skip to Main Content
Ide Menata Ruang Tamu Minimalis Dengan Sofa Ruang Tamu

Ide Menata Ruang Tamu Minimalis dengan Sofa Ruang Tamu

 

Ruang Tamu adalah ruangan di mana Anda akan menerima tamu-tamu yang datang ke rumah. Sesuai dengan namanya, maka ruangan ini akan memberi kesan pertama kepada setiap tamu yang berkunjung, mengenai gambaran sepenuhnya suasana rumah Anda. Karena itu Ruang tamu harus di desain dengan baik. Pemilihan furniture yang tepat juga harus benar-benar diperhatikan terutama pemilihan sofa ruang tamu. Beberapa menit ke depan saya akan membantu Anda memberikan Ide Menata Ruang Tamu Minimalis dengan Sofa Ruang Tamu yang cocok.

Ruang tamu akan menjadi tempat yang paling sering untuk berinteraksi. Seperti kami yang mempunyai rumah mungil, tentu kami tidak bisa menata ruang tamu dengan sembarangan. Pemilihan furniture juga benar-benar harus di sesuaikan dengan baik. Meskipun ini rumah tinggal kita, sebaiknya kita juga memikirkan kenyamanan setiap orang yang berkunjung ke rumah Anda.

1. Menggunakan warna-warna natural

Penggunaan warna bisa membantu ruangan yang kecil terlihat agak lebih luas. Selain itu, warna juga bisa mempengaruhi perasaan seseorang yang berada di dalam ruangan. Warna-warna netral seperti warna putih gading, abu-abu, coklat bisa membuat ilusi ruangan – misalnya ruangan kecil jadi terlihat agak luas. Tidak hanya itu saja, penggunaan warna natural seperti itu mudah untuk mengisi ruangan dengan beragam warna furniture.

Anda bebas menggunakan warna apapun di dalam rumah pribadi Anda, tetapi karena warna bisa mempengaruhi perasaan kita dan orang-orang lain yang berada di dalam, maka penting juga untuk memikirkan perasaan dan kenyamanan tamu-tamu Anda.

Katakanlah Anda menyukai warna hitam, kemudian Anda mengecat ruang tamu dengan warna hitam karena ini memang benar-benar warna kesukaan Anda dan mencerminkan karakter dan jati diri Anda. Kemungkinan Anda menyukai warna itu dan lebih nyaman tinggal di dalam kamar itu.

ruang tamu minimalis dengan warna warna natural
Foto by: ©instagram.com/ratihrat

Kita tahu, tidak semua orang punya selera yang sama dengan Anda. mulai dari makanan, film dan warna. Setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda. Pikirkan hal ini, ketika ruang tamu Anda di cat dengan warna hitam, bagi kebanyakan orang ini warna yang tidak lazim, orang yang bertamu ke rumah Anda akan merasa aneh dan mungkin berpikir dia sedang berada di mana ini?

Pengaruh warna dalam dunia interior sangat penting. Warna bisa memberikan semangat dan juga energi. Pemilihan warna yang salah juga bisa memberikan kesan yang suram. Warna juga harus di sesuaikan dengan kondisi geografis, jika kondisi geografisnya panas maka Anda harus menggunakan warna-warna yang bisa mendinginkan ruangan dan juga suasana. Jika berada di dareah yang dingin, tentu pemilihan warnanya juga harus disesuaikan dengan warna yang bisa memberikan kehangatan.

2. Menggunakan Elemen Kayu

Elemen kayu memang identik dengan rumah-rumah yang bergaya klasik. Meskipun begitu, bukan berarti elemen kayu tidak bisa digunakan di dalam rumah yang mungil. Elemen kayu sekarang ini banyak sekali terlihat dan digunakan di dalam rumah-rumah yang bergaya modern. Anda bisa menggunakan kayu sepenuhnya atau perpaduan antara kayu dan besi atau aluminium. Jika rumah Anda belum di bangun maka Anda bisa menggunakan lantai yang mempunyai motif seperti kayu yang akan memunculkan nuansa modern dan adem. Pemilihan sofa ruang tamu yang senada juga akan membantu menambah kesan yang sama, bersih dan juga hangat.

menggunakan elemen kayu
Foto by: ©instagram.com/sanovisetyowati

3. Sofa Ruang Tamu di sesuaikan dengan Luas ruang tamu

Mempunyai rumah yang kecil pasti harus banyak menyesuaikan dengan setiap ruangan yang kita miliki. Salah satu hal yang mngkin harus selalu ada di dalam rumah adalah sofa untuk ruang tamu atau kursi untuk ruang tamu. Penggunaan sofa ruang tamu yang tidak pas akan menjadi masalah karena bisa menyebabkan space ruangan tersita banyak.

Lalu bagaimana Anda bisa menyiasati ruangan agar terlihat luas? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, misalnya penggunaan warna sofa dan juga bentuk sofa yang akan Anda tempatkan di ruangan itu. Meskipun ini mungkin terlihat sepele, pemilihan warna dan bentuk sofa bisa sangat membantu ruangan menjadi terlihat agak luas. Beberapa orang ada yang memilih untuk menggunakan sofa dengan ukuran yang besar dengan alasan lebih kuat, lebih puas duduknya dan alasan lain. Sofa dengan ukuran yang besar di ruangan yang sempit pasti akan membuat ruangan tamu minimalis Anda menjadi semakin terlihat lebih kecil dan sempit.

sesuaikan sofa dengan ruang tamu Anda
Foto by: ©EXXO INTERIOR

Saran kami, cobalah untuk memilih dan menggunakan sofa ruang tamu yang mempunyai ukuran yang pas dengan luas ruangan Anda. Saya lebih menyarankan Anda untuk membuat sofa sendiri dengan ukuran yang bisa di sesuaikan. Sofa minimalis dengan dengan bentuk-bentuk yang sederhana, penggunaan lampu dan juga meja tamu yang di sesuaikan pasti akan membuat pas dan indah ruangan yang kecil.

4. Memanfaatkan dinding ruangan

Nah, satu hal yang pasti akan di miliki oleh semua ruangan besar dan kecil adalah dinding kamar. Tidak masalah Anda mempunyai ruang tamu yang kecil dan mungkin sangat terbatas seperti rumah kami, Anda masih bisa memanfaatkan dan memaksimalkan tempat penyimpanan dengan memanfaatkan fungsi dinding di ruang tamu Anda secara vertikal.

manfaatkan dinding secara maksimal
Foto by: ©ikea

Anda bisa memasang beberapa rak buku atau penyimpanan, bisa ambalan rak atau kotak rak untuk memajang beberapa buku atau barang yang ingin Anda pajang dan tempatkan di sana. Anda bisa memajang dan menempatkan beberapa tanaman serta bingkai yang berisi gambar atau foto-foto kesayangan Anda. Lebih lengkap jika di lengkapi dengan lampu atau pencahayaan yang cukup dan yang membuat menarik tempat ini. semua itu, jika di tata dan di tempatkan dengan baik bisa menjadi dekorasi ruangan rumah yang indah sekaligus membuat ruangan yang sempit menjadi terlihat lebih luas.

5. Memajang Foto atau gambar favorit Anda

Memajang foto-foto di dinding ruang tamu minimalis Anda bisa menjadi ide yang baik. Selain indah di pandang ini juga akan menimbukan rasa nyaman dan berisi. Jangan takut-takut untuk menggunakan berbagai macam bentuk dan ukuran bingkai foto yang akan Anda pasang di dinding. Jika Anda tidak mempunyai bayangan jika bingkai-bingkai ini di letakkan di posisi ini dan itu, cobalah untuk memotong kertas sesuai dengan bentuk dan ukuran bingkai yang ingin Anda pasang. Jika sudah menemukan bentuk dan susunan yang Anda inginkan, Anda kemudian bisa memajang dan memasang foto-foto Anda di dindfing.

 
Foto by: ©ikea

6. Penggunaan cermin untuk menampilkan kesan yang luas

Dalam dunia desain interior, penggunaan cermin memang terbukti mampu memberikan kesan ruang tampak lebih luas. Caranya tentu saja kita akan menempelkan cermin pada dinding ruang tamu minimalis yang akan Anda tata. Tetapi perlu di ingat juga meskipun cermin bisa menampilkan efek lega, kalau ruang tamu Anda terlalu kecil, ilusi leganya kemungkinan tidak begitu terlihat, minimal ruang untuk bisa menggunakan efek ilusi ini harus mempunyai ukuran3/4 dari keseluruhan dinding ruang tamu.

penggunaan cermin di ruang tamu minimalis
Foto by: ©ikea

7 Penggunaan Karpet untuk melembutkan suasana

Karpet bisa kita manfaatkan untuk di tempatkan di ruang tamu minimalis Anda. dengan menempatkan karpet di ruang tamu akan membuat ruangan terasa lebih hangat dan lembut. Tetapi tidak semua orang menyukai karpet, apalagi yang mempunyai rumah yang debunya mudah untuk masuk, karena membersihkan karpet akan sedikit lebih repot dan juga memakan waktu.

Di luar hal itu, karpet mampu menutup permukaan lantai dari gesekan dan juga beberapa kerusakan ketika ada benda-benda yang Anda pegang jatuh ke lantai. Selain itu, karpet juga bisa digunakan sebagai alas untuk duduk-duduk di bawah. Dari segi estetika karpet juga bisa membuat ruangan Anda terlihat lebih cantik, kalau saya sih bilangnya lebih terlihat santai dan juga bergaya.

Penggunaan karpet di ruang tamu minimalis
Foto by: ©ikea

Nah, buat yang ruangannya mungil tentu tidak bisa menggunakan karpet dengan ukuran yang sembarangan. Cobalah untuk mencari karpet dengan ukuran yang pas dan sebaiknya jangan sampai menutupi lebih dari 50% luas lantai ruang tamu Anda. Hal yang juga tidak kalah penting adalah pemilihan motif dan juga warna sangat penting, pilihlah motif-motif yang cocok dengan nuansa ruang tamu minimalis Anda.

8. Menempatkan tanaman hijau dan perabotan natural

Nuansa yang nyaman dan sejuk bisa kita ciptakan dengan menggunakan perabtan yang terbuat dari bahan-bahan natural. Anda bisa menempatkan bunga atau tanaman hijau yang Anda di beberapa sudut ruangan Anda yang menurut Anda bisa terlihat cantik dan pas. Tanaman, selain sebagai penghiasan ruangan juga bisa menjadi filter udara yang alami dan memberi kesan sejuk.

menempatkan tanaman hijau
Foto by: ©ikea

Selain menggunakan tanaman sungguhan menurut saya Anda juga bisa menempatkan tanaman tiruan di dalam ruang tamu Anda. Meskipun tanaman ini bukan tanaman sungguhan, penempatan tanaman hias seperti ini bisa mempercantik ruang tamu minimalis Anda.

9. Menerapkan aturan sepertiga untuk ruangan tamu minimalis

Penerapan aturan sepertiga ruangan tamu ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang mempunyai ruangan dengan plafon tinggi. Kalau rumah Anda tidak mempunyai plafon yang tinggi maka penerapan aturan ini tidak bisa digunakan untuk ruangan dengan plafon yang pendek. Buat yang sudah punya dari plafon tinggi langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu ketelitian dan kreatifitas dalam mendekor atau menata ruang tamu Anda.

Foto by: ©pinterest

Pastikan untuk menggunakan aturan sepertiga pada dinding ruangan Anda. pilihlah sofa dengan warna yang berlawanan dengan warna dinding Anda, saya lebih senang memilih sofa ruang tamu dengan warna-warna pastel, tetapi ini bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan warna-warna yang terang lainnya. Anda bisa mengisi dengan lukisa dan beberapa foto pada dinding ruangan atau menggunakan ornamen lainnya. Untuk bagian atas biarkan kosong agar ruangan terlihat lebih luas dan bebas.

10. Menggunakan bata ekspos putih untuk ruang tamu minimalis

Penggunaan bata ekspos berwarna putih, menurut saya bisa di terapkan pada ruangan tamu untuk menampilkan gaya skandinavia. Agar lebih menarik dan mencolok, Anda sebaiknya mendekornya dengan hiasan-hiasan yang mencolok mata, misalnya saja dengan menggunakan sarung bantal dengan warna-warna yang terang atau penggunaan sofa dan karpet yang mempanyai warna senada. Bukan senada dengan temboknya ya, tapi senada dengan korden dan juga sofa yang Anda tempatkan di ruang tamu minimalis Anda. hasilnya bakalan keren sekali teman-teman.

menggunakan bata expose
Foto by: ©pinterest

11. Menyatukan ruang makan dan ruang tamu

Rumah yang mungil tidak selalu akan membuat sumpek pemandangan, jika menata dengan baik rumah Anda bisa terlihat lebih luas. Salah satu untuk melakukan hal itu adalah dengan cara menyatukan ruang tamu dengan ruang makan sekaligus tanpa harus diberi pembatas. Selain terlihat lebih konsep ini juga bisa membantu keluarga saling terbuka dan bisa menjalin komunikasi satu sama lain.

Nah, jadi itu adalah beberapa cara yang bisa saya bagikan kepada Anda untuk menara ruang tamu minimalis sesuai dengan selera Anda masing-masing. Dengan membca dan melihat-lihat gambar seperti ini, bisa membantu Anda untuk menemukan dan mengembangkan ide-ide baru dalam menata ruangan tamu senyaman dan seindah mungkin meskipun terbatas dengan luas ruangan.

Jika kalian suka dengan artikel Ide Menata Ruang Tamu Minimalis ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.