skip to Main Content
Atap Transparan

Atap Transparan, apa saja kelebihan dan kekurangannya

 

Atap transparan adalah salah satu jenis atap yang banyak digunakan baik itu untuk hunian, perkantoran maupun hotel. Ini adalah jenis atap yang tembus pandang dan tembus cahaya. Atap jenis ini memang akan membuat hunian terlihat menjadi lebih modern dan bisa menghemat daya listrik khususnya untuk penggunaan lampu pada siang hari.

Terlepas dari beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan di atas, masih banyak juga diantara kita yang bingung apakah sebaiknya Anda menggunakan atap transparan atau menggunakan atap tidak tranparan untuk hunian Anda. Saya sendiri salah satu orang yang dulunya mempunyai kebingungan seperti itu saat akan memasang atap untuk kamar mandi. Dari pengalaman itu saya mencoba menuliskan apa saja kelebihan dan kekurangan jika Anda menggunakan atap transparan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Macam-macam atap transparan yang harus Anda ketahui

Kebingungan dan keragu-raguan bisa terjadi karena ketidaktahuan kita tentang material dari atap transparan yang akan kita gunakan. Memang ada banyak sekali material yang bisa Anda gunakan di pasaran dan semua material itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk membanu Anda mengetahui material apa saja yang tersedia di pasaran saya sudah mengumpulkan beberapa daftar di bawah ini supaya Anda bisa menyesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda dan juga kondisi di sekitar rumah Anda.

  • EZ-lock: Mempunyai perlindungan UV, bahan terbuat dari polikarbonat varian ada transparan dan semi transparan atau pilihan doff, mempunyai pilihan warna, kekuatan sekitar 10 tahun.
  • Twinlite: Mempunyai perlindungan UV, permukaan atap datar, bahan terbuat dari polikarbonat, varian ada transparan dan semi transparan, mempunyai pilihan warna, masa pakainya sekitar 15 tahun.
  • Solartuff: Mempunyai perlindungan UV, permukaan datar atau pilhan yang bergelembung, bahan terbuat dari polikarbonat, mempunyai varian tranparan atau pilhan doff, punya pilihan warna, masa pemakaian sekitar 15 tahun.
  • Alsynite: Mempunyai perlindungan UV, permukaannya bergelombang, bahannya terbuat dari fiber, mempunyai pilihan warna, variannya transparan, semi transparan atau doff dan ketahanan 10 sampai dengan 15 tahun (bergantung kondisi lingkungan).
  • LaserCool: Mempunyai permukaan datar dan bergelombang, bahannya terbuat dari PVC, variannya transparan dan semi transparan dan mempunyai pilihan warna.
  • Alderon: Mempunyai perlindungan UV, permukaannya bergelombang, bahannya terbuat dari uPVC, variannya transparan atau semi transparan dan ada pilihan doff, mempunyai pilihan warna dan masa ketahanannya mencapai 10 tahun.
  • Kaca
  • Akrilik: Terbuat dari plastik yang bentuknya hampir menyerupai kaca, tapi akrilik mempunyai banyak keunggulan daripada Anda menggunakan kaca.

Jadi itu adalah beberapa material atap transparan yang paling populer dan banyak digunakan di pasaran. Untuk Anda yang saat ini sedang mencari-cari atap transparan semoga dengan adanya informasi di atas bisa lebih memudahkan Anda untuk memilih mana yang cocok untuk Anda gunakan di rumah Anda.

Memang dari semua pilihan itu ada beberapa atap yang paling banyak digunakan oleh orang, Twinlite, Solartuff, Alsynite, Lasercool dan akrilik. Kami sendiri akhirnya memilih untuk menggunakan akrilik untuk atap di kamar mandi belakang.

Tempat yang cocok menggunakan atap transparan

Atap transparan memang bagus dan memberikan kesan yang lebih modern, meskipun begitu tidak semua spot bisa dan cocok untuk di pasang atap transparan, khususnya untuk alasan keamanan, apalagi mengingat situasi jaman yang semakin buruk seperti ini, di mana tindak kejahatan semakin tinggi dan nekat.

Dari pengamatan dan juga menurut pendapat kami secara pribadi ada beberapa spot yang cocok untuk dipasang atap transparan ini seperti misalnya:

 
  • Garasi
  • Gazebo
  • Sun room
  • Ruang santai untuk keluarga
  • Dapur
  • Ruang makan
  • Teras rumah
Atap transparan di ruang dapur
Foto dari pinterest.com

Anda tidak harus sependapat dengan selera dan pendapat kami di atas. Jika memang desain yang Anda buat cocok dan terlihat bagus maka tidak ada salahnya menggunakan atap transparan di tempat itu karena menurut kami secara pribadi tidak ada desain yang buruk, semua kembali ke selera masing-masing dan juga kantong.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Atap ini?

Meskipun atap transparan memberikan kesan modern dan membuat rumah menjadi lebih cantik dipandang, rupanya ada kekurangannya juga loh. Nah, apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari atap transparan ini, yuk kita lihat dan cari tahu bersama di bawah ini.

Kekurangan menggunakan atap transparan

Meskipun tidak semua, kebanyakan atap transparan tidak mempunyai anti UV. Jika atap yang tidak dilengkapi dengan anti UV digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang hal katanya bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan bagi orang yang tinggal di rumah itu.

Selain itu atap transparan yang terlalu jernih juga bisa membuat bagian bawah yang terkena sinar matahari akan menjadi lebih panas khususnya pada saat siang hari.

Meskipun tidak selalu seperti ini, atap transparan kemungkinan bisa memancang tindak kejahatan, apalagi kalau rumah Anda berada di daerah perkotaan yang padat dan tindak kejahatannya juga tinggi. Tapi kalau melihat keadaan jaman sekarang, di kota maupun di desa tindak kejahatan juga sangat tinggi – kita semua tidak benar-benar dalam keadaan yang aman.

Kelebihan menggunakan atap transparan

Kalau sebelumnya kita membahas tentang kekurangan dari atap transparan, sekarang kita membahas tentang kelebihan dari penggunaan atap transparan. Seperti yang sudah sempat saya katakan di awal-awal, penggunaan atap transparan bisa membantu menciptakan kesan atau nuansa yang lebih modern dan juga futuristik. Percaya atau tidak, jika atap lama rumah Anda yang sudah usang Anda ganti dengan menggunakan atap transparan, orang akan melihat rumah Anda adalah rumah baru – padahal rumah lama.

Selain itu, penggunaan atap transparan bisa membantu Anda menghemat listrik khususnya pada siang hari, sebenarnya pada saat malam hari juga bisa tapi daripada terlihat agak remang-remang lebih baik nyalakan lampu pada malam hari.

Kalau Anda penyuka tanaman Anda bisa menempatkan tanaman di bawah atap transparan ini, karena atap transparan bisa membantu membuat tanaman menjadi lebih tahan lama karena langsung terkena sinar matahari.

Perawatan Atap Transparan

Atap transparan perawatannya berbeda dengan atap dari genteng mengingat sifatnya yang transparan dan mudah terlihat. Atap transparan memerlukan perawatan khusus dan harus dibersihkan secara rutin dari kotoran dan juga debu agar tidak terlihat kusam atau kuning.

Harap perhatikan keselamatan orang yang ada di bawahnya jika Anda menggunakan atap dari kaca. Pastikan Anda menggunakan pelapis khusus agar kaca tidak pecah besar-besar saat pecah atau tertimpa sesuatu dari atas.

Sekarang setelah membaca artikel ini, kami berharap Anda bisa menjawab sendiri keragu-raguan Anda saat akan menggunakan atap transparan.

Jika kalian suka dengan artikel Atap Transparan, apa saja kelebihan dan kekurangannya ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock.

Artikel menarik lainnya: