skip to Main Content
Dapur Bersih Punyai Fungsi Yang Berbeda Dengan Dapur Kotor

Dapur Bersih punyai Fungsi yang berbeda dengan Dapur Kotor

 

Setiap rumah mempunyai dapur untuk memasak. Tetapi ada perbedaan antara dapur rumah modern masa kini dengan dapur rumah biasa kebanyakan. Kebanyakan rumah yang ada di Indonesia hanya mempunyai satu dapur. Saya menyebutnya dapur serbaguna, bisa buat memasak dan bisa untuk ruang makan. Dapur modern yang di miliki oleh orang-orang yang mempunyai keuangan yang cukup baik, biasanya membedakan dapur menjadi dua jenis, dapur bersih dan dapur kotor.

Kebanyakan rumah yang mempunyai dua macam dapur ini adalah rumah-rumah yang mempuyai luas cukup besar atau bisa saya katakan rumah orang gedongan (rumah mewah). Selain rumah, apartemen yang bagus dan mewah biasanya juga di lengkapi dengan dua jenis dapur ini, dapur bersih dan dapur kotor.

Rumah yang sederhana kebanyakan hanya mempunyai satu dapur saja. Tetapi saya tidak memaksudkan rumah sederhana tidak boleh mempunyai dua dapur, ini bergantung kembali kepada keuangan dari pemilik rumah. Jika keuangannya mencukupi, dan dia juga mempunyai tempat yang cukup, bisa saja rumah sederhana memiliki dan membuat dapur bersih dan dapur kotor.

Apa itu Dapur Bersih?

Dapur bersih adalah dapur yang biasanya di letakkan di ruangan yang mudah terlihat oleh orang lain. Dapur bersih banyak digunakan untuk memasak masakan yang mudah dan cepat. Di di dapur ini peralatan yang digunakan juga sangat sederhana mengingat dapur ini digunakan hanya untuk memasak masakan yang sangat simpel-simpel saja.

Beberapa orang banyak yang menggunakan dapur bersih hanya untuk memanaskan makanan saja. Kalaupun mereka ingin memasak, masakan yang rumit, biasanya hanya digunakan sekali-sekali saja atau tidak terlalu sering.

Dapur bersih juga terlihat lebih cantik karena memang mempunyai tujuan dan fungsi yang beragam, mulai dari:

  1. Tempat masak
  2. Tempat makan
  3. Tempat mengobrol
  4. Tempat bekerja dll

Apa itu Dapur Kotor?

Istilah dapur kotor ini di maksudkan untuk kegiatan memasak yang lebih berat. Di dapur ini Anda bisa melakukan beragam kegiatan berat, mulai dari mencuci piring, mencuci sayuran, memotong dan memasak masakan yang lebih lama.

Karena aktifitas yang dilakukan di dapur ini sangat banyak, makannya dapur ini di beri nama dapur kotor. Contohnya seperti cipratan minyak, kuah sayur, sambal dan sisa-sisa olahan masakan pada saat memasak. Di dapur kotor biasanya juga sering di letakkan wastafel untuk mencuci peralatan sehabis memasak.

Untuk tempatnya, dapur kotor sering di letakkan di belakang rumah atau di tempat yang tidak terlihat oleh banyak orang, khususnya oleh para tamu yang datang ke rumah.

Apa Perbedaan Dapur Kotor dan Dapur Bersih?

Sebenarnya fungsi ke dua dapur ini kalau menurut saya sama saja, sama-sama untuk memasak. Tetapi karena mempunyai tujuan lain maka banyak orang membedakan dapur menjadi dua seperti ini. Kalau dari sepengetahuan saya, biasanya dapur kotor dan bersih adalah pada fungsi dan letak dapur saja. Untuk lebih detailnya saya akan mencoba memberikan beberapa informasi yang membedakan dari ke dua dapur ini:

 

1. Letak dengan ruangan lainnya

Dapur bersih dan dapur kotor bisa terlihat dari penempatan dapurnya. Dapur bersih biasanya mudah terlihat dari ruangan lainnya, sedangkan dapur kotor tidak terlihat. Dapur bersih mempunyai desain minimalis, lebih bersih dan menyatu dengan ruangan lainnya seperti ruang makan, ruang TV atau ruangan tamu.

Sedangkan Dapur Kotor, letaknya agak tersembunyi dari ruangan lainnya. Umumnya terletak di belakang rumah. Dapur ini tidak mudah terlihat dari ruangan lainnya, misalnya dari ruang TV dan ruang makan.

2. Fungsi Dapur Kotor dan Bersih

Karena ke dua dapur ini di bedakan maka dapur bersih dan dapur kotor mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dapur bersih hanya digunakan untuk memasak-masakan yang tidak terlalu berat dan repot. Tujuannya supaya dapur ini masih terlihat bersih dan rapi.

Dapur kotor memang mempunyai tujuan untuk memasak masakan yang berat atau memasak yang sesungguhny, mulai dari memotong, mencuci dan memasak. Peralatan yang ada di dapur kotor juga lebih lengkap dari pada yang ada di dapur bersih.

Pentingkah Anda Mempunyai dua Dapur?

Mungkin sekarang yang menjadi pertanyaan kita adalah apakah perlu kita memiliki dua dapur? Jawabannya menurut saya bergantung dari masing-masing kita sebagai pemilik rumah. Kalau kita mempunyai uang yang cukup, rumah yang luas tentu lebih bagus untuk memisahkan dapur menjadi dua, dapur bersih dan dapur kotor.

Jika Anda tidak ingin mempunyai dua meskipun mempunyai luas rumah yang cukup luas, maka Anda bisa membuat dapur yang terpisah dari rumah, contohnya seperti dapur-dapur yang ada di Bali.

Sekali, penting atau tidak kembali kepada kita masing-masing, apakah kita menginginkannya atau tidak. Kalau boleh tahu, menurut Anda apakah penting kita memiliki dua dapur sekaligus?

Jika kalian suka dengan artikel Dapur Bersih punyai Fungsi yang berbeda dengan Dapur Kotor ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.

Baca juga artikel lainnya: