skip to Main Content
Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Di Bor Menggunakan Perekat

Cara Memasang Rak Dinding tanpa di Bor Menggunakan Perekat

 

Seringkali saat berada di tempat yang kita sewa, kita “dilarang memodifikasi” dinding atau memaku dinding. Atau mungkin Anda mempunyai rumah baru dan ingin memasang rak atau hiasan dinding seperti pigura tetapi tidak ingin mengebor dinding rumah. Apakah ada Cara Memasang Rak Dinding tanpa di Bor atau tanpa perlu di Paku?

Kita tahu, rak yang kita beli dan pilih pasti terlihat indah dan cocok ketika di pasang di salah satu ruangan rumah kita. selain tidak membuat berantakan barang, rak dinding adalah tempat yang paling baik untuk tempat menyimpan barang.

Selain sebagai tempat menaruh barang, rak dinding saat ini banyak di cari orang untuk mempercantik rumah. Tetapi yang sering menjadi masalah adalah untuk memasangnya karena Anda harus membuat lubang untuk memsang rak dindingnya.

Tenang saja, Anda bisa memasang rak dan hiasan dinding rumah tanpa perlu merusak dinding rumah Anda, aman, bersih dan terlihat lebih rapi.

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan sebuah perekat dinding seperti 3M Command Picture Hanging Strip, Menggunakan Selotip Mounting, 3M Double Tape Mounting dan perekat dinding lainnya.

Perhatikan Kapasitas Beban Rak Dinding

Jika kita ingin menggunakan perekat dinding untuk memasang rak dinding usahakan untuk memilih rak dinding yang tidak terlalu berat. Selain itu jangan meletakkan barang-barang yang terlalu berat, misalnya buku-buku yang besar, karena menggantung rak tanpa menggunakan paku tidak bisa menahan beban yang terlalu berat.

Pastikan juga untuk menghindari meletakkan barang-barang yang terbuat dari kaca, keramik dan barang-barang lain yang mudah pecah. Tujuannya untuk menghindari rak dinding jatuh dan menimpan orang.

Pilih Rak Dinding yang Ringan

Rak dinding mempunyai model dan desain yang berbeda-beda, ada yang dari kayu dan ada juga yang campuran dari besi atau Stainnless. Saya sangat menyarankan untuk menggunakan rak dinding yang terbuat dari kayu-kayu yang ringan dan tidak berat.

Selain tidak berat, pilih juga rak dinding yang ukurannya tidak terlalu besar dan rumit. Anda bisa melihat contoh rak dinding cantik yang ada di dalam gambar ini contohnya.

Kita semua tentu ingin memastikan rak dinding yang kita beli mempunyai desain yang unik dan juga ringan. Ini akan mempermudah pemasangan dan tentu kita juga tidak ingin merusak keindahan rumah kita dengan menempatkan barang-barang yang kurang cocok di rumah.

Sejak adanya demam YouTube di Indonesia, rak dinding banyak di minati dan di cari banyak orang. Kalau Anda ingin mencari rak dinding minimalis bisa cek di Toko Online langganan kami di sini.

Macam-macam Model Rak Dinding

Kita bisa menemukan berbagai macam model rak dinding di pasaran. Beberapa model rak dinding yang banyak di jual diantaranya adalah:

A. Rak Dinding Ambalan

Rak dinding ini adalah rak dinding yang berupa lembaran atau ambalan saja, tidak mempunyai pelindung kiri, kanan dan atas. Rak dinding seperti ini banyak terlihat di video-video YouTuber. Fungsinya hanya sebagai penghias saja. Biasanya banyak digunakan untuk meletakkan foto atau vas bunga atau barang-barang yang ringan saja. Pastikan untuk tidak meletakkan barang yang mudah pecah di rak ambalan.

Rak dinding ambalan

Karena kalau kita menyenggol rak ini sedikit saja, barang – barang yang di atasnya bisa jatuh dan pecah. Meskipun terlihat hanya ambalan atau lembaran saja, cara memasangnya tidaklan terlalu sulit. Beli di sini Rak Dinding Ambalan.

B. Rak Dinding Ambalan Pojok

Rak dinding pojok atau sudut ini bentuknya hampir sama dalam bentuk lembaran saja, hanya saja dia di letakkan di pojok ruangan, bisa setengah lingkaran atau dalam bentuk kotak saja. Untuk pemasangannya sendiri bisa menggunakan paku atau menggunakan perekat tanpa harus di bot.

Rak dinding Pojok 2
Rak dinding Pojok

C. Rak Dinding Ambalan Sisi Kiri dan Kanan

Rak ini bentuknya hampir sama dengan rak yang di atas hanya di tambah bagian kiri dan kanan saja. Rak ini modelnya kiri dan kanannya cukup beragaam, jadi Anda bisa memilih mana yang paling cantik untuk di ruangan Anda.

D. Rak Dinding Kotak

Rak dinding kotak ini pasti tidak asing lagi selain aman rak ini juga mempunyai bentuk kotak yang beragam. Rak jenis ini juga sangat aman untuk menempatkan barang-barang karena mempunyai pelindung kiri dan kanan.

Rak dinding kotak

Untuk ukurannya sendiri juga sangat beragam, tetapi yang sekarang ini banyak digunakan adalah rak dinding kotak dengan ukuran yang lebih kecil dan dibuat lebih modern.

E. Rak Dinding dengan Laci

Rak dinding dengan laci ini bentuknya macam-macam, ada yang bentuk ambalan hanya di tambahkan laci pada bagian bawahnya. Bentuk yang seperti ini bisa di jadikan meja jika ukurannya besar. Lacinya bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai macam alat keperluannyamu, mulai dari buku, pilpen dan barang-barang lainnya.

F. Rak Dinding Heksagonal

Rak Dinding Heksagonal ini banyak di cari dan di jadikan sebagai hiasan rumah dan juga sebagai hiasan untuk latar belakang video YouTube. Harganya terbilang murah dan ukurannya sangat beragam. Saya yakin ruangan atau rumah kamu bakalan tambah cantik dengan hiasan rak dinding yang satu ini.

 
Rak Dinding Heksagonal

Memasang Rak Dinding Tanpa di Bor

Sekarang kalian sudah memilih rak dinding yang ingin kalian pasang di dinding rumah kalian yang cocok dengan perekat. Supaya perekat yang kita gunakan bisa menempel dengan baik di dinding dan lemari, sebaiknya kalian membersihkan rak dan dindingnya terlebih dahulu.

Gosok bagian dinding yang akan di beri perekat dan juga rak kayu yang akan di beri pasangan perekatnya. Bersihkan dengan kain basah kemudian bersihkan juga dengan menggunakan alkohol jika ada, jika tidak ada bisa juga menggunakan cairan untuk membersihkan kaca atau cukup menggunakan air saja.

Usahakan untuk memilih dinding yang rata meskipun memang sulit untuk bisa mendapatkan dinding rumah yang rata, apalagi kalau orang yang mengerjakan plesteran rumah tidak menggunakan ukuran dan menggunakan benang seperti rumah kami, bisa celaka 12 main tebak tebakan saja kerjanya mereka.

Memasang Rak dinding dengan Perekat Command 3 M

Photo by Acehardware
  1. Pasang perekat 3M Command Picture Hanging Strip dengan cara menyobek strip sebelum Anda gunakan. Strip ini terdiri dari dua bagian, satu bagian akan kita letakkan di tembik dan satu bagian lainnya akan kita letakkan di pigura atau rak dinding.
  2. Tekan ke dua strip ini sampai terdengar bunyi klik.
  3.  Kemudian coba lepaskan salah satu perekatnya kemudian Anda tempelkan ke bagian rak dinding kayu yang akan di pasang.
  4. Setelah perekatnya menempel coba Anda lepaskan sisi bagian stiker yang tersisa kemudian Anda tempelkan rak-nya ke dinding. Pastikan Anda tekan semua perekatnya kira-kira selama 30 detika saja untuk memastikan keduanya saling merekat.
  5. Sampai di bagian ke empat sebenarnya Anda sudah selesai memasang rak di dinding, tetapi untuk membuat perekat lebih kuat cobalah untuk melepaskan rak dari dinding, untuk melepasnya pegang bagian bawah rak atau pigura secara perlahan-lahan, jangan melepasnya terlalu cepat.
  6. Setelah terlepas kemudian silahkan rekatkan kembali rak ke dinding dan pastikan bagian Perekat menempel sama persis (sejajar) ke bagian rak dinding agar menempel lebih kuat.

Perekat 3M Command Narrow Picture Hanging Strip ini mampu menahan beban sampai 1,3 kg. kalau mau lebih kuat tambahkan perekat ke semua sisi. Saya biasanya menyesuaikan dengan barang yang akan di tempel ke dinding, kalau hanya pigura maka cukup bagian kiri dan kanan atas saja.

Cara Melepas Strip Perekat Command 3 M dari Dinding

Mungkin banyak yang ingin bertanya bagaimana caranya kita bisa melepas perekat yang sudah terpasang di dinding dan juga di rak dinding?

Untuk melepas perekatnya cukup mudah dan menurut saya tidak sesulit yang kita bayangkan apalagi sampai merusak bagian dinding.

Jika Anda sudah bosan dan ingin mengganti rak dinding, untuk membuka dan memindahkan rak yang di tempel dengan perekat seperti ini:

  1. Silahkan pegang bagian bawah rak dinding Anda, kemudian angkat perlahan-lahan ke atas sampai rak dinding Anda terlepas.
  2. Bagian strip yang ada di bawah Anda pegang kemudian Anda tarik ke arah bagian bawah sampai perekatnya habis, pastikan ketika Anda menarik perekat, tahan pada bagian atas strip.
  3. Ingat jangan sampai Anda menekan atau menarik bagian bawah strip ke arah Anda, karena biasanya perekat akan putus dan kalau sudah putus biasanya perekatnya tidak bisa di lepas.

Sudah Memutuskan untuk Membeli Rak Dinding?

Ketika Anda sudah benar-benar ingin membeli rak dinding dan segera memasangnya di dalam rumah tanpa menggunakan paku atau bor, coba pikirkan tentang beberapa hal ini!

1. Lihat Fungsinya untuk Apa?

Saat memutuskan ingin membeli sebuah rak dinding, pastikan Anda memikirkan terlebih dahulu fungsi raknya untuk apa? Apakah itu untuk menempatkan hiasan keramik, buku atau barang barang lainnya sebagai pemanis dan penghiasan ruangan saja? Beberapa orang muda saat ini, mencari dan membeli rak dinding untuk tujuan sebagai penghias atau latar belakang video YouTube yang dibuatnya.

Jika rak yang akan Anda beli itu untuk menempatkan buku-buku, coba perhatikan seberapa banyak dan seberapa tebal buku-buku yang akan Anda tempatkan itu? Jika banyak dan sangat berat, maka saya sarankan untuk di paku atau di bor saja supaya aman dan tidak jatuh.

2. Lihat Ukuran Rak Dinding yang di Beli

Jika ingin membeli rak dinding maka rak yang akan Anda beli tidak mungkin rak yang mempunyai ukuran yang sangat besar, apalagi jika itu harus di letakkan di dinding tanpa harus menggunakan bor. Jasi saat akan membeli rak, pastikan itu sesuai dengan ukuran dan barang-barang yang akan kamu letakkan.

3. Lihat hasil akhirnya

Memang hal utama yang membuat kita mau membeli adalah model dari rak dindingnya. Tetapi selain melihat modelnya pastikan juga hasil akhir dan kualitas rak dinding itu. Apakah hasilnya catnya bagus? Apakah hasil akhirnya rapi dan halus? Apakah rak itu kuat atau tidak?

Ya, jadi itu adalah yang bisa saya bagikan kepada Anda kali ini tentang Cara Memasang Rak Dinding tanpa harus di Bor. Semoga ini bisa menjadi sebuah pilihan dan ide bagi Anda yang ingin memasang dan membeli rak dinding tanpa harus menggunakan paku dan bor.

Jika kalian suka dengan artikel Cara Memasang Rak Dinding tanpa di Bor ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.