skip to Main Content
Cara Mengusir Tikus Dengan Aman Tanpa Bau Bangkai

Cara Mengusir Tikus Dengan Aman

 

Tikus, siapa yang suka tikus? Saya rasa semua yang membaca artikel ini tidak suka tikus dan kemungkinan besar sedang berusaha mencari informasi tentang Cara Mengusir Tikus Dengan Aman dan tanpa harus meninggalkan bau bangkai tikus. Tikus paling sering di temukan di mana-mana, termasuk di rumah kita. Apalagi kalau rumah kita dekat dengan sarang tikus atau dekat dengan kebon kosong. Sudah dipastikan tikus bisa datang bisa juga tidak.

Tikus bisa bisa membuat rumah kita menjadi kotor dan mungkin berbau. Tidak hanya itu, tikus juga bisa menjadi sumber pembawa penyakit. Oleh karena banyak merugikan manusia, sebisa mungkin kita mengusir tikus dari rumah kita.

Dapur adalah tempat utama yang paling sering dikunjungi oleh tikus, yang kedua adalah tempat sampah dan juga selokan yang ada di dekat rumah.

Inspeksi Tanda Kehadiran Tikus

Untuk mengetahui keberadaan tikus di dalam rumah sebenarnya cukup mudah.

  1. Coba cari apakah ada kotoran tikus di atas loteng rumah atau di dapur Anda
  2. Apakah ada yang rusak akibat tikus
  3. Apakah ada sarang tikus, Jejak tikus atau suara berisik tikus
  4. Apakah tercium bau urine tikus

Jadi itu adalah beberapa cara kita bisa mengetahui apakah di rumah atau loteng rumah kita terdapat tikus. Cukup mudah bukan?

Apa Saja Penyakit yang di Bawa Oleh Tikus?

Kalau dari sisi saya pribadi ya, tikus itu tidak menguntungkan buat saya. Ini kalau saya ya, mungkin ada beberapa orang yang bilang ada juga keuntungan tikus. Terlepas dari baik dan buruknya tikus, saya mau meminta Anda untuk lebih melihat hal apa saja yang bisa di bawa tikus ke dalam rumah kita?

Selain bisa merusak peralatan yang ada di dalam rumah, tikus juga bisa membuat kita menjadi sakit. Nah, apa saja sih penyakita yang di sebabkan oleh tikus, mari kita lihat satu persatu ya.

1. Penyakit Pes

Tikus bisa menyebabkan penyakit Pes. Penyakit ini di bawa oleh kutu tikus. Jika Anda tergigit kutu tikus yang mempunyai bakteri pes maka Anda akan terkena penyakit Pes. Itulah mengapa kita harus mengusir dan membasmi tikus agar tidak terkena penyakit Pes.

Tikus jumlahnya sangat banyak, jadi jangan terlalu khawatir untuk membunuh tikus. Lebih baik Anda bunuh mereka daripada Anda terkena virus pes dan sakit.

2. Penyakit Leptospirosis

Penyakit ini adalah penyakit yang di sebabkan oleh infeksi bakteri yang berbentuk spiral dan sangat menular. Biasanya menular dari hewan ke manusia termasuk binatang seperti tikus. Kalau Anda punya luka yang terbuka, bakteri ini bisa masuk dan menyerang Anda.

Bahkan hanya sekedar menyentuh tanah, urine atau darah dari hewan yang punya bakteri ini Anda sudah bisa tertular. Jadi cukup mudah ya penyebaran virus akibat penyakit leptospirosis yang di bawa oleh tikus.

Satu lagi nih yang perlu kamu tahu. Jika Anda tertular bakteri ini dan Anda biarkan saja tanpa ada pengobatan. Leptospirosis bisa menyebabkan meningitis atau yang lebih di kenal dengan peradangan selaput otak, bisa menyebabkan gangguan pernapasan akut, merusak ginjal dan yang paling parah bisa sampai membuat seseorang menjadi mati. Jadi tikus ini sangat berbahaya ya.

3. Hantavirus

Penyakit HPS di tularkan oleh hewan pengerat salah satunya seperti tikus dan lain-lain. Jika seseorang tertular penyakit ini, tanda-tandanya seperti orang terkena penyakit flu dan kemudian dengan cepat akan membuat pernapasan seseorang menjadi sulit dan bisa menyebabkan kematian.

Itulah mengapa saya sangat menyarankan Anda untuk membasmi tikus, karena kotoran tikus, partikel urine tikus dan juga air liur tikus yang bertebaran di udara kemungkinan bisa membuat Anda terinfeksi penyakit HPS ini.

Hati-hati dengan makanan yang ada di dapur. Jika tikus menyentuh makanan Anda, Anda bisa tertular penyakit ini karena sebelumnya makanan Anda sudah di sentuh oleh tikus.

4. Rat Bite Fever

Gak usah tahu deh, saya aja sulit untuk menyebutkan kalimat itu yang pasti ini juga bakteri yang di bawa oleh tikus.

Biasanya bakteri atau penyakit ini ditularkan melalui makanan yang pernah di sentuh oleh tikus. Penyakit ini juga bisa menyebabkan sesuatu yang fatal bagi manusia jadi sekali lagi, basmi tikus sampai ke akar-akarnya.

Cara Mengusir dan Menangkap Tikus

Nah, Anda sudah tahu beberapa penyakit yang bisa di sebabkan karena keberadaan tikus. Menurut saya cukup serius dan membahayakan manusia dan juga barang-barang di rumah.

Sekarang kita masuk ke bagian yang paling seru tentang cara membasmi serangan tikus di rumah kita.

1. Menggunakan Lem Tikus

Cara pertama dan yang menurut saya ampuh adalah dengan menggunakan lem tikus. Lem tikus ini ada banyak macam merek. Jadi Anda bisa mencari dan membelinya di toko-toko dekat rumah. Saya biasanya menggunakan lem tikus untuk menangkap tikus yang ada di rumah dan di luar rumah.

Kalau dulu mungkin lem tikusnya tidak begitu bagus ya. Tapi sekarang, lem tikusnya sudah sangat lengkep dan ampuh. Di jamin tikus tidak bisa keluar setelah masuk dalam perangkap lem. Saya sudah membuktikannya sendiri.

 

Dengan menggunakan lem tikus, kita juga bisa terhindari dari bau bangkai tikus. Karena kita tahu di mana tikus terperangkap. Kalau menggunakan racun, tikus bisa mati di mana-mana dan kemungkinan bisa mati di dalam loteng rumah dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Menggunakan Perangkap Tikus

Cara lain untuk menangkap tikus adalah Anda bisa membeli perangkap tikus yang di jual di pasar-pasar rakyat atau di toko serba ada. Perangkap tikus bisa menangkap tikus-tikus dalam ukuran kecil dan untuk tikus yang besar-besar biasanya bisa lolos dan lepas. Ini pengalaman saya waktu masih kecil ya. Saya kurang tahu apakah sekarang, perangkap tikusnya sudah lebih bagus atau belum.

Tikus Terjebak di perangkap tikus
Image by Shutterstock

Untuk menangkap tikus dengan menggunakan jebakan tikus ini Anda bisa meletakkan di daerah di mana tikus sering lewat atau di sudut-sudut rumah. Jika Anda menggunakan perangkap tikus yang jepit, pastikan hindari dari anak-anak kecil karena bisa menjepit kaki atau tangan mereka.

Agar tikus bisa tertangkap, beri makan dengan makanan yang menarik dan mengundang selera mereka makan.

3. Menggunakan Racun Tikus

Cara lain yang juga terbukti ampuh bisa membasmi tikus adalah dengan memberikan tikus makan yang sudah di beri racun tikus. Jika tikus makan racun tikus, tidak butuh waktu lama tikus akan mati satu persatu.

Tikus Mati Kena Racun Tikus
Image by Shutterstock

Tapi seperti yang sudah saya katakan di atas, kalau kita menggunakan racun tikus, kita tidak pernah tahu di mana saja tikus mati. Kita tidak bisa mengontrol mereka. Tikus akan mati begitu di mana racun mulai bekerja dan kita harus mengambilnya satu persatu.

Jujur, kalau saya tidak suka dan tidak mau menggunakan racun tikus. Sangat merepotkan kalau tikus mati apalagi matinya di tempat-tempat yang sulit kita jangkau atau di tempat yang tidak terlihat.

4. Memelihara Kucing

Seperti yang ada dalam film-film kartun, kucing adalah musuh utama tikus. Jika kita ingin mengurangi ruang gerak tikus, kita bisa memelihara kucing, kucing akan membantu kita mengusir tikus. Meskipun bisa menangkap tikus, menurut saya kucing tidak bisa benar-benar sepenuhnya kita andalkan untuk menangkap tikus.

5. Menggunakan Jasa Pengusir Hama

Jika tikus sudah sangat banyak maka Anda perlu bantuan ahli pengusir hama yang akan membantu Anda mengusir dan menangkap tikus yang ada di rumah. Selain menggunakan obat mereka juga menggunakan cara-cara yang berbeda yang dilakukan oleh orang biasa.

Jika kalian suka dengan artikel Cara Mengusir Tikus Dengan Aman Tanpa Bau Bangkai ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.

Artikel Menarik Lainnya: