skip to Main Content
Desain Dapur Yang Baik Harus Memenuhi Tiga Persyaratan Ini

Desain Dapur yang baik harus memenuhi tiga persyaratan ini

 

Fungsi Dapur

Dapur biasanya berada di dalam sebuah rumah, ada juga desain dapur yang di letakkan di luar rumah salah satu contohnya dapur orang Bali, oleh karena itu dapur membutuhkan penataan yang baik dan cermat. Fungsi dapur untuk menyiapkan makanan yang akan kita makan, karena fungsinya untuk menyiapkan masakan maka biasanya di sebuah dapur banyak peralatan yang akan di tempatkan di dapur, penataan alat-alat masak yang sembarangan akan menimbulkan kesan kurang baik untuk dipandang mata oleh orang-orang yang berkunjung ke rumah kita, proses memasak juga tidaklah cepat kadang membutuhkan waktu dan juga ruang gerak yang sedikit lebih luas, oleh karena itu dapur yang baik perlu di desain dengan baik dan harus memenuhi syarat-sayarat dasar dapur.

Dapur Harus Memiliki Persyaratan Dasar.

Kita bisa mengatakan ruangan itu dapur jika di ruangan itu memiliki peralatan yang dapat menunjang kegiatan memasak atau untuk mengolah makanan. Kegiatan yang sering dilakukan di dapur seperti mencuci makanan, memotong makanan, memasak, menyimpan bahan-bahan makanan dan sekaligus tempat menyimpan peralatan masak dan makan.

Bisa kita katakan kegiatan memasak sangat penting dan juga memakan waktu maka di dapur harus memiliki tempat tersendiri untuk:

1. Tempat Untuk Mencuci – Mempersiapkan makanan.

 

Di tempat ini biasanya bahan makanan akan disiapkan, bahan makanan dipisahkan, dipotong dan juga dibersihkan. Peralatan masak juga akan kita cuci ditempat ini. Sudah ada bayangan bukan kalau tempat ini memerlukan tempat yang tersendiri untuk mengerjakan semua itu? Semua kegiatan itu bisa kita kerjakan jika di tempat ini ada bak bak cuci (sink). Jika memang sangat memungkinkan sebaiknya di tempat ini kita tempatkan alat untuk mencuci piring atau yang bisa kita sebut dishwasher. Saluran air juga harus ada baik itu yaang ada di bak cuci dan juga yang di salurkan ke dishwasher. Siapkan juga meja untuk mengerjakan pemotongan sayur dan lain-lain.

2. Tempat Untuk Memasak – Meletakkan Kompor.

Kompor untuk memasak akan kita letakkan pada bagian ini, penempatan kompor bisa bermacam-macam bergantung pada jenis kompornya, ada kompor yang harus diletakkan di atas meja dapur seperti kompor minyak tanah, kompor gas dan ada kompor yang diletakkan di dalam meja dapur. Untuk rumah sederhana biasanya jarang sekali diletakkan alat untuk menghisap asap sedangkan untuk rumah dan desain dapur moder biasanya di atas kompor diletakkan alat untuk menghisap asap saat proses memasak di lakukan, tujuannya supaya apa? Supaya asap saat memasak tidak lari ke semua ruangan rumah. Jika dirasa perlu Anda bisa meletakkan oven dan juga microwave untuk memasak makanan.

3. Lemari es dan Tempat Penyimpanan.

Di dapur juga harus kita letakkan lemari es dan laci untuk menyimpan bahan makanan dan barang-barang lain yang masih berhubungan dengan memasak. Rak cargo bisa kita letakkan di dalam dapur dengan memiliki rak cargo semua bahan makanan bisa terjaga kekeringannya. Kita juga akan meletakkan piring-piring dan gelas pada bagian ini.