skip to Main Content
Dapur Build In Terbaik, Murah Dan Terlihat Minimalis

Dapur Build In Terbaik, Murah dan Terlihat Minimalis

 

Dapur Build In – Kita semua sangat setuju, kalau sekarang ini dapur bukan lagi sebagai tempat yang harus di sembunyikan dan di letakkan di bagian belakang rumah. Peran Dapur sudah berubah fungsi, dari tempat yang hanya untuk memasak saja, kini dapur juga menjadi tempat bagi bertemunya seluruh keluarga dan sahabat.

Dapur tradisional yang sudah digunakan oleh nenek dan kakek kita zaman dulu, telah berubah menjadi sebuah dapur modern minimalis yang cantik, yang layak untuk di tempatkan di bagian tengah atau depan sebuah rumah. Dari tempat yang terbelakang dan kurang penting kini dapur menjadi sangat penting dan harus dipikirkan sekali mengingat dapur telah menjadi ruang publik dengan banyak fungsi untuk semua orang.

Banyak wanita dan juga kepala keluarga yang menginginkan mempunyai dapur yang cantik dan bersih. Dapur build Ini atau dalam bahasa gaulnya di sebut juga dengan kitchen set adalah cara menampilkan dan membuat sebuah dapur modern yang lebih bergaya dan mempunyai banyak fungsi.

Tentu saja untuk membuat dapur yang indah dan bergaya kita tidak bisa merancangnya sendiri. Untuk merancang dapur minimalis, kita membutuhkan tenaga profesional yang memang mempunyai keahlian di bidang ini – Desainer Interior.

Dengan bantuan para desain interior ini, dapur Anda akan tampil lebih indah, cantik, bersih dan mempunyai fungsi yang jauh lebih maksimal daripada Anda merancangnya sendiri. Jika Anda membutuhkan Jasa desainer interior, Anda bisa mencari tenaga profesional ini di website Teakblock.

Apa itu Dapur Build In sebenarnya?

Mungkin bagi beberapa orang ada yang bingung dengan istilah ini. Dapur build ini adalah sebuah dapur yang dirancang dengan baik dan matang sebelum di buat dan di tempatkan di rumah Anda. rancangan ini akan membuat dapur menyatu dengan bentuk ruangan rumah dari pemiliknya.

Mengapa dikatakan menyatu? Karena dapur memang benar-benar di tempatkan sedemikian rupa sehingga seolah-olah menyatu dan tidak terlihat kalau dapur itu terpisah dari dinding atau ruangan rumah.

Cara Membuat Dapur Build In Terbaik

Seperti yang sudah sempat saya singgung di atas, untuk membuat dapur build in yang paling baik adalah dengan menggunakan bantuan para profesional yang memang sudah berpengalaman untuk membuat dan mendesain dapur build in ini. Ingat, mereka yang baru lulus kuliah dan baru bekerja bukan berarti kurang baik, mereka juga baik dan bagus karena mereka sudah mendapatkan ilmu yang sama seperti yang di dapat oleh pendahulu mereka. Hanya saja yang membedakan mereka dengan mereka yang sudah lebih dulu terjun di bidang ini adalah jam terbang dalam berurusan dengan para klien.

Penting juga bagi Anda untuk tidak sepenuhnya menyerahkan bentuk desain yang akan di buat oleh desainer interior ini. memang mereka pasti akan bekerja dengan baik tetapi, penting juga bagi Anda untuk sudah mempunyai bayangan, mau di buat seperti apa dapur ini nantinya. Jika Anda sudah menemukan contoh yang Anda inginkan langkah selanjutnya adalah membicarakannya dengan para profesional. Apakah desain dan bentuk seperti yang Anda inginkan ini cocok atau tidak untuk di ruangan Anda. jika memang cocok maka sang desainer biasanya akan langsung membuatkannya jika tidak dia akan memberikan masukan-masukan yang akan sangat berguna untuk Anda.

Dari yang saya tahu, biasanya para desainer ini akan datang ke tempat Anda untuk melakukan pengukuran ruangan. Pengukuran ini dilakukan agar desain yang di buat nanti bisa pas sesuai dengan bentuk tembok dan ruangan Anda.

Setelah melakukan pengukuran mereka akan mulai membuatkan desain dengan beberapa alternatif desain dapur yang bisa Anda pilih sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Biasanya para profesional ini akan langsung membuatkan penerangan, warna, detail kabinet yang akan dibuat, laci dan juga rak-raknya. Jangan sungkan untuk memberitahu mereka apa yang Anda inginkan dan jika kurang cocok Anda bisa melakukan revisi desain.

Kelebihan Mempunyai Dapur Build In yang dirancang dengan baik

Mungkin sekarang Anda akan bertanya, apa saja sih kelebihan kalau Anda membuat dapur build in? sebenarnya ada banyak keuntungannya jika Anda membuat dapur build in.

  • Sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Dengan membuat dapur build ini, Anda sepenuhnya bisa bebas membuat dapur sesuai dengan apa yang Anda inginkan dengan perencanaan yang baik. Bahkan setiap dapur yang dibuat akan unik dan berbeda dengan dapur-dapur lainnya.
  • Maksimal dalam penggunaan ruang. Dengan membuat dapur build in, Anda bisa memaksimalkan penataan ruang, jadi ruang Anda tidak ada yang kosong atau tidak berguna. Setiap sudut akan terisi dan dimanfaatkan.
  • Lebih Tertata dan Rapi. Merencanakan pembuatan dapur di tangan para profesional, akan membantu Anda untuk menciptakan sebuah ruang penyimpanan yang sangat tertata rapi dan tersembunyi. Jadi tidak akan berantakan. Anda bisa menempatkan barang-barang di dalam laci bawah, laci atas atau laci tengah. Untuk kompor, juga biasanya akan di sesuaikan dengan kompor-kompor modern yang ada sekarang, seperti kompor gas tanam atau menggunakan kompor listrik tanam. Semua peralatan masak atau dapur bisa sangat tersembunyi dan tidak terlihat, mereka akan di tempatkan di posisi yang sangat cantik, bahkan kabel gas tidak akan terlihat seperti kompor gas yang ada di rumah saya.

Kekurangan Membuat Dapur Build In.

Sebenarnya kalau menurut saya membuat dapur build in terbaik tidak ada kekurangannya. Bagi mereka yang mempunyai uang lebih, pasti tidak akan mempunyai kekurangan saat membuat dapur ini. bagi mereka yang uangnya sedikit seperti saya sudah pasti untuk membuat dapur build in akan mempunyai kekurangan.

  1. Biaya untuk pembuatan dapur build in terbilang cukup mahal dan malah, kalau mempunyai ukuran dan permintaan yang lebih spesial bisa mencapai ratusan juta dan milyaran.
  2. Jika ada kerusakan atau membutuhkan service, biasanya biayanya juga lumayan dan membutuhkan waktu.
  3. Karena dapur build in banyak menggunakan teknologi baru, untuk mereka yang belum terbiasa menggunakan teknologi baru untuk peralatan dapur bisa menjadi kesulitan tersendiri.
  4. Membutuhkan perawatan yang baik setiap harinya.
  5. Jika ingin merubah dapur di masa depan, bisa jadi biayanya juga akan mahal. Mungkin harganya bisa sama seperti pertama kali kita membuatnya.

Bahan yang sering digunakan untuk Membuat dapur build in

Dapur Build In banyak menggunakan bahan-bahan yang beragam. Bahannya haruslah benar-benar terbuat dari bahan-bahan yang kuat dan bisa tahan lama. Mengapa saya menekankan kedua hal itu?

Alasannya cukup sederhana…

Karena dapur biasanya sering digunakan dan dekat sekali dengan air, hawa panas dan juga benda-benda yang tajam. Karena alasan itulah maka bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya juga harus kuat dan mampu bertahan lama.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang biasanya paling banyak digunakan untuk pembuatan dapur build In.

 

HPL (High Pressure Laminate). Ini adalah bahan yang berbentuk lembaran yang biasa digunakan untuk lapisan penutup kabinet dan juga semua meja dapur yang di buat. HPL terbuat dari bahan resin dan decorative paper digunakan untuk memberi kesan corak dan warna pada dapur atau kitchen set yang Anda buat. Semua perusahaan kitchen set pasti menggunakan dan mempunyai bahan ini.

Multiplek atau Playwood. Ini adalah sebuah kayu hasil olahan dan mungkin agak kuat. Bahan yang digunakan untuk playmoowd dan multiplek adalah dari kulit kayu yang berlapis-lapis kemudian di press dengan menggunakan tekanan yang sangat tinggi.

Blockboard. Blockboard menurut saya bahan dasarnya hampir sama seperti Multiplek, yang membedakan blockboard dan multiplek adalah bahan lapisannya saja. Lapisan blockboard terbuat dari potongan-potongan kayu yang kemudian di susun horizontal, sedangkan Multiplek sendiri lapisannya di susun kebalik dari blockboard yaitu vertikal. Bisanya bahan lapisan yang digunakan salah satunya menggunakan kayu sengon laut, ini adalah salah satu jenis kayu yang terbilang kuat dan juga tahan air.

MDF (Medium Density Fiberboard). MDF ini adalah jenis kayu hasil olahan dari hasil serbuk kayu yang kemudian di press dengan menggunakan mesin yang bertekanan tinggi untuk menghasilkan bahan yang kuat dan tahan lama.

Decosheet (tacon atau taconsheet). Banyak digunakan sebagai lapisan untuk pembuatan dapur yang biasanya terbuat dari bahan plastik yang sangat tipis dan lebih tipis dari HPL. Decosheet sangat mudah sekali di bentuk sesuai dengan bentuk dapur.

Cat Duco. Sesuai dengan namanya, ini adalah cat untuk finishing dapur minimalis yang Anda buat. Finishing menggunakan cat ini terbilang yang paling mahal dan bila dapur Anda di cat dengan menggunakan cat duco ini, dapur akan jauh terlihat lebih berkelas dan elegan, pilihan untuk warna dan coraknya juga sangat bervariatif sekali.

Banyak perusahaan pembuat dapur build in yang menambahkan bahan lain untuk mencapai hasil yang lebih maksimal, seperti menambahkan marmer dan juga granit untuk worktop dapur.

INFO: Menggunakan marmer dan granit memang cukup kuat, tetapi ada kelemahan jika Anda menambahkan marmer atau granit yaitu sering merembes dan juga muncul bercak putih. Saya tahu ini karena banyak klien yang mempunyai masalah di sana.

Memilih Kompor untuk Dapur Build In

Pada saat membuat dapur build in tidak lepas dari pemilihan kompor yang mau Anda gunakan. Karea dapur yang ingin Anda buat termasuk dalam kategori dapur modern maka pemilihan kompor juga harus menyesuaikan, tidak mungkin dapurnya cantik kompor yang Anda gunakan adalah kompor minyak atau kompor gas biasa yang banyak digunakan di luar.

Kelebihan Kompor Tanam

  • Desain kompor sangat keren dan elegan
  • Terlihat lebih rapi dan indah
  • Resiko bocor gas sangat kecil meskipun bisa saja terjadi
  • Masak lebih cepat
  • Masak lebih bersemangat

Kekurangan Kompor Tanam

  • Harga biasanya lebih mahal
  • Posisinya di situ saja (permanen)
  • Pemsangan lumayan agak ribet (tapi saya yakin bukan Anda yang akan pasang)

Kompor Gas tanam

Sekarang ini sudah banyak sekali model dan macam-macam kompor gas tanam (build in stove) yang bisa Anda gunakan.

Pilihan kompor gas tanam sangat beragam dan desainnya semakin keren-keren. Di mana Anda bisa membeli dan memesan kompor gas tanam ini? tentu saja Anda bisa membeli di toko – toko kesukaan dan kesayangan yang ada di kota Anda tinggal. Buat anda yang malas untuk keluar rumah dan ingin membeli kompor gas tanam secara online Anda bisa membelinya di Blibli dan JD ID.

Kompor Tanam Listrik

Selain model kompor gas Anda juga bisa menggunakan kompor tanam listrik. Saya yakin jika di hadapkan dengan dua pilihan seperti ini Anda pasti akan bingung untuk memilih kompor gas atau memilih kompor listrik?

Ingat kompor adalah nyawa di dalam dapur Anda, tanpa kompor dapur Anda tidak ada artinya, tetapi hanya dengan mempunyai kompor Anda masih bisa memasak di mana saja. Jadi pastikan untuk memilih mana yang ingin Anda gunakan.

Kompor listrik sendiri juga masih mempunyai dua pilihan yang harus Anda pilih salah satu.

  • Kompor listrik induksi
  • Kompor listrik Elektrik

Saya yakin beberapa orang ada yang bingung mau pilih yang mana. Ok, akan saya coba jelaskan perbedaan dari kedua kompor itu

Kompor elektrik adalah kompor yang biasanya menggunakan resistor untuk penyalur panasnya. Bentuknya sendiri biasanya melingkar, untuk memudahkan Anda membayangkan bentuk melingkarnya seperti apa, Jika Anda pernah melihat obat nyamuk bakar kira-kira melingkarnya seperti itu.

Kompor Induksi hampir sama seperti kompor elektrik, yaitu sama-sama menggunakan listrik untuk memasak, hanya saja kompor yang satu ini menggunakan magnet. Kompor jenis ini juga cepat panas dan membuat makanan cepat matang. Dari kedua jenis kompor ini sama-sama mempunyai keuntungan, yaitu aman karena tidak menggunakan api. Untuk anda yang malas untuk keluar rumah dan ingin membeli kompor gas tanam secara online, Anda bisa membelinya di Blibli dan JD ID.

Harga Pembuatan Dapur Build In di Indonesia

Berbicara mengenai harga pembuatan dapur build in biasanya sebuah perusahaan pembuatan dapur akan melakukan survey lokasi terlebih dahulu, mengukur area yang akan di buat menjadi Kitchen atau dapur. Setelah itu mereka akan membuatkan desain, baru setelah itu mereka bisa memberikan perkiraan harga yang pasti.

Jadi bisa saya katakan harga untuk pembuatan dapur sangat bervariasi sekali, karena total harga berdasarkan material yang akan digunakan. Jujur, dari sepengetahuan saya untuk pembuatan dapur build in cukup mahal. Jika Anda ingin mendapatkan harga yang jauh lebih murah, Anda bisa membeli bahan sendiri dan mencari tenaga kerja untuk pembuatan dapur Anda. untuk informasi lebih lanjut mengenai penghitungan kitchen set Anda bisa membacanya di sini.

Ya, jadi itu saja artikel kali ini tentang Dapur Build In yang bisa saya jelaskan kepada Anda. Semoga apa yang saya tulis ini bisa membantu untuk menambah pengetahuan Anda tentang hal ini.

Jika kalian suka dengan artikel Dapur Build In Terbaik ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.