamar tidur anak

Untuk kamar tidur anak desainnya menurut saya sangat beragam ya. Ini bergantung dari umur anak, dan jenis kelamin anak. Kamar tidur untuk anak peremuan sudah pasti akan berbeda dengan kamar tidur anak laku-laki.

Jika Anda baru mempunyai bayi pasti desain kamar tidurnya akan berbeda dengan desain anak umur 6 tahun atau 17 tahun. Beberapa orang yang mempunyai uang lebih biasanya akan selalu mengubah-ubah desain kamar anak sesuai dengan bertambahnya umur mereka. Saya secara pribadi tidak suka yang seperti itu. Saya lebih suka desain kamar anak yang umum agar bisa digunakan sampai kapan saja (tapi untuk yang uangnya tidak terbatas silahkan saja).

Kamar tidur tamu

Kamar tidur untuk tamu memang tidak harus ada, tapi untuk mereka yang mempunyai lahan rumah cukup luas dan uangnya ada biasanya akan membuat kamar tidur khusus untuk tamu yang menginap di rumah. Kamar ini sebaiknya di desain umum atau netral, karena yang akan tidur di tempat ini adalah orang-orang yang berbeda-beda.

Aktivitas apa saja yang akan dilakukan dikamar tidur ini?

Kamar tidur memang mempunyai fungsi untuk tidur, tapi desain kamar tidur tidak harus kaku untuk tidur saja. Dari waktu ke waktu kita bisa melihat perubahan trend tentang banyak hal, contohnya dapur yang dulunya hanya di letakkan di belakang rumah dan tidak terlalu dipikirkan, peran dapur masa kini telah berubah.

Tempat tidur masa kini juga mengalami perubahan fungsi. Tempat tidur tidak lagi hanya digunakan untuk tempat beristirahat. Sekarang ini tempat tidur bisa digunakan sebagai tempat untuk bekerja, menonton, membaca, melakukan kegiatan hobi dan juga tempat untuk bersantai.

Dengan mengetahui kegiatan apa saja yang ingin Anda lakukan di tempat tidur, Anda bisa merancang dan memikirkan desain tempat tidur yang lebih luas fungsinya atau sesuai dengan kebutuhan aktivitas yang akan Anda lakukan di sana.

Berapa ukuran kamar tidur yang akan Anda desain?

Ukuran kamar tidur juga harus di sesuaikan dengan desain kamar. Ada kamar tidur yang mempunyai ukuran 2×3, 3×3, 3×4 bahkan ada yang lebih besar dari ukuran standar itu. Kebanyakan kamar tidur mempunyai ukuran 3×3 dan 3×4 meter. Dengan mengeahui ukuran kamar Anda bisa merancang sedemikian rupa apa saja barang yang akan ada di dalam kamar tidur Anda.

Tidak semua orang mempunyai kamar tidur dan lahan rumah yang luas, contohnya adalah rumah yang kami tinggali saat ini. katakanlah Anda mempunyai kamar tidur yang ukurannya kurang dari ukuran 3×3 meter. Seperti apa dan bagaimana cara mendesain kamar tidur yang ukurannya sangat kecil dan sempit ini?

Memang tidak mudah untuk mendesain kamar yang mempunyai ukuran yang kecil. Dengan perenungan dan pemikiran yang tepat, saya yakin Anda bisa merancang kamar yang nyaman untuk Anda.

Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat buat Anda yang mempunyai kamar dengan ukuran yang kecil.

Kamar tidur dengan ukuran kecil

Kamar yang luas memang sangat enak, tapi ukuan kamar yang luas atau sempit sebenarnya sangat relatif, hal ini sangat bergantung dari kebutuhan masing-masing orang dan juga pemilihan dan penggunaan furnitur yang ada di dalam ruangan itu.

Untuk kamar tidur yang kecil, Anda mungkin bisa menggunakan warna cat kamar yang terang, menggunakan dekorasi yang sesuai dengan kebutuhan dan untuk furniture sebaiknya dipilih yang sangat efisien dan tidak memakan tempat. Penempatan tempat tidur juga akan sangat menentukan kamar itu terlihat sempit atau luas.

Jika pintu kamar membuat ruangan menjadi terlihat sempit, Anda bisa menggunakan pintu kamar tidur geser agar tidak makan tempat.

Penambahan elemen kaca juga akan sangat membantu membuat kamar yang kecil menjadi terlihat lebih luas. Pikirkan peletakan kaca di dalam kamar tidur agar tidak mengganggu dan membahayakan Anda saat tidur.

Kamar Tidur Kecil
Sumber Gambar: vuelosfera.com

Kamar tidur dengan ukuran luas

Bersukur jika Anda mempunyai kamar tidur yang cukup luas, ini akan membantu Anda untuk lebih leluasa dalam mendesain tata letak barang-barang yang ada di dalam kamar. Perlu di ingat, Pemilihan furnitur yang kurang tepat biasanya akan membuat rumah terlihat lebih kecil dan sumpek.

 

Selain itu, menggunakan furniture dan dekorasi yang tidak penting juga bisa membuat kamar Anda menjadi sumpek dan terlihat kecil. Jadi pastikan untuk berhati-hati dalam mendesain dan menggunakan furnitur di kamar tidur Anda.

Sumber gambar: pixabay.com

Menata Kamar Tidur yang Baik

Seperti yang sudah sempat saya singgung di atas, pemilihan dan penggunaan furniture di kamar tidur juga menjadi faktor penting dalam menata kamar yang nyaman dan tetap luas. Pilihlah furniture yang memang Anda butuhkan untuk di kamar itu agar bisa berfungsi secara optimal.

Sesuaikan tata letak furniture Anda dengan jendela dan pintu di kamar Anda. yang paling penting adalah apakah Anda membutuhkan furniture itu di dalam kamar Anda, jika jawabannya tidak terlalu perlu maka jangan gunakan furniture itu.

Berikut ini beberapa barang yang biasanya ada di dalam sebuah kamar tidur yang harus Anda pikirkan:

1. Set Kamar tidur

Di tiap rumah mempunyai ukuran dan luas yang berbeda-beda. Salah satu barang yang wajib ada di dalam kamar adalah ranjang untuk tidur (dipan) yang akan menjadi bagian yang paling terlihat saat orang masuk ke dalam kamar itu (point of interest). Cobalah untuk memikirkan ranjang seperti apa yang akan Anda gunakan agar ruangan menjadi terlihat luas dan tidak sumpek.

Sebelum memilih dan membeli sebuah ranjang, coba pikirkan siapa saja yang akan tidur di sana, berapa luas kamar itu. Ini akan membantu mempermudah Anda dalam menata dan memilih furniture yang tepat.

2. Lemari Pakaian (Wardrobe)

Lemari pakaian ini juga salah satu furniture yang biasanya selalu ada di dalam sebuah kamar. Lemari pakaian mempunyai fungsi untuk menyimpan pakaian agar terlihat lebih rapih dan tidak mudah rusak. Saat akan membeli lemari, cobalah untuk memilih lemari yang sesuai dengan luas kamar dan kebutuhan menyimpan baju Anda.

3. Meja Samping Tempat Tidur (Nakas)

Beberapa rumah yang mempunyai ukuran luas yang cukup, biasanya dilengkapi dengan meja kecil yang terletak di samping kiri dan kanan dipan. Meja kecil ini biasanya mempunyai laci dan diatasnya adalah tempat untuk meletakkan lampu tidur atau lampu hias saja.

Sebenarnya nakas tidak harus selalu menggunakan meja kecil. Jika kamar Anda tidak terlalu luas maka lampu hias bisa Anda tempelkan di dinding kamar, ini akan terlihat cantik dan indah juga, selain itu bisa membuat kamar menjadi tidak terlalu sumpek dengan banyak barang.

4. Meja Rias

Kamar tidur untuk wanita atau pasangan suami istri biasanya dilengkapi dengan meja rias. Meja rias mempunyai fungsi lain sebagai tempat menyimpan barang-barang khusus untuk wanita. Meja rias menurut saya tidak terlalu penting dan tidak harus ada di dalam kamar tidur. Untuk orang-orang yang mempunyai kamar tidur dengan luas yang terbatas meja rias tidak harus ada. Anda bisa menggunakan kaca kecil atau kaca yang di tempel ke dinding kamar.

Selain beberapa furniture yang sudah saya sebutkan di atas, Anda juga bisa memasukkan dan meletakkan beberapa barang lain seperti sofa atau kursi untuk bersantai dan menonton di dalam kamar. Beberapa orang ada yang membuat lemari buku agar mereka bisa membaca buku-buku yang sedang mereka baca.

Sekali lagi, pikirkan baik-baik saat akan memasukkan furniture ke dalam kamar. Pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan, fungsi dan luas kamar Anda.

Konsep Desain Kamar Tidur yang diinginkan

Desai kamar tidur sangat beragam, ada yang minimalis, mewah, elegan, sederhana dan masih banyak lainnya. Memang ada banyak sekali pilihan desain yang bisa Anda gunakan untuk kamar tidur agar terlihat sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Entah itu elegan, mewah atau lainnya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan saat akan membuat

1. Penggunaan dan Pemilihan Warna

Penggunaan warna untuk kamar tidur juga bisa memberikan kesan luas dan sempit, rileks dan juga menenagkan saat berada di dalam kamar. Warna – warna seperti putih, abu-abu, biru bisa menjadi pilihan saat akan mengecat dinding kamar. Warna abu-abu dan putih akan memberikan kesan minimalis. Kalau Anda suka dengan penggunaan kayu dan gaya scandinavian pada rumah, maka Anda bisa memasukkan unsur warna coklat dan putih ke dalam kamar Anda. Penggunaan walpaper juga bisa memberikan kesan yang lain pada kamar Anda karena mempunyai banyak bentuk dan motif.

2. Dekorasi Kamar dan Furniture kamar

Dekorasi kamar dan juga pemilihan furniture bisa memberikan kesan yang berbeda pada ruangan kamar. Sesuaikan dekorasi dan juga furniture dengan desain atau konsep Anda. jika Anda suka dengan desain klasik maka penggunaan kayu dan ukiran kayu juga bisa memberikan kesan klasik yang sangat kental. Kalau Anda suka dengan desain minimalis maka penggunaan warna-warna yang bisa memberi kesan bersih mungkin cocok untuk digunakan.

3. Bujet untuk Mendesain Kamar Tidur

Hal yang tidak kalah penting untuk membuat kamar tidur yang nyaman dan bersih adalah bujet yang kita miliki. Tanda uang yang cukup tentu tidak ada satu orangpun yang bisa mewujudkan impiannya untuk membuat kamar tidur yang nyaman, bersih dan cocok dengan impian Anda. Jika dana sudah ada, maka tugas selanjutnya adalah menyerahkan kepada seorang desainer interrior atau arsitek untuk mewujudkan impian Anda. Mereka bisa memberikan ide-ide yang bagus dan menata kamar yang biasa menjadi luar biasa.

Ya, segala seuatu kalau kita pikirkan dan rencanakan dengan baik bisa membantu kita merancang kamar tidur impian dengan baik. Nanti kita akan membahas lebih detail tentang hal ini di artikel-artikel selanjutnya.

Jika kalian suka dengan artikel Inspirasi Kamar Tidur Minimalis dan Mendesain Kamar Tidur ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.

Baca artikel lain: