skip to Main Content
Bentuk Dapur Minimalis Terbuka

Bentuk Dapur Minimalis Terbuka

 

Bentuk Dapur

Karena dapur adalah tempat yang paling sering kita pakai memasak setiap hari, bentuk dan jenis dapur bisa disesuaikan dengan bentuk ruangan kita. Selain itu kebutuhan mayarakat sekarang sudah tidak lagi seperti dulu, kebutuhan orang-orang sudah semakin kompleks sudah dipastikan bentuk dapur bisa jadi akan sangat beragam.

Jika Anda ingin membuat dapur yang besar mengikuti ruangan, coba pikirkan hal ini merawat dan membersihkan dapur membutuhkan tenaga yang tidak sedikit, maka pemilihan bentuk dapur dan jenis dapur harus dipikirkan dengan sangat baik. Memiliki satu dapur sangatlah tepat menurut saya mengingat untuk membersihkan dapur lumayan memakan waktu dan tenaga. Dapur yang bisa menampung semua kegiatan dapat dibedakan berdasarkan bentuk dapur. Sebuah ruangan bisa disebut dapur jika memiliki meja kerja dan kabinet. Oleh karena itu Desain Dapur perlu dipikirkan dengan baik.

Bentuk I

Bentuk dapur jenis ini adalah yang paling sederhana karena kita akan meletakkan meja dapur hanya sebaris saja. Bentuk dapur seperti ini biasanya banyak digunakan di rumah mungil, karena mengingat luas bangunan tidak terlalu luas jadi penggunaan dapur bentuk I sangat cocok.

dapur bentuk i

Dapur Bentuk L

Ini adalah bentuk dapur yang banyak digunakan juga, mengapa benyak orang menggunakan dapur bentuk L? alasannya sangat sederhana “karena efisien” untuk bekerja dan tidak membutuhkan ruangan yang besar juga, jika Anda memiliki ruangan dengan luas 2×2 m2 saya kita Anda sudah bisa membuat dapur bentuk L ini.

Bentuk dapur jenis L ini juga banyak diletakkan meja kerja atau meja island. Ada keunggulan jika kita meletakkan meja island di tengah meja ini bisa kita sulap menjadi meja makan mungil. Jadi pada pagi hari kita bisa membuat sarapan dan makan di meja ini.

 

dapur bentuk L

Dapur Bentuk U

Dapur bentuk memiliki meja dapur yang mengelilingi ke tiga sisi dinding ruangan, sehingga kalau kita gambar denahnya akan membentuk huruf U. dengan model dapur bentu U ini biasanya meja dapur akan dibuat lebih panjang sehingga kita bisa meletakkan peralatan dapur lebih banyak dan lengkap dan kita juga bisa lebih bebas untuk meletakkan semua peralatan dapur. Model dapur huruf U biasanya memiliki ruang yang cukup luas sehingga tidak mengganggu ruang gerak saat bekerja dan sirkulasi.

dapur bentuk U

Jenis jenis Dapur

Pada umumnya dapur dibedakan berdasarkan fungsinya, ada dapur basah dan juga ada dapur kering.

1. Dapur Basah adalah tempat untuk mengolah semua bahan makanan termasuk memotong dan memasaknya. Di tempat biasanya kegiatan yang dilakukan adalah mencuci makanan atau bahan makanan, mengupas, memotong, mengulek dan memasaknya. Kenapa dapur ini disebut dapur basah, lucu juga ya terdengarnya, alasan kenapa disebut dapur basah karena di tempat ini ada kegiatan untuk membersihkan bahan mentah yang kotor sampai kita menjadikannya bersih dengan menggunakan air. Ada sebagian orang yang menyebut dapur basah itu “dapur kotor” karena kegiatan yang berkesan tidak bersih terjadi di sini.

2. Dapur Kering adalah kegiatan dimana kita hanya menyajikan atau menyiapkan makanan saja dan juga melakukan kegiatan – kegiatan kecil seperti memasak air untuk membuat kopi, membuat roti lapis atau kegiatan memasak yang dilakukan dengan cepat.