skip to Main Content
Cara Memilih Unit Dapur Yang Cocok Untuk Rumah Anda

Cara Memilih Unit Dapur yang cocok untuk rumah Anda

 

Cara Memilih Unit Dapur yang cocok – Dapur pasti menjadi salah satu bagian yang paling terpenting dari setiap rumah, karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dalam dapur. Kami yakin, banyak dari antara kita yang kurang begitu nyaman ketika melakukan kegiatan rutin memasak di dapur. Ketika kita merasa kurang nyaman, pasti ada sesuatu yang salah dengan dapur atau ruangan kita. Pemilihan, penggunaan dan penataan elemen yang ada di dalam rumah juga menjadi salah satu faktor untuk membuat hunian menjadi lebih nyaman dan Indah.

Mungkin saat ini tidak semua orang bisa mempunyai rumah mereka sendiri, tidak mempunyai ruangan yang cukup luas dan hunian yang nyaman. Tapi di masa depan nanti Pencipta kita menjanjikan kepada kita semua bahwa kita akan membangun rumah kita sendiri dan tinggal di situ, kita akan punya tempat tinggal kita sendiri dan tidak ada lagi yang kelaparan bahkan kematian – Yesaya 65:21, 22, Yesaya 25:8.

Saat Anda akan membuat dapur yang baru untuk di rumah, cara yang paling baik menurut kami adalah dengan merancangnya terlebih dahulu dan Anda bisa menggunakan bantuan Jasa Arsitek atau Desainer Interior.

Beberapa orang mungkin ada yang hanya ingin menambahkan kabinet di dapur mereka. Jika itu yang akan Anda lakukan maka, harap memastikan setiap fungsi dan juga desain kabinet yang dipilih sesuai dan cocok dengan dapur di rumah Anda.

Pemilihan Materi untuk Kabinet Dapur

Menggunakan Kayu MFC

MFC ini terbuat dari bahan melamine sheet, yang sudah di press diatas sebuah permukaan Particle Board dengan menggunakan bantuan sebuah mesin, sehingga menghasilkan daya rekat yang cukup kuat dan sempurna. Di bandingkan dengan lainnya MFC mempunyai ketahanan yang jauh lebih baik seperti dari goresan ringan dan juga air.

Sayangnya jika sudah terkena minyak atau menyerap minyak, MFC sulit untuk di bersihkan. Biasanya Anda harus membeli kertas untuk melapisi bagian bawah dari kabinetnya.

Menggunakan Kayu PLY Laminasi

Jenis Kayu PLY laminasi jauh lebih tahan air dan juga lebih tahan dari lemak atau minyak. Penggunaan bahan ini bisa menjadi alternatif pengganti bahan MFC.

Menggunakan Aluminium, Gelas, Plastk dan Alloy

Semua jenis bahan ini bisa Anda gunakan untuk meterial kabinet Anda karena sifatnya yang tahan dari hama, selain itu Ana juga tidak perlu khawatir akan adabya proses oksidasi. Cocok untuk digunakan di daerah yang mempunyai iklim tropis karena tahan lembab dan tahan dari sinar matahari.

Menggunakan Bahan Beton Cor

Nah kalau yang satu ini saya rasa semua sudah tahu dan banyak yang menggunakannya. Selain murah dan juga mudah di buat, penggunaan bahan ini juga tahan lama.

Pemilihan Cat untuk unit dapur Anda

Warna dan cat juga menjadi bagian yang sangat penting dalam membuat suasana saat memasan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Karena sangat penting, maka pemilihan warna dan juga pengecatan harus dipikirkan dengan baik.

Menggunakan Cat PU

Cat PU biasa digunakan untuk pengecatan otomotif karena mempunyai kilau warna yang sangat indah. Sayangnya waran dengan cat PU tidak begitu terang saat digunakan di bagian dalam rumah atau ruangan.

 

Banyak yang menggunakan cat ini untuk mengecat kayu, tetapi belakangan banyak orang yang tidak lagi menggunakan cat ini karena dianggap tidak bagus untuk kesehatan manusia.

Cat Berbahan Dasar Air

Cat berbahan dasar air ini jauh lebih ramah dan aman untuk kesehatan manusia. Warna-warna untuk tone muda bisa dengan mudah kita gunakan dan variasinya sangat banyak.

Menggunakan Cat UV

Cat jenis ini sangat mirip dengan cat PU, tetapi biasanya tidak begitu bagus untuk bagian tepinya, biasanya untuk menutup bagian tepinya

Menggunakan Cat Akrilik

Cat akrilik sangat mengkilap saat digunakan sayangnya jenis cat ini kurang begitu tahan lama jika kena goresan. Jadi jika Anda memilih untuk menggunakan jenis cat ini, harus sangat berhati-hati.

Mengecat Kabinet Dapur Anda

Jika Anda berniat untuk mengecat kabinet dapur Anda sendiri, pastikan Anda sudah tahu caranya. Saran kami gunakan tenaga yang sudah berpengalaman untuk melakukannnya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi jika Anda ingin belajar dan mencoba mengecat sendiri maka tidak ada salahnya juga untuk belajar mengecat sendiri.

Pertama pastikan semua pegangan kabinet dapur Anda lepas, baik yang berada di luar dan di dalam. Tutup setiap bagian lainnya yang tidak ingin Anda cat agar tidak terkena semprotan cat.

Bersihkan permukaan bagian kabinet Anda dengan menggunakan lap basah halus, bisa juga Anda tambahkan diterjen yang kuat untuk untuk membantu membersihkan semua bagian yang akan di cat.

Setelah itu poles kabinet yang sudah kering. Pada bagian permukaan yang sudah tergores silahkan Anda isi untuk membuatnya rata kembali setelah itu Anda poles lagi.

Silahkan mulai mengecat setiap kabinet Anda. setelah kering silahkan Anda lapisi lagi agar cat tebal dan rata. Kemudian Anda langsung Anda poles kembali.

Jika warnanya sudah bagus dan sesuai dengan yang Anda harapkan. Silahkan lepas penutup bagian yang tidak di cat dan pasang kembali pegangan kabinet Anda. sekarang kabinet Anda akan tampak terlihat lebih baru.

Jika kalian suka dengan artikel Cara Memilih Unit Dapur yang cocok untuk rumah Anda ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.

Baca Artikel Lainnya: