skip to Main Content
Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi apa saja

 

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi – Karat pada besi pasti menjadi masalah banyak orang termasuk saya secara pribadi. Besi bisa sangat cepat mengalami korosi karena cuaca dan juga hal lainnya. Kotoran hasil dari korosi biasanya berwarna kuning kecoklatan. Jika karat dibiarkan bisa merusak besi dan cepat atau lambat besi itu bisa hancur. Di tempat kami tinggal di kota Bali, karat bisa muncul dengan sangat cepat mengingat lingkungan sekitar kami di kelilingi oleh lautan sehingga banyak mengandung uap garam dan ditambah lagi lingkungan sekitar juga sangat lembab. Tidak hanya itu, karat juga bisa timbul karena terkena air hujan atau uap air.

Tapi, benda-benda yang terbuat dari besi memang sangat rentan sekali dengan karat. Makannya ketika mulai melihat ada karat kecil, segera atasi karat dengan menutup karat menggunakan cat besi.

Saya sendiri paling kesal kalau ada karat di benda – benda kesayangan saya, seperti pagar rumah, mobil, motor atau peralatan kerja seperti parang, cangkul dan lain sebaginya.

Lalu apakah ada cara untuk menghilangkan karat pada besi yang sudah terlanjut berkarat?

Jawabannya bisa, tapi biasanya tidak bisa benar-benar hilang dengan sempurna. Karat yang dibersihkan masih tetap terlihat meskipun sudah di bersihkan, tapi karat bisa kita tutupi dengan mengecatnya setelah dibersihkan.

Tips Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Apapun

1. Menggunakan Amplas

Saya yakin banyak yang sudah tahu benda yang satu ini. Amplas terbukti sangat berguna untuk membersihkan karat dan menghaluskan permukaan kayu atau besi. Cara membersihkan karat dengan amplas juga sangat mudah, Anda hanya perlu menggosok permukaan besi yang berkarat dengan menggunakan amplas. Memang dari pengalaman saya secara pribadi, karat yang kita bersihkan dengan amplas tidak benar-benar bisa menghilang, tapi permukaan karat yang kita gosok menjadi halus dan karat menjadi berkurang.

Saya biasanya setelah karat dibersihkan dengan amplas besi yang berkarat saya cat ulang lagi agar besi bisa terlihat menjadi bagus lagi dan karat tidak akan timbul lagi dengan cepat.

bersihkan karat dengan Ampelas
Image dari iStock

2. Menggunakan Cuka Dapur

Cara menghilangkan karat yang terbilang mudah dan menggunakan bahan yang ada di dapur adalah cuka. Cuka rupanya bisa kita gunakan untuk membersihkan karat. Meskipun terlihat tidak masuk akal tapi cuka benar-benar bisa digunakan untuk membersihkan karat yang membandel di besi.

Cara membersihkan karat dengan cuka juga sangat mudah:

  • Tuangkan cuka pada mangkok yang tidak terpakai
  • Gosong karat dengan menggunakan kuas, spons, sikat gigi bekas atau sikat yang terbuat aluminium

Meskipun cara ini membutuhkan waktu dan membuat pegal tangan (Saat menggosoknya), Anda pasti akan cukup puas melihat hasilnya meskipun tidak 100 persen bersih total.

3. Menggunakan Soda Kue, Air Perasan Jeruk dan Garam Dapur

Bahan-bahan untuk membersihkan karat yang kali ini sangat mudah di dapat di rumah kita masing-masing. Gunakan Soda Kue, Air Perasan Jeruk dan tambahkan garam dapur untuk menghilangkan dan mengurangi karat yang membandel pada besi.

Untuk membersihkan dengan bahan-bahan ini sangat mudah, karena semua bahan yang saya sebutkan tadi tinggal kita campur saja ke dalam satu wadah yang sudah tidak terpakai lagi.  Agar lebih memudahkan Anda, saya akan menunjukkan cara menggunakan semua bahan-bahan ini.

bersihkan karat dengan soda kue
Gambar dari iStock
  • Campurkan ½ sendok garam, ½ sendok soda kue dan air perasan jeruk yang menurut Anda cukup. Untuk garam dan soda kuenya bisa Anda di sesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan.
  • Setelah semua bahan di masukkan ke dalam satu wadah, silahkan aduk semua bahan itu dan diamkan selama kurang lebih dua jam. Saya biasanya bisa lebih lama dari itu.
  • Kemudian setelah didiamkan langkah selanjutnya adalah Anda harus mengoleskan bagian yang berkarat dengan menggunakan cairan ini.
  • Diamkan selama beberapa menit atau bisa juga Anda lakukan secara berulang lalu diamkan.
  • Setelah didiamkan beberapa saat, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian yang berkarat tadi dengan lap.

4. Membersihkan Karat Menggunakan Asam Sitrat

Terdengar seperti sesuatu yang berbaya ya? Tapi sebenarnya asam sitrat sering digunakan oleh Ibu-ibu untuk menambah rasa di makanan dan juga minuman. Selain untuk membantu menambah rasa makanan dan minuman asam sitrat juga bisa digunakan untuk membersihkan karat pada besi.

 

Cara menggunakan asam sitrat untuk membersihkan karat terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu mencampur asam sitrat dengan air panas atau air hangat di dalam sebuah wadah yang sudah tidak di pakai. Setelah itu silahkan rendam benda-benda yang berkarat dengan air ini selama kurang lebih satu jam. Semakin lama akan semakin bagus. Setelah di rendam silahkan gosok besi yang berkarat dengan menggunakan kain, serabut, sikat dari alumunium atau bisa juga menggunakan ampelas.

5. Bersihkan Karat dengan Solar

Solar memang terkenal sebagai bahan bakar untuk kendaraan. Selain fungsi utamanya untuk bahan bakar, solar bisa digunakan juga untuk membersihkan karat pada benda-benda yang terbuat dari besi. Cara membersihkan karat menggunakan solar juga tidak repot, cukup beli solar secukupnya, kemudian silahkan rendam barang-barang yang terbuat dari besi yang sudah berkarat selama 1 hari atau lebih. Tujuan merendam adalah agar karat pada besi bisa bereaksi, kemudian silahkan angkat benda – benda yang berkarat tadi. Coba perhatikan, karat pada besi sudah hilang dengan sendirinya. Jika masih ada silahkan gosok karat dengan menggunakan serabut, kain atau ampelas.

6. Bersihkan Karat dengan Air Soda

Air Soda atau minuman yang mengandung soda juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Meskipun tidak benar-benar menjadi seperti baru, tapi air soda bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan karat pada benda-benda kesayangan kita.

Caranya sangat membersihkan karat dengan menggunakan air soda cukup mudah, Anda bisa rendam benda-benda yang berkarat dengan menggunakan air soda selama beberapa jam atau lebih. Setelah itu silahkan Anda gosok karat dengan menggunakan sikat dari aluminium atau menggunakan serabut kelapa atau bisa juga yang terbuat dari aluminium.

7. Menutup Karat dengan Cat Besi

Cara lain untuk menghentikan karat adalah dengan mengecat permukaan besi dengan cat besi. Tapi sebelum besi yang berkarat kita cat sebaiknya karat di bersihkan dulu dengan ampelas. Gosok sampai karat benar-benar halus dan berkurang, setelah itu kalian cat permukaan besi dengan menggunakan cat besi.

Image dari iStock

Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karat. Dari pengalaman dan sepengetahuan kami, kita semua tidak bisa benar-benar membersihkan karat seperti besi yang baru lagi. Tapi setidaknya dengan membersihkan permukaan karat ini akan membantu membuat benda-benda yang terbuat dari besi bisa bertahan lebih lama daripada tidak di bersihkan sama sekali.

Apapun yang akan Anda gunakan untuk membersihkan karat, jika itu berhasil jangan lupa untuk membagikan pengetahuan Anda kepada banyak orang agar mereka juga bisa mengetahui cara membersihkan benda-benda berkarat yang terbuat dari besi.

Jika kalian suka dengan artikel Cara Menghilangkan Karat Pada Besi ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis TEAKBLOCK.COM.

Artikel Menarik lainnya: