skip to Main Content
Cara Mengusir Semut Di Rumah

Kesal sama Semut? Begini Cara Mengusir Semut di Rumah

 

Semut adalah serangga yang mempunyai tubuh kecil dan mungil, biasanya mempunyai jumlah yang sangat banyak sekali, mereka hidup bersama sebagai satu koloni besar. Semut tida hanya ada di dareah tertentu atau negara tertentu saja, semua ada di semua penjuru bumi ini, kecuali di kutub yang dingin itu ya. Semut dalam jumlah banyak mungkin akan sangat menjengkelkan, karena semut biasanya suka memakan sesuatu yang manis. Nah mau mengusir semut yang membandel? Berikut ini beberapa tips Cara Mengusir Semut yang membandel di rumah.

Cara Mengusir Semut yang dilakukan banyak orang

1. Pakai Obat Nyamuk atau Cairan Kimia

Saya secara pribadi sering menggunakan cairan obat nyamuk untuk mengusir semut dan juga mengusir rayap. Alasan saya menggunakan cairan kimia atau obat nyamuk cair adalah karena terbukti sangat ampuh dan cairan ini memang di buat secara khusus untuk membunuh banyak serangga. Tapi beberapa orang ada yang mengatakan kalau kita terlalu sering menggunakan cairan kimia ini bisa menggangu kesehatan penghuni rumah.

Mungkin alasan itu ada benarnya juga tapi kalau di semprotkan dengan cara yang wajar dan benar, cairan ini menurut pendapat pribadi saya tidak terlalu berbahaya. Jadi ini bergantung dari kita masing-masing ya, kalau saya lebih memilih menggunakan cairan kimia atau obat nyamuk cair.

2. Menggunakan Asam Borat

Cara mengusir semut yang selanjutnya adalah masih dengan menggunakan bahan kimia yang bisa Anda beli di toko bahan kimia, yaitu bubuk asam borat. Bahan kimia ini sangat ampuh cara menggunakannya ada dua cara cara pertama dilarutkan dan cara yang kedua tidak dilarutkan.

Untuk cara yang tidak dilarutkan yang perlu Anda lakukan adalah Anda hanya perlu menaburkan bubuk asam borat ke daerah yang sering di lalui oleh semut atau ke sekeliling rumah Anda. Anda juga bisa menggunakan sendok kecil atau sedotan untuk meletakkan asam borat di lubang semut atau sudut-sudut yang tidak bisa dijangkau.

Sedangkan cara yang di larutkan adalah dengan cara melarutkan sekitar ½ sampai 1 sendok asam borat boleh juga lebih dengan air hangat. Beberapa orang ada yang menyarankan dengan menambahkan sekitar 8 sendok the gula. Kalau buat saya cukup asam borat dan air hangat saja. kemudian aduk sampai rata dan setelah itu masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke semut atau area yang banyak semutnya.

Harap berhati-hati saat menggunakan asam borat. Jauhkan dari anak-anak kecil agar mereka tidak bermain di dekat taburan asam borat.

3. Siram atau Semprotkan dengan air Panas

Semut banyak sekali jenisnya, semua semut menurut saya sama-sama membuat kesal dan menjengkelkan. Jika Anda bisa mengetahui di mana sarang semut Anda juga bisa menggunakan cara yang murah dan mudah di buat, air panas. Ini cara yang kadang-kadang juga saya gunakan untuk mengusir semut.

4. Menggunakan Kapur Anti Serangga

Saya rasa untuk bagian yang satu ini sudah banyak yang tahu karena kapur untuk anti serangga atau semut banyak di jual bebas di toko-toko. Kalau Anda mau tahu, kapur ini berbeda dengan kapur yang biasa digunakan di sekolah ya. Kapur ini di buat dari kalsium karbonat yang baunya memang tidak begitu di sukai oleh semut.

Cara menggunakannya juga sangat mudah Anda hanya perlu menggaris bagian yang sering di lalui oleh para semut ini. Semut tidak akan berani melewati garis yang sudah kita tandai tadi.

Tapi dari pengalaman saya, cara ini memang tidak bisa membunuh semut, ini hanya untuk membuat semut tidak bisa lewat jalur yang di tandai dengan kapur. Saran saya, gunakan obat serangga cair kemdian garis bagian yang sering di lewati oleh semut. Dengan memadukan dua cara ini, semut bisa mati dan semut lain yang datang di waktu lain juga tidak bisa melewati jalur yang di tandai dengan kapur.

5. Menggunakan Lada

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengusir semut adalah dengan menaburkan lada atau cabe bubuk di sepanjang jalur yang sering di lewati semut. Bisa juga Anda menaburkan lada di atas sarang semut. Ini akan membuat semut malas dan takut untuk lewat.

6. Menggunakan Garam

Garam dapur juga bisa digunakan untuk mengusir dan mencegah semut datang. Cara menggunakannya hampir sama dengan cara menggunakan lada. Anda hanya perlu menaburkan garam di sepanjang jalan yang sering di lalui oleh semut. Rumah atau lubang semut juga bisa Anda taburi dengan garam agar semut tidak berani keluar.

 

Memang menggunakan lada, bubuk cabai dan garam akan terlihat sedikit berantakan kalau menurut saya. Jika ingin menggunakan cara ini paling cocok adalah untuk di luar rumah atau di sekeliling rumah, karena tidak akan terlihat kotor dan berantakan, tapi kalau Anda tidak masalah dengan hal itu cara ini bisa dilakukan untuk di dalam rumah.

7. Menutup Lubang Semut dengan Balsem atau Remason

Cara ampuh yang kadang – kadang saya gunakan adalah menutup lubang semut dengan menggunakan balsam atau remason. Cara ini akan membuat semut tidak keluar dan bersarang di tempat itu lagi. Aroma balsam dan remason yang tajam akan membuat semut menjauh dan tidak berani mendekat apalagi keluar dari dari lubang sarangnya.

8. Cuka

Cuka bisa digunakan juga untuk membunuh dan mengusir semut-semut yang membandel. Jika di dapur ada stok cuka dan melihat ada banyak barisan semut yang berjalan Anda bisa menyiram atau menyemprotkan barisan semut dengan cuka. Semut akan langsung mati di tempat saat itu juga.

Anda juga bisa menyiram lubang semut dengan menggunakan cuka. Biasanya lubang semut yang sudah terkena siraman cuka tidak akan di tinggali lagi oleh semut.

Sebenarnya ada banyak cara dan bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengusir dan membunuh semut. Saya tidak akan menyebutkan satu persatu karena saya yakin daftarnya akan sangat banyak sekali dan saya juga yakin Anda bisa menggunakan cara-cara lain yang menurut Anda mampu membunuh dan mengusir semut. Jadi jangan takut untuk menggunakan cara lain yang ingin Anda coba.

Cara Mencegah Agar Semut Tidak datang dan Bersarang di rumah Anda

Semut memang susah sekali di kendalikan, kita tidak bisa benar-benar bisa mengusir semut dari rumah atau dari kantor. Yang bisa kita lakukan adalah berupaya melakukan cara-cara pencegahan yang akan membuat semut datang dan bersarang di rumah.

Lakukan beberapa cara ini yang akan semut tidak berani keluar dan mendekati makanan:

  • Selalu segera bersihkan meja makan dan dapur setelah menggunakannya
  • Simpanlah makanan dan juga buah-buahan yang mengundang semut untuk datang dan memakannya, Anda bisa meletakkan makanan di dalam tempat yang kedap udara, atau bisa juga masukkan ke dalam kulkas
  • Hindari untuk meletakkan buah-buahan manis di luar ruangan terbuka
  • Selalu bersihkan dan buang sampah ke luar rumah dan saya biasanya menyemprot tempat sampah dengan menggunakan cairan pembersih kaca atau obat nyamuk cair. Ini akan membantu semut untuk tidak masuk ke dalam tempat sampah
  • Tutup semua lubang kecil yang ada di dalam rumah dengan menggunakan sabun colek atau remason
  • Bersihkan pot-pot bunga atau tanaman yang sudah menjadi sarang semut

Sekali lagi ingin saya katakan, meskipun ada banyak cara untuk mengusir semut yang ada di rumah atau di kantor kita, Anda bisa memilih mana yang menurut Anda paling cocok dan praktis untuk diri Anda sendiri.

Kalau saya, saya lebih senang menggunakan bahan pengusir semut yang cair. Alasannya karena tidak ribet, mudah digunakan dan tidak terlihat ada kesan jorok. Jika Anda memilih bahan kimia seperti saya, pastikan menggunakannya dengan cara yang benar dan aman. Selalu gunakan sarung tangan saat Anda mulai bekerja dan jauhkan dari anak-anak kecil di rumah.

Jika kalian suka dengan artikel Cara Mengusir Semut di Rumah ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.

Artikel menarik lainnya: