skip to Main Content
Atap Datar – Apa Kelebihan Dan Kekurangan Atap Datar?

Atap Datar – Apa Kelebihan dan Kekurangan Atap Datar?

 

Rumah dengan Atap Datar bentuk dan modelnya memang sangat cantik bagi saya, atap ini bentuknya flat atau datar. Banyak dari antara kita yang ingin membeli rumah mungkin mempunyai pertanyaan seperti saya, ini genteng rumahnya bocor apa tidak ya? Apakah bisa sebuah rumah kita bangun tanpa menggunakan bentuk atap yang kebanyakan di bangun atau tanpa genteng?

Ya rumah atau bangunan rumah bisa dibuat tanpa menggunakan atap genteng. Anda bisa membuat atap datar untuk rumah Anda. bagi beberapa orang seperti saya, sudah malas dan bosan punya rumah yang menggunakan genteng. Selain itu, Atap datar merupakan sebuah pilihan bagi beberapa orang yang tinggal di dareah tertentu di mana harga kayu sangat mahal atau material yang terbuat dari kayu sulit untuk di dapat.

Untuk rumah yang mempunyai luas kecil, menggunakan atap datar merupakan sebuah solusi dan mungkin bisa dikatakan sebagai bonus, kenapa? Karena dengan membuat atap datar, Anda mempunyai area tambahan dibagian atas rumah yang bisa kita gunakan untuk bersantai bersama keluarga atau mungkin hanya sekedar untuk bercocok tanam. Atap Datar juga bisa membuat rumah terlihat lebih minimalis.

Hal lain yang akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan Atap datar adalah atap datar bisa membantu menjaga kesehatan para penghuni rumah. Atap datar built-up roof telah terbukti mampu menangkal kita terkena paparan sinar ultraviolet yang ada dalam siar matahari pada siang hari.

Kemudian ada sistem atap datar PVC yang sudah terkenal ramah lingkungan karena sisa dari komponenya bisa Anda gunakan dan manfaatkan untuk membangun bangunan lain yang ada di rumah Anda. Atap datar modified bitmen (aspal modifikasi) yang paling saya suka karena sudah banyak yang mengatakan kalau atap ini lebih kuat dan yang paling sedikit mengalami kebocoran.

Ok dariapada penasaran yuk sama-sama kita caritahu apa saja kelebihan dan juga kekurangan jika kita membuat atap datar yang terlihat cantik dan minimalis itu.

Kelebihan Rumah menggunakan Atap Datar

1. Rumah akan terlihat lebih modern dan minimalis

Saya yakin banyak yang akan setuju dengan saya kalau atap datar ini mempunyai tampilan yang sangat simpel, enak di lihat dan paling cocok jika rumah kita mempunya tema modern dan minimalis. Jujur, saya sudah bosan sekali menggunakan atap genteng yang selalu bermasalah dengan kebocoran. Rumah kita yang berbentuk kotak akan jauh terlihat lebih cantik dan bikin betah.

2. Atap Datar Bisa di Manfaatkan Menjadi Teras Atap

Atap datar selain terlihat modern bisa Anda manfaatkan untuk menambah ruangan di rumah Anda menjadi sebuah teras atap. Tapi jika mau digunakan teras atap Anda perlu membuat pagar di sekeliling atap agar aman bagi orang-orang saat mereka berada di atap rumah Anda. Atap datar ini, bisa dimanfaatkan juga untuk menjemur pakaian agar cepat kering.

3. Pembuatan Konstruksi Atap Rumah Lebih Mudah

Berbeda dengan pembuatan atap rumah pada umumnya, pembuatan atap datar jauh lebih mudah mungkin jauh lebih hemat karena tidak membutuhkan genteng, kayu dan material lainnya. Selain pembuatan konstruski rumahnya juga bisa lebih cepat.

Kekurangan Menggunakan Atap Datar

Kalau sebelumnya kita sudah membahas tentang kelebihan dan juga keuntungan menggunakan atap datar, sekarang saya mencoba menjelaskan apa saja sih kekurangan jika kita menggunakan atap rumah datar.

1. Sering Muncul Genangan Air di Atap Saat hujan Turun

Ini masalah utama yang pasti akan dialami oleh orang-orang yang mempunyai atap datar. Saat hujan turun biasanya akan ada genangan air yang menggenang jika atapnya benar-benar datar dan tidak ada kemiringannya. Masalah ini bisa membuat atap menjadi rawan bocor. Jika Anda benarbenar membuat atap datar yang tidak mempunyai sudut kemiringan, maka sebelum membuatnya coba pikirkan dan rancang system drainase yang bagus agar masalah ini tidak menjadi besar di kemudian hari.

Tetapi jangan lantas membuat Anda menjadi kecil hati, ketika mengetahui masalah tentang genangan air ini.  karena sekarang ini sudah banyak orang yang membuat atap datar dengan model kemiringan yang juga tidak kalah manis, dan sudah terbukti mengatasi masalah genangan air ini.

2. Biaya Perawatannya Bisa Besar

Jika pemasangan dan pembuatannya tidak benar, maka atap datar rawan bocor. Jika sudah seperti itu maka Anda membutuhkan biaya yang agak besar untuk melakukan perawatan bagian atap rumah Anda. pastikan Anda juga harus sering-sering melakukan pengecekan secara rutin pada bagian atap untuk melihat apakah ada atap yang perlu di perbaiki apa tidak, ini tujuannya untuk menghindari rembesan air atau bocor.

 

3. Potensi untuk runtuh

Jika Anda mempunyai bangunan atau rumah yang mempunyai luas cukup besar, atap datar menurut beberapa orang tidak cocok. Alasannya, jika sebuah banguanannya semakin luas, maka atap datar bisa berpotensi runtuh. Mungkin yang di maksud runtuh di sini jika kita menggunakan model atap yang terbuat dari beton. Ini menurut saya, apalagi kalau melihat cara kerja tukang-tukang dan pemborong di Indonesia pasti bisa sangat mengerikan. Mereka terbiasa mengurangi kekuatan bahan dan lain sebagainya. Beda halnya kalau ata Anda menggunakan rangka baja dan sejenisnya.

Atap datar dengan cor beton jika di terapkan pada bangunan yang cukup luas bisa load bearing karena beban bangunan atap di tampung atau tersebar ke seluruh bagian permukaan atap datar itu sendiri.

4. Rawan kena Terpaan Angin Kencang

Rumah-rumah yang mempunyai atap yang landai atau yang juga di sebut dengan sloped roof lebih tahan dan stabil terkena terpaan angin yang kencang, ini di sebabkan karena desainnya memang sangat aerodinamis. Sedangkan flat roof lebih tidak tahan jika terkena terpaan angin yang kencang mengingat desain flat roof tidak aerodinamis.

Macam-macam Material yang digunakan di Atap Datar

1. Atap Datar Dak (Pelat Beton)

Di Indonesia mungkin paling banyak orang menggunakan atap datar dak atau pelat beton yang biasanya akan di lapisi dengan menggunakan bahan-bahan lapisan khusus untuk anti bocor, misalnya saja seperti cat pelapis anti bocor, karpet pelapis anti bocor, aspal pelapis anti bocor khusus untuk atap dan bisa juga menggunakan bahan – bahan lain yang memang khusus digunakan untuk menahan bocor.

2. Atap Datar terbuat dari Metal

Atap datar yang sekarang banyak digunakan adalah dengan menggunakan bahan metal seperti spandek. Spandek ini bisanya dalam bentuk lembaran panjang, yang bisa di sesuaikan sesuai dengan ukuran luas atap. Saat akan memasang atap datar tipe ini harus di pasang dengan sangat hati-hati dan teliti sekali, karena kalau tidak atap seperti ini akan sangat rentan dengan bocor, apalagi jika itu pada bagian sambungan.

Jika Anda menggunakan atap datar dari metal tanpa sambungan, ini jauh lebih bagus karena bisa mengurangi resiko kebocoran.

3. Atap Datar TPO

TPO ini adalah Thermoplastics Polyolefin, gampangnya ini adalah sebuah material atap datar yang mempunyai komposisi batu-batuan yang akan dipanaskan dengan menggunakan suhu yang tinggi agar bahan-bahan ini bisa melekat satu sama lain dengan kuat. TPO sangat terkenal untuk material green building karena katanya mengandung material – material peliat tambahan yang bisa tahan dari radiasi ultraviolet. TPO sendiri mempunyai pilihan warna abu-abu, putih dan hitam. Memang TPO ini termasuk bahan model baru di dalam dunia konstruksi. Karena masih baru, TPO sepertinya tidak tahan jika terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Semoga dalam waktu dekat ini, TPO bisa lebih baik lagi dan menjadi sempurna.

4. Atap Datar PVC

Atap datar ini juga dikenal dengan atap Vinyl. PVC (Polyvinyl Chloride) bisanya terbuat dari dua bahan yang sederhana, yaitu garam dan fosil. Karena PVC mengandung bahan peliat jadi dia sangat ringan dan lebih tahan dari kebocoran jika orang yang memasangnya sudah biasa dan teliti (Sayangnya banyak tukang dan pemborong di Indonesia yang kerjanya sembarangan dan yang penting jadi)

5. Atap Spray on coating

Atap datar seperti ini dibuat dengan cara menyemprotkan coating pada bagian atap. Langkah pertama spray akan di semprotkan pada bagian area atap dan kemudian akan di lapisi dengan menggunakan urethane atau coating akrilik. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan bisanya adalah dengan meratakan campuran pasir dan kerikil dibagian atap.

Jika kalian suka dengan artikel Atap Datar – Apa Kelebihan dan Kekurangan Atap Datar ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.

Baca juga artikel: