skip to Main Content
Ciri Ciri Freon AC Habis

Ciri ciri freon AC Habis adalah AC Rumah Tidak DIngin

 

Ciri ciri freon AC Habis – Anda pasti pernah mengalami kejadian seperti ini, entah itu di rumah atau di kantor. Sewaktu sudah menghidupkan AC ruangan tapi setelah beberapa menit berlalu atau beberapa jam lalu tapi suhu ruangan masih saja panas? Bisa jadi masalah itu di sebabkan karena freon AC rumah Anda sudah habis. Sayangnya kebanyakan dari kita kadang kurang tahu tentang bahaya yang bisa ditimbulkan jika tidak memperhatikan tentang masalah ini dan nekat menyalakan AC yang freonnya sudah habis.

AC yang freonnya sudah habis jika terus kita nyalakan bisa membahayakan kesehatan orang-orang yang tinggal di dalam ruangan itu (keracunan kloroflourokarbon, sulit bernapas, menyebabkan iritasi pada mata, lidah dan hidung, bisa menyebabkan tenggorokan menjadi bengkak, atau mungkin sampai kematian jika freon yang terhirup dalam jumlah yang cukup banyak).

Apa itu Freon AC?

Saya yakin sekali kita semua sering mendengar kata “freon”, tapi kebanyakan dari kita mungkin tidak tahu freon itu apa dan bentuknya seperti apa?

Freon adalah sejenis gas yang banyak digunakan sebagai fluida untuk membantu dalam proses penyerapan bebab pendingin ruangan.

Freon tidak bisa dilihat oleh mata kita, freon juga tidak mempunyai warna dan juga tidak mempunyai bau atau mengeluarkan bau.

Karena hal itu, banyak orang yang menjadi kurang tahu kalau freon AC mereka sudah habis atau harus sudah diganti.

Ciri ciri Freon AC Habis Total

Untuk bisa mengetahui freon AC di rumah kita sudah habis sangat mudah dan bisa diketahui dengan banyak cara:

1. AC Tidak Dingin

Sebenarnya tidak perlu waktu yang lama untuk AC kita langsung mendinginkan ruangan. Jika setelah menghidupkan AC suhu ruangan tidak berubah menjadi dingin maka kita harus berhati-hati dan patut waspada. Biasanya itu menandakan Freon AC sudah tinggal sedikit atau malah sudah habis.

Jika sudah seperti ini sebaiknya Anda segera memanggil tukang AC untuk service AC. Sebelum tukang AC datang sebaiknya Anda menggunakan kipas angin saja karena kalau memaksa untuk dinyalakan ini bisa membuat AC menjadi cepat rusak atau bahaya yang ke dua bisa merusak kesehatan manusia yang ada di dalam ruangan itu.

Tapi biasanya AC jaman sekarang akan mematikan dirinya sendiri dalam jangka waktu yang pendek jika freon sudah habis. Ini untuk tujuan keamanan AC-nya sendiri dan juga manusia.

2. Pipa Bagian Luar AC Tidak Dingin & Ada Bunga ES

Cara termudah untuk mengenali kalau freon AC sudah habis adalah dengan mengecek bagian luar AC rumah kita. Jika freon sudah habis biasanya akan muncul bunga es di pipa AC bagian belakangnya. Jadi coba cek dulu bagian belakang AC Anda, jika memang ada ditemukan bunga-bunga es atau pipa AC tidak dingin sudah bisa kita pastikan kalau tekanan freon AC sudah mulai berkurang dan harus segera di isi.

Kenapa bunga es bisa muncul? Itu bisa terjadi karena cairan freon AC sudah sangat sedikit, sehingga tidak bisa naik sampai ke bagian dalam (indoor) AC. Karena tidak mencapai bagian dalam cairan freon kembali ke pipa bagian luar AC yang akhirnya menyebabkan bunga es keluar.

muncul bunga es jika freon habis
foto dari istock.com

Jika kejadian ini dibiarkan saja untuk jangka waktu yang agak lama bisa membuat kompresor AC Anda menjadi rusak. Dalam AC, bagian yang paling penting adalah kompresornya, jika kompresornya rusak maka Anda perlu menggantinya. Saran saya mending ganti dengan atau beli AC baru saja, tapi di jaman sekarang ini kita bisa cari atau kanibal dari AC lain yang sudah rusak tapi bagian kompresornya belum rusak lalu kita pindah ke AC kita.

 

3. Lampu Indikator Timer AC Berkedip-kedip (bukan lirikan matamu ya)

Untuk mengetahui freon AC sudah habis adalah dengan melihat apakah lampu indikator timer Anda berkedip-kedip atau tidak, ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahuinya. Biasanya kalau lampu timer indikator berkedip sudah pasti freon AC habis dan Anda juga harus menyuruh tukang AC mengecek bagian belakang apakah ada yang bocor apa tidak?

Lampu timer yang sering berkedip-kedip akan menunjukkan kepada Anda ada yang harus di cek atau diperbaiki, bisa jadi karena sinyal error yang di terima IC mikroprosesor dari sendor untuk mengecek suhu, sensor untuk pipa dan juga untuk motor fan.

Dalam kasus yang terjadi di rumah saya beberapa waktu lalu, timer berkedip-kedip, setelah di cek oleh tukang AC langganan saya freon sudah habis dan yang kedua terjadi kebocoran dibelakang AC (bagian outdoor).

Jadi lampu timer indikator yang menyala menurut saya secara pribadi sudah bisa dijadikan alasan untuk mengetahui kalau AC Anda ada masalah dan

4. Bagian Luar AC Tidak Mengeluarkan Suhu Panas

Biasanya saat AC dinyalakan, bagian luar AC akan mengeluarkan hawa panas. Ini wajar dan ini adalah hasil dari proses kerja pendinginan atau proses perubahan kalori dari tekanan yang rendah ke tekanan yang cukup tinggi sehingga terjadilah perubahan tekanan suhu dibagian luar AC.

Jika saat Anda mengecek bagian luar AC tidak mengeluarkan tanda-tanda hawa atau suhu panas, maka kemungkinan besar hal ini sudah menunjukkan dengan pasti kalau freon AC sudah sebaiknya di isi atau di tambah.

Apakah AC yang freonnya sudah habis boleh terus kita nyalakan?

Jawabannya sebaiknya jangan dinyalakan dahulu. Anda sebaiknya mengisi freon terlebih dahulu agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen AC yang lainnya terutama bagian kompresornya. Kalau dipaska dinyalakan oli yang seharusnya menjadi pelumas akan naik dan akan bersikulasi ke pipa instalasi. Ini akan menyebabkan suhu pada kompresor menjadi tinggi dan akan membuatnya menjadi over heat.

Itu adalah tanda atau ciri ciri freon AC habis. Apa yang saya sebutkan di atas ciri-ciri yang pada umumnya terjadi dan mudah untuk diketahui oleh orang.  Saya rasa saat Anda membaca artikel yang saya tulis ini, saat ini Anda baru petama kali mengalami freon AC habis.

Jangan panik, karena itu adalah masalah yang biasa, yang perlu Anda lakukan sekarang adalah segera mengatur jadwal janji dengan tukang AC untuk membersihkan AC dan mengisi freon AC.

Ingat, meskipun tidak terjadi dalam kasus yang besar, senyawa yang ada pada freon bisa membahayakan bagi tubuh manusia. Alangkah lebih bagusnya jika Anda melakukan rutin pembersihan dan pengecekan freon AC.

Jika kalian suka dengan artikel AC Rumah Tidak Dingin, kenali Ciri ciri freon AC Habis ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari rumah dan suka menulis, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis TEAKBLOCK.COM.

Baca Artikel Lain: