skip to Main Content
Apa Perbedaan Air Purifier Dan Humidifier Dan Dehumidifier

Apa Perbedaan Air Purifier dan Humidifier dan Dehumidifier

 

Banyak diantara kita yang sulit membedakan Alat elektronik Air Purifier dan Humidifier dan satu lagi Diffuser. Banyak orang yang berpikir kalau alat elektronik Air Purifier, Humidifier dan Diffuser adalah tiga alat elektronik yang sama hanya beda nama saja. Tetapi kalau kamu mau tahu, ketiga alat itu sebenarnya mempunyai fungsi yang berbeda-beda meskipun ketiganya mirip. Lalu apa Apa Perbedaan Air Purifier dan Humidifier dan Diffuser itu?

Sebenarnya masing masing alat itu mulai dari fungsi, cara menggunakan, manfaat dan cara kerjanya juga sangat berbeda sekali. Karena kurangnya pengetahuan banyak orang yang pada akhirnya salah membeli alat elektronik ini.

Baca Artikel Rekomendasi: Air Purifier Mengurangi Kelembapan dan Membunuh Bakteri.

Dalam beberapa menit ke depan saya akan menunjukkan kepada Anda apa saja yang membuat dan membedakan dari ketiga alat elektornik itu!

Perbedaan Air Purifier dan Humidifier dan Diffuser

Air Purifier akan Menjernihkan Udara di ruangan Rumah

Fungsi Utama – Sesuai dengan namanya Air Purifier adalah sebuah alat yang akan menjernihkan udara di dalam ruangan dan menjaganya agar udara di dalam ruangan tetap dalam keadaan bersih.

Karena mempunyai fungsi sebagai Penjernih Udara alat ini akan bekerja dengan cara menghisap udara yang ada di dalam ruangan terlebih dahulu kemudian dia akan mengeluarkannya kembali ke udara melalui filter yang mempunyai fungsi untuk menangkap bakteri dan juga virus tidak kelihatan yang ada di udara. Udara yang dikeluarkan oleh Air Purifier ini sudah dalam keadaan yang baik atau bersih.

Cara Penggunaan – Air Purifier digunakan di tempat dengan kualitas udara yang kurang begitu baik, sebagai contoh misalnya saja suami atau istri, atau teman-teman kamu suka merokok, maka alat ini cocok di tempatkan di ruangan yang sering digunakan untuk merokok. Alat ini akan langsung bekerja untuk menghisap asap, menyaring dan sekaligus membersihkan udara yang baunya tidak sedap.

Kecepatan dalam Penguapan –Air Purifier tidak membutuhkan air atau cairan apapun saat akan digunakan, karena dia akan menghisap udara yang ada di sekitarnya. Alat ini mampu membersihkan udara yang ada di ruangan selama 30 – 120 menit lamanya. Setelah di sedot, kemudian air purifier akan mengeluarkannya kembali dengan udara yang jauh lebih bersih.

Kebutuhan Akan Air – Air Purifier tidak memerlukan air saat akan digunakan. Anda hanya perlu mencolok ke listrik dan menyalakan alat ini.

Air Humidifier akan melembabkan Udara di Ruangan Rumah

Fungsi Utama – Air Humidifier mempunyai fungsi untuk melembabkan udara yang ada di dalam sebuah ruangan dengan cara menyemprotkan air yang telah diubah menjadi uap ke udara. Uap air yang sudah di semprotkan ke udara inilah yang nantinya akan mengikat virus, bakteri dan sekaligus membunuh semua radikal bebas.

Alat ini juga membantu untuk menghindarkan Anda dari alergi. Secara tidak langsung alat ini juga bisa membantu bagi mereka yang menderita penyakit asma yang di sebabkan oleh udara yang ada di sekitar. Ingat ya, alat tidak akan mengeluarkan bau atau wewangian apapun ke udara.

 

Cara Penggunaan – Air Humidifier digunakan di tempat ruangan yang ber AC, kering dan luas. Jika rungan kita sudah cukup lembab maka penggunaan air humidifier tidak perlu, karena jika tetap akan menggunakan, maka jamur akan datang dan cepat tumbuh.

Kecepatan dalam Penguapan – Air Humidifier membutuhkan air atau cairan untuk melakukan proses penguapan. Jika temperaturnya tinggi maka proses penguapannya akan semakin cepat.

Kebutuhan akan Air – Percaya atau tidak Air Humidifier membutuhkan banyak air untuk melembabkan udara yang ada di sekitar ruangan. Air yang dibutuhkan bisa mencapai 3 Liter air.

Dehumidifier Untuk Ruangan Yang Lembab

Fungsi Utama – Alat yang satu ini akan membantu untuk mengurangi tingkat kelembapan di dalam sebuah rumah, karena ruangan yang lembab bisa menimbulkan jamur. Jika ruangan lembab beberapa barang yang ada di rumah bisa jadi akan cepat rusak, misalnya saja bisa menimbulkan jamur, lumut, selain itu binatang perusak seperti kecoa, kaki seribu, tungau, rayap akan menyukai rumah yang lembab.

Apakah Anda sering mengalami hidung tersumbat, atau mungkin iritasi pada kulit dan mata yang sering muncul bentil atau mungkin sering bersin-bersin? Atau mungkin Anda merasa udara ruangan di rumah Anda terasa pengap? Ini bisa jadi

Cara Penggunaan – Dehumidifier adalah alat yang digunakan untuk menyaring udara di sekitar ruangan yang terasa lembab agar ruangan itu menjadi lebih kering. Kebanyakan orang menggunakan alat ini di bawah tanah, kamar mandi atau di ruangan-ruangan yang terasa tingkat kelembapannya sangat tinggi untuk membantu mencegah tumbuhnya jamur lebih cepat.

Dehumidifier ini menarik air dan air yang ada di dalam tangki alat ini harus sering kita buang setiap beberapa jam sekali agar mesin ini bisa bekerja dengan baik dan maksimal.

Saat Anda akan membeli dehumidifier Anda akan diberikan pilihan ukuran kapasitas menanmpung air, ada yang 16 liter dan juga sampai 20 liter air dan seterusnya. Coba pikirkan untuk membeli dehumidifier dengan kapasitas penampung air yang lebih besar agar Anda tidak terlalu sering bolak – balik membuang air hasil sedotan alat ini.

Kecepatan dalam Penguapan – Dehumidifier tidak memerlukan air saat akan kita gunakan, karena sifatnya yang menyedot air.

Nah, itu adalah sekilas yang bisa saya jelaskan tentang Perbedaan Air Purifier dan Humidifier dan Dehumidifier. Sekarang tinggal Anda sendiri yang akan memilihnya untuk kebutuhan Anda, jangan takut untuk bertanya dengan penjual mana yang cocok untuk rumah Anda dengan kondisi tertentu.

Jika kalian suka dengan artikel Perbedaan Air Purifier dan Humidifier dan Dehumidifier ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda seorang tenaga profesional atau pemilik usaha Kitchen Set dan yang berhubungan dengan kerja-kerja Interior yang ada di Indonesia, Silahkan daftarkan usaha Anda secara gratis di Teakblock.