skip to Main Content
Mengusir Semut Merah

Cara Saya Mengusir Semut Merah Yang Membandel

 

Rumah kamu sering di datangi oleh semut merah atau semut api? Dari berbagai jenis semut yang ada memang semut merah atau semut api inilah yang punya gigitan paling menyakitkan. Gigitan semut merah ini bisa membuat kulit menjadi iritasi. Tapi yang paling dirasakan adalah rasa perih dan panas. Jika di gigit dalam jumlah banyak kulit manusia bisa bengkak. Mungkin saat ini kalian sudah mencari-cari di internet tentang cara mengusir semut merah yang membandel.

Jangan terkecoh ya, meski namanya adalah semut merah, tapi jenis semut ini bisa mempunyai warna merah dan hitam. Semut merah ini memang terkenal dengan gigitannya yang menyakitkan dan seperti membakar kulit kita.

Sebenarnya semut ini hidup di luar rumah. Tapi, semut ini juga bisa masuk ke dalam rumah untuk mencari makanan, minuman dan sekaligus tempat untuk berlindung dari serangan hewan lainnya.

Saya paling kesal dengan semut. Mau semut merah atau semut lainnya. Di salah satu villa yang sering saya bersihkan bersebelahan dengan kebun orang. Parahnya lagi, tetangga saya ini menanam pohon jati tepat di sebelah tembok-tembok villa yang sering saya bersihkan.

Selain daun jatinya selalu jatuh dan mengotori pekarangan juga kolam renang, semut yang ada di pohon jati ini juga masuk ke dalam villa – Sangat menyebalkan.

Saya yakin Anda juga pasti punya perasaan yang sama seperti saya ketika semut merah ini mulai masuk ke rumah dan sering menggigit makanan atau menggigit kalian.

Tips Mengusir Semut Merah atau Semut Api

Semut merah dan semut apapun yang masuk ke dalam rumah atau yang ada di sekitar halaman rumah saya, biasanya saya semprot dengan menggunakan campuran beberapa cairan yang saya racik sendiri dan beberapa tips lain yang biasanya digunakan oleh banyak orang.

1. Menggunakan Campuran Bahan Kimia Ala Dian Pramono

  • HIT Insektisida Cair (15 – 20 sendok makan)
  • Sabun cair cuci tangan atau sabun cair apapun (10 – 20 sendok makan)
  • Wipol karbol wangi (10 sendok makan)
  • Air (Sisanya air dan isi sampai penuh)

Semua cairan itu saya campur, tidak usah banyak-banyak mungkin masing-masing cukup sekitar 10-20 sendok makan saja. Setelah itu masukkan ke dalam semprotan burung lalu isi dengan air sampai penuh dan kocok. Setelah tercampur rata silahkan semprotkan ke semut atau ke rumah semut secara rutin. Semut akan mati dan jika di lakukan dengan rutin akan mengurangi jumlah semut yang berdatangan.

Meskipun cara ini banyak yang tidak setuju karena bisa merusak kesehatan seseorang khususnya pernapasan. Jadi keputusannya ada di tangan Anda kalau saya akan menggunakan cara ini. Saat saya melakukannya saya akan menggunakan kacamata kerja, dobel masker dan sarung tangan.

2. Menggunakan Bubuk Cabai

Menggunakan bubuk cabai bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah

  • Meletakkan bubuk cabai di dekat semut atau di sepanjang jalur semut
  • Menaburkan langsung pada semut merah
  • Cara saya – Saya akan melarutkan bubuk cabai dengan air lalu menyemprotkan cairannya dengan menggunakan botol semprotan burung (botol sprayer) langsung ke semut dan rumah semut

3. Menggunakan Tepung Maizena (Tepung Jagung)

Dari informasi yang saya baca rupanya tepung jagung atau yang lebih dikenal dengan sebutan tepung maizena bisa digunakan untuk membunuh semut. Pasti banyak yang penasaran kan kenapa tepung kok bisa digunakan untuk mengusir semut?

 

Jadi, sifat tepung maizena ini kan bisa mengembang dan mengental. Setelah di makan oleh semut, katanya semut tidak bisa mencerna tepung karena tepung akan mengembag dan membuat semut mati. Saya sendiri belum pernah mencoba dan lihat langsung apa betul seperti itu? Masih belum yakin benar sih ama tips yang satu ini, tapi apa salahnya kita coba ya gak. Kalau tidak mempan yang kita pakai cara saya saja di nomor satu.

4. Semprot Dengan Cuka

Tahu cuka kan? Pasti tahu lah apalagi yang suka makan bakso dan sotomi bakalan tahu betul cuka. Nah cuka rupanya bisa menjadi senjata yang ampuh untuk membunuh semut-semut merah yang nakal. Selain bisa membunuh semut juga akan pergi dari rumah mereka karena trauma kena siraman air cuka.

Semprotan pertama gunakan 100 persen cuka saja. Semprotan rutin selanjutnya kita sudah bisa mencampur cuka dengan air, supaya irit karena cuka makanan kan dikit kalau kita beli dalam satu botolnya. Jadi untuk pemakaian rutin selanjutnya sudah bisa di campur dengan air.

5. Menyiram Dengan Air Panas

Cara ini adalah cara yang cepat untuk membunuh semut dan sarang semut. Sayangnya air panas ini tidak bisa kita gunakan untuk menyiram semut yang berada di atas. Kita hanya bisa menyiram semut yang berada di bawah saja.

Jadi tips menggunakan air panas menurut saya ampuh tapi tidak maksimal sekaligus membahayakan manusianya juga. Jadi yang paling bagus dan ampuh menurut saya untuk mengusir semut merah adalah dengan menggunakan cara di nomor satu seperti yang biasanya saya lakukan.

Untuk Informasi lengkap Cara Mengusir Semut di Rumah, silahkan Anda baca artikel tentang Cara Mengusir Semut di Rumah.

Jika kalian suka dengan artikel Cara Mengusir Semut Merah ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.

Artikel Yang Mungkin Menarik