skip to Main Content
Apa Itu Wall Panel

Apa itu Wall Panel, Jenis dan Kegunaan Wall Panel

 

Dinding rumah bisa lebih indah jika di cat menggunakan warna cat yang cocok dengan bentuk dan tema desain rumah kalian. Nah, di zaman yang serba online ini, dinding rumah juga bisa di hias dengan menggunakan wall panel. Kalau kamu bingung apa itu wall panel kamu bisa lihat di YouTube dan juga instagram atau tik-tok latar belakang yang digunakan banyak orang saat mereka membuat video atau yang ada di dalam video mereka.

Wall panel bisa menjadi satu pilihan untuk kalian yang lagi ingin menghias dan membuat rumah menjadi lebih indah dan tentunya tidak ngebosenin. Rumah memang seharusnya menjadi tempat yang selalu membuat kita rindu untuk pulang, makannya membangun dan menghias rumah kita sendiri adalah seharusnya menjadi hal yang menyenangkan.

Apa itu Wall Panel?

Secara sederhana wall panel adalah sebuah lembaran papan yang biasanya mempunyai desain atau motif tertentu untuk melapisi atau menghias tembok rumah. Wal panel kebanyakan berbentuk 3D atau timbul untuk menonjolkan suatu elemen di salah satu tembok ruangan (menjadi focal point).

Wall panel juga bisa menjadi salah satu peredam suara bising yang sering masuk atau terdengar di dalam rumah kita.

Untuk ketebalan wall panel juga berbeda-beda, ada yang mulai dari 8mm sampai dengan 15mm atau lebih. Selain itu kita juga bisa memesan ukuran ketebalannya sesuai dengan yang kita inginkan. Tapi yang banyak di jual di pasaran biasanya menggunakan ukuran ketebalan standar.

Untuk pemasangan wall panel memang tidak semudah kita mengecat dinding rumah. Butuh perhatian dan keahlian khusus untuk bisa memasang wall panel dengan baik dan benar, tujuannya agar wall panel yang sudah di pasang tidak mudah cepat rusak, atau di makan kelembapan dinding rumah.

Apa Saja Keunggulan Wall Panel?

Dinding atau tembok rumah merupakan bagian keindahan dari rumah dan salah satu bagian yang bisa melindungi manusia. Penggunaan dan pemanfaatan wall panel sudah ada lama dan sampai sekarang terus mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik.

Apa saja sih kelebihan atau keunggulan, jika kita menggunakan wall panel? Saya akan sedikit menjelaskannya kepada Anda di bawah ini.

1. Menggunakan Bahan Yang Berkualitas

Awal-awal, wall panel hanya menggunakan bahan dari lembaran kayu saja. Kayu, menurut saya sangat bagus untuk digunakan di semua hal, termasuk untuk pembuatan wall panel. Tapi seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi. Wall panel saat ini juga sudah sangat beragam. Selain menggunakan bahan kayu, wall panel juga sudah banyak terbuat dari bahan-bahan lain yang ramah lingkungan, dan juga bisa di daur ulang kembali.

2. Beragam Desain

Satu kelebihan ketika kita menggunakan wall panel adalah keindahan dan desainnya juga sangat beragam yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan juga selera Anda. Selain itu, wall panel juga bisa membuat sebuah ruangan menjadi lebih mencolok saat di lihat (focal point).

3. Bisa Menutupi Tembok Yang Rusak atau Lembab

Saya yakin, semua pasti setuju ya kalau tukang atau orang-orang yang membangun bangunan di Indonesia banyak yang membangun dengan asal-asalan karena mereka merasa bangunan yang sedang dibangun bukan punya mereka dan selain itu mereka hanya butuh uang saja.

Itulah makannya banyak rumah-rumah di Indonesia yang temboknya seringkali rembes atau bocor karena pemasangan tembok yang tidak benar atau karena faktor lain.

Intinya, rembes atau tembok lembab dan rusak bukan kesalahan si pemilik rumah, tapi kesalahan orang-orang yang membuat dan membangun rumah itu.

Wall panel bisa menjadi solusi untuk Anda yang mengalami masalah di atas. Wal panel mampu menutupi dan menyembunyikan tembok rumah yang rusak, retak dan lembab karena kesalahan manusia yang membangun tembok atau rumah Anda.

4. Bisa Meredam atau Mengurangi Suara Bising

 Selain mampu untuk menutupi tembok yang retak atau rusak, pemasangan wall panel juga bisa mengurangi suara bising dari tetangga yang suka menyetel musik keras atau suara bising kendaraan yang sering mondar mandir lewat. Untuk yang tinggal dipinggir jalan pasti cocok sekali. Memang tidak bisa benar-benar sepenuhnya meredam suara bising, tapi dengan adanya pemasangan wall panel setidaknya bisa mengurangi suara bising yang menggangu di rumah Anda.

Tidak hanya itu sja, wall panel juga bisa menyerap suhu panas di dalam rumah loh, sehingga ruangan rumah Anda bisa terasa lebih sejuk di siang dan pada malam harinya, bisa lebih nyaman.

5. Bentuknya Bisa Di Potong Sesuai Kebutuhan dan Ukuran Rumah

Meskipun pabrik sudah membuat ukuran-ukuran standar. Anda bisa memotong wall panek dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran tembok yang mau Anda pasangi wall panel. Jadi mau di bentuk dan di potong bagaimanapun bisa.

Jadi, itu adalah beberapa kelebihan kalau Anda menggunakan wall panel. Sekarang kita akan melihat jenis-jenis wall panel yang ada di pasaran pada saat ini.

 

Jenis-Jenis Wall Panel

1. Tile Board (Papan MDF)

Wall panel ini terbuat dari tile board atau yang banyak dikenal oleh orang dengan nama papan MDF. Papan PDF ini biasanya dilapisi dengan melamin sehingga akan terlihat seperti ubin atau keramik. Jadi meskipun terbuat dari papan mdf, karena di lapisi dengan melamin papan ini terlihat seperti sebuah keramik sungguhan.

Biasanya wall panel jenis ini banyak digunakan untuk toilet, kafe, interior kitchen dan lain sebagainya. Jenis wall panel ini memang bisa digunakan untuk banyak ruangan, tapi kalau dilihat dari segi harga terbilang cukup mahal dari jenis wall panel lainnya.

2. Gypsum

Gypsum adalah salah satu bahan yang paling banyak dan sering digunakan untuk pembuatan wall panel. Gypsum ini terbuat dari campuran kertas yang di hancurkan menjadi bubur, kemudian dipadatkan dengan menggunakan bahan-bahan lainnya sehingga bisa kokoh dan kuat. Gypsum sangat mudah untuk dibersihkan jika kotor, cukup di lap dengan menggunakan kain atau spons basah saja. pemasangannya mudah dan bobotnya juga ringan.

Gypsum wall panel
Image by Shutterstock

Satu hal yang saya tidak suka dari gypsum adalah dia tidak tahan terhadap air. Meskipun air bisa jatuh tidak merembes, tapi gypsum tidak tahan terhadap air. Jangan gunakan gypsum untuk tembok luar atau untuk di kamar mandi dan dapur Anda.

3. Keramik & Beton Konkret

Jenis wall panel yang juga banyak digunakan adalah kermik dan beton konkret. Jenis wall panel seperti ini sudah pasti tahan lama dan lebih kuat dari serangan cuaca. Karena lebih kuat, jenis wall panel seperti ini bisa digunakan untuk luar ruangan. Kami secara pribadi sering melihat penggunaan wall panel jenis ini di vila-vila dan juga hotel.

4. Fiber Plant

Wall panel yang satu ini sebenarnya terbuat dari material olahan serat kayu. Wall panel jenis ini termasuk dalam kategori wall panel ekonomis, ramah lingkungan juga karena bisa di daur ulang kembali. Desainnya juga sangat beragam, bisa di pilih sesuai dengan kebutuhan dan tema rumah.

5. Wall Panel GRC

Terbuat dari campuran beton dan serat kaca membuat wall panel ini sangat awet. GRC juga lebih aman karena saat kena panas dia mampu menahan panas dan juga tidak mudah terbakar. Selain itu wall panel ini juga terkenal mampu meredam hawa panas dan suara bising. Jadi pasti cocok sekali jika wall panel ini di pasang di rumah Anda.

6. Wall Panel Akustik

Wall panel akustik biasanya banyak digunakan untuk bangunan atau ruangan untuk rekaman audio. Sekarang ini banyak digunakan oleh YouTuber. Wall panel akustik ini terbuat dari lapisan busa dan biasanya di tutup dengan menggunakan lapisan kain motif tertentu. Beberapa hotel ada yang menggunakan wall panel ini untuk ruangan pertemuan mereka. Suara bising sudah pasti berkurang dan hilang dan sekaligus menciptakan suara akustik yang cukup baik.

Setelah kalian membaca dan mengetahui tentang wall panel, apakah saat ini Anda tertarik juga untuk memasang wall panel di kediaman kalian? Jika ya, pastikan kalian menyesuaikan dengan tema rumah da juga ruangan kalian ya.

Jika kalian suka dengan artikel Apa itu Wall Panel, Jenis dan Kegunaan Wall Panel ini, Silahkan bagikan artikel ini melalui akun social media kalian dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube Teakblock. Jika Anda Suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kami dengan senang hati mengundang Anda untuk bergabung dengan kami menjadi penulis lepas TEAKBLOCK.COM.

Artikel Lain Yang Mungkin Menarik